Cara Mengundi Giveaway Twitter

Cara Mengundi Giveaway Twitter

Bagaimana cara mengundi giveaway Twitter? Untuk para pemilik bisnis, memakai media sosial untuk promosi bisnis adalah hal yang sangat efektif dilakukan. Selain bisa menjajakan produk yang dijual, ternyata kita juga bisa menyelenggarakan even giveaway menarik yang bisa diikuti oleh follower atau teman-teman media sosial kita. Salah satunya seperti menjalankan giveaway di Twitter.

Program giveaway terbukti bisa meningkatkan jumlah peminat dalam waktu yang cukup singkat. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena banyak orang langsung tergiur dengan penawaran hadiah yang diberikan lewat program ini. Program giveaway sebenarnya bisa menghasilkan sebuah simbiosis mutualisme bagi para penjual dan pembelinya. Karena penjual bisa memperkenalkan produknya dengan luas, sedangkan pembelinya akan mendapatkan hadiah menarik dari program giveaway.

Read More

Sebenarnya giveaway dapat dijalankan di seluruh platform media sosial selain Twitter, seperti Instagram, Tiktok, hingga Facebook. Namun dalam artikel kali ini, kita hanya akan menjelaskan terkait cara mengundi giveaway Twitter. Tapi jika Kamu menjalankan giveaway di Instagram, bisa mengecek cara mengundi giveaway Instagram yang sudah Kami bagikan sebelumnya,

Faktor Keberhasilan Program Giveaway

Kamu tidak perlu kaget saat menargetkan jumlah peserta sebanyak 50 orang, ternyata yang mengikuti giveaway bahkan mencapai ratusan orang. Karena ada beberapa hal yang membuat program giveaway banyak disukai. Berikut ulasannya :

  • Kebanyakan orang tertarik dengan hadiah menarik. Dengan menjalankan program giveaway ini sudah pasti program ini banyak digandrungi pengikut atau peserta.
  • Dengan adanya hashtag sesbagai persyaratan giveaway yang Kamu selenggarakan, bisa memberikan pengaruh besar terhadap jumlah peserta giveaway.
  • Tingkat keaktifanmu di media sosial akan berpengaruh pada banyaknya komentar peserta.

Itulah faktor-faktor yang berpengaruh pada tingkat keberhasilan giveaway yang Kamu buat. Oleh karena itu, sebaiknya coba seaktif mungkin berinteraksi bersama peserta giveway yang menjadi salah satu calon pembeli produk yang Kamu jual.

Cara Mengundi Giveaway Twitter

Cara Mengundi Giveaway Twitter
Mengundi Giveaway Twitter

Tutorial Mengundi Giveaway Twitter

Mungkin menyelengarakan giveaway di Twitter tidak begitu sulit dilakukan oleh para pebisnis online, namun tak sedikit penyelenggara giveaway yang kebingungan menentukan pemenang. Hal ini wajar mengingat ada puluhan bahkan ratusan peserta yang harus diundi untuk dijadikan pemenang. Namun Kamu tak perlu khawatir, karena Kamu bisa mencoba cara mengundi giveaway Twitter berikut ini :

1. Cara Manual

Cara mengundi giveaway di Twitter dengan cara manual memang sangat mudah dilakukan, tapi sayangnya memerlukan waktu yang cukup lama untuk menentukan pemenang yang akan menerima hadiah giveaway twitter darimu. Untuk caranya, Kamu bisa memilih mana komentar terbaik dari peserta giveaway-mu.

Kelebihan Kekurangan Cara Manual

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dengan menggunakan cara manual ini, yaitu :

Kelebihan pengundian giveaway twitter dengan cara manual :

  • kamu bisa menentukan sendiri beberapa jumlah pemenang yang menjawab pertanyaan dengan benar.
  • Bisa mengetahui jawaban setiap peserta yang mengikuti giveaway twitter.
  • Dapat mengetahui profil dari calon pemenang.

Kekurangan pengundian giveaway twitter dengan cara manual :

  • Membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus membaca jawaban satu per satu yang dikirimkan oleh pihak peserta giveaway di Twitter.
  • Butuh kejelian ketika melihat jawaban dari masing – masing peserta jangan sampai persyaratan yang telah ditetapkan ternyata tidak dipenuhi.
  • Dituntut kejujuran dan harus bersifat objektif serta tidak pilih kasih saat menentukan calon pemenang giveaway.

Itulah yang harus kamu pahami dalam menentukan pengundian giveaway twitter dengan cara manual.

2. Menggunakan Situs random.org

Penggunaan situs random.org dikhususkan bagi kamu yang ingin serba cepat dan tentu saja tak mempunyai banyak waktu jika harus menentukan pemenang giveaway sendiri. Penggunaan situs random.org tidak perlu login ke media sosial kamu, karena hasilnya bisa diketahui melalui penomoran saja. Silahkan ikuti langkah cara mengundi giveaway Twitter melalui situs random.org berikut :

  • masuk ke situs www.random.org melalui web browser yang digunakan. Bisa menggunakan Mozilla, Internet Explorer, atau menggunakan Google Chrome.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama web tersebut, silahkan cari kolom Min. Nah dari sini Kamu perlu memasukkan jumlah minimal angka untuk pengacakan. Misalnya 50, 100, 150, atau di sesuaikan dengan perkiraan jumlah peserta yang mengikuti giveaway.
  • Jika kolom Min sudah kamu isi, selanjutnya isi kolom Max. Kolom ini yaitu untuk jumlah angka pengacakan maksimal yang bisa masuk ke dalam kategori pengacakan, contohnya misalnya memasukkan angka 200 atau 300.
  • Kolom Min dan kolom Max harus diisi dengan benar. Hal ini dikarenakna Kamu bisa melihat perkiraan jumlah dari peserta giveaway Twitter.
  • Klik kolom General yang terletak di bawah opsi Max, setelah itu Kamu pun akan langsung melihat result atau nilai pengacakan. Contohnya di angka 180.
  • Dengan demikian, untuk peserta bernomor 180, dialah pemenangnya diantara banyaknya jumlah pemenang yang sudah ditentukan.
  • Jika jumlah pemenang giveaway ada 3 orang misalnya, maka kamu harus klik ulang tombol generate, selanjutnya akan keluar lagi angka atau nomor lain, contohnya 100 Terus kembali klik tombol generate dan nomor berbeda pun akan muncul, misalnya angka 80.
  • Bagi peserta dengan nomor 180, 100 dan 80. Itu adalah ketiga pemenang yang memenangkan giveaway twitter.

Itulah beberapa langkah cara mengundi giveaway Twitter yang bisa Kamu lakukan menggunakan situs web random.org. Selanjutnya Kamu harus tahu bahwa situs ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan dan Kekurangan Random.org

Kelebihan :

  • Kamu akan dengan mudah menentukan pemenang dalam waktu yang sangat singkat.
  • Kamu bisa menentukan pemenang meskipun Kamu sedang disibukkan oleh aktivitas lain.
  • Hanya bermodalkan internet untuk masuk ke situs tersebut.

Kekurangan

  • Kamu tidak akan bisa melihat hasil jawaban dari keseluruhan peserta karena sistem yang dibuat oleh random.org dibuat dengan menentukan jumlah peserta dan dipilih secara acak.
  • Akan sulit untuk berinteraksi dengan peserta, sehingga bisa saja giveaway yang kamu adakan dianggap sebagai spam.
  • Penentuan pemenang dengan sistem ini dinilai tidak transparan karena hanya mengandalkan sistem random.

3. Random Comment Picker

Bagi kamu yang belum tahu tools ini, Random Comment Picker bisa dibilang sebagai tools sederhana berbasis online untuk menentukan pemenang giveaway berdasarkan banyaknya komentar yang muncul. Alat ini cocok juga digunakan pada berbagai media sosial, termasuk Twitter.

Adapun langkah –langkahnya dijelaskan berikut ini :

  • Jalankan aplikasi Random Comment Picker
  • Masukkan URL yang berisi mengenai giveaway yang kamu adakan.
  • Pada opsi filter pengguna duplikat, silahkan untuk mengaktifkannya agar terhindar dari dua akun yang sama memenangkan giveaway.
  • Aktifkan dan sertakan teks yang dimaksud jika ingin melakukan proses penyaringan terhadap komentar yang didasarkan pada jawaban yang dianggap benar.
  • Tekanlah tombol Dapatkan Komentar agar kamu bisa mendapatkan komentar tertentu dari Twitter.
  • Untuk melakukan proses undian dan memilih pemenang, silahkan untuk menekan tombol Mulai.
  • Jika sudah menekan tombol mulai, lalu tekan tombol Pilih Pemenang Lain jika giveaway yang kamu adakan membutuhkan lebih dari satu orang pemenang.

Berdasarkan 3 opsi cara mengundi giveaway twitter di atas, tentu saja yang dinilai cukup transparan adalah melalui cara ketiga. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena pada aplikasi Random Comment Picker bisa kamu pilih berdasarkan jawaban di kolom komentar dari masing – masing peserta.

More Tutorials:

Related posts