Cara Membuka Kunci Pintu yang Macet

Cara Membuka Kunci Pintu yang Macet

Jangan berpikir bahwa pintu rumah kalian baik-baik saja dan tidak akan pernah rusak sama sekali. Ingat, yang namanya barang pakai lambat laun akan rusak dan tentu saja sebagai pemilik rumah, kalian harus bisa mencoba cara membuka kunci pintu yang macet.

Setiap pemilik rumah memang dituntut untuk bisa memperbaiki segalanya, jika tidak mau keluar banyak uang. Karena yang namanya barang sekalipun itu rumah memiliki masa penggunaan, yang seiring waktu bisa saja mengalami kerusakan termasuk kerusakan yang terjadi pada kunci pintu.

Read More

Pintu merupakan komponen sekaligus bagian dalam rumah yang sangat penting, karena menjadi media pembatas antara rumah dengan lingkungan luar. Apalagi jika rumah kalian tidak dibatasi oleh pagar pembatas. Sudah pasti, pintu menjadi media terakhir pelindung dan pembatas rumah. Jika ada kerusakan kecil sekalipun, kalian harus segera memperbaikinya.

Biasanya kerusakan yang terjadi terletak pada kunci pintu yang macet akibat dari terlalu sering mengunci pintu dan membuka kuncian pintu. Komponen yang ada di dalamnya lambat laun akan mengalami malfungsi seperti kelonggaran pada bagian lainnya yang menyebabkan kunci pintu menjadi macet. Oleh karenanya, kalian harus mengetahui bagaimana cara untukĀ  mengatasi masalah kunci pintu yang macet agar proses perbaikan tidak terlalu lama dan bisa dilakukan dengan berhasil.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara membuka kunci pintu yang macet, melalui beberapa teknik dengan memanfaatkan peralatan yang tersedia di rumah. Simak panduannya di bawah ini!

Cara Membuka Kunci Pintu yang Macet

Cara Membuka Kunci Pintu yang Macet
Membuka Kunci Pintu yang Macet dengan Mudah

Membuka Kunci Pintu Macet

Kunci rumah yang macet adalah hal yang kerap terjadi dan dialami oleh beberapa pemilik rumah, jika kalian mengalaminya jangan khawatir. Ada beberapa panduan cara membuka kunci pintu yang macet yang harus diperhatikan berikut :

1. Menggunakan Kunci Ketok

Kunci ketok adalah kunci khusus yang diperuntukkan untuk mengetok lubang kunci ketika keadaan kunci pintu yang macet. Cara ini cukup riskan dilakukan karena butuh keahlian khusus untuk melakukannya.

Bagi yang ingin menggunakan kunci ketok, langkah pertama adalah harus memahami cara-caranya terlebih daulu agar tidak merusak pintu terutama pada bagian lubang kunci. Namun sebaliknya, jika cara membetulkan kunci pintu yang macet dengan menggunakan kunci ketok berhasil dilakukan, maka kualitasnya di jamin akan sangat baik.

2. Gunakan Pelumas

Biasanya, jika pintu terkunci sendirinya dan susah dibuka, berarti ada kendala yang terjadi pada material besi di dalamnya. Kondisi tersebut akibat dari besi yang sudah berkarat. Untuk mencoba membukanya, silahkan pakai pelumas secukupnya. Masukan pelumas tersebut ke dalam lubang kunci yang macet lalu cobalah untuk membuka dengan menggunakan kuncinya.

Awalnya memang akan terasa sulit di lakukan karena karat menghalangi pergerakan komponen kunci di dalamnya. Tapi perlahan akan terasa longgar dan ringan sampai kunci pintu yang macet tersebut bisa normal kembali

Adapun pelumas yang cocok digunakan untuk mengembalikan kunci pintu yang macet adalah dengan mengguankan oli bekas atau bisa juga menggunakan minyak sayur baru maupun minyak sayur bekas secukupnya.

3. Menggunakan Alat Pembobol Kunci Khusus

Cara membuka kunci pintu yang macet selanjutnya adalah memakai alat pembobol kunci khusus. Kalian bisa mendapatkannya di beberapa toko material. Cukup tanyakan ketersediaannya saja kepada pihak toko. Namun jika tidak ada, kalian bisa membuat alat pembobol kunci sendiri.

