Cara Mengunci Chat Whatsapp (Mudah) Hitungan Menit!

Cara Mengunci Chat Whatsapp
Cara Mengunci Chat Whatsapp

Kamu pastinya mempunyai teman yang suka usil dan membuka-buka isi HP kamu bukan? Entah itu karena memang mereka iseng atau kepo dengan dirimu. Tentu hal ini akan membuatmu sangat tidak nyaman. Apalagi jika mereka membuka aplikasi Whatsapp yang berisi banyak percakapan penting dengan orang lain. Oleh karena itu, sangat disarankan untukmu mengetahui bagaimana cara mengunci chat WhatsApp.

Selain permasalahan di atas, biasanya juga mereka mengirimkan pesanmu kepada orang lain dalam artian ‘membajak’ akunmu dengan alasan hanya bercanda. Tentu kamu tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan?

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan cara mengunci chat whatsapp untuk menjaga privasi-mu dari tangan-tangan jail seperti itu. Bahkan kamu bisa memasang perlindungan yang tentunya dapat kamu akses sendiri. Ingin tahu bagaimana cara menguncinya? Yuk, langsung saja simak penjelasan pada arikel kali ini!

Cara Mengunci Chat Whatsapp

Cara Mengunci Chat Whatsapp
Cara Mengunci Chat  Whatsapp

Setiap orang pastinya mempunyai privasi masing-masing yang harus dijaga. Contohnya, percakapan antara dua orang baik itu memakai perantara teknologi ataupun secara tatap muka. Semua hal yang menyangkut masalah pribadi, tentu tidak boleh disebarluaskan. Whatsapp sebagai salah satu aplikasi chat adalah salah satu bentuk teknologi yang masuk dalam ranah tersebut.

Tentu demi kenyamanan penggunanya, pihak whatasapp hadir dengan fitur teknologi keamananya yang bernama end-to-end encryption yang memungkinkan bahwa hanya pihak WA saja yang bisa menyadap percakapan para penggunanya.

Meskipun demikian, fitur ini dianggap masih kurang ampuh karena masih banyak kasus pembobolan akun atau tersebarnya isi chat sesame pengguna WA. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengunci chat whatsapp dengan menggunakan beberapa metode. Jika kamu penasaran bagaimana metode-metode tersebut dan langkah-langkahnya, berikut penjelasannya.

Cara Mengunci Chat Whatsapp Menggunakan Sidik Jari

Penggunaan sidik jari menjadi salah satu teknik pengamanan chat di aplikasi whatsapp yang sangat kuat. Hal ini dikarenakan setiap orang di dunia terlahir dan ditakdirkan dengan mempunyai sidik jari yang berbeda-beda. Dari sini dapat disimpulkan bahwa setelah kamu mengunci chat WA dengan sidik jari, maka dijamin tidak ada satupun orang di dunia ini yang bisa membuka chat WA kalian. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi whatsapp yang sudah terinstall di HPmu
  • Setelah itu pada menu tampilan, langsung menuju pada pagian layar pojok kanan dan pilih titik tiga
  • Jangan bingung dan pilih langsung menu settings dan account privacy
  • Silahkan kamu scroll ke bawah hingga menemukan pilihan opsi fingerpint lock ataupun kunci sidik jari
  • Jika sudah, maka hidupkan opsi unlock with fingerprint tersebut dan langsung rekam sidik jarimu
  • Selain menggunakan sidik jari, kamu juga bisa menggunakan kata sandi ataupun pola untuk menjaga keamanan privasi chat WAmu.
  • Selamat! Proses penguncian chat WA sudah berhasil kamu lakukan

Begitu pengaturan atau penguncian chat WA sudah berhasil kamu lakukan, maka kamu harus memperhatikan setelan lain yang harus kamu atur. Diantaranya adalah jeda waktu untuk bisa mengaktifkan fitur pengunci dan tampilan isi pesan di notifikasi.

Untuk setelah waktu yang dapat kamu pilih sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhanmu. Jeda waktu pertama adalah immediatialy yang berarti penguncian akan diaktifkan langsung setelah kamu keluar dari aplikasi WA. Selanjutnya juga ada pilihan 1 hingga 30 menit penguncian setelah kamu keluar dari aplikasi WA.

