Cara Mengunci Folder di Laptop

Banyak orang mungkin belum tahu cara mengunci folder di laptop hingga saat ini. Kamu pasti punya beberapa data rahasia yang tidak boleh diketahui orang lain di sana.

Hal ini sangat pribadi dan hanya boleh dilihat pemilik laptopnya saja. Apabila siapapun meminjam laptop kalian, rasa cemas mungkin sedikit mengganggu batin kalian.

Hal ini dikarenakan siapapun bisa saja secara sengaja atau tidak akan membuka folder tertentu. Privasi kalian pun bakal diketahui orang lain.

Hal ini membuat cara mengunci folder di laptop dengan aplikasi perlu kalian ketahui. Semua orang pasti punya alasan untuk merahasiakan data pribadi di laptop mereka. Segala sesuatu yang bersifat pribadi tentunya tidak boleh diketahui orang lain.

Kalian bisa mengunci foldernya melalui program bawaan dari windows, serta aplikasi tambahan. Selain itu, kamu juga boleh memilih beberapa data pribadi yang ingin dirahasiakan. Ulasannya akan dibahas melalui pembahasan selanjutnya dengan jelas dan lengkap.

Cara Mengunci Folder di Laptop

Cara Mengunci Folder di Laptop
Mengunci Folder di Laptop

Siapa saja bisa mengunci folder di laptop dengan program bawaan Windows. Kalian hanya perlu memanfaatkan perangkatnya yang bernama Folder Encryption. Kamu tidak harus mengunduh aplikasi tambahan karena software itu sudah tersedia di dalam laptop.

Mengunci Folder di Laptop Lewat Program Windows

Folder Encryption sudah berada di Windows edisi Pro dan Enterprise. Ulasan selanjutnya bakal menjabarkan panduan merahasiakan folder di laptop lewat program tersebut.

Langkah mudah yang harus dilakukan adalah :

  • Pertama, pilihlah folder yang ingin dikunci dan klik kanan dengan memilih opsi Properties.
  • Kalian harus memilih kotak yang bertuliskan Advanced… pada bagian kanan bawah.
  • Tekan tanda centang pada opsi Encrypt contents to secure data untuk Mengamankan Data, lalu tekan OK.
  • Berikutnya, tekan tombol Apply.
  • Kamu akan melihat kotak dialog yang berisi pertanyaan soal folder mana saja yang bakal kalian kunci. Apabila kalian sudah memilih foldernya, tekan OK.
  • Selanjutnya, perangkat kalian akan memproses instruksi yang cenderung memakan waktu agak lama sesuai dengan jumlah penyimpanan yang dipakai.
  • Terakhir, kamu akan melihat gambar gembok pada folder yang dikunci.
  • Selesai.

Sebagian besar pengguna laptop bisa menerapkannya dengan cepat dan mudah. Meski begitu, penerapannya punya kelemahan tersendiri dimana Folder Encryption hanya tersedia pada Windows tertentu saja. Kalian juga harus menggunakan password yang sesuai dengan kata sandi saat masuk ke laptop.

Akan tetapi, tingkat keamanan dari program ini sangat efektif dan kalian tidak akan mungkin mengalami pencurian data dengan menghindari pembagian password kepada siapapun.

Mengunci Folder di Laptop dengan Aplikasi/Software Bantuan

Kamu bisa mengunci beberapa folder di laptop dengan aplikasi unduhan. Siapapun bisa mendapatkannya secara gratis lewat perangkat kalian masing-masing. Windows menyediakan beberapa aplikasi keamanan ketiga supaya kamu bisa memilihnya sesuai tingkat keamanannya.

Penggunaannya sangat mudah dan kalian dapat mengatur passcode seperti keinginan masing-masing. Beberapa pilihan aplikasi ketiga yang bisa kalian pilih adalah :

1. Software 7-Zip

  • Pertama, unduh dan pasangkan aplikasi Software 7-Zip pada laptop kalian, lalu jalankan.
  • Kalian harus menentukan folder mana saja yang ingin dikunci.
  • Tekan tombol Tambahkan pada pojok kiri atas. Langkah ini bakal mengompres terlebih dahulu sesuai folder yang ingin kalian kunci.
  • Aturlah preferensi yang kalian inginkan, lalu ubahlah Format Arsip menjadi Zip.
  • Tekanlah kata sandi yang diinginkan pada kotak Masukkan Kata Sandi dan Ulang Kata Sandi, lalu tekan OK.
  • Selesai

