Cara Membuka Kunci yang Macet

Kunci pintu yang macet tentu saja sangat menjengkelkan, bahkan membuat kita frustasi saat mengalaminya. Namun saat Kamu sedang mengalami kondisi ini, tentu saja Kamu datang ke web yang tepat. Karena Kami di sini akan membagikan cara membuka kunci yang macet.

Saat terburu-buru untuk masuk ke dalam rumah atau mungkin ingin pergi ke kantor, tiba-tiba kunci pintu macet begitu saja. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa trik cara membuka kunci yang macet d bawah ini!

Cara Membuka Kunci yang Macet

Cara Membuka Kunci yang Macet
Membuka Kunci yang macet

Trik Membuka Kunci Pintu yang Macet

Kunci pintu adalah salah satu alat perlindungan di dalam rumah. Bahkan hampir seluruh ruangan di dalam rumah, terdapat kunci pintu agar dapat digunakan dengan mudah. Orang biasanya membeli kunci beserta pasangan pegangannya yang sesuai. Kini ada banyak pasangan kunci yang dijual lewat berbagai macam bentuk dan model yang berbeda. Akan tetapi, kadang kala kunci bisa saja tersangkut hingga sulit dikeluarkan.

Apabila hal ini sudah terjadi, Kamu memerlukan cara untuk memperbaiki kunci yang macet supaya bisa terbuka kembali. Sayangnya, terkadang pula sulit mengeluarkan kunci pintu yang terlanjur macet. Apabila dipaksakan, bisa saja kunci menjadi patah bahkan ada sebagian dari anak kunci tertinggal begitu saja di dalamnya. Namun Kamu tak perlu khawatir dan panik, ada beberapa trik cara membuka kunci yang macet yang bisa dicoba berikut ini :

Terkait:  Cara Membuka Hp Xiaomi yang Terkunci

1. Lepas Sekrup yang Terlihat di Gagang Pintu

Biasanya jika kita perhatikan, semua bagian pada kepala kunci menjadi satu dengan bagian gagangan pintu atau menempel tepat di dekat pegangan pintu. Adapun solusinya ialah coba membuka kenop pada pintu melalui sekrup yang bisa dilihat dari luar. Berikut langkah-langkahnya :

  • Lepas kaitan pada sekrup, kenop pintu biasanya memiliki sekrup yang akan terlihat dari bagian luar. Kamu dapat mencoba membuka sekrup tadi. Pakai obeng supaya lebih gampang dan tak melukai tangan.
  • Lalu lepaskan sekrup jika ingin melihat bagian luar dan dalam. Sesudah itu, Kamu bisa melepaskan kait di bagian pembuka pintu, lalu kunci pun bisa keluar dan masuk kembali.

2. Lepaskan Kenop Tanpa Harus Membuka Pintu

Apabila bagian pada kenop pintu tak mempunyai sekrup, langkah selanjutnya Kamu bisa tetap membuka kenopnya. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Temukan slot di bagian dalam pada kenop pintu. Pada bagian ini, Kamu dapat melihat lubang sangat kecil yang bentuknya persegi panjang. Kemudian Kamu dapat memutar kenop sampai kunci dapat keluar.
  • Persiapkan obeng beserta peralatan lain. Selanjutnya Kamu harus mempersiapkan obeng kepala data jika ingin membuka sekrup pintu yang telrihat di bagian dalam. Lalu pastikan obeng tersebut sama ukurannya dan pula sama dengan kembang yang terdapat pada sekrup.
  • Selanjutnya Kamu juga perlu menghilangkan sekrup kembang. Dengan cara ini, Kamu harus menurunkan plat kenop pintu. Lalu hapus pelat yang telah terbuka dan Kamu pun dapat membuka kuncinya.

3. Lepaskan Bagian Silinder di Dalam Kunci Pintu

Seluruh jenis pintu pada dasarnya dilengkapi oleh kunci yang dapat membantu ruangan agar tetap aman. Dimana semua model atau tipe kunci pintu ini dilengkapi oleh silinder kunci. Selain itu, model yang saut ini juga dijumpai pada model pintu bergaya minimalis. Saat kunci rumah sudah macet, maka cobalah melepaskan silinder di dalam kunci pintu. Adapun cara yang dapat dilakukan ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan melepaskan bagian sekrup yang menahan kunci memakai obeng sesuai ukuran.
  • Dengan memakai obeng berbentuk kepala datar, coba lepaskan silinder dan Kamu dapat mencoba apakah arahnya harus searah dengan jarum jam ataukah tidak. Saat bagian spindle berhenti berputar, Kamu dapat mendorong silinder dengan hati-hati.
  • Sebaiknya keluarkan silinder hati-hati. Namun jika silinder tidak terlihat, pakai bantuan senter supaya lebih jelas. Saat sudah terlepas, akhirnya kunci pintu yang macet pun dapat dikeluarkan.
Terkait:  Cara Membuka Blokir Whatsapp

