Cara Mencari HP Samsung yang Hilang

Cara Mencari HP Samsung yang Hilang
Cara Mencari HP Samsung yang Hilang

Belum lama ini, Samsung kembali unjuk gigi berkat kehadiran dari si gahar Galaxy S23 Ultra. Urusan performa tidak perlu kamu ragukan kembali. Sudah ditanami dengan chipset “kalama” dengan konfigurasinya tidak lain adalah CPU 1+2+3, artinya chipset tersebut mewakili tekno Snapdragon 8 Gen 2. Agar tetap aman, yuk temukan cara mencari HP Samsung yang hilang!

Tanpa kalian harus lapor ke pihak berwajib atas peristiwa kehilangannya ponsel. Pemilik dari HP Samsung dapat langsung mengaktifkan fitur yang telah disediakan oleh perusahaan. Tapi, untuk bisa melakukan pelacakan kamu butuh bantuan dari perangkat lain. Minimal dari HP yang masih kamu miliki atau bisa juga dengan menggunakan bantuan dari laptop ataupun PC.

Cara Mencari HP Samsung yang Hilang

Cara Mencari HP Samsung yang Hilang
Cara Mencari HP Samsung yang Hilang

Cara mencari HP Samsung yang hilang, temukan perangkat saya dimanapun ponsel tersebut berada. Karena hilang, biasanya si empunya ini lupa kapan terakhir kali dirinya masih pegang Hpnya di dalam genggaman. Bisa jadi, lupa meletakkannya dimana. Supaya kamu tidak lama berspekulasi ini itu, lakukan pergerakan dimulai dari melacak HP hilang dengan Email.

  1. Buka Akun Google menggunakan perangkat yang ada.
  2. Klik menu utama Keamanan atau Security, lalu pilih Perangkat Anda.
  3. Ketuk opsi Kelola Perangkat atau Manage Devices.
  4. Klik Hilang ponsel, tablet, atau Chromebook. Sistem akan langsung menampilkan riwayat waktu terakhir ketika kamu masih menggunakan ponsel yang hilang.
  5. Termasuk keterangan kota dan waktu dari penggunaan terakhir.
  6. Selanjutnya, pilih Akses Akun, kemudian klik Keluar atau Sign Out.  Setelah itu, ikuti instruksi berikutnya yang terlihat di layar perangkatmu.

Apabila kamu dapat menemukan kembali perangkat yang hilang, pengguna memiliki akses agar bisa memulihkan atau sekedar login ke akun Google lama lewat perangkat yang sempat menghilang tersebut.

Temukan Perangkat Saya Samsung

Tidak hanya lewat email, temukan perangkat saya Samsung juga dapat dilakukan lewat fitur bawaan yang telah disediakan oleh pihak developer. Begini cara selengkapnya:

  1. Aktifkan fitur Temukan Seluler Saya di HP Samsung.Pengaturan Samsung
  2. Pilih menu Pengaturan atau Settings.Kunci dan Keamanan Samsung
  3. Klik opsi Kunci Layar dan Kemanan atau Lock Screen and Security.
  4. Pilih Temukan Perangkat Saya atau Find My Mobile.
  5. Klik Tambahkan Akun (Add Account).
  6. Masuk ke akun menggunakan alamat email serta kata sandi akun Samsung, lalu klik tombol Sign In.
  7. Bila kamu belum memiliki akun Samsung, pilih Buat Akun.

Berhasil mengaktifkan layanan bawaan Samsung Temukan Seluler Saya, kamu pastikan pengaturan akun Samsung di perangkat telah aktif dan memberikan izin akses ke Google agar bisa mendapatkan informasi terkait lokasi HP.

  1. Lacak lokasi HP yang hilang dengan mengaktifkan Kirim Lokasi Terakhir di settings.
  2. Setelah itu, kamu bisa mengunci layar, Samsung Pay, serta tombol daya di HP Samsung yang hilang.
  3. Jika HP tersebut masih berada di lokasi sekitar, kamu bisa menemukannya dengan mengaktifkan nada dering dengan pengaturan volume yang diposisikan maksimum. Biarkan kurang lebih selama 60 detik.

Cara Mencari HP Samsung Hilang dalam Keadaan Mati

Selanjutnya keika kamu dihadapi oleh situasi yang tidak terduga dimana harus mempraktekan cara mencari HP Samsung hilang dalam keadaan mati. Maka, begini cara kamu mengatasi hal tersebut.

