Cara Menambahkan Akun Google

Di masa kini, mempunyai satu akun Gmail saja rasanya tak cukup. Apalagi bagi Kamu yang tingkat mobilitas internetnya sangat tinggi, entah itu untuk keperluan bisnis, pekerjaan, hingga personal. Hal ini dikarenakan akun Google itu sendiri dipakai untuk berbagai macam kebutuhan, dari mendaftar kerja, gaming, aplikasi, pekerjaan dan masih banyak yang lainnya. Menariknya Kamu bisa dengan mudah melakukan cara menambahkan akun Google.

Sebenarnya untuk menambahkan Google Account sendiri berbeda-beda, biasanya tergantung dari jenis perangkat yang Kamu miliki. Kita tahu bahwa perangkat yang paling populer saat ini yang sering dipakai pengguna Gmail ialah perangkat iPhone, laptop dan android.

Read More

Pentingnya Memiliki Akun Google

Ada beberapa alasan kenapa Kamu harus memiliki akun Google. Hal ini dikarenakan akun Google memiliki peranan penting yang bisa Kamu manfaatkan, diantaranya :

1. Sebagai Media Untuk Menyimpan Kontak

Banyak orang yang lupa bahwa Google Account dapat menyimpan berbagai macam kontak. Untuk perangkat hp sendiri, kontak hanya dapat disimpan hanya beberapa ratus kontak saja. Sehingga kita tidak bisa leluasa menyimpan lebih banyak kontak di perangkat hp. Akan tetapi, dengan memakai akun Google, Kamu dapat menyimpan kontak hingga ribuan bahkan ratusan ribu. Kontak tersebut bahkan tak akan hilang saat Kamu berpindah perangkat, misalnya daru satu perangkat android ke perangkat android lainnya.

2. Akun Game Online

Misalnya Kamu penggemargame COC. Kamu tentu sudah tahu bahwa Game COC tidak dapat dijalankan apabila Kamu tidak mempunyai akun Google. Adapun hal yang kerap terjadi saat mempunyai akun COC dengan sistem pertahanan kuat seperti memiliki TH9, tapi saat hp tiba-tiba error, Kamu harus memformat ulang. Imbasnya, semua data yang ada di hp akan hilang. Namun jika Kamu menggunakan nama akun dan password akun Google, secara otomatis game COC yang sudah Kamu rintis akan kembali lagi menjadi milikmu.

3. Akun Berbagai Aplikasi Media Sosial

Salah satu akun media sosial paling terkenal ialah Facebook. Kamu tentu saja bisa login ke platform yang satu ini dengan memakai akun Google. Sama halnya dengan aplikasi perpesanan semisal WhatsApp. Meskipun WhatsApp hanya memakai nomor hp untuk login, namun untuk melakukan back up data sendiri tetap harus memakai akun Google.

4. Media Untuk Surat Menyurat

Sebenarnya ini adalah fungsi utama dari akun Google yang Kamu buat. Jika sebelumnya kita harus melakukan aktivitas surat menyurat menggunakan kertas, namun dengan akun Google Kamu dapat berkirim surat hanya lewat surel di aplikasi Gmail. Kamu tidak perlu lagi menghambur-hamburkan kertas untuk menulis surat yang akan dikirimkan ke orang yang dituju. Bahkan untuk keperluan penawaran produk, melamar pekerjaan dan lain sebagainya, Kamu tinggal mengirimkannya melalui akun Gmail saja.

5. Menyimpan Data

Jika Kamu tak ingin kehilangan berbagai macam data, seperti lagu, foto maupun data-data penting lainnya, Kamu harus menyimpannya lewat Google Drive. Di perangkat android umumnya sudah tersedia Google Drive Apps dan Kamu baru bisa mengaksesnya memakai akun Google. Kamu dapat menyimpan berbagai jenis data di GDrive memakai akun Google. Apabila data-data di perangkat error, terhapus atau harus mengganti perangkat yang baru, tapi jika Kamu sudah menyimpannya lewat Google Drive maka data tersebut tetap aman.

Nah, itulah beberapa keunggulan dan manfaat menggunakan akun Google yang harus Kamu ketahui. Lalu, bagaimana jika ingin menambahkan akun Google? Tak perlu khawatir, karena Kami akan membagikan cara menambahkan akun Google dengan cara di bawah ini!

