Cara Kunci Akun Twitter

Bagaimana cara kunci akun Twitter? Kini media sosial tidak hanya digunakan untuk memposting status saja, tetapi juga bisa berbagi informasi, berbisnis, hingga mendapatkan informasi dan berita dengan cepat. Meskipun kita perlu memilah informasi yang diterima sebelum membagikannya.

Platfom sosial media yang bisa dibilang cukup cepat menyebarkan informasi, karena menawarkan berbagai macam kemudahan adalah Twitter. Hanya saja, kita harus tetap waspada sebab sekarang ini privasi telah mempunyai ruang tersendiri di era globalisasi. Selain itu, Kamu juga harus mengontrolnya sendiri walaupun ada banyak platform dengan kebijakan privasi masing-masing demi melindungi penggunanya.

Read More

Adapun langkah yang dapat Kamu coba untuk melindungi privasi di Twitter ialah dengan cara kunci akun Twittermu sendiri. Sehingga hanya followers yang Kamu inginkan saja yang dapat mengakses seluruh informasi pribadimu, terutama yang sifatnya cenderung sensitif.

Cara Kunci Akun Twitter

Cara Kunci Akun Twitter
Cara Mengunci Akun Twitter

Mengunci Akun Twitter Agar Lebih Aman

Bagi Kamu yang belum mengetahui cara kunci akun Twitter, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal tertentu yang harus Kamu ketahui apabila akunmu dalam kondisi terkunci. Berikut ulasannya :

  • Hal pertama ialah Kamu akan selalu disibukkan dengan berbagai aktivitas untuk menerima permintaan ketika ada akun tertentu yang akan mengikuti akunmu. Sehingga terlebih dahulu Kamu harus memilih untuk menolak atau menerima permintaan tersebut.
  • Semua aktivitas akun Twitter seperti cuitan, retweet atau tautan permanen hanya bisa dilihat para pengikut saja. Jadi tidak akan muncul ikon cuitan ulang bagi follower untuk membalas retweet.
  • Balasan untuk akun Twitter yang tak terdaftar sebagai followers juga tidak akan dapat terlihat akun tersebut. Jadi, mereka harus mengikuti akun Twittermu terlebih dahulu apabila ingin mengecek balasannya.
Terkait:  Cara Melihat Tweet Lama

Jika hal-hal yang harus dipertimbangkan di atas tak menjadi soal, Kamu bisa mengikuti cara kunci akun Twitter.

Cara Mengunci Akun Twitter

Ada beberapa langkah cara mengunci akun Twitter yang harus diikuti,berikut ini :

1. Cara Mengunci Akun Twitter di Aplikasi Hp

Langkah pertama cara mengunci akun Twitter ialah dengan memakai aplikasi di Hp atau smartpone. Pastikan terlebih dahulu iPhone atau Hp androidmu telah terpasang pada aplikasi Twitter.

Adapun langkah-langkah cara kunci akun Twitter ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan jalankan Twitter di ponselmu terlebih dahulu.
  • Lalu ketuk foto profil pada bagian atas jika ingin membuka menu daftar.
  • Selanjutnya pilih “Pengaturan dan Privasi”.
  • Jika sudah pilih “Privasi dan Keamanan”.
  • Silahkan aktifkan opsi “Lindungi Tweet” selesai.

Jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas, maka akun Twittermu pun langsung dikunci atau di private. Setelah profil maupun Tweet-mu muncul ikon berbentuk gembok, Kamu telah sukses mengunci akunmu.

2. Cara Mengunci Akun Twitter di PC atau Laptop

Cara kunci akun Twitter selanjutnya ialah memakai desktop seperti PC atau laptop. Untuk melakukannya, cukup gunakan web browser,  baik itu Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan lainnya.

Adapun untuk mengunci akun Twitter, diantaranya :

  • Silahkan masuk ke link Twitter.
  • Lalu login memakai akun Twitter-mu.
  • Ketuk opsi “Selengkapnya”.
  • Pilih opsi “Pengaturan dan Privasi”.
  • Kemudian klik  “Privasi dan Keamanan”.
  • Silahkan centang “Lindungi Tweet” atau “Protect my Tweets”.
  • Ketuk tombol “Lindungi” akun Twitter untuk mengunci, selesai.

Jika di profil Twittermu sudah muncul ikon gembok, ini artinya akun Twitter tersebut telah berhasil dikunci.

