Cara Daftar CV Online Gratis Agar Menarik (5 Metode)

Cara Daftar CV Online
Cara Daftar CV Online

Hai, para job seeker! Kamu yang sedang cari kerja harus tetap semangat ya dan jangan lupa harus selalu upgrade CV (Curiculum Vitae) biar terlihat lebih profesional. Selain itu, jangan lupa pula buat mencoba cara daftar CV online. Hal yang harus diperhatikan adalah buat CV yang baik dan menarik agar HRD perusahaan langsung meliriknya.

Sebetulnya di era digital seperti saat ini sangat mudah buat CV, beda halnya sebelum berkembangnya teknologi internet. Sebab ada banyak platform online yang bisa kamu manfaatkan buat cara daftar CV online. Jadi bisa lebih praktis lagi saat harus membuat CV cukup dengan mengeditnya saja.

Read More

Lamar kerja juga kini gak perlu harus mendatangi perusahaan satu per satu, karena kamu bisa coba cara melamar kerja di LinkedIn dengan lebih praktis. Gimana, sudah penasaran tentang cara daftar CV online memakai situs web tertentu di internet? Cek ulasannya di bawah ini!

Cara Daftar CV Online

Cara Daftar CV Online
Cara Daftar CV Online

Buat daftar CV online, ada beberapa platform atau situs web yang bisa kamu manfaatkan. Beberapa situs web tersebut, antara lain BikinCV.com, Resmume.com, Zety.com, Edit.org, dan Canva.com.

1. Daftar CV Online di BikinCV.com

BikinCV.com salah satu platform untuk buat dan edit CV dengan mudah tanpa repot. Kamu bisa memanfaatkan situs web ini dengan memakai komputer, laptop, atau bahkan HP sekalipun.

Yang perlu kamu lakukan tinggal pilih template yang tersedia di websitenya. Setelah memilih template yang sesuai, selanjutnya kamu dapat memasukkan informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang kamu miliki dengan mudah.

Tersedia pula fitur mengatur tata letak, font, dan warna sesuai dengan preferensi kamu. Setelah selesai editing, kamu bisa menyimpan CV dalam format yang kamu inginkan untuk selanjutnya dibagikan atau unduh.

  • Buka aplikasi browser di perangkat kamu terlebih dahulu kemudian kunjungi situs https://www.bikincv.com/ .
  • Pada halaman utama dari situs tersebut, pilih opsi “Mulai Buat CV + Lamar Sekarang“.
  • Kamu akan dibawa masuk pada halaman selanjutnya dengan beerapa opsi yang muncul, untuk membuat CV pilih “Buat CV + Surat Lamaran Kerja”. Dibagian ini merupakan bagian paket lengkap yang paling diminati karena terdapat bermacam-macam template yang dapat dipersonalisasi.
  • Langkah selanjutnya, Isi informasi pribadi kamu, pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan sebagainya sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  • Sesuaikanlah tata letak, font, dan warna sesuai keinginan kamu.
  • Tahapan pembuatan CV pada situs ini yaitu : Data Diri, CV, Lamaran Kerja, Preview, dan Checkout.
  • Setelah selesai editing, klik tombol “Simpan” atau “Download” untuk menyimpan CV yang telah kamu buat.

2. Daftar CV Online di Resmume.com

Resmume.com merupakan salah satu situs web yang menyediakan layanan pengeditan CV secara online. Dengan Resmume.com, kamu bisa dengan mudah membuat CV dengan menggunakan template yang telah disediakan.

Selain itu kamu dapat menyesuaikan tata letak, font, dan warna sesuai keinginan. Untuk lebih jelasnya, simak Langkah-langkah pembuatan CV melalui situs Resmume.com dibawah ini.

  • Buka aplikasi browser di perangkat yang kamu gunakan, selanjutnya akses situs resminya di alamat : https://resmume.com/id/
  • Pada halaman utama, kamu akan melihat sedikit penjelasan dari situs pembuata CV online ini. Selanjutnya ada opsi “Buat CV Sekarang”. Klik opsi tersebut.
  • Tampilannya sangat menarik, kamu cukup mengisi data diri yang terdapat pada Tools disebelah kiri layar. Isilah informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan lainnya sesuai dengan instruksi pada Tools yang diberikan.
  • Kamu juga bisa menyesuaiakn tata letak, font, dan warna sesuai keinginan.
  • Setelah selesai mengedit, klik tombol “Download” atau “Simpan” untuk menyimpan CV yang telah kamu buat tersebut untuk kepentingan lamaran kerja.