4. Memakai Kunci Ketok

Cara membuka kunci yang macet selanjutnya ialah dengan mengetok lubang pada kunci menggunakan kunci ketok. Ini adalah metode yang biasa digunakan saat masalah kunci macet terjadi. Akan tetapi, Kamu harus mempelajari terlebih dahulu terkait caranya, sebab pemakaiannya bisa dikatakan cukup tricky.

Kamu harus tahu bahwa cara ini dapat merusak pintu apabila kualitas pada pintu rumahmu kurang bagus. Adapun kunci ketok di sini ialah kunci yang umumnya bisa masuk ke lubang kunci apa saja. Namun kunci ini tak dapat bekerja sebagai duplikat.

5. Memukul Kunci Dengan Palu

Pada rumah bergaya minimalis, biasanya kunci pintu rumah tersebut mempunyai jenis kunci tak terlalu rumit. Kamu dapat mencoba mengatasi kunci pintu yang macet caranya dengan memukulnya memakai palu karet. coba pukul kunci dengan kekuatan lebih keras sembari melakukan gerakan memutar. Kamu bisa melakukan gerakan perlahan hingga akhirnya kunci pintu bisa masuk mengikuti arah pad apin kunci. Sehingga kunci rumahmu pun kembali bisa terbuka.

6. Memakai Oli atau Pembersih Anti Karat

Cara membuka kunci yang macet selanjutnya ialah memakai oli atau pembersih anti karat. Kunci puntu yang macet umumnya disebabkan oleh korosi pada lubang kunci. Pakai cairan pembersih menggunakan material anti karat agar Kamu bisa membersihkannya. Apabila Kamu terburu-buru, bisa pakai oli mobil. Adapun cara yang dapat Kamu lakukan, buka kap pada mesin, kemudian tari tongkat yang mengukur oleh, dan teteskan oli mobil yang menempel pada tongkat ke dalam kunci.

7. Memakai Tang dan Klip Penjepit Keras

Pemilihan tipe kunci pintu pada dasarnya sangat bergantung pada pemilihan tipe pintu itu sendiri. Apabila kunci ternyata macet di dalam, Kamu bisa mencoba membobol kuncinya. Adapun caranya ialah dengan memakai klip penjepit kertas dan tang. Caranya pasang tang di celah pintu, lalu tekan kunci menggunakan klip pembatas kertas. Kemudian buat kunci agar bergeser dari arah kanan ke samping kiri atau arah sebaliknya sesuai dengan tipe kuncimu. Apabila sudah longgar, kunci akan langsung terlepas serta dapat dimasukkan atau dikeluarkan.

Terkait:  Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci

8. Dorong dan Tarik Kunci

Kamu juga dapat mencoba trik selanjutnya dengan mendorong atau dengan cara menarik kunci. Melalui kedua cara ini, akhirnya Kamu dapat merasakan ketika kunci sudah tidak macet kembali. Mendorong kunci dapat dilakukan dengan cara memukulnya memakai palu karet. Sementara menarik kunci dapat dilakukan menggunakan tangan atau tang. Gerakan tersebut hanya digunakan untuk menguji apakah kunci pintu sudah longgar pada bagian dalam sembari menarik kenop pintu. Sesudah itu, Kamu bisa menarik atau mendorongnya sampai kunci bisa terlepas.

9. Pakai Alat Pembobol Kunci

Kamu juga bisa menggunakan alat pembobol kunci. Sebelum melakukan cara ini, pelajari terlebih dahulu cara penggunaannya. Adapun cara penggunaan alat pembobol kunci, ialah sebagai berikut :

  • Masukkan kemudian putar pembobol kunci ke bagian dalam rumah.
  • Arahkan alat menuju bagian pin lubang kunci.
  • Lakukan sampai kunci dapat dilepas.

Jika ingin membuat sendiri, siapkan gunting/tang dan penjepit dengan gunting logam keras atau alumunium untuk dijadikan pengungkit. Kamu bisa mempraktekkan membobol kunci dengan langkah-langkah di atas.

Itulah 9 trik cara membuka kunci yang macet yang dapat Kamu praktekkan jika ingin membuka kunci yang macet. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts