Cara Jual Emas Antam

Cara Jual Emas Antam

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati karena memiliki nilai yang cenderung stabil dan bersifat likuid (bisa dicairkan). Salah satu merk emas terkemuka di Indonesia adalah logam mulia dari PT. Aneka Tambang (Antam). Jika kamu mengoleksi emas batangan dari Antam, maka cara jual emas Antam bisa menjadi salah satu bisnis yang sangat menggiurkan.

Kenapa sangat menggiurkan? Karena sudah pasti banyak orang yang memburu emas Antam, terutama bagi kolektor atau bagi mereka yang ingin mencoba berinvestasi. Namun sebelum mengikuti cara jual emas Antam, kamu harus mengetahui nilai buyback emas di pasaran.

Read More

Selain itu, menjual emas Antam bisa menjadi pilihan ideal bagi kamu yang sedang membutuhkan dana dalam jumlah yang besar.

Simak Ini Sebelum Jual Emas Antam Milikmu

Meskipun emas Antam dapat dijual sesuka hati, sebab menjual produk Antam ini justru lebih mudah mengingat harga jualnya cenderung stabil. Akan tetapi, kamu harus tetap mempertimbangkan hal-hal di bawah ini :

  • Biasanya jual beli emas Antam harus disertai oleh sertifikat. Hal ini dikarenakan, sertifikat ttersebut nantinya dipakai untuk membuktikan keaslian emas. Oleh sebab itu, pastikan kamu menjual emas Antam berikut sertifikatnya.
  • Silahkan cek terlebih dahulu harga emas Antam di pasaran sebelum kamu benar-benar menjualnya, agar kamu menjualnya dengan harga terupdate. Tujuannya untuk mencegah penjual-penjual emas yang membeli emas Antam darimu yang mungkin ingin memperoleh harga jual lebih murah dari harga pasar.
  • Pastikan untuk menjual emas Antam saat sedang membutuhkan uang. Sebenarnya tidak masalah juga jika kamu berinvestasi atau mengumpulkan emas,lalu menjualnya saat harga melambung tinggi. Mengingat emas merupakan instrumen investasi dalam jangka panjang dengan harga yang selalu mengalami kenaikan.

Jika kamu sudah memahami hal-hal di atas, kamu bisa lebih mantap menjual emas Antam sesuai harga di pasaran.

Cara Jual Emas Antam

Cara Jual Emas Antam
Panduan Jual Emas Antam

Trik Jual Emas Antam Agar Profit

Ada beberapa pilihan cara jual emas Antam supaya kamu mendapatkan untung besar, diantaranya :

1. Jual Emas Antam Online di Butik Antam

Salah satu outlet yang bisa membantumu menjual produk emas Antam dengan mudah adalah lewat butik Antam dengan cara online. Butik Antam ini terletak di Jl. T.B. Simatupang-Jakarta Selatan. Ini langkah-langkah menjual emas Antam :

  • Kirim dokumen persyaratan, berupa foto NPWP (Nomor Pajak Wajib Pajak), KTP atau e-KTP, dan foto emas yang akan kamu jual. Lengkapi data-data yang diminta pada halaman web Butik Antam.
  • Jika proses registrasi sudah dilakukan, kamu cukup menunggu proses validasi yang dilakukan petugas Butik Antam.
  • Setelah validasi dan verifikasi data berhasil dilakukan, kamu akan langsung dikirimkan informasi terkait jadwal untuk penjualan emas beserta nomor antrean dari Butik Antam.
  • Melalui nomor antrean inilah, kamu bisa langsung pergi ke butik Antam yang terdekat, kemudian lakukan transaksi.Jika kamu berhalangan hadir, maka pendaftaran ulang bisa dilakukan lagi sesudah 2 minggu kemudian. Pelayanan buy back di Butik Emas Antam biasanya hanya dilakukan di hari Kamis dan Selasa, mulai dari jam 09.00 sampai jam 12.00.