Trik 1 : Alat Khusus Pembobol Kunci

  • Jika alatnya sudah tersedia, masukanlah alat tersebut ke dalam lubang kunci yang tersedia.
  • Kalian bisa memutar lubang kuncinya sampai tidak macet kembali.

Trik 2 : Memakai Alat Sederhana

Cara membuka kunci pintu yang macet selanjutnya dapat menggunakan alat yang ada di rumah, seperti penjepit maupun gunting yang terbuat dari aluminium ataupun dari bahan logam yang keras. Bentuklah alat tersebut sehingga sepeti pengungkit. Untuk caranya hampir sama dengan cara ke 1, yaitu :

  • Alat yang sudah dibuat dimasukan ke dalam lubang kunci pintu.
  • Putar-putar alat tersebut hingga akhirnya tidak macet lagi.

Trik 1 dan 2 membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung dari kelihaian kalian membobol pintu. Jika beruntung, maka proses membobol pintu bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit saja, atau bahkan bisa saja dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit.

4. Pakai Kunci L

Bagi yang sudah akrab dengan bidang otomotif, mungkin sudah familiar dengan yang namanya kunci L. Tapi, kunci ini akan sangat jarang ditemukan sebagai perkakas rumahan. Namun siapa sangka, ternyata kunci ini sangat efektif untuk membobol kunci rumah lho.

Bedanya, kunci L hanya dapat dipraktekkan pada jenis pintu yang memiliki gagang bulat saja. Begini caranya :

  • Silakan di coba satu per satu kunci L yang kalian miliki, supaya cocok dengan lubang kunci pintu rumah kalian dan bisa masuk.
  • Kalian bisa menggerakkannya maju mundur sampai merasakan bahwa kunci L menyentuh komponen yang ada di dalamnya.
  • Apabila sudah berada pada posisi yang pas, silakan untuk memutar kunci L dengan perlahan-lahan hingga pintu bisa dibuka.

5. Pakai Sekrup atau Obeng

Cara membuka kunci pintu yang macet berikutnya yaitu bisa memanfaatkan obeng atau sekrup yang tidak terpakai. Tutorialnya cukup mudah, begini caranya :

  • Silakan lepas sekrup terlebih dahulu, memakai obeng yang sesuai dengan kuncian sekrup.
  • Bukalah hanya komponennya saja dengan ukuran yang sama persis, bila perlu mereknya pun sama.
  • Selanjutnya, pasanglah kunci yang baru tersebut dengan memasukkan komponennya, mulai dari besi panjang hingga komponen yang di lepas sebelumnya.
  • Setelah memposisikan pada lubang handle pintu, langkah berikutnya tinggal memasang sekrup-sekrup yang sebelumnya kalian lepas.
  • Cobalah untuk membuka pintunya, apabila berhasil, maka kalian sudah bisa membuka kuinci pintu yang macet.

6. Panggil Ahli Kunci

Cara berikutnya adalah dengan cara memanggil ahli kunci. Ini merupakan langkah yang bisa kalian ambil apabila ke lima cara di atas tidak bisa kalian lakukan dengan alasan gagal terus, tidak ada alatnya, atau mungkin tidak berani mencobanya. Metodenya adalah dengan memanggil ahli kunci yang sudah berpengalaman membuka kunci pintu yang macet.

Tentu saja dengan memanggil tukang kunci, kalian wajib mengeluarkan uang untuk membayar jasanya. Biasanya tarif untuk memperbaiki kunci berada di kisaran angka 50 ribu hingga 100 ribu saja.

7. Dobrak pintu

Bagaimana jika tidak ada cara yang manjur? atau mungkin kalian sedang dalam kondisi terdesak, sehingga tidak akan sempat memanggil tukang kunci. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada cara lain dengan mendobrak pintu.

Ini merupakan langkah paling akhir dan paling ekstrim dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya, yaitu dengan mendobrak pintu secara paksa. Tujuannya tentu saja agar pintu bisa terbuka.

Namun ada hal yang perlu kalian bayar akibat dari mendobrak pintu tersebut. Alih-alih ingin cepat membuka pintu, justru kalian harus mengeluarkan uang berlebih untuk membetulkan pintu yang telah kalian dobrak.

Meskipun terkesan sepele, namun penting sekali melakukan cara membuka kunci pintu yang macet dengan benar. Semoga membantu!

Related posts