Cara Over Kredit Mobil BCA Finance

Cara over kredit mobil BCA finance sebenarnya tak jauh berbeda dari cara over kredit di leasing pada umumnya. Ya, jika ingin membeli kendaraan roda empat saat ini memang tidak sulit, sebab ada banyak sekali penawaran dari leasing, kebanyakan diantaranya menyediakan persyaratan yang sangat mudah. Kemudian ada juga pihak leasing tertentu yang siap membantu setiap calon konsumennya bahkan sampai mereka mempunyai mobil impiannya. Sebab biasanya pihak sales atau leasing umumnya telah menerima komisi terlebih dahulu. Selain itu, alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mempunyai sebuah mobil ialah dapat dilakukan dengan cara over kredit.

Namun sebelum Kamu melangkah jauh, sebaiknya pertimbangkan dengan jeli untuk melakukan transaksi over kredit. Hal ini dengan tujuan agar Kamu bisa terhindar dari masalah saat sudah melakukannya di bawah pengawasan pihak ketiga. Karena itu, diperlukan cara over kredit dengan cara resmi seperti cara over kredit mobil BCA Finance.

Read More

Tentang BCA Finance

Harga kendaraan roda empat yang semakin bervariasi serta penawaran berbagai opsi pembiayaan, tentunya membuat keinginan mempunyai mobil bukan lagi sekedar impian. Terlebih kini BCA Finance telah menawarkan kemudahan sistem pembiayaan.

BCA Finance atau PT BCA Finance (BCAF) awalnya bernama PT Central Sari Metropolitan Leasing Corporation yang berdiri sejak tahun 1981 silam. Pada mulanya, perusahaan ini hanya berfokus pada sistem pembiayaan komersial, diantaranya pembiayaan untuk alat-alat berat, mesin produksi, hingga transportasi.

Terkait:  Cara Over Kredit Mobil

Hingga akhirnya, tepat di tahun 2001, perusahaan ini berubah nama menjadi PT CSF (Central Sari Finance). BCA sendiri sudah menjadi stake holder mayoritas yang kepemilikan sahamnya senilai 99,58%. Selanjutnya pada tanggal 28 Maret 2005, CSF berganti nama menjadi PT BCAF (BCA Finance).

Cara Over Kredit Mobil BCA Finance

Cara Over Kredit Mobil BCA Finance
Over Kredit Mobil BCA Finance

Panduan Over Kredit Mobil BCA Finance

Jika biasanya untuk melakukan transaksi kredt, Kamu hanya perlu menyertakan persyaratan tambahan seperti KK, KTP, rekening listrik, NPWP, ternyata proses over kredit resmi mempunyai persyaratan tambahan yang hukumnya wajib dipenuhi. Ini tak lain sebagai cara agar bisa menghindarkan dirimju dari kerugian atau jerat hukum pasca membeli mobil secara over kredit.

Berikut ini langkah-langkah cara over kredit mobil BCA Finance yang bisa Kamu ikuti petunjuknya, berikut :

1. Menyertakan Dokumen Lengkap

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu dokumen lengkap untuk melengkapi persyaratan yang diperlukan, hal ini juga berlaku dalam cara over kredit mobil BCA Finance. Sebab Kamu nantinya menjadi bagian dari BCA Finance untuk meneruskan angsuran atau cicilan yang telah dilakukan sebelumnya oleh penjual atau pihak pertama.

2. Cari Penjual atau Pembeli Tanpa Pihak Ketiga

Jika ingin melakukan transaksi over kredit kendaraan, sebaiknya Kamu cari orang yang bisa dipercaya. Hal tersebut berlaku, entah itu untuk pembeli maupun sebagai kreditur untuk memindah tangankan mobil lewat over kredit. Adapun tujuannya untuk memperoleh informasi akurat.

3. Hubungi Kantor BCA Finance Secara Langsung

Apabila kedua belah pihak telah memenuhi atau melengkapi persyaratan yang diminta pihak BCA Finance selaku leasing, selanjutnya tinggal berkunjung ke kantor BCA Finane saja. Silahkan daftarkan dirimu langsung ke kantor BCA Finance, baik selaku pihak yang ingin mengalihkan angsuran maupun pelaku over kredtnya itu sendiri. Dari sini pihak BCA Finance harus tahu, sebab jika Kamu tidak memberitahukan mengenai over kredit. Maka bisa jadi Kamu akan dituntut pihak leasing sebab telah melakukan pemindahan tangan kendaraan berentuk mobil tanpa sepengetahuan leasing.

