Cara Menyembunyikan File Di HP Samsung

Cara Menyembunyikan File Di HP Samsung
Cara Menyembunyikan File Di HP Samsung

Cara menyembunyikan file di HP Samsung menjadi salah satu solusi yang alternatif bagi kamu yang tidak ingin file rahasia atau pribadimu bocor dan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ya, memang benar tindakan kejahatan seperti itu kerap terjadi akhir-akhir ini. Untuk mengatasi kebocoran data penggunanya, tentunya pihak Samsung sudah menyediakan fitur bawaan yang bisa digunakan.

Jika kamu penasaran dengan fitur bawahan apa saja yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan file di HP Samsung, maka kamu bisa menyimak penjelasan pada artikel kali ini.

Cara Menyembunyikan File Di HP Samsung

Cara Menyembunyikan File Di HP Samsung
Cara Menyembunyikan File Di HP Samsung

Supaya privasi atau data-data penting di HP mu aman dan lebih terjaga, maka tidak ada salahnya jika kamu mengetahui bagaimana cara menyembunyikan file atau aplikasi yang ada di HP Samsung. Kamu jangan khawatir sebab hal ini bisa kamu lakukan dengan 4 metode mudah yang tidak ribet dan hanya membutuhkan waktu yang sekejap.

Kamu hanya perlu memilih salah satu metode yang menurutmu paling praktis dan seusia dengan kebutuhanmu. Jika penasaran apa saja metode-metodenya, maka kamu bisa menyimak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menyembunyikan File Di HP Samsung Pakai Fitur Folder Aman

Metode pertama yang dapat kamu gunakan adalah dengan menggunakan fitur bawaan. Memang benar,  HP Samsung sudah menyediakan fitur bawaan yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan file di HP mu. Fitur tersebut bernama fitur folder aman atau yang sering disebut dengan secure foder. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menyembunyikan berbagai file seperti dokumen, video, hingga dokumen kantor yang menyimpan data penting. Jika kamu penasaran bagaimana cara melakukannya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu membuka fitur folder aman dengan cara membuka menu pengaturan atau settings
  • Setelah itu, silahkan kamu memilih biometric and security
  • Pada menu ini, silahkan kamu memilih tampilan fitur folder aman
  • Setelah kamu berhasil membukanya, maka kamu harus masuk dengan menggunakan akun Samsungmu
  • Setelah itu, silahkan kamu memilih mode penguncian (PIN, kata sandi, atau pola). Silahkan kamu memilih mode yang seusai dengan keinginanmu. Jika ingin lebih aman lagi, maka bisa menggunakan mode finger print
  • Kemudian silahkan kamu mengatur otomatisasi penguncian folder aman ke opsi each time Inleave an app
  • Dengan mengatue hal di atas, maka kamu folder aman secara otomatis akan tekunci apabila kamu keluar dari aplikasi dan mencoba masuk kembali
  • Kemudian, silahkan kamu pilih file media seperti video dan foto yang ingin kamu sembunyikan
  • Lalu, silahkan kamu mengklik titik tiga yang ada di bagian pojok kanan bawah layar
  • Tak lama kemudian, akan muncul beberapa pilihan opsi dan silahkan kamu memilih move on secure folder atau pindah folder aman
  • Maka dengan begitu, file video dan foto yang sudah kamu pilih tadi akan disembunyikan di folder aman

Jika kamu sudah selesai menyembunyikan file foto dan videomu, maka kamu juga harus tahu bagaimana cara mengakses atau masuk ke folder aman ini. Caranya, yaitu kamu tinggal membuka aplikasi folder ama dan kamu akan diminta memasukkan kode keamanan atau kode kunci yang sudah kamu masukkan sebelumnya.

Cara Menyembunyikan File Di HP Samsung Pakai Aplikasi File Manager

Metode kedua yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan file di Hp Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama file manager. Untuk aplikasi ini, kamu tidak perlu mengunduhnya di google play store ataupun link di browser sebab aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi bawaan yang disediakan oleh pihak Samsung.