Cara Menambahkan Akun Google

Cara Menambahkan Akun Google
Menambahkan Akun Google

Menambahkan Akun Google Sesuai Jenis Perangkat

Jika Kamu ingin menambahkan akun Google, baik di perangkat hp, PC maupun iPHone, maka Kamu bisa mencoba tutorial cara menambahkan akun Google berikut ini :

1. Tutorial Menambahkan Akun Google via Laptop

Jika ingin menambahkan Google Account di perangkat laptop, maka caranya cukup mudah. Kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama-tama, pastikan Kamu telah terhubung koneksi internet terlebih dahulu.
  • Buka web browser di PC Kamu, baik memakai Mozilla Firefox, Opera, Chrome, atau yang lainnya.
  • Di browser tersebut, silahkan buka https://accounts.google.com/.
  • Jika sudah memasuki Google Mail, tekan “ikon profilmu” di samping kanan bagian atas.
  • Sesudah muncul tampilan pop up, silahkan pilih “Add Another Account” alias “Tambahkan Akun Lainnya”.
  • Silahkan tambahkan akun Google Mail-mu.
  • Inputkan nama Gmail yang akan ditambahkan, lalu tekan “Lanjut”.
  • Kemudian masukkan sandi akunmu dan ketuk “Log In”.
  • Jika sudah, silahkan klik ikon profil di samping kanan atas lalu pilih profil Google Mail yang baru dimasukkan.

Jika kamu ingin menambahkan akun Google yang masih belum dibuat, ketika memasukkan nama Gmail, Kamu bisa memilih opsi “Buat Akun Baru” pada bagian bawah.

2. Tutorial Menambahkan Akun Google di Perangkat iPhone

Jika ingin menambahkan Google Account di iPhone, maka Kamu bisa memakai browser Safari kemudian unduh Google Apps di Apps Store. Silahkan ikuti panduannya berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka peramban Safari di perangkat iPhone Kamu, Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Google Mail lewat App Store.
  • Untuk masuk atau login ke aplikasi Safari, silahkan buka link https://accounts.google.com/ di peramban Safari tersebut.
  • Inputkan akun Gmail-mu, dan tekan “Berikutnya”.
  • Setelah itu, login dengan memasukkan username dan password.
  • dengan otomatis perambanmu telah terkoneksi pada aplikasi Google untuk diakses lewat browser.
  • Jika Kamu masuk di aplikasi Gmail ketika dibuka pertama kali, pilih akun email yang ada dan inputkan password-nya.
  • Akunmu secara otomatis sudah masuk ke dalam aplikasi Google Mail yang Kamu instal tersebut.
  • Untuk memudahkanmu melakukan login, sebaiknya ikuti cara di atas dengan berurutan.

3. Tutorial Menambahkan Akun Google via Android

Sama dengan menambahkan Google Account di perangkat laptop dan iPhone, menambahkan Google Account di perangkat android juga sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti cara menambahkan akun Google via android berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka Gmail di perangkat androidmu.
  • Jika sudah terbuka, tekan “ikon profil” yang berbentuk lingkaran tepat di samping kanan bagian atas.
  • Pilih “Tambahkan Akun Lainnya”.
  • Kamu akan melihat daftar jenis akun Google yang dapat ditambahkan. Silahkan pilih opsi akun Google yang akan ditambahkan.
  • Silahkan masukkan nama akun Gmailmu dan masukkan password-nya.
  • Ketuk Log In.
  • Lalu tunggu sampai alamat Gmail barumu tersimpan di perangkat hp.
  • Jika sudah selesai, Kamu bisa masuk kembali pada aplikasi Gmail. Silahkan tekan ikon profil kemudian pilih Gmail yang telah dimasukkan.

Nah, itulah 3 cara menambahkan akun Google sesuai dengan jenis perangkat yang Kamu gunakan, baik memakai PC, android maupun iPhone. Pada beberapa perangkat hp, ada pula yang biasanya meminta verifikasi. Baik itu dari hp yang Kamu pakai maupun dari nomor ponsel yang kamu daftarkan untuk membuat akun Gmail. Namun pastikan mengaktifkan nomor hp tersebut lebih dulu supaya proses verifikasinya dapat berjalna lancar.

 

Related posts