2. WinRAR

  • Pertama, carilah folder yang ingin kalian kunci, lalu klik kanan dengan memilih opsi Add to Archive.
  • Pilih opsi Set Password di bawah Dashboard WinRAR.
  • Kamu bisa mengatur kata sandi yang diinginkan dengan menekan kotak Enter Password, lalu Re Enter Password for Verification dan tekan tombol OK.
  • Kalian bisa periksa folder RAR yang sudah dikunci dengan password atau tidak.
  • Selesai

3. Folder Lock Free

Folder Lock Free adalah aplikasi yang bisa mengunci data, driver sampai file yang ingin kalian kunci. Bahkan, passwordnya juga dapat merahasiakan USB sampai hard disk. Kamu juga bisa memakai aplikasinya untuk melindungi akun Facebook maupun Gmail pribadi kalian.

Selain itu, Folder Lock Free akan melindungi data pribadi kalian dengan bantuan program bernama AES Encryption, yang dikenal sebagai salah satu enkripsi paling aman dan cepat.

Folder Lock Free bakal memberikan masa pemakaian gratis selama 30 hari. Namun, kalian tidak bisa berada pada masa free trial terus menerus.

Hal ini dikarenakan para pengguna laptop wajib membeli aplikasinya seharga $39,95. Aplikasinya juga mendukung sistem operasi Windows 7, 8, XP, 2000 dan Vista.

4. Easy File Locker

Easy File Locker dikenal sebagai freeware sederhana untuk memakai software pada sistem operasi Windows. Aplikasi tersebut mampu merahasiakan data maupun folder pribadi kalian. Kalian harus mengetahui bahwa program ini bekerja dengan memberi sistem perlindungan ekstra bagi folder yang dipilih.

Selain itu, pengguna lain tidak bisa membaca, menghapus sampai memakai file atau folder kalian. Easy File Locker begitu ringan sehingga tidak dapat merusak performa laptop kamu.

5. Protected Folder

Aplikasi ini punya cara kerja berbeda dengan software sejenis lainnya. Protected Folder bakal bekerja jika kamu melakukan drag and drop folder atau data ke dalam kotak pengaman yang disediakan aplikasinya.

Selain itu, kotaknya bakal merahasiakan sekaligus melindungi folder kalian supaya siapa saja tidak bisa membaca, melihat bahkan mengubah folder tersebut. Protected Locker cukup mudah dipakai dan diterapkan untuk laptop kalian.

6. WinMend Folder Hidden

WinMend Folder Hidden telah menjadi aplikasi penyembunyi data dan folder pilihan yang mudah digunakan. Aplikasi tersebut menghadirkan beberapa fitur untuk menyembunyikan file dan folder, serta menampilkannya lagi secara cepat.

Tak hanya itu, kalian juga bisa menambahkan password yang wajib dimasukkan untuk membuka data atau folder tertentu yang ingin dikunci. Penggunaannya sangat mudah dan efektif untuk mengunci berkas pribadi di laptop kalian.

Sementara itu, aplikasi ini juga dikenal sebagai program yang ideal untuk kalian sebagai pengguna PC. Walaupun dianggap sederhana, namun tingkat keamanannya cukup efektif dan perlu diperhitungkan.

WinMend Folder Hidden juga dapat diunduh secara gratis. Kamu bisa mengunduhnya untuk PC atau laptop dengan sistem Windows 7, 8 maupun Vista.

Apakah Mengunci Folder di Laptop dengan Aplikasi Terbukti Aman dan Efektif?

Kalian bisa mengikuti cara mengunci folder di laptop sesuai informasi di atas. Kamu juga dapat menyembunyikan data tertentu menggunakan aplikasi unduhan. Hasilnya terbukti aman dan efektif bila kalian tidak membagikan passwordnya kepada siapapun.

Tujuan penguncian file dan folder pada laptop untuk melindungi data tertentu seperti berkas, foto, video maupun data rahasia lain.

Selain itu, menjaganya dari penggunaan orang lain sekaligus mencegah pencurian data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, serta memberikan akses bagi orang yang sudah dipercaya atau berkepentingan saja.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...