Cara Gambar Mobil Truk

Bagaimana cara gambar mobil truk? Seperti apa tahapan untuk menggambar mobil truk? Apa saja yang harus dipersiapkan ketika kita ingin menggambar sebuah mobil truk? Apakah tiap mobil truk memiliki bentuk yang berbeda untuk tiap jenis nya?

Berbicara tentang menggambar mungkin sebagian dari kita tak lagi asing dengan aktivitas yang satu ini. Bagaimana kita tahu kegiatan menggambar sendiri sebenarnya sudah kita lakukan, sejak kita berada di pendidikan PAUD ataupun taman kanak-kanak. Biasanya ada beragam jenis gambar yang bisa kita buat, mulai dari gambar makhluk hidup, menggambar tanaman, menggambar bangunan yang ada disekitar, ataupun menggambar alat transportasi.

Karena dengan menggambar, kita bisa dengan mudah mengasah Sensor motorik, dan juga pengenalan warna pada anak-anak. Selain itu kita juga bisa memperkenalkan objek atau benda yang kita Gambarkan tadi, agar menambah pengetahuan sang anak.

Salah satu gambar yang disenangi anak-anak pada saat ini, adalah alat transportasi. Biasanya jenis-jenis alat transportasi ini bisa cukup beragam, kita bisa menggambarkan jenis transportasi darat, jenis transportasi laut, atau bahkan jenis transportasi udara. Namun salah satu yang paling jadi favorit adalah transportasi darat, yakni mobil.

Karena sebagaimana kita tahu juga ada beragam jenis mobil yang bisa kita Gambarkan. Mulai dari mobil pribadi, mobil polisi, atau bahkan mobil balap. Meskipun begitu kita juga bisa kok menggambarkan mobil lain, agar menambah pengetahuan anak menjadi lebih dalam. Salah satunya adalah mobil truk.

Walaupun mobil jenis ini tidak masuk dalam transportasi umum ataupun transportasi pribadi, namun mobil truk sendiri memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah untuk mengangkat atau membawa barang-barang bawaan, dalam jumlah yang besar. Oleh sebab itu, mungkin tak ada salahnya jika kamu belajar tentang cara gambar mobil truk, untuk kemudian dikenalkan kepada anak dan juga memberikan kebebasan kepada anak untuk mewarnai gambar tersebut agar lebih bagus lagi.

Adapun untuk cara dan perlengkapan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut

  1. Buku gambar atau kertas HVS
  2. Alat tulis untuk menggambar seperti pensil, penghapus, pulpen atau spidol
  3. Contoh model

Jika semua peralatan di atas sudah dilengkapi, maka selanjutnya kita akan masuk ke dalam teknis yang harus diperhatikan.

Cara Gambar Mobil Truk

Cara Gambar Mobil Truk
Menggambar Mobil Truk

Gambar Persegi Panjang untuk Bagian Utama

Pertama-tama kita harus menggambarkan sebuah bentuk persegi panjang pada kertas HVS atau buku gambar, sesuai dengan contoh model yang sudah kita cari tadi. Tentu tiap jenis truk tersendiri akan berbeda, baik dari bentuk dan juga ukuran persegi panjangnya. Maka dari itu kamu bisa menyesuaikan panjang dari persegi panjang tadi sesuai dengan contoh modelnya.

Gambar Persegi Panjang Agak Kecil untuk Bagian Kap Mobil

Kemudian pada bagian kedua, kita bisa menggambarkan bagian kap mobil yang agak lebih kecil ukuran persegi panjangnya. Sebagai contoh adalah mobil truk box, yang mana memiliki dua bagian yakni kap depan, serta bagian Box atau KAP belakang.

Kamu bisa menyesuaikan ukuran atau besar dari persegi panjang tadi, sesuai atau mengikuti dengan contoh model dari gambar yang sudah kamu miliki.

Gambarkan Bagian Bawah Bumper Mobil

Ketiga kita harus membuka bagian paling bawah dari mobil truk. Di sini kamu bisa membuat sebuah bentuk persegi panjang yang agak lebih kecil, sebagai bemper ataupun bagian bawah dari kerangka mobil truk. Kamu bisa menyesuaikan panjang Persegi panjang tadi, sesuai dengan bentuk persegi panjang utama, dan juga persegi panjang untuk kap depan mobil.

