Cara Melepas Aki Mobil

Cara Melepas Aki Mobil

Bagaimana sebaiknya cara melepas aki mobil dengan aman? Ya, aki adalah bagian yang bisa dibilang penting bagi sebuah kendaraan, salah satunya mobil. Terganggunya performa aki tentu bisa menghambat akselerasi kendaraan itu sendiri. Untuk mengganti aki, Kamu dapat melakukannya di bengkel terdekat. Hanya saja, biaya yang harus Kamu keluarkan pastinya tidak murah. Selain itu, sebenarnya proses melepas aki mobil juga tidaklah sulit asalkan kamu mengetahui caranya yang benar.

Selagi urutan membuka aki dengan benar, maka proses melepas aki serta menggantinya aki memakai aki baru dapat dilakukan tanpa memakai bantuan montro. Sehingga pastikan untuk mengganti aki mobil dengan rutin.

Read More

Tanda Aki Mobil Harus Segera Diganti

Sebelum cara melepas aki mobil untuk menggantinya dengan yang baru, Kamu harus tahu tanda-tanda aki mobilmu sudah harus diganti. Karena ini penting sekali agar membuat aki mobil tetap prima.

1. Mobil Susah Distarter

Salah satu gejala aki pada kendaraanmu rusak dan perlu diganti ialah biasanya ditunjukkan oleh mobil yang sulit distarter. Biasanya hal ini terjadi baik saat kondisi mesin panas, ataupun dingin.

Jika sekali dua kali mobil distarter langsung menyala mungkin hal biasa, tapi jika harus menstarternya sampai lebih dari 3 kali baru menyala sebaiknya segera cek akinya.

2. Meredupnya Lampu Mobile

Gejala lain dari aki mobil harus segera diganti selain susah distrarter ialah cahaya lampu mobil sudah meredup. Ini tentunya menjadi gejala kuat bahwa daya yang didistribusikan dari aki tak dapat menyuplai power pada lampu mobil tersebut.

Jika kondisi lampu pada mobil meredup dan Kamu sudah sering mengalaminya, maka besar kemungkinan jika ada masalah yang terjadi pada aki mobilmu. Bisa jadi, kondisi aki mobilmu rusak dan sudah waktunya harus diganti dengan aki baru.

Untuk memastikan, sebaiknya bawa mobil langsung ke bengkel khusus untuk aki agar dilakukan pengecekan atau pemeriksaan lebih detai. Sehingga letak masalahnya dapat diketahui.

3. Sistem Kelistrikan Pada Interior Mobil Mulai Terganggu

Gejala yang menandakan aki mobil harus diganti lainnya ialah sistem kelistrikan interior mobil sudah terganggu atau tidak lancar sebagaimana mestinya. Ini tentu saja tidak dapat dilepaskan terhadap pengaruh kedaan aki tersebut yang sudah tak lagi bisa menyuplai tenaga atau daya di sistem kelistrikan interiornya.

Cara Melepas Aki Mobil

Cara Melepas Aki Mobil
Panduan Melepas Aki Mobil

Bagaimana Melepas Aki Mobil Dengan Benar?

Untuk melepas aki pada kendaraan roda empatmu, tentu harus mengikuti urutan yang benar. Adapun panduan yang Kami bagikan di sini sangat lengkap, mulai dari persiapan alat hingga pelepasan aki itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut :

1. Mempersiapkan Alat yang Dibutuhkan

Persiapkan alat-alat yang diperlukan untuk melepas aki. Biasanya Kamu akan membutuhkan kunci pas dengan nomor 10 dan 12, obeng minus dan tang. Di samping itu, pastikan pula menyediakan aki baru sebagai pengganti aki yang lama.

Kamu harus tahu bahwa ada 2 jenis aki mobil yang biasa digunakan, yaitu aki kering dan aki basah. Pada aki basah, Kamu harus mengisinya terlebih dahulu dengan air zuur sebelum pemasangan hingga indikator maksimal. Lalu tunggu selama 10 menit. Sementara tipe aki kering sendiri bisa dipasang secara langsung tanpa harus menunggu.

2. Kunci Kontak Harus Dalam Kondisi Mati

Cara melepas aki mobil selanjutnya jika peralatan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan, sebaiknya Kamu harus mematikan kunci kontak terlebih dahulu. Jika perlu, sebaiknya lepas kunci kontak untuk menghindari pintu terkunci otomatis. Di samping itu, ketika kunci mobil dalam kondisi on atau menyala, kemungkinan besar bisa memicu percikan. Kondisi ini tentu saja bisa sangat berbahaya.