  1. Buka aplikasi Google Maps yang terpasang di HP kamu.
  2. Lanjutkan dengan memilih ikon berbentuk segitiga kecil di sudut kanan atas G-Maps.
  3. Ketuk tombol pilihan Tambah Akun.
  4. Lanjutkan dengan mengetikkan alamat email serta password akun Google kamu yang sebelumnya sudah terkoneksi di HP yang sedang dicari.
  5. Klik tombol Saya Setuju.
  6. Kemudian, user diminta untuk kembali ke beranda aplikasi.
  7. Pilih ikon berbentuk segitiga berukuran kecil.
  8. Selanjutnya, klik Linimasa.
  9. Diamkan beberapa detik, sampai aplikasi G-Maps mulai menampilkan titik lokasi dari tempat ponselmu hilang.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Gmail

Sebenarnya, pihak Samsung juga telah menyadari perihal pentingnya menanamkan layanan pelacakan di perangkat buatannya tersebut. Tapi, sebagian besar pengguna tidak jarang malas untuk mengaktifkan atau sekedar membuat akun Samsung. Maka dari itu, sebagai alternatif kamu bisa menggunakan cara melacak HP Samsung yang hilang dengan Gmail.

  1. Masuk ke Gmail yang sebelumnya sudah terdaftar di HPmu yang raib, melalui HP lainnya.
  2. Berhasil login, klik Gmail dalam mode Desktop lewat browser.
  3. Klik ikon bertanda 9 titik yang ada di sudut kanan bagian atas.
  4. Klik Google Account atau Akun Google (dalam Bahasa Indonesia), kemudian geser ke bawah.
  5. Klik pilihan Temukan Ponsel Anda sambil memilih nama perangkat yang hendak dicari.
  6. Ketik ulang Password atau Kata Sandi dari email yang terdapat di HPmu yang raib lalu ketuk tombol Temukan.
  7. Muncul tampilan Google Map dan pilih opsi Tutup.
  8. Ketuk salah satu jenis HP yang akan dicari sambil kamu klik ikon Segarkan atau Refresh agar posisinya segera diperbaharui.

Setelah kamu berhasil mengetahui lokasi terakhir dari keberadaan HP tersebut, segera pergi ke titik tujuan yang terlihat di Maps. Karena, dikhawatirkan HP yang sedang dilacak olehmu ini kehabisan daya baterai.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Nomor HP

Masih dengan aplikasi bantuan dari Google, kamu bisa melakukan cara melacak HP yang hilang dengan Nomor HP. Selain praktis, tentunya cara ini lebih mudah untuk dilakukan bagi pengguna yang sudah terbiasa mengingat nomor HPnya sendiri. Berikut tahapannya:

  1. Silahkan kamu buka aplikasi Google Maps di HP lain.
  2. Ketuk menu utama Optional.
  3. Ketikkan Nomor HP ke dalam daftar teman.
  4. Selanjutnya, isi dengan Nomor HP yang hendak kamu temukan.
  5. Pilih Nomor dari ponsel yang hilang.
  6. Tunggu beberapa saat sampai Google Maps menampilkan lokasi keberadaan HP tersebut.

Cara Mencari HP Samsung yang Hilang dengan Samsung Account

Pengguna Samsung kini sudah bisa bernafas lega karena kamu tidak perlu bingung lagi ketika HP milikmu hilang. Soalnya, fitur di dalam smartphone produksi perusahaan asal negeri ginseng satu ini memang sangat lengkap. Makanya, kamu bisa langsung praktek cara mencari HP Samsung yang hilang dengan Samsung Account. Jangan malas bikin akunnya ya…

  1. Pertama-tama kunjungi website resmi berikut.Samsung Account
  2. Masuk ke akun Samsung menggunkan akun yang sebelumnya telah dipasang di HP yang hilang. Masukkan alamat email dan ketuk opsi Remember My ID.
  3. Ketuk tombol Lanjutkan atau Next.
  4. Layanan Find My Mobile segera melakukan penelusuran untuk melacak lokasi terakhir HPmu.
  5. Saat proses pelacakan telah selesai, fitur akan menampilkan posisi dari HP yang kamu cari dalam bentuk peta lokasi digital.

Dibandingkan Google Maps, pelacakan melalui layanan Samsung satu ini sangat efisien. Ya, fitur satu ini telah dilengkapi juga dengan bantuan tambahan. Seperti yang telah disebutkan di atas, kamu dapat mengaktifkan speaker HP yang dicari sampai volume maksimum, dan atur keamanan dengan mengunci e-wallet SamsungPay dan lainnya.

Sekian pembahasan mengenai cara mencari HP Samsung yang hilang di kesempatan kali ini. Buat kamu yang butuh informasi lebih lanjut, baca juga artikel cara mencari HP Xiaomi yang hilang. Semoga bermanfaat dan selalu jaga keamanan HPmu!

Related posts