Kamu juga bisa menambahkan elemen lain seperti mungkin bemper pada bagian depan, ataupun bagian belakang dari truk.

Gambarkan Roda Truk

Selanjutnya adalah kita tinggal menggambarkan ban atau roda yang ada pada truk. Di sini kamu bisa menyesuaikan banyaknya jumlah roda, sesuai dengan jenis truk yang kalian gambar. Jika kamu menggambarnya dari perspektif samping, maka kamu bisa menggambarkan bentuk roda atau lingkaran sebanyak 6 buah ataupun 4 buah. Pastikan gambar roda yang kamu buat sudah presisi dan tidak besar sebelah.

Untuk mempermudah kamu bisa menggunakan bantuan penggaris berukuran bundar, atau menggunakan uang koin sebagai bentuk roda.

Jangan lupa untuk menggambarkan velg pada roda, yang tidak terlalu sulit untuk digambar atau pun diwarnai sang anak.

Gambarkan Elemen Lain pada Mobil Truk

Nah jika sudah selesai, maka langkah penting selanjutnya adalah kamu bisa menambahkan elemen lain pada mobil truk seperti misalnya jendela, pintu, kaca spion, dan lain sebagainya. Sebenarnya pada tahapan ini masuk dalam kategori opsional, atau boleh dilakukan dan juga tidak dilakukan. Walaupun begitu penambahan elemen seperti ini, cara membuat gambar menjadi lebih hidup, dan tidak terlihat monoton.

Atau sebagai pemanis gambar, kamu bisa kok menambahkan pemandangan seperti matahari, jalanan, pepohonan, atau juga kamu bisa menambahkan karakter berupa orang, agar gambar terlihat lebih bagus.

Sampai sini kamu sudah berhasil membuat bentuk atau sketsa dari mobil truk. Sedikit catatan ketika kalian membuat sketsa atau gambar, pastikan kamu membuatnya dengan menggunakan pensil. Hal ini bertujuan agar ketika kamu mengalami kesalahan, gambar bisa dengan mudah dihapus. Dan jika dirasa sudah selesai, maka selanjutnya kamu tinggal menebalkan garis garis sketsa tadi, dengan menggunakan pulpen ataupun spidol khusus untuk menggambar.

Dan terakhir, kamu tinggal menghapus sisa-sisa outline ataupun sketsa dari pensil tadi, agar gambar yang muncul hanyalah sketsa yang sudah kamu buat dengan menggunakan spidol ataupun pulpen.

Nah jika sudah mengikuti beberapa tahapan teknis di atas, maka selanjutnya kamu tinggal melakukan scanning pada gambar yang sudah kamu buat di kertas HVS atau buku gambar tadi, menggunakan mesin scanner yang kalian miliki. Namun jika dirasa Mungkin kamu tidak memiliki mesin scanner, kamu bisa mengunjungi fotokopi terdekat di sekitarmu, dan meminta untuk melakukan scanning serta memprint gambar hasil scan tadi.

Barulah dari situ Kamu bisa menambahkan catatan pada gambar yang sudah diprint. Sisanya kamu tinggal menggunakan gambar yang sudah kamu print tadi, baik untuk dirumah atau penggunaan pribadi kepada anak, ataupun kamu bisa membawanya ke tempat kamu mengajar baik di TK ataupun PAUD, agar anak-anak bisa mewarnai gambar yang sudah kamu buat tadi.

Dengan begitu kamu sudah bisa menghemat budget, dan juga mengasah kreativitasmu dalam urusan menggambar. Karena pada kenyataannya, masih banyak orang-orang dewasa yang mungkin belum mengerti atau tidak dapat menggambar.

Jangan lupa untuk memilih jenis truk sebagai contoh model, agar kamu bisa memperkenalkan jenis truk yang ada pada gambar ke anak-anak dengan mudah. Pastikan juga contoh model yang kamu cari, merupakan truk yang biasa kamu lihat ataupun sering anak-anak lihat namun mereka tidak mengetahui namanya.

Dengan begitu kamu bisa mengasah kreativitas, serta memperkenalkan hal baru pada anak-anak hanya melalui media gambar saja.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara gambar mobil truk dan hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum memulai menggambar. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Faiz Dawami
suka diajak ngopi