Cara Membatasi Hotspot di Hp Samsung

Cara Membatasi Hotspot di Hp Samsung

Cara membatasi hotspot di HP Samsung tidaklah sulit dilakukan walaupun baru pertama kali menggunakan HP Samsung untuk melakukannya. Dengan membatasi hotspot di hp Samsung, maka kalian bisa membatasi penggunaan data internet yang dibagikan ke perangkat lain.

Hotspot adalah fitur yang terdapat pada setiap perangkat HP agar orang lain bisa dengan mudah mengakses internet di mana alat penghubungnya dinamakan Wi-Fi. Adapun cara kerjanya adalah perangkat utama memancarkan sinyal berupa gelombang radio untuk menjangkau perangkat lainnya yang sama-sama memiliki teknologi Wi-Fi.

Read More

Secara umum, jangkauan hotspot memiliki radius cukup jauh yaitu bisa mencapai 20 meter. Akan tetapi jangkauan tersebut tentunya harus memiliki jaringan yang kuat dan tidak terhalang oleh sebuah objek yang memungkinkan melemahnya sinyal hotspot.

Berbagi Koneksi Melalui Hotspot Pada Android

Samsung adalah salah satu merek HP yang sudah terkenal denGan jumlah penggunanya hingga jutaa, tak heran setiap periode selalu mengeluarkan berbagai macam seri yang menarik. Di setiap seri tersebut pasti akan ad fitur hotspot yang merupakan fitur wajib untuk saling berbagi koneksi antar pengguna HP android melalui hotspot.

Bagi kalian yang ingin mengaktifkan hotspot untuk sharing koneksi internet dengan pengguna HP lainnya, berikut cara mengaktifkan hotspot pada HP Samsung :

  • Geser layar dengan mengusapnya mulai dari atas hingga ke bawah.

  • Dari sana, kalian akan melihat banyak menu shortcut di sana, salah satunya adalah ada menu hotspot dengan ikon seperti berbentuk lingkaran. Tenang saja, selain ikon yang ditampilkan, akan ada tulisan di bawahnya jadi tidak akan merepotkan saat mencarinya, klik ikon tersebut.

Untuk setelan yang lebih rinci lagi di mana kalian bisa mengubah nama hotspot dan sandi hotspot, maka langkah-langkahnya yaitu :

  • Masuk ke menu settings.

  • Buka opsi Wi-Fi lalu pilihlah opsi untuk mengubah nama hotspot.

  • Selain itu untuk mengubah sandi hotspot, tinggal pilih password dan tentukan sandi yang tepat agar bisa diketahui oleh orang lain dan mudah untuk diingat.

Cukup mudah jika ingin berbagi hotspot bukan? Namun yang perlu kalian ketahui adalah jika mengaktifkan hotspot tanpa keamanan, maka siapapun bisa terhubung pada hotspot kalian. Hal ini juga berlaku jika ada orang yang mengetahui password hostpot yang sudah kalian tentukan.

Bagi Hostpot Artinya Berbagi Kuota

Perlu diketahui, jika sebelumnya ada perangkat lain yang terhubung pada hotspot kalian, jika kata sandi hotspot masih belum diubah. Secara otomatis, perangkat tersebut akan terhubung kembali pada saat kalian mengaktifkan hotspot wifi. Mereka bahkan bisa berselancar di internet dengan leluasa memakai paket data internet kalian di hp.

Apalagi jika semakin banyak perangkat yang sebelumnya pernah terhubung pada hotspot kalian, dan ketika mengaktifkan hotspot, semua perangkat tersebut bisa terhubung kembali secara otomatis.

Salah satu kelemahan hotspot yang terhubung otomatis tanpa pembatasan adalah membuat paket internet atau kuota data kalian lebih mudah habis karena berbagi dengan orang lain. Sebagai langkah antisipasinya, maka cara termudah yaitu dengan membatasi penggunaan data hotspot di perangkat Samsung kalian.

Cara Membatasi Hotspot di Hp Samsung

Cara Membatasi Hotspot di Hp Samsung
Membatasi Hotspot di Hp Samsung

Tutorial Membatasi Penggunaan Hotspot di Hp Samsung

Dalam tutorial cara membatasi hotspot di hp Samsung, ada beberapa tips dan trik yang bisa kalian coba agar penggunaan kuota yang boros dapat diminimalisir.

