Cara Melacak Pesanan Shopee

Cara Melacak Pesanan Shopee

Membeli barang yang disukai dan menunggu kedatangannya memang membuat kaalian harap-harap cemas. Ada rasa khawatir tersendiri kala paket tidak juga datang, apalagi jika barang yang dipesan harga jualnya cukup lumayan. Untungnya, bagi pengguna Shopee kalian bisa mencoba cara melacak pesanan Shopee secara realtime kapan saja.

Pembeli bisa mengecek keberadaan paket yang ada di perjalanan setiap saat. Membuat kalian merasa lebih tenang saat paket setidaknya diketahui posisi keberadaannya ada dimana. Kalaupun memilih pembayaran COD, tetap saja kalian harus tahu cara melacak pesanan Shopee jikaa ingin mengetahui keberadaan paket yang kalian pesan.

Read More

Untul melacak pesanan di Shopee, kalian bisa melakukannya baik di platform Shopee secara langsung atau dengan menyalin nomor resi di Shopee. Kemudian melacaknya sendiri dengan menempelkan nomor resi di situs tracking paket sesuai dengan jasa ekspedisi yang digunakan.

Cara Melacak Pesanan Shopee

Cara Melacak Pesanan Shopee
Melacak Pesanan Shopee

Mengecek Nomor Resi Paket

Sebelum mencoba cara melacak pesanan Shopee, kalian harus tahu nomor resi yang akan dilacak untuk mengetahui keberadaan paket. Nomor resi merupakan bukti pengiriman paket yang diterima, baik oleh penerima maupun pengirim barang.

Tidak hanya untuk melacak kebadaan paket dari milik pembeli saja. Tetapi, nomor resi juga dapat dijadikan sebagai bukti kekpada pembeli bahwa paket sudaha dikirimkan penjual lewat jasa ekspedisi yang dipilih oleh pembeli.

Jika ingin mengecek nomor resi pengiriman paket Shopee, ada langkah-langkah yang harus kalian coba berikut :

  • Buka dan jalankan aplikasi Shopee yang sudah terinstal di hp, pastikan koneksi internet dalam kondisi lancar.
  • Setelah masuk ke beranda apikasi Shopee tekan Saya di samping kanan bawah halaman.
  • Cari opsi Pesanan Saya, pilih opsi tersebut dan pilih lagi Riwayat Pesanan Saya.
  • Klik Dikirim.
  • Silahkan pilih paket yang akan dicek resinya.
  • Kalian akan langsung menemukana nomor resi.

Nomor resi tersebut berfungsi untuk melacak status pengiriman paket kalian dan bukti jika paket sudah dikirim penjual.

Tutorial Melacak Paket Shopee

Sesudah mendapatkan nomor resinya, kini kalian dapat memakai nomor resi tersebut untuk melakukan pelacakan paket. Saat melacak paket, ada 2  cara melacak pesanan Shopee yang bisa dicoba.

1. Lacak Pesanan Shopee Lewat Aplikasi

Kalian dapat melakukan pelacakan paket lewat aplikasi Shopee. Sebagai salah satu e-commerce, Shopee menawarkan fitur lacak paket. Berikut ulasannya :

  • Masuk dan jalankan aplikasi Shopee di perangkat hp.
  • Tekan menu Saya di bawah halaman.
  • Pembeli tinggal pilih pesanan yang dilacak dengan menekan opsi dikirim.
  • Tekan Informasi pembelian, lalu tekan Lihat.
  • Kalian bisa langsung mengetahui posisi paket berada.

2. Lacak Pesanan Shopee Lewat Web Resmi Shopee

Cara melacak pesanan Shopee selanjutnya dapat dilakukan lewat web resmi Shopee, di https://shopee.co.id/. Berikut detailnya :

  • Jika sudah mengakses halaman situs Shopee, silahkan login ke akun Shopee milik kalian.
  • Ketikkan password dan username. Pilih masuk dengan Google.
  • Sesudah berhasil, cari akun di samping atas kanan halaman.
  • Klik Pesanan Saya.
  • Pilih paket Shopee yang ingin dilacak dengan menekan opsi Dikirim.
  • Selesai, kalian bisa mengetahui lokasi keberadaan paket Shopee kalian.

Dari kedua cara melacak pesanan Shopee, bisa dipilih cara paling praktis. Jika kalian sudah memasang aplikasi Shopee, tentu saja tinggal pilih cara yang pertama.

Bagaimana Cara Melihat Status Barang yang Telah Dibeli di Shopee?