3. Cara Mengunci Akun Twitter di Browser Hp

Kamu dapat mengaktifkan layanan private di akun Twitter memakai browser di smarphone. Sebenarnya cara yang satu ini efektif sekali bagi yang tidak memiliki aplikasi Twitter. Berikut cara kunci akun Twitter di browser Hp, diantaranya :

  • Pertama-tama, silahkan  buka dan jalankan browser pilihanmu di Hp, misalnya Google Chrome.
  • Lalu kunjungi situs web Twitter Mobile.
  • Selanjutnya login memakai akun Twittermu.
  • Buka Pengaturan dan Privasi.
  • Lalu masuk pada opsi “Privasi dan Keamanan”.
  • Silahkan centang pada kotak bertuliskan “Lindungi Tweet”.
  • Ketuk pilihan Lindungi untuk melakukan konfirmasi penguncian pada akun Twitter, selesai.
Terkait:  Cara Cek Stalker Twitter

Cara Mengamankan Akun Twitter

Selain cara kunci akun Twitter di atas, ada beberapa tips keamanan yang dapat Kamu coba agar akun Twittermu terproteksi atau lebih aman dari  hacker :

1. Pakai Kombinasi Password Login Akun Twitter yang Kuat

Ada beberapatips penting saat Kamu membuat Twitter supaya lebih aman dari hacker, sebagai berikut :

  • Ketika membuat akun media sosial seperti Twitter, sebaiknya selalu pastikan password login akun Twitter terdiri atas gabungan angka, simbol, dan huruf.
  • Semakin panjang password yang Kamu buat dengan kombinasinya, maka akan semakin kuat.
  • Sebaiknya jangan pakai password berupa kombinasi tanggal lahir dan nama, karena kombinasi tersebut sangat gampang ditebak.
  • Pakai password berbeda untuk tiap akun media sosialmu, tidak hanya Twitter.

2. Pakai Mode Verifikasi Ketika Login

Two Step Verification adalah mode verifikasi untuk login akun Twitter yang dapat kamu pakai agar akun Twittermu lebih aman. Sehingga dengan mode ini, Kamu tidak perlu lagi mengandalkan password saat login saja. Sebab sesudah login dengan password yang Kamu buat, akan ada tahapan verifikasi selanjutnya yang akan dikirimkan ke Hpmu.

3. Waspada Saat Ada Tautan Mencurigakan

Saat mengakses Twitter, pastikan alamat link yang Kamu pakai adalah Twitter.com dan bukan link lainnya atau yang ada kata tambahan lainnya. Sebab domain Twitter biasanya selalu di alamat https://twitter.com/ sebagai nama domain utama pada website. Sementara untuk link login-nya sendiri di https://twitter.com/login.

4. Jangan Pernah Memberitahukan Password dan Username Kamu Kepada Orang Lain

Jangan pernah memberitahukan password maupun username akun Twittermu ke orang lain atau yang tidak Kamu kenal, apalagi ke website-website dengan iming-iming mendapatkan jumlah followers banyak. Selain itu, ada pula beberapa situs web palsu yang dibuat dengan sengaja seperti halaman akun Twitter yang dapat mengelabui banak orang untuk melakukan login. Faktanya mereka secara otomatis akan menyimpan password dan username akun Twittermu.

Terkait:  Cara Download Video Twitter

5. Cek Profile Twitter Secara Rutin

Para hacker biasanya hanya menggunakan akunmu untuk menyebarkan informasi atau berita yang menguntungkan bagi mereka. Dengan demikian, Kamu masih dapat mengakses akun Twittermu, hanya saja hacker bisa melakukan tweet mengenai link situs web tertentu.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi, Kamu harus sering mengecek halaman profile cek apakah ada yang mencurigakan di tweet-mu. Apabila ada yang mencurigakan dan Kamu merasa sebelumnya tidak pernah membuat postingan dan membagikannya, mungkin saja akun Twittermu terkena hack.

6. Update Aplikasi Twitter di Hp dan Pastikan Untuk Memasang Anti Virus

Selain itu, pastikan pula Kamu memakai aplikasi Twitter yang sudah di update supaya akun Twittermu aman. Sebab ketika update software umumnya hadir pula bersama patch agar ancaman keamanan dapat diatasi dengan baik. Kamu juga harus melakukan scan pada perangkat HP dengan rutin agar adware, virus dan spyware dapat dideteksi dengan mudah.

Nah, itulah beberapa panduan cara kunci akun Twitter dengan lengkap dan beberapa tips mengamankan akun Twittermu dengan baik.

Related posts