Cara Reset Alarm Mobil Universal

Bagaimana cara reset alarm mobil universal? Remote alarm mobil terkadang mengalami kerusakan, oleh sebab itu akan muncul berbagai permasalahan. Adapun untuk memperbaiki kerusakan remote alarm harus dilakukan reset. 

Hampir setiap kendaraan baru biasanya telah dilengkapi oleh sistem pengaman atau proteksi yakni sistem alarm mobil. Beberapa kendaraan bermotor, ada yang telah dibekali alarm bawaan, tapi ada pula kendaraan yang ditambahkan sistem alarm untuk aksesoris tambahan. Dengan adanya proteksi atau sistem pengaman ini tentu membuat keamanan kendaraanmu leibh terjamin.

Read More

Akan tetapi, terjadinya error pada alarm mobil seringkali terjadi khususnya pada remote. Saat remote mobil rusak, terkadang untuk menghidupkan atau mematikan alarm menjadi tidak berfungsi. Akan tetapi, sebenarnya hal ini belum menandakan adanya kerusakan dalam remote atau sistem alarm mobil itu sendiri. Biasanya hanya dibutuhkan proses reset alarm atau inskronisasi alarm.

Pada beberapa alarm terbaru, biasanya memerlukan alat khusus jika ingin mereset alarm. Akan tetapi, cara reset alarm mobil universal sendiri caranya sangat gampang, sehingga alarm bisa kembali bekerja baik. Sedangkan alarm mobil dengan alat khusus, biasanya pada kendaraan yang telah dilengkapi oleh immobilizer.

Cara Reset Alarm Mobil Universal

Cara Reset Alarm Mobil Universal
Reset Alarm Mobil Universal

Panduan Reset Alarm Mobil Universal

Cara reset alarm mobil universal sendiri termasuk salah satu perbaikan serta perawatan pada sistem alarm yang peranannya sangat penting. Tujuannya supaya sistem pada alarm mobil bisa kembali berfungsi dengan normal.

Langsung saja, berikut ulasan cara reset alarm mobil universal untuk kendaraan berbasis low end, seperti berikut ini :

  • Pertama-tama, pastikan dulu baterai remot dalam kondisi yang masih baik. Jika baterai pada remote lemah, seaiknya Kamu harus menggantinya terlebih dahulu.
  • Jika posiis pada pintu kendaraan dalam kondisi terkunci, Kamu harus membuka kunci secara manual.
  • Buka pintu bagian depan samping kanan lalu biarkan pintu tetap membuka, sedangkan pintu lain dibiarkan tertutup rapat.
  • Kamu bisa memasukkan kunci dan posisikan kunci kontak ke posisi ON.
  • Tekan lock sekitar 5 sampai 10 detik dalam posisi kunci masih tertancap.
  • Putar kunci kontak di posisi OFF.
  • Tekan lock lagi selama 5-10 detik. Lalu pastikan durasi waktunya sama seperti langkah sebelumnya.
  • Kamu bisa melakukan poin di atas berulang kali hingga lampu indikator pada alarm mobil mati.
  • Sesudah lampu indikatornya mati, lakukan pengecekan tombil remote. Pastikan central lock dan alarmnya bisa bekerja secara optimal.
Terkait:  Cara Reset Ulang Windows 10

Jika ternyata setelah mengikuti cara reset alarm mobil universal di atas, masih saja tidak berhasil. Ini artinya ada banyak kemunginan terjadi pada alarm mobilmu. Mungkin saja module pada alarm mobilnya rusak. Selain itu, kemungkinan lainya ialah kendaraan telah dilengkapi oleh sistem immobilizer.

Persamaan dan Perbedaan Alarm Khusus dan Universal

Remote mobil universal bisa menjadi alternatif jika alarm khusus atau bawaan pada mobil sudah tidak bisa diperbaiki kembali. Namun sebelum membelinya, Kamu harus tahu bahwa ada persamaan dan perbedaan antara alarm mobil khusus dan universal, berikut ini :

1. Mempunyai Fungsi yang Sama

Baik alarm khusus maupun universal mempunyai fungsi serupa, yaitu akan berbunyi apabila sudah dipasang maupun di setting pada kendaraan jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Misalnya saja, ada asap atau api di dalam kendaraan, aksi pencurian, dan hal-hal lainnya. Dengan fungsi kedua alarm yang sama, tentu saja membuat kita tak dapat membedakan kedua alarm tersebut.