4. Negosiasi di BCA Finance

Langkah cara over kredit mobil BCA Finance berikutnya ialah Kamu hanya perlu bernegosiasi, sama halnya dengan langkah sebelumnya, negosiasi tersebut harus disaksikan pihak leasing. Tujuannya ialah untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman angsuran setelah terjadinya kesepakatan. Dengan demikian, jika Kamu sebagai pembeli mobil secara over kredit, tentu tahu berapa jumlah angsuran kredit yang mesti dibayarkan.

Terkait:  Cara Over Kredit Mobil ACC

5. Legalisasi

Setelah semuanya berjalan lancar, serta seluruh langkah dan persyaratan telah dipenuhi, kini giliran Kamu untuk melakukan legalisasi. Misalnya melalui lembar perjanjian dari kedua belah pihak, maupun BCA Finance selaku pihak leasing. Untuk legalisasi sendiri diperlukan materi yang menjadi penguat perjanjian over kredit. Jika semuanya sudah disepakati, selanjutnya tak ada lagi pihak yang merasa dirugikan. Sebab semua angsuran akan dibebankan lansung ke pihak pembeli, tanpa harus menyentuh pemilik mobil untuk mengalihkan angsuran.

Sebenarnya cara over kredit mobil BCA Finance di atas sangat mudah, sebab pada intinya saat dilakukan over kredit harus diketahui pihak leasing. Sehingga Kamu nantinya sebagai pengalih kredit tidak merasa dikejar-kejar saat si penerus kredit bermasalah, karena semuanya telah diketahui pihak leasing secara langsung. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika Kamu sebagai pembeli kendaraan dengan cara over kredit, maka nantinya Kamu bisa mengetahui riwayat cicilan, apakah ada biaya denda akibat keterlambatan membayar atau tidak. Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan harga yang terbaik.

Memahami Ketentuan Take Over Kredit

Sebelum Kamu melakukan over kredt mobil, sebenarnya harus memperhatikan beberapa hal terkait ketentuan peraturan yang berlaku terlebih dahulu. Jadi, jangan sampai hanya karena ketidaktahuanmu, maka Kamu melakukan over kredit tanpa melibatkan leasing mobil.

Lalu, apa itu over kredit kendaraan di bawah tangan? Ini adalah aktivitas yang dilakukan oleh debitur dalam hal usahanya mengalihkan kewajiban dalam pembayaran angsurannya ke pihak lain, namun tanpa sepengetahuan leasing. Tentu saja hal tersebut dikategorikan sebagai aktivitas melanggar hukum. Karena mobil yang dipakai adalah jaminan utang dari debitur terhadap pihak leasing.

Resiko Over Kredit Mobil di Bawah Tangan

Keterbatasan finansial setiap orang memang berbeda. Kredit kendaraan mobil atau motor yang dibeli dengan cara over kredit dari tangan pertama ke tangan kedua seringkali dilakukan. Hitungan kredit yang dialihkan ke tangan kedua tersebut biasanya dibayarkan penuh hingga total kredit menjadi lunas.

Terkait:  Cara Over Kredit Mobil

Kamu harus tahu bahwa melakukan pembelian kendaraan secara over kredit dengan mengabaikan atau tanpa sepengetahuan leasing memiliki resiko tersendiri. Over kredit di luar aturan hukum ini memiliki kelemahan tentu saja dari sisi kekuatan hukum, terutama untuk soal asuransi kendaraan.

Berikut kerugian over kredit mobil di bawah tangan, diantaranya :

  • Ketika pelunasan kredit sudah diselesaikan sampai cicilan terakhir oleh pembeli atau tangan kedua. Leasing yang tak tahu persialan peralihan angsuran dari tangan pertama sudah dipindahkan ke tangan kedua, maka asosiasi pembiayaan mobil rata-rata berasumsi bahwa kredit masih merupakan tanggung jawab dari pihak pertama. Adapun resiko yang tejadi pada pihak kedua selaku pembeli kendaraan di bawah tangan ini, biasanya kesulitan untuk mengambil BPKB sebab namanya yang tidak sesuai.
  • Resiko lain akan muncul pada mobil yang dibeli dengan over kredit tanpa melibatkan pihak leasing saat kredit macet serta tangan kedua tak dapat melunasi cicilan. Maka pihak leasing akan tetap melakukan penagihan angsuran ke tangan pertama.

Nah, itulah beberapa langkah cara over kredit BCA Finance dan beberapa resiko yang harus Kamu ketahui jika melakukan over kredit kendaraan di bawah tanan. Semoga bermanfaat!

Related posts