2. Jual Emas Antam di Pegadaian

Cara jual emas Antam selanjutnya yaitu di kantor Pegadaian. Opsi ini sangat mudah, terutama bagi kamu yang tidak bisa mengakses Butik Antam dengan alasan lokasinya jauh dari Butik. Silahkan ikuti panduannya :

  • Jika kamu menabung lewat aplikasi Pegadaian misalnya, kamu bisa menemukan 2 opsi, diantaranya mencetak tabungan ke dalam emas perhiasan atau batangan dan menjualnya langsung. Jadi sebelumnya, kamu harus sudah memiliki tabungan emas di Pegadaian terlebih dahulu. Silahkan pilih salah satu metode penjualan emas tersebut sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah memilih mencetak emas, kamu harus memesan layanan untuk mencetak logam mulia lewat aplikasi. Ketentuan emas yang bisa dicetak adalah seberat 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, hingga 100 gram.
  • Tidak hanya emas batangan saja, Pegadaian juga mengizinkan untuk melakukan pencetakan emas perhiasan. Apabila kamu ingin mencoba cara online. Umumnya biaya yang dibebankan berbeda tergantung dari berat dan bentuk emasmu.

3. Jual Emas Antam di Shopee

Kini kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari tempat untuk menjual emas Antam yang kamu miliki. Karena marketplace Shopee, kini melayani penjualan emas Antam dengan langkah yang mudah. Berikut caranya :

  • Silahkan buka Shopee Apps yang ada di perangkat hp.
  • Kemudian pilih ‘Pulsa, Hiburan dan Tagihan’.
  • Di bagian keuangan, ketuk opsi ‘Emas’.
  • Pilih ‘Jual’ karena kamu akan menjual emas Antam milikmu.
  • Pilih jumlah emas Antam yang ingin dijual, baik dalam satuan rupiah atau gram.
  • Setelah itu, kamu bisa mengisi data pribadi berupa nama serta nomor rekening bank. Selain itu, pastikan nama pada rekening sesuai nama yang telah terdaftar dalam tabungan emas.
  • Sementara, hasil penjualan emasnya bisa langsung ditransfer ke akun rekening bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI.
  • Silahkan konfirmasikan data untuk transaksi, cek kembali data penjualan emas tersebut. Pastikan pula jumlah uang hasil pembelian emas yang kamu terima sesuai harga emas saat transaksi dilakukan.
  • Selamat, kamu sudah berhasil menjual emas Antam milikmu. Untuk proses transfer dari hasil penjualan, biasanya membutuhkan waktu setidaknya 1×24 jam sejak transaksi dikonfirmasi.

4. Jual Emas Antam di Marketplace Tokopedia

Bagaimana jika tidak memiliki aplikasi Shopee? Jika tidak mempunyai aplikasi Shopee, tapi memiliki aplikasi Tokopedia. Kamu juga bisa menjual emas Antam di Tokopedia. Berikut cara jual emas Antam di marketplace Tokopedia :

  • Masuk ke aplikasi Tokopedia di perangkat smartphone.
  • Pilih ‘Keuangan’.
  • Ketuk ‘Emas’ untuk memilih jenis investasinya.Jika sudah masuk ke dalam opsi ‘Tokopedia Emas’, kamu bisa tekan ‘Jual Emas’.
  • Setelah itu, pilih jumlah emas Antam yang akan dijual dalam bentuk gram maupun rupiah. Tekan ‘Check Out’.
  • Lalu tekan ‘Kirim SMS Verifikasi’ lalu inputkan kode OTP untuk verifikasi yang sudah diterima sebelumnya.
  • Tekan ‘Jual Emas’.

5. Jual Emas Antam di Toko Emas

Cara jual emas Antam selanjutnya adalah di toko emas. Namun pastikan kamu melakukannya di Toko emas kepercayaanmu agar mereka bisa menentukan harga sesuai dengan harga pasaran. Selain itu, pastikan pula toko tersebut menyediakan jual beli emas murni Antam.

Jika tidak menyediakan, kamu harus melakukan survey ke toko emas lainnya yang menyediakan layanan jual beli emas Antam.

6. Jual Emas Antam di Kantor Cabang Antam

Jika kebetulan lokasi tempat tinggalmu tidak jauh dari kantor cabang Antam, tentu saja sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan, kamu bisa lebih mudah melakukan transaksi jual beli emas dengan tingkat keamanan yang sudah tidak diragukan lagi.

Biasanya kantor cabang Antam tersedia di kota-kota tertentu, seperti di kota Jakarta, Bandung, Balikpapan, Makassar, Palembang, Medan, Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang

Diantara keenam opsi cara jual emas Antam yang bisa kamu lakukan, kamu bisa memilih cara yang paling aman, mudah dan praktis. Selain kamu lebih cepat menjual emas Antam, juga kamu bisa mendapatkan harga terbaik. Asalkan kamu sudah mengecek harga buyback emas antam di pasaran terlebih dahulu.

 

Related posts