Dengan menggunakan aplikasi bawaan ini, maka kamu bisa menyembunyikan berbagai file dimilai dari dokumen, foto, hingga video yang nantinya isi dari file tersebut tidak akan bisa diakses orang lain karena tidak akan muncul di menu file saya. Jika kamu tertarik menggunakan metode ini, maka silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi file manager di HP Samsungmu
  • Jika sudah, kamu bisa langsung memilih folder yang ingin kamu sembunyikan. File ini bisa berupa dokumen, foto, ataupun video
  • Kemudian, silahkan kamu menyimpan semua file tersebut dalam atau folder atau bisa kamu kelompokkan sesuai kategorinya
  • Ubahlah nama folder sesuai dengan keinginanmu dengan mengklik menu opsi
  • Untuk mengubah namanya, maka kamu bisa tekan rename dan tambahan tanda titik di depan nama file tersebut. Misalnya kamu ingin menamai sebuah folder video rahasia, maka kamu bisa menambahkan titik di depannya menjadi .video rahasia
  • Jika sudah menamaninya, maka filemupun berhasil disembunyikan

Setelah kamu mengikuti semua panduan langkah-langkah di atas, maka berarti kamu sudah berhasil menyembunyika file di HP Samsung pada aplikasi File Manager. Dan jika kamu ingin membukanya kembali, maka kamu harus membuka menu pengaturan di file saya untuk menpilkan file-file yang tersembunyi tersebut.

Cara Menyembunyikan File Di HP Samsung Pakai Google Foto

Metode selanjutnya adalah metode yang memang secara khusus kamu pakai untuk menyembunyikan file foto dan video, yaitu dengan memanfaatkan google foto. Aplikasi ini juga termasuk aplikasi bawaan yang secara otomatis sudah terpasang ketika kamu menggunakan HP Samsung untuk pertama kalinya.

Google for ini juga dilengkapi dengan sebuah fitur yang dapat mengunci file dan video rahasiamu. Sehingga kamu bisa menyembunyikannya dengan memanfaatkan animasi ini. Jika kamu tertarik menggunakannya, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi google foto yang ada pada HPmu
  • Jika sudah, kamu pilih opsi galeri yang ada di bagian sudut kiri bawah dan pilih opsi utilitas
  • Kemudian, silahkan kamu masuk ke opsi siapkan folder terkunci dan pilih siapkan
  • Lalu kamu harus kembali ke menu galeri untuk bisa memilih foto dan video yang ingin kamu sembunyikan
  • Selanjutnya, silahkan kamu tekan ikon titik tiga di bagian sudut kanan atas
  • Kemudian, silahkan kamu pilih pindahkan ke folder terkunci dsn proses sudah berhasil diselesaikan

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka file foto dan videonya sudah berhasil disembunyikan dan telah terpindah ke bagian folder tersembunyi. Namun perlu kamu ingat, jika kamu memutuskan untuk menginstall aikasi google foto ini, maka semua file yang sudah kamu sembunyikan sebelumnya akan ikut hilang.

Jadi, jika kamu ingin menguninstal google fot, alangkah baiknya jika kamu memindahkan terlebih dahulu semua foto dan video yang ada di folder aman agar tidak ikut hilang.

Kesimpulan

Jika metode sebelumnya maiah belum berhasil kamu lakukan, maka kamu bisa menggunakan metode terakhir ini yaitu dengan mengunduh pihak ketiga atau aplikasi tambahan yang tersedia di layanan google play store. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan file rahasia di HP Samsungmu adalah 1Gallery, Keep safe photo fault, Calculator, Galleri Lock, dan lain sebagainya.

Untuk cara mengamabkan filemu, setiap aikasi mempunyai langkah-langkah yang berbeda sehingga kamu harus memahami terlebih dahulu. Namun biasanya, cara yang disediakan hampir sama satu lain. Selamat mencoba ya!

Itulah yang dapat kami sampaikan terkait bagaimana cara menyembunyikan file di HP Samsung yang bisa kamu pilih. Silahkan kamu menggunakan salah satu metode di atas dengan baik dan benar serta sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga berhasil!

 

Related posts