Cara Cas Aki Mobil

Cara Cas Aki Mobil

Aki merupakan komponen vital yang sangat berpengaruh untuk kinerja mobil. Karena itu, komponen yang satu ini harus benar-benar diperhatikan agar kondisinya tetap prima. Selain itu, sama halnya seperti cara kerja baterai dalam smartphone, aki mobil juga harus dicas setelah penggunaan dalam waktu tertentu. Oleh sebab itu, setiap pengguna kendaraan roda empat wajib tahu bagaimana cara cas aki mobil.

Selain itu, perlu Kamu ketahui bahwa ketahanan aki bisa dibilang akan awet jika perawatannya dilakukan dengan benar. Paling tidak Kamu harus menyalakan mobilmu tiap pagi selama beberapa menit saja, jika sedang tidak dipakai. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi aki lemah karena tak digunakan dalam waktu yang lama.

Read More

Pastikan pula untuk selalu mengecek kondisi aki mobil keseluruhan secara rutin paling tidak 2 minggu sekali. Untuk pengecekan tipe aki kering, Kamu bisa mengecek ketersediaan daya listrik aki memakai ampere meter. Sementara pada tipe aki basah, tak hanya memakai ampre meter, tetapi Kamu juga dapat mengecek aki secara visual dan pastikan apakah air akinya berkurang ataukah tidak.

Jika Kamu menemukan kondisi daya aki mobilmu menjadi lemah, maka solusinya melakukan cara casa ki mobil dengan benar agar kondisi aki mobilmu Kembali maksimal. Selain itu, Kamu juga perlu tahu bahwa meskipun air akinya terlihat masih penuh, tapi jika kendaraan roda empatmu tak digunakan bisa mengakibatkan daya listrik aki pun menjadi lemah.

Cara Cas Aki Mobil

Cara Cas Aki Mobil
Panduan Mengecas Aki Mobil Dengan Benar

Tips Mengecas Aki Mobil Dengan Benar

Jika Kamu memiliki budget berlebih, mungkin saat aki lemah sebaiknya langsung ganti aki dengan yang baru. Tapi, bagaimana jika uangmu pas-pasan? Jangan khawatir, karena Kamu masih bisa mengatasinya dengan cara casa ki mobil dengan benar. Ini adalah alternatif cara paling irit, sekaligus sebagai Tindakan pertama saat mengetahui aki mobilmu melemah.

Dibandingkan membeli aki mobil, yang harganya ratusan ribu bahkan bisa sampai jutaan rupiah jika Kamu memilih merk yang bagus. Mengecas aki mobil termasuk cara paling ideal saat kondisi kantongmu menipis. Oke, langsung saja praktekkan cara cas aki mobil dengan benar berikut ini :

1. Lepaskan Aki Dari Dudukannya

Langkah pertama jika kamu ingin melakukan cas aki yaitu silahkan lepaskan aki mobilmu dari dudukannya terlebih dulu. Ketika mengeluarkan aki, kamu harus hati-hati melakukannya karena ada jenis kendaraan tertentu yang memerlukan reset ECU.

Adaun tujuan cara melepas aki mobil saat pengecasan ialah sebagai bentuk keamanan saja. Untuk berjaga-jaga sebab jika terjadi arus pendek pada aki bisa membahayakan komponen mobil lainnya. Memang tanpa melepaskan aki dari dudukannya pun masih bisa dilakukan, namun alangkah bijaknya jika pengecasan aki dilepas terlebih dahulu dan di cas ditempat khusus.

Untuk aki basah, untuk mengecas aki mobil jenis ini, biasanya aki yang ada didalamnya akan mendidih dengan suhu tinggi dan bisa menghaslkan gelembung air. Hal inilah yang akan menyebabkan keluarnya cipratan air tersebut dari bagian ventilasi aki. Dampak buruknya, jika aki tidak dilepas kemudian cairan aki mengenai permukaan pada bodi mobil, maka lama kelamaan bias menyebabkan korosi.

2. Buka Semua Tutup Aki

Cara cas aki mobil selanjutnya ialah buka semua tutu pada aki sebelum dilakukan pengecasan terlebih dahulu. Adapun tujuannya ialah untuk memeriksa air aki terlebih dahulu, dengan begitu Ketika air aki berkurang, Kamu tinggal mengisinya terlebih dahulu memakai air aki cadangan yang sebelumnya telah kamu persiapkan.

