Cara Melihat Trending Twitter Dunia

Cara Melihat Trending Twitter Dunia

Facebook boleh berbangga dengan titel media sosial terbesar saat ini, bahkan kiprahnya sudah sangat lama tetap menjadi media sosial yang mampu bertahan di peringkat teratas media sosial terpopuler. Namun bukan berarti jejaring sosial lainnya tidak populer, seperti halnya Twitter. Ada hal yang mungkin tidak bisa kalian lakukan di Facebook berbeda dengan Twitter, yaitu cara melihat trending Twitter dunia.

Twitter termasuk salah satu platfor media sosial kompetitor Facebook, yang kini mempunyai jumlah pengguna aktif yang cukup banyak. Bahkan tokoh publik sering menggunakan Twitter sebagai media promosi dalam mengangkat pamornya.

Read More

Twitter bukan hanya sekadar berkicau di beranda saja, melainkan saat ini lebih cenderung dipakai untuk menggali berbagai informasi dunia luar dengan trending topik dunia. Bahkan media sosial yang identik dengan gambar burung ini bsa menjadi ajang untuk mengangkat pamor seseorang maupun suatu perusahaan.

Di Twitter, fitur trending topik bisa kalian jumpai pada bar khusus untuk pencarian trending topik. Kalian bisa melihat trending topik di sekitar kalian, hingga bisa melihat trending topik dunia. Fitur inilah yang nampaknya tidak disajikan dalam media sosial manapun.

Alasan Harus Memiliki Media Sosial Twitter

Sebenarnya, bukan hanya fitur trending topik dunia saja yang bisa kalian nikmati ketika bermain media sosial Twitter. Namun ada banyak alasan kenapa kalian harus membuat akun Twitter. Berikut ini :

1. Terdiri Dari Berbagai Komunitas

Di Twitter, kalian akan menjumpai beragam komunitas yang bisa saling memberikan informasi secara update. Komunitas yang tergabung di Twitter sangat beragam, mulai dari komunias teknologi, komunitas olahraga, komunitas kesehatan, hingga komunitas yang membahas khusus percintaan.

Bagi kalian yang senang bergabung dengan komunitas-komunitas tersebut, maka di Twitter akan mudah didapatkan. Bahkan tidak sedkit akun komunitasnya merupakan akun resmi yang teverifikasi oleh Twitter.

2. Langsung Mengarah Pada Sebuah Situs

Twitter bisa dijadikan sebagai ajang promosi atau memperkenalkan sesuatu dengan menyimpan sebuah situs pada cuitan yang dibuat.

Caranya cukup mudah dilakukan, kalian hanya perlu memposting terlebih dahulu terkait situs yang akan kalian masukan pada cuitan tersebut. Kemudian sematkan link web tersebut, sehingga followers Twitter kalian yang penasaran, akan langsung mengakses link menuju sebuah situs tersebut.

3. Ciptakan Personal Branding

Twitter menyediakan tempat bagi kalian yang ingin sharing like, foto, atau blog. Selain itu, dengan menggunakan Twitter bisa dengan mudah mengeluarkan berbagai ide menarik untuk di publikasikan ke follower. Bahkan     kalian bisa mempublikasikannya ke yang bukan follower dengan menyematkan hashtag.

4. Informasi Update

Informasi update adalah senjata Twitter untuk menggaet banyak pengguna. Hal ini dikarenakan, berkat fitur inilah seseorang bisa mengetahui informasi terkini yang ada di sekitar, di Indonesia, atau bahkan di dunia.

Jika dilihat dari berbagai kelebihan di atas, tentunya tidak ada alasan untuk mengabaikan platform media sosial ini.

Seputar Trending Topik

Mengingat trending topik termasuk salah satu fitur unggulan Twitter, mari kita mengeksplor fitur ini lebih dalam di Twitter.

Jika kalian klik bar pencarian yang ada di bagian bawah, maka selain bisa melakukan pencarian nama akun Twitter atau pencarian dalam bentuk hashtag, juga akan muncul trending topik. Biasanya trending topic ini sesuai dengan algoritma yang biasa kalian cari di kolom pencarian.

Trending topik adalah suatu tema yang paling sering dibicarakan oleh para pengguna Twitter dalam satu waktu secara terus menerus. Semakin banyak tema tersebut dibicarakan, maka akan semakin trending tema tersebut.