3. Daftar CV Online via Zety.com

Kamu juga bisa buat CV dengan mudah tanpa harus download aplikasi dengan Zety.com. Sama seperti situs lainnya yang juga kompatibel dengan berbagai perangkat, di Zety.com kamu juga bisa coba pakai perangkat apapun. Ada banyak pilihan template CV yang modern dan profesional.

Selain itu, Zety.com menyediakan panduan dan saran untuk mengisi detilnya secara lengkap. Beberapa diantaranya, mulai dari informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan dengan benar. Lebih jelasnya, simak Langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Buka aplikasi browser di perangkat kamu kemudian masuk pada kolom pencarian dan ketikkan nama situs rerminya di alamat : https://zety.com/cv-maker
  • Selanjutnya di halaman utama, pilih opsi “Create Your CV Now”.
  • Langkah selanjutnya yaitu memilih template CV yang ingin kamu gunakan berdasarkan dari beberapa pilihan yang tersedia. Setelah memilih salah satu template nya, pilih opsi “Choose Template”.
  • Di halaman berikutnya, terdapat dua opsi membuat CV, yaitu membuat CV baru atau sudah memiliki resume. Jika baru pertama kali membuat CV, maka klik opsi “Create a New Resume”, sedangkan jika kamu sudah memilikii CV sebelumnya maka cukup klik opsi “I Already Have a Resume”.
  • Sebagai contoh jika kamu baru membuat CV baru, maka klik “Create a New Resume” lalu klik opsi “Next” yang berada dibawahnya.
  • Langkah berikutnya yaitu tinggal mengisi informasi pribadi kamu, pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan lainnya sebagainya berdasarkan panduan yang diberikan pada situs tersebut.
  • Setelah selesai mengedit, selanjutnya klik tombol “Next : Work History”. Lalu, ikutilah petunjuk yang muncul dihalaman berikutnya dengan benar.

4. Daftar CV Online di Edit.org

Edit.org  juga termasuk platform desain online, yang menyediakan template untuk membuat CV tanpa pakai aplikasi. Dengan menggunakan situs Edit.org, kamu bisa dengan mudah memilih template CV yang sesuai dengan preferensi.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa edit isi CV dengan memasukkan informasi pribadi dan pengalaman kerja. Bagi yang ingin mencoba membuat CV dengan situs Edit.org, ini dia cara daftar CV online di Edit.org :

  • Buka aplikasi browser di perangkat kamu terlebih dahulu, kemudian akses situs resminya di alamat : https://edit.org/resumes
  • Selanjutnya di halaman utama dari situs ini, pilihlah opsi “Create Your Resume”.
  • Carilah terlebih dahulu template yang kamu inginkan. Pada bagian ini kamu bisa memilih template yang ada di halaman tersebut, atau bisa juga dengan memilih template berdasarkan kategori yang ada.
  • Karena situs ini membutuhkan kreativitas, kamu pun bisa membuat CV tanpa menggunakan template sama sekali dengan mengedit pada blank page nya.
  • Lanjutkan dengan menambahkan isi informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan lain sebagainya.
  • Setelah itu sesuai pada tata letaknya, font, dan elemen desain sesuai dengan keinginan kamu.
  • Jika sudah selesai melakukan editing, terakhir tinggal menyimpannya dengan klik tombol “Save”.

5. Canva.com

Canva.com adalah platform desain online yang paling populer saat ini dengan menawarkan berbagai template CV yang menarik. Selain menggunakan website, sebenarnya kamu pun bisa menggunakan Canva melalui Smartphone.

Cuma buat pakai Canva di hp, kamu harus unduh aplikasinya terlebih dahulu lewat Play Store atau App Store. Begini cara daftar CV online di Canva.com :

  • Buka aplikasi browser di perangkat kamu terlebih dahulu kemudian akses alamatnya berikut ini : https://www.canva.com/id_id/membuat/resume/
  • Pilihlah opsi “Mulai Desain” atau “Buat Desain” di halaman tersebut.
  • Ketik “CV” pada bagian pencarian untuk memilih template CV yang kamu inginkan.
  • Klik pada template tersebut untuk memulai pengeditan.
  • Sekarang isilah informasi pribadi kamu, pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan lain sebagainya pada template yang sudah tersedia tersebut dengan klik bagiannya satu per satu.
  • Jika ingin lebih menarik lagi, kamu juga bisa menyesuaikan tata letak, font, warna, dan elemen desain lainnya sesuai dengana preferensi sendiri.
  • Setelah semuanya selesai, klik tombol “Download” atau “Simpan” untuk menyimpan CV yang telah kamu buat tersebut.

Yaps, buat CV kini gak perlu bingung lagi apalagi bagi fresh graduate yang baru lulus kuliah buat cari pekerjaan.  Kamu tinggal coba salah satu situs dan cara daftar CV online di atas lalu pilih template yang tepat!

Related posts