Cara Stop Paket Telkomsel

Cara Stop Paket Telkomsel

Bagaimana cara stop paket Telkomsel? Telkomsel adalah salah satu provider terkemuka di Indonesia yang menawarkan kualitas terbaik, entah itu dari segi pelayanan jaringan mapun pelayanan keluhan pelanggan. Selain itu, paket-paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel sangat menguntungkan karena dengan harga yang cukup terjangkau Kamu bisa mendapatkan paket nternet atau paket lainnya dengan kuota melimpah.

Jika membahas paket internet, provider Telkomsel sendiri membagikan paket internet ke dalam beberapa bagian berdasarkan dari waktu penggunaan paket. Diantaranya, paket harian, paket mingguan dan paket bulanan. Semua paket memiliki kelebihannya masing-masing tergantung dari kebutuhan pelanggannya.

Dari beberapa orang, tentu saja dengan berlangganan paket, ingin berlangganan paket kembali tanpa harus mengulang mengaktifkan paket untuk periode berikutnya. Namun, bagi sebagian orang lagi terkadang hal tersebut tidak nyaman dengan alasan keterbatasan pulsa yang tidak ingin diperpanjang secara otomatis.

Biasanya, jika pelanggan Telkomsel yang memiliki pulsa terbatas, untuk mengaktifkan paket periode berikutnya tidak akan sama dengan paket yang dimiliki sebelumnya. Contohnya, yaitu jika kamu saat ini mengaktifkan paket bulanan Telkomsel, belum tentu ketika habis periode paket tersebut akan mengaktifkan paket bulanan kembali. Sebaliknya, bisa saja mengaktifkan paket mingguan atau paket harian tergantung dari ketersediaan pulsa saat itu.

Cara Stop Paket Telkomsel

Cara Stop Paket Telkomsel
Stop Paket Telkomsel

Berhenti Berlangganan Paket Telkomsel

Bagi kamu yang ingin stop paket telkomsel bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara stop paket Telkomsel dengan sangat mudah :

Metode 1 : Cara Berhenti Berlangganan Paket Telkomsel via Nomor USSD

Cara stop paket Telkomsel yang pertama, yaitu lakukan panggilan ke nomor khusus, yang tentunya kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Selain itu, tanpa menggunakan jaringan internet karena panggilan ini hanya membutuhkan sinyal kuat dari telkomsel saja agar bisa melakukan panggilan.

Adapun cara-caranya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Buka menu telpon pada hp untuk melakukan panggilan di layar hpmu.
  • Jika sudah muncul menu dial pad tersebut di layar hp, silahkan ketik nomor *363#.
  • Lakukan panggilan pada nomor tersebut dengan cara klik icon telpon dibawahnya agar bisa masuk ke menu *363# yang akan muncul pada layar hp berupa pop up informasi.
  • Pada menu yang muncul, kamu akan diperlihatkan mengenai paket kamu yang dibeli sebelumnya.
  • Pada pilihan dibawah, cek menu yang bertuliskan “Berhenti”.
  • Biasanya menu berhenti langganan terletak pada menu nomor 3. Silahkan kamu pilih menu nomor 3 dengan ketik pada kolom kosong dengan menuliskan angka 3.
  • Jika sudah, slahkan klik Mengirim agar proses berhenti langganan bisa segera diproses.
  • Ikuti petunjuknya sampai kamu benar-benar berhenti berlangganan pada paket yang sebelumnya kamu aktifkan.

Metode 2:  Stop Paket Telkomsel Melalui SMS

Cara stop paket Telkomsel yang kedua ialah dengan menggunakan pesan singkat atau layanan SMS. Kamu nantinya bisa mengirimkan SMS berhenti berlangganan dengan format tertentu, lalu mengirimkannya ke nomor 3636.

Perhatikan paket internet yang mana yang akan kamu stop, karena setiap paket berlangganan ada format khusus yang berbeda, jika ingin berhenti langganan paket internet. Contohnya, jika kamu mengaktifkan paket flash maka format sms nya akan berbeda dengan langganan pakat lainnya.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara berhenti langganan untuk paket flash dan unlimited.

1. Stop Paket Telkomsel Flash

Berikut ini cara stop paket telkomsel bagi pengguna flash :

  • Pertama-tama silahkan buka menu pesan pada hp kamu.
  • Misalnya kamu sebelumnya menggunakan paket inernet flash volume based maka format sms nya adalah : FLASH (spasi) OFF.
  • Kirimkan format tersebut ke nomor 3636 dan tunggu beberapa saat hingga ada balasan dari nomor 3636.
  • Balasan yang akan kamu terima adalah informasi mengenai berhenti berlangganan paket tersebut dan harus mengetik format FLASH (spasi) YA jika kamu menyetujui.
  • Silahkan langsung balas pesan tersebut dengan ketik FLASH YA.
  • Nanti akan ada balasan lanjutan lagi dimana balsan tersebut mengenai permintaan pegaktifkan langganan flash yang sedang diproses.
  • Setelah itu, akan ada balasan kembali dari nomor 3636 bahwa kamu sudah melakukan penghentian paket flash. Ini artinya, Kamu sudah benar-benar tidak berlangganan paket tersebut.

Sebagai catatan, jika kamu sudah menonaktifkan paket tersebut maka akan dikenakan tarif dasar internet, tanpa menggunakan paket yang tentu saja menyebabkan pulsamu berkurang secara drastis. Oleh karena itu, segera aktifkan kembali paket internet dengan paket yang kamu inginkan. Tujuannya agar Kamu bisa berinternet dengan menggunakan paket yang tentu saja tidak dikenakan tarif dasar inernet melainkan tarif yang ditentukan berdasarkan paket yang kamu aktifkan.

2. Cara Stop Paket Telkomsel Flash Unlimited

Cara stop paket telkomsel bagi flash unlimited :

  • Caranya yaitu buka menu pesan pada hp.
  • Lalu ketikan format berikut ini : UL (spasi) OFF dan kirimkan ke nomor 3636 sama seperti mengaktifkan paket sebelumnya.
  • Tunggulah beberapa saat hingga muncul sms balasan dari nomor 3636.
  • Ikuti petunjuknya hingga kamu benar-benar telah menyelesaikan paket internet flash unlimited.

Intinya dari cara-cara diatas yaitu jika kamu ingin menonaktifkan melalui pesa singkat adalah dikirimkan ke nomor 3636 dengan format yang berbeda berdasarkan paket internet yang kamu aktifkan sebelumnya.

3. Stop Paket Telkomsel Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel

Cara stop paket Telkomsel berikutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Adapun syaratnya adalah kamu harus memiliki aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu yang bisa kamu download pada play store maupun pada app store jika hp kamu menggunakan sistem iOS.

Cara yang ketiga ini agar proses stop paket telkomsel berhasil harus menggunaka koneksi internet. Jika kamu tidak memiliki koneksi internet, maka tidak bisa kamu gunakan untuk berhenti langganan. Selain itu, bisa menggunakan cara lain seperti cara berhenti langganan dengan dial USSD atau melalui pesan singkat.

Kelebihan dari penggunaan paket MyTelkomsel ini yaitu kamu hanya tinggal mengikuti petunjuk yang muncul pada aplikasi tersebut dan sangat mudah dilakukan. Berikut panduannya :

  • Sebelumnya, jika belum memiliki aplikasi My Telkomsel, sebaiknya download terlebih dahulu kemudian login dengan menggunakan nomor telkomsel yang kamu miliki.
  • Cara daftarnya terbilang mudah yaitu pilih menu daftar, kemudian tuliskan nomor hp telkomsel milikmu dan terus ikuti petunjuknya hingga proses registrasi berhasil.
  • Setelah proses registrasi berhasil, secara otomatis kamu akan diarahkan pada menu utama aplikasi MyTelkomsel.
  • Bagi kamu yang kebingungan ingin melakukan stop paket telkomsel, kamu masuk saja ke menu My Package atau menu paket yang tertera pada layar depan menu utama.
  • Pilih paket yang akan kamu stop dan ikuti petunjuknya dengan benar hingga kamu selesai berhenti berlangganan.

Itulah beberapa cara stop paket telkomsel yang bisa kamu lakukan agar bisa berhenti berlangganan. Jika kamu ingin mengaktifkan paket lainnya lebih baik pilih paket yang tersedia di plikasi MyTelkomsel. Hal ini dikarenakan, dalam aplikasi My telkomsel biasanya ada banyak sekali promo paket yang tidak ada pada pilihan paket dari dial USSD. Selamat mencoba!

 

 

Related posts