Jika ada tema lainnya yang lebih populer lagi, maka tema sebelumnya akan berada di urutan kedua. Begitu seterusnya, hingga ada tema yang memiliki tingkat trending di kalangan Twitter paling sedikit dibicarakan.

Cara Melihat Trending Twitter Dunia

Cara Melihat Trending Twitter Dunia
Tutorial Melihat Trending Twitter Dunia

Bagi kalian yang ingin melihat trending topik di Twitter, ada baiknya ikuti cara melihat trending twitter dunia di bawah ini. Tujuannya, agar bisa dengan mudah melihat trending topik dunia atau trending topik yang terjadi di sekitar kalian secara real time.

1. Melihat Trending Twitter Dunia Melalui Aplikasi

Cara melihat trending Twitter dunia ini, bisa kalian lakukan apabila sudah menginstal aplikasi Twitter di  smartphone. Simak ulasan lengkapnya :

  • Buka aplikasi Twitter yang sudah terinstal pada hp kalian, kemudian login dengan menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Pada menu bar di bawah, akan ada bar pencarian dengan ikon seperti kaca pembesar. Klik bar tersebut.
  • Selain bisa melakukan pencarian yang disediakan pada kolom paling atas di halaman tersebut. Kalian juga dapat melihat trending topik yang sesuai dengan negara kalian dan di sekitar kalian.
  • Jika seandainya ingin mencari trending topik dunia, maka yang perlu kalian lakukan adalah dengan masuk pada menu explore settings terlebih dahulu. Biasanya ditandai dengan ikon seperti sebuah ‘gear’ yang ada di bagian kanan aplikasi.
  • Lalu, nonaktifkan fitur ‘Show Content in This Location’.
  • Berikutnya, pilihlah negara yang ingin kalian lihat konten yang sedang populer yang berada di bagian Explore Locations.
  • Seandainya kalian menutup aplikasi Twitter, atau hanya sekedar pergi ke beranda Twitter. Lalu masuk kembali pada bar pencarian maka trending topik akan masih sama berdasarkan negara yang kalian pilih sebelumnya.
  • Jika ingin mengembalikan ke pengaturan semula, maka pada menu settings tinggal aktifkan kembali Show Content in This Location.

2. Melihat Trending Twitter dunia Melalui Situs Twitter

Cara melihat trending Twitter satu ini bisa kalian lakukan pada browser, baik pada smartphone atau pada laptop/komputer. Simak step by step-nya :

  • Akses situs Twitter pada browser terlebih dahulu dengan masuk ke www.Twitter.com.
  • Jika baru pertama kali masuk pada Twitter melalui websiute, maka kalian harus sign in terlebih dahulu. Ada beberapa sign in yang bisa kalian gunakan yaitu bisa dengan menggunakan akun google, menggunakan akun Apple, atau menggunakan nomor telepon, email, maupun username.
  • Setelah menentukan cara masuknya, klik Next , dan kalian akan masuk pada halaman berikutnya untuk mengisi password lalu klik Next. Pastikan agar password yang kalian isi benar, jika salah atau lupa lebih baik klik ‘forgot password’.
  • Apabila telah masuk pada halaman utama, kalian akan langsung disuguhkan dengan trending topik yang berada di bagian kanan halaman home.
  • Karena membuka Twitter berada di negara Indonesia, maka trending topik akan langsung terdeteksi yang hangat di bicarakan di Indonesia.
  • Jika kalian ingin melihat trending topik negara lainnya, maka yang perlu kalian lakukan adalah dengan masuk pada opsi Explore Settings dengan ikon seperti ‘gear’ yang berada di sebelah kanan tulisan ‘Indonesian Trends’.
  • Kemudian, matikan fitur yang ada pada halaman tersebut yaitu ‘Show Content in this Location’.
  • Berikutnya kalian cukup buka ‘Explore Locations’ lalu pilihlah negara yang ingin kalian lihat topik yang sedang hangat dibicarakan di negara tersebut.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan informasi atau isu-isu terkait perkembangan global, baik itu tentang peristiwa, kondisi ekonomi suatu negara dan lainnya, kalian bisa mencoba cara melihat trending Twitter dunia seperti di atas. Dengan catatan, harus sudah memiliki akun Twitter terlebih dahulu.

Related posts