1. Membatasi Hotspot Berdasarkan Jumlah Perangkat Terhubung

Karena permasalahan berbagi hotspot berimbas pada borosnya kuota internet yang kalian punya. Maka untuk mengatasinya, kalian dapat mencoba langkah cara membatasi hotspot di hp Samsung dengan cara berikut ini :

  • Silahkan akses menu settings pada perangkat hp Samsung kalian.
  • Kemudian masuk pada opsi koneksi lalu scroll ke bagian bawah hingga menemukan opsi lanjutan yaitu ‘Hotspot Seluler dan Penambatan’. Klik opsi tersebut agar bisa masuk ke tahap selanjutnya.

  • Selanjutnya, klik opsi ‘Hotspot seluler’.

  • Jika sudah, kemudian klik ikon titik tiga pada bagian kanan sebelah atas untuk memilih ‘konfigurasi hotspot seluler’.

  • Berikutnya, scroll ke bawah lalu tekan kembali ‘tampilan opsi lanjutan’.

  • Opsi selanjutnya, tekan ‘otomatis’ lalu pilihlah berapa jumlah pengguna yang bisa terhubung ke dalam hotspot sesuai dengan keinginan.

  • Apabila sudah melakukan tahapan tersebut, terakhir tinggal klik ‘simpan’. Maka secara otomatis yang bisa terhubung hanya jumlah yang ditentukan tersebut. Sementara jika jumlah penggunanya melebihi, maka sisanya tidak dapat terhubung ke perangkat hotspot kalian.

2. Batasi Hotspot Berdasarkan Durasi Waktu Terhubung

Cara lainnya adalah dengan membatasi waktu terhubung ke koneksi hotspot pada perangkat utama. Metode ini memungkinkan siapapun yang terhubung ke hotspot, setelah memenuhi durasi waktu yang telah ditetapkan maka langsung dinonaktifkan secara otomatis.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Masuk kembali ke menu settings.

  • Ketuk koneksi  dan selanjutnya tekan ‘Hotpsot seluler dan penambatan’.

  • Jika sudah masuk pada bagian tersebut, selanjutnya klik ‘hotpsot seluler’, dilanjut dengan menekan ikon titik tiga yang berada di bagian kanan sebelah atas.

  • Setelah itu, masuklah pada opsi ‘pengaturan waktu habis’.

  • Berikutnya kalian hanya perlu memilih berapa lamanya waktu yang akan kalian batasi untuk pemakaian hotspot ke perangkat yang terkoneksi.

  • Klik selesai.

Ada beberapa pilihan mengenai pengaturan waktu habis penggunaan hotspot, yaitu 5 menit, 10 menit, 20 menit, 30 menit, dan yang paling lama 60 menit. Sesuaikan dengan kondisi, agar kalian dapat menetapkan durasi pembatasan hotspot dengan tepat.

3. Membatasi Hotspot Menggunakan Perizinan

Cara membatasi hotspot di hp Samsung berikutnya yaitu dengan membatasi hotspot memakai opsi perizinan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk kembali ke menu settings.

  • Kemudian klik koneksi.

  • Setelah masuk pada menu koneksi, lalu geser ke bagian bawah dan pilihlah opsi ‘hotspot seluler dan penambatan’.

  • Pada bagian ini, klik tulisan hotspot seluler.

  • Sesudah itu, masuk ke dalam opsi lainnya yaitu dengan klik ikon titik tiga yang berada di sebelah kanan bagian atas.

  • Di lanjut dengan masuk pada opsi perangkat yang diizinkan.

  • Klik tombol tambah yang berada di bagian kanan lalu masukan nama perangkat yang akan diizinkan berikut dengan alamat MAC. Untuk menambah pengguna lainnya,lakukanlah hal yang sama yaitu dengan memasukkan nama perangkat dan alamat MAC.

  • Apabila sudah, klik selesai.

Cara ini sangat efektif dilakukan para pemilik hotspot, karena memungkinkan hotspot hanya tersambung ke nama-nama yang telah terdaftar saja yang bebas memakai hotspot. Sedangkan untuk pengguna lain yang tidak didaftarkan di dalamnya maka tidak akan bisa terhubung ke dalam hotspot tersebut.

4. Membatasi Hotspot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika ingin menggunakan cara ini, kalian bisa mencoba penggunaan aplikasi pihak ketiga bernama Mobile Wifi Hotspot Manager-Tathering. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membatasi hotspot kepada perangkat lain yang tidak diinginkan. Adapun untuk langkah-langkahnya cukup mudah dilakukan yaitu hanya dengan mengikuti petunjuk sederhana yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

Kini kalian bisa membatasi penggunaan hotspot dengan mencoba cara membatasi hotspot di hp Samsung di atas. Sehingga penggunaan kuota internet yang kalian miliki tidak boros atau terbuang hanya untuk berbagi kuota bersama orang lain.

Related posts