Shopee menawarkan banyak kemudahan untuk berbelanja online. Shopee juga ikut berperan untuk memantau pengiriman barang pesanan dari penjual dengan memakai jasa ekspedisi Shopee.

Cara melacak pesanan di Shopee ini sangat mudah jika dibandingkan memakai resi pengiriman. Kalian hanya perlu memakai aplikasi Shopee, danan sudah bisa memantau produk yang dipesan di Shopee dengan mudah. Berikut ini :

1. Download Aplikasi Shopee

Download atau Install Shopee terlebih dahulu di App Store maupun Play Store di perangkat kalian.

2. Masuk ke Aplikasi Shopee

Setelah terpasang, masuk ke aplikasi Shopee lalu akses halaman akun.

3. Pesanan Saya

Jika sudah, kalian bisa mengecek riwayat pesanan di menu Pesanan Saya. Dari sini, tinggal cek pesanan ulang sebelum pembayaran.

Ada beberapa status pesanan yang perlu kalian ketahui, di bawah ini :

  • Belum dibayar, ini artinya pesanan kalian telah terverifikasi dan sudah masuk ke menu check out. Tinggal menunggu pembayaran yang dilakukan pembeli. Orderan di Shopee bisa dibayar lewat berbagai cara, baik itu lewat Shopeepay, virtual account, Alfamart hingga Indomaret.
  • Dikemas, untuk status ini artinya kalian sudah melakukan pembayaran, dan barang sedang dikemas penjual. Estimasi waktu pengemasan yang dibutuhkan sekitar 1-3 hari kerja. Pesanan kalian otomatis akan ter-cancel apabila penjual tidak mengirim barang di atas 3 hari sesuai ketentuan. Selanjutnya uang yang sudah ditransfer akan langsung dikembalikan berbentuk ShopeePay.
  • Status dikirim, maksudnya ialah pesanan kalian telah masuk ke proses pengiriman ke alamat tujuan. Tunggu sesuai estimasi pengiriman melalui jasa ekspedisi yang dipilih. Kalian tidak bisa melakukan pembatalan orderan sesudah paket dikirim penjual.
  • Status selesai, artinya pesanan kalian telah diterima, kini waktunya melakukan penilaian barang pesanan ke penjual.
  • Status dibatalkan, artinya kalian membatalkan pesanan atau orderan sebelumnya. Selain itu, bisa juga pesanan otomatis batal akibat keterlambatan pengiriman yang dilakukan pihak penjual.

4. Melacak Posisi Paket

Selanjutnya, kalian hanya perlu melacak lokasi keberadaan paket. Silahkan pastikan produk yang dipesan masuk ke proses pengiriman dan tekan dikirim.

5. Pilih Pesanan

Di ikon yang dikirim, kalian akan melihat beberapa orderan yang sudah dilakukan. Pilih orderan yang akan dilacak dan cek rincian pesanan.

6. Lacak Status Pengiriman

Jika sudah memasuki rincian pesanan, tekan lacak di status pengiriman selanjutnya pantau keberadaan produk yang dipesan. Dari sana kalian akan melihat tampilan mengenai rincian pengiriman pesanan, dari awal sampai pengiriman terakhir.

Membatalkan Orderan di Shopee

Jika sudah mengetahui bagaimana cara melacak pesanan Shopee, kalian juga dapat membatalkan orderan di Shopee. Bagi yang ingin membatalkan pesanan Shopee hanya bisa dilakukan saat status pesanan belum dikirim dan belum dibayar. Walaupun demikian, kalian harus tetap memperoleh persetujuan penjual sebelum mengajukan pembatalan pesanan.

Jika barang telah dikirim, kalian masih dapat membatalkan pesanan jika hanya memakai metode pembayaran COD sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Berdasarkan penjelasan di atas, ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Shopee bagi para pembelinya. Selain menawarkan kemudahan, berbelanja di Shopee juga ada banyak keuntungan. Beberapa diantaranya, kalian bisa membeli barang flash sale dengan potongan harga besar-besaran.

Selain itu, ada banyak pilihan metode pembayaran yang ditawarkan juga ikut memanjakan para pengguna atau pelanggan Shopee. Kalian bisa memilih metode pembayaran dengan sistem kredit di Kartu Kredit hingga ShopeePay Later. Selain itu, kalian juga bisa mencoba transfer antar bank, melalui minimarket seperti Alfamart hingga Indomaret.

Belum lagi cara melacak pesanan Shopee yang dapat dilakukan dengan mudah via aplikasinya sangat meringankan beban pembeli ketika berbelanja di Shopee.

 

Related posts