Cara pengisiannya jangn sampai penuh hingga batas paling atas. Setiap aki ada batas pengisian wajar, dimana akan ada garis yang menunjukkan batas optimal pengisian air aki. Bagi aki yang tidak ada batas seperti itu, kamu perkirakan pengisian air aki agar bisa menyisakan 1/3 dari batas maksimalnya.

Tujuan dari menyisakan 1/3 nya adalah ketika aki di cas, selain menciptakan tekanan, nantinya air aki akan memiliki ketinggian maksimum berdasarkan volume aki yang tesedia. Hal ini dikarenakan untuk menyediakan ruang saat air aki yang mendidih dan menghasilkan gelembung-gelembung didalamnya.

Ketika proses pengecasan, tutup aki jangan dipasang terlebih dahulu, karena jika sedang melakukan pengecasan kemungkinan besar aki akan meledak akibat arus daya listrik yang terjebak didalamnya.

3. Pasang Kabel Cas

Langkah cara cas aki mobil berikutnya adakah dengan memasang kabel cas ke aki yang akan kamu cas. Metode ini bisa kamu lakukan ketika semua tutup aki dan ventilasi telah dilakukan pengecekan, termasuk pengisian air aki jika kondisinya kurang air.

Yang wajib kamu ketahui adalah agar memastikan pemasangan kabel tidak terbalik. Untuk kabel positif maka letakkan pada aki yang bermuatan positif, sedangkan kabel negatif dipasang di bagian aki negatif. Jika seandainya terbalik, dikhawatirkan akan terjadinya arus pendek yang menyebabkan aki menjadi rusak atau parahnya lagi tidak bisa digunakan kembali.

Karena alat penghubung antara kabel dan aki adalah jepitan besi, kamu harus memastikan supaya jepitan tersebut terpasang dengan sangat kuat. Tujuannya untuk menghindari terjadinya percikan api akibat memasang jepitan aki yang tidak terlalu kuat.

4. Atur Saklar Pada Posisi Sesuai Rekomendasi

Setelah memastikan posisi kabel sesuai kutubnya dan jepitan terpasang dengan sangat kuat, selanjutnya kamu tinggal menghidupkan alat khusus untuk cas aki. Aturlah saklar untuk mengisi daya sesuai yang direkomendasikan sehingga proses pengecasan aki menjadi tepat sasaran dan aki bisa digunakan kembali dalam waktu yang cukup lama.

Biasanya pada alat cas aki ada 3 saklar untuk mengisi daya, yaitu ada saklar pertama untuk arus pengisian, saklar kedua untuk mengatur tegangan yang dihasilkan, dan saklar terakhir yaitu untuk pengaturan waktu pengisian.

Setiap saklar memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Jadi jika belum memahami pengaturan tersebut, bacalah buku panduan yang telah disediakan.Namun apabila masih belum mengerti juga, alangkah baiknya menghubungi layanan montir. Tujuannya supaya montir bisa memandumu melakukan pengecasan aki sampai selesai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Proses Pengisian Daya Aki

Nah, inilah cara cas aki mobil yang ditunggu-tunggu. Pengisian aki membutuhkan waktu yang cukup lama, setiap aki memiliki waktu yang berbeda-beda hingga dayanya kembali maksimal. namun secara umum aki membutuhkan waktu hingga 7 jam hingga daya terisi penuh.

Apabila kamu melakukan pengisian daya dengan mode fast charging, pengisian bisa lebih singkat maksimal 3 jam saja. Sayangnya, cara ini tidak terlalu direkomendasikan karena memaksa aki agar cepat terisi yang bisa menimbulkan kerusakan terjadi pada aki itu sendiri.

Sekedar informai untuk tahapan ini, jika menggunakan mode normal maka arus yang digunakan sebesar 10 % saja. Hal ini berbeda jika menggunakan mode fast charging, Kamu akan memerlukan daya yang lebih besar lagi hingga 40 %.

6. Matikan Alat Charging Aki dan Lepas Kabel

Setelah pengisian selesai, langkah terakhir adalah pastikan untuk segera mematikan alat cas aki agar tidak over capacity. Disamping itu, cabut kabel cas yang masih menempel pada aki. Ketika semua sudah dilakukan, kembalikan aki pada dudukan mobil dan jangan lupa untuk menutup tutup aki yang sebelumnya kamu buka.

Oke itulah 6 tahapan cara cas aki mobil dengan benar dan aman agar performa akimu Kembali seperti semula!

 

Related posts