Sedangkan untuk pengaturan tampilan konten pesan pada notifikasi, biasanya terletak tepat pada bagian bawah jeda waktu pengunci. Jika kamu mengaktifkannya, maka pesan akan tetap bisa kamu baca pada tampilan notifikasi, namun jika tidak aktif maka kamu hanya bisa mengaksesnya setelah masuk ke whatsapp.

Cara Mengunci Chat Whatsapp Di IOS

Selain fitur penguncian keamanan ini bisa digunakan untuk HP Android, kamu juga bisa menggunakannya untuk sistem IOS. Akan tetapi, keduanya mempunyai perbedaan pada jenis pengunci. Kedua jenis pengunci masing-masing akan menyesuaikan dengan sistem yang ada pada perangkatmu, yaitu Touch ID atau Face ID. Untuk bisa memasangnya, maka silahkan simak penjelasan langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, silahkan masuk terlebih dahulu ke aplikasi whatsapp yang sudah terinstall
  • Kemudian, silahkan kamu menuju ke menu settings yang ada pada bagian kanan bawah layar ponselmu
  • Jangan lupa untuk memilih menu account
  • Jika sudah, maka silahkan masuk ke bagian privacy
  • Scroollah ke bawah terus hingga kamu menemukan pilihan screen lock
  • Terakhir, nyalakan toggle untuk require touch ID/Face ID

Sama halnya dengan penguncian chat WA di HP Android, kamu akan diberikan pilihan waktu, kamu bisa mengunci whatsapp secara langsung setelah keluar dari aplikasi, setelah 1 menit, setelah 15 menit, hingga setelah 1 jam.

Sedangkan untuk hal pengaturan tampilan, IOS tentu sangat berbeda dengan HP Android. Untuk IOS, tidak mempunyai menu pengaturan yang dapat digunakan untuk menampilkan notifikasi. Semua pesan yang masuk ke IOS, maka akan tetap masuk ke notification drawer yang artinya tersembunyi dan kamu akan tahu jika membukanya. Kalau di HP Android, kan masih bisa diatur sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Cara Mengunci Chat Whatsapp Melalui Two Step Verification

Selain kedua metode yang sudah disebutkan, kamu juga bisa mengamankan chat WA mu dengan mengaktifkan two step verification. Melalui pengaturan ini, akan mengamankan akunmu dari hacker yang mungkin ingin mengambil alih akun WA yang kamu miliki. Jadi fitur keamanan ini sangat berguna untuk melindungi semua data yang tersimpan pada WA agar tidak bisa diakses orang lain.

Fitur satu ini juga akan menanyakan PIN secara berkala, jadi saat akunmu dipegang orang lain, maka mereka tidak bisa masuk secara semabarangan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi WA terlebih dahulu
  • Segera masuk ke bagian settings dan pilih account
  • Masuklah ke menu two step verification dan jangan lupa klik enable
  • Terkahir, silahkan kamu membuat 6 digit kata sandi yang mudah untuk dihapalkan dan masukkan email yang masih aktif untuk melengkapi data.
  • Jangan lupa juga kamu memasukkan akun email milikmu sendiri sehingga hanya kamu yang bisa mengetahui kode verifikasinya.

Itulah dia beberapa cara mengunci chat di whatsapp yang dapat kamu gunakan untuk melindungi semua chat penting atau data penting yang ada pada aplikasi tersebut. Dengan menggunakan cara-cara di ata, maka dijamin tidak akan ada orang lain yang bisa mengintip atau mencuri pesanmu dengan pihak yang penting.

Oleh karena itu, kamu harus bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Kami juga menyarankan untuk memilih handphone yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan privasi terbaik sehingga mendukung keamanan pesan di wa. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasanmu serta membantumu untuk menjawab pertanyaan yang mungkin sering muncul setiap waktu. Selamat mencoba!

Menarik Untukmu:

Cara Mengisi Voucher XL
Cara Mengunci Aplikasi WA Di HP Samsung
Cara Mengubah Video Menjadi Audio
Cara Mengunci Chat Whatsapp
Cara Mengunci Excel
Cara Mengunci WA Di HP OPPO
Cara Mengunci WA Di HP Vivo
Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet
Cara Mengunci File PDF
Cara Mengisi Kartu e Toll

Related posts