2. Alarm Universal Berlaku Bagi Semua Tipe Mobil

Jika awalnya alarm khusus lebih spesifik dibuat hanya untuk 1 merk mobil, namun hal ini berbeda dari alarm universal. Sesuai namanya, alarm universal berarti dapat dipasang dan dipakai di semua jenis dan merk mobil. Pada alarm universal, biasanya dapat menyesuaikan dengan semua sistem mobil. Walaupun begitu, jumlah pemakaian alarm universal sendiri hampir sama seperti jumlah alarm bawaan atau khusus.

Seringkali, alarm universal dianggap sangat pasaran serta gampang dibajak atau dibobol sebab sifatnya universal. Jadi setiap orang akan lebih mudah memahami dan mempelajari sistem keamanan pada alarm universal. Namun hal tersebut sebenarnya tak selamanya benar, sebab kini sebagian produk alarm universal telah dilengkapi oleh fitur tambahan. Dimana setiap merek menawarkan fitur tambahan berbeda.

Terkait:  Cara Reset Wifi Indihome

3. Alarm Khusus/Bawaan Lebih Spesifik

Sesuai namanya, alarm khusus biasanya dibuat lebih spesifik hanya untuk 1 jenis atau merk mobil saja. Contohnya, alarm khusus merk Honda, Toyota dan merk lainnya. Pemakaiannya yang spesifik menjadikan alarm ini sering dipakai karena sistemnya otomatis menyesuaikan sistem dari merk mobil itu sendiri.

Di samping itu, produk alarm khusus juga dibuat untuk mengikuti brand atau merk mobil paling laku yang ada di pasaran otomotif, sehingga wajar jika banyak orang mencari alarm khusus atau bawaan. Meskipun demikian, merk mobil di atas juga masih bisa menerima alarm mobil universal. Hal ini bisa disesuaikan tergantung keinginan pengguna.

4. Fitur Pelengkap Pada Kedua Tipe Alarm

Biasanya alarm khusus untuk Toyota dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan alarm khusus dari merk lain sebab dilengkapi oleh fasilitas atau fitur berlebih, seperti kelengkapan anak kunci baru. Sementara pada alarm universal telah dilengkapi oleh fitur tambahan secara lengkap sekaligus dapat memperkuat keamanan kendaraanmu.

Adapun fitur tambahan tersebut ialah SOS button, yang mana fitur ini bisa dipakai saat seseorang terjebak di mobil serta bisa membahayakan orang terjebak. Selain itu, beberapa fitur lainnya seperti engine immobilizer, anti hijack, dan adanya stop and start engine memakai smartphone atau remote control, automatic alarm, keyless entry, serta voice monitor.

5. Harga

Alarm universal biasanya dijual dengan harga lebih terjangkau daripada alarm khusus. Nmaun bukan berarti, keamanan pada alarm universal sangat rendah. Adapun yang membuat harga dari kedua alarm ini berbeda ialah karena alarm khusus di desain sesuai sistem dan merek mobil dengan lebih spesifik. Sementara alarm universal sendiri hanya dibuat sesuai dengan sistem mobil secara umum.

Terkait:  Cara Reset Macbook

Akan tetapi, jangan salah ada pula alarm universal dengan harga lebih tinggi dari alarm khusus. Harganya bahkan bisa sampai jutaan rupiah. Adapun hal ini disebabkan oleh fitur tambahan yang disematkan. Sehingga, pemilik kendaraan yang tertarik memasang alarm sistem pada mobil dapat diberikan opsi antara mengutamakan manfaat lebih atau harga dari alarm mobil itu sendiri.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah cara reset alarm mobil universal dan persamaan serta perbedaan antara alarm universal dan alarm khusus. Jika Kamu ingin membeli alarm universal, maka pastikan untuk memilih sesuai kebutuhan.

Jika ingin meningkatkan sistem keamanan, mungkin Kamu harus bersiap-siap dengan harga jual yang cukup lumayan. Apalagi kini, ada banyak pilihan fitur yang disematkan pada alarm universal. Sebut saja, ada fitur GPS tracker, keyless entry, sensor syok, tilt sensor, detektor gerak, dan lainnya. Silahkan sesuaikan pemilihannya dengan kebutuhanmu!

Related posts