3. Membuka Terminal Aki

Setelah memastikan kunci kondal dalam kondisi off, Kamu bisa membuka terminal aki. Langkah-langkahnya yaitu lepas baut, kabel dan klem pada kutub negatifnya lebih dulu. Sebab jika tanpa sengaja Kamu menjatuhkan peralatan lalu mengenai bagian kutup positif dapat beresiko menimbulkan korsleting atau arus pendek.

Akan tetapi jika kutub negatif dilepaskan terlebih dahulu, secara otomatis Kamu membuat hubungan listrik dalam mesin mobil menjadi mati secara keseluruhan. Jadi ketika ada alat yang terjatuh secara tiba-tiba sekalipun, maka tidak akan terjadi masalah serius. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan melepas seluruh komponen aki dalam kutub negatifnya terlebih dahulu, kemudian lanjutkan ke kutub positifnya.

4. Mulai Mengangkat Aki Mobil

Cara melepas aki mobil selanjutnya, Kamu bisa mulai mengangkat aki mobilmu. Pastikan untuk mengangkatnya dalam posisi tegak lurus, serta berhati-hati. Tujuannya ialah agar air pada aki tidak akan tumpah. Karena akan berbahaya jika cairan aki mobil sampai tumpah dapat membahayakan komponen-komponen yang terdapat dalam mesin mobil.

5. Membersihkan Komponen yang Berkarat

Kamu bisa melakukan pembersihan pada klem dan kabel pada aki mobil. Bisa saja ditemukan debu kotoran dan Kamu bisa menghilangkannya. Untuk menghilangkan karat Kamu bisa memakai cairan berbasis anti karat. Cukup dengan menggosokkan cairan tersebut ke komponmen yang berkarat secara pelan-pelan sampai bersih.

Tentu saja pembersihan tersebut sangat penting. Sebab kotoran atau karat pada klem maupun kabel bisa menjadi isolator. Selain itu bisa saja kotoran dan karat menjadi penghambat aliran listrik.

6. Memasang Aki Baru

Cara memasang aki mobil selanjutnya yaitu tinggal pasang saja aki baru mobilmu. Untuk memasang aki yang baru sebenarnya kebalikan proses dari melepas aki yang lama. Kamu bisa menyimpan aki baru di tempatnya secara tegak lurus. Setelah itu, pasang kabel ke dalam kutub atau katup positifnya lebih dulu. Selanjutnya baru bisa memasang kabel di kutub negatifnya.

Adapun pemasangan kabel positif di awal seperti ini dapat menghindari percikan bunga api berbahaya. Kemudian Kamu tinggal memastikan seluruh kabel maupun klem terkunci. Untuk mengetesnya, nyalakan kendaraanmu. Apabila mobilmu sudah menyala, ini artinya aki baru sudah berhasil dipasang dengan baik.

Ini Alasan Kenapa Harus Melepas Katup Negatif Pada Aki Terlebih Dahulu

Dalam tutorial cara melepas aki mobil di atas sebenarnya sudah kita singgung alasannya, namun untuk benar-benar memastikanmu. Berikut kenapa harus melepas katup negatif terlebih dahulu saat melepas aki mobil.

1. Ada 2 Katup Aki Mobil

Pada aki mobil akan terlihat 2 katup di dalamnya, yaitu katup positif dan katup negatif. Biasanya pada beberapa aki kedua katup tersebut akan diberi tanda. Katup positif berwarna merah, sementara katup negatif ditandai berwarna hitam. Di samping itu, sebenarnya Kamu juga dapat membedakan antara katup negatif dan katup positif dengan mengecek tanda “-” atau “+” yang umumnya ada di dekat kedua katup tersebut.

2. Mengendurkan Baut Pengikat Pada Kepala Aki

Jika sudah mengetahui katup negatif dan katup positif, langkah selanjutnya ialah dengan mencabut bagian katup negatif. Kamu bisa mengendurkan baut pengikat pada kepala aki dan tarik katup negatif sampai terlepas. Jika sudah, tinggal mencabut katup positifnya.

3. Semua Bodi Mobil Terbebas Arus Masa

Katup negatif harus terlebih dahulu dicabut agar mencegah terjadinya arus pendek alias korsleting. Jika katup negatif sudah dicabut pada kepala aki, semua bodi mobil pun terbebas dengan arus negatif atau arus masa pada aki.

Itulah ulasan lengkap tentang cara melepas aki mobil dan memasangnya dengan baik sekaligus tanda-tanda yang mengharuskanmu mengganti aki mobil dengan yang baru. Semoga bermanfaat!

Related posts