[Updated] Cara Reset Macbook, 3 Metode!

Cara Reset Macbook

WIGATOS.com | Ada beberapa cara reset Macbook yang bisa dilakukan dan Kamu bisa mengikuti panduannya di artikel ini. Macbook mungkin lebih cepat jika dibandingkan perangkat lainnya. Akan tetapi, bukan berarti Macbook tak pernah mengalami masalah. Karena jika sering digunakan seiring waktu, maka kinerja dan kecepatan Macbook pun menjadi melambat.

Selain itu, mungkin saja Kamu ingin menjual perangkat Macbook milikmu dan Kamu ingin mengubahnya kembali seperti baru. Apapun alasannya, Kamu bisa mencoba cara reset Macbook dengan mudah.

Read More

Sebenarnya tiap perangkat akan dibekali oleh fitur reset untuk mengembalikan pengaturan awal pada Macbook. Fungsi tersebut dapat dipakai saat perangkat sering mengalami error atau gangguan.

Cara Reset Macbook

Cara Reset Macbook
Tutorial Reset Macbook

Tutorial Reset Macbook Dengan Mudah

Sebenarnya cara reset Macbook agak berbeda dari komputer pada umumnya. Pemiliknya mungkin agak kebingungan ketika melakukan instal ulang perangkat Macbook. Berikut ulasan untuk me-reset Macbook di bawah ini :

1. Sistem Pengaturan (PRAM)

PRAM atau Parameter Random Access Memory merupakan cara yang bisa dikatakan cukup cepat dalam mengatasi persoalan ini. Dimana PRAM sendiri adalah memori berkapasitas kecil dan dipakai untuk melakukan system setting. Jika Kamu mempunyai masalah saat menyalakan komputer, selain itu ada kerusakan pada tampilan display ketika dinyalakan, Kamu bisa mencoba reset Macbook. Simak tutorial reset Macbook di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan matikan Macbook. Kamu bisa mematikan Macbook, caranya dengan memakai menu Apple. Selain itu, bisa juga dengan menekan power lalu tahan hingga kurang lebih 10 detik.
  • Kamu juga dapat mencoba melalui cara ini, yakni dengan cara menekan power sembari menahan ke-4 tombol Cmd+R+P+Opt bersamaan.
  • Selain itu, coba tahan terus dengan menekan kombinasi tombol empat tadi, sampai menghasilkan suara ketika Macbook menyala.

2. Reset Pada Baterai

Jika Kamu masih bingung bagaimana cara reset baterai, dengan langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan balik Macbook-mu, kemudian cek baterainya, apakah dapat dilepas atau sudah tertanam. Apabila baterainya dapat dilepas, cobalah melepas sebentar saja, kemudian pasang kembali.
  • Cek Management Cotnroller atua SMC untuk mengatur power setting dan kipas pada Macbook. Setelah itu, lakukan reset sebagai solusi memperbaiki kerusakan terkait baterai perangkatmu.
  • Tekan power lalu tahan sampai 5 detik untuk melepaskan sistem kelistrikan yang ada.
  • Lalu masukkan lagi baterainya lalu tekan power jika ingin menyalakannya.

3. Factory Reset

Cara reset Macbook ini adalah cara yang bisa dilakukan apabila cara di atas masih belum berhasil. Mengingat metode ini menghapus semua data yang telah tersimpan pada Macbook. Berikut ulasannya :

  • Sebelum factory reset, alangkah baiknya data yang telah tersimpan dilakukan back up lebih dulu.
  • Nyalakan lagi lalu tahan tombol Cmd+R.
  • Silahkan pilih opsi recovery HD.
  • Setelah itu, tekan Disk Utility.
  • Tekan tombol erase jika ingin menghapusnya.
  • Lalu tutup lagi disk utility.
  • Mulailah menginstal lalu tunggu hingga prosesnya berhasil.

Itulah beberapa langkah dan metode cara reset Macbook yang dapat dipilih agar perangkat Macbook-mu bisa dipulihkan kembali. Selain itu, jika Kamu sedang mencari laptop terbaik untuk membantu pekerjaanmu lebih mudah, Kamu bisa mencoba Macbook. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Macbook yang dapat Kamu pertimbangkan.

Kelebihan Macbook

Berikut ini, ada beberapa kelebihan perangkat Macbook yang harus Kamu ketahui untuk menjadi bahan pertimbangan memilih Macbook. Ini dia ulasannya :

1. Sistem Keamanan OS yang Baik

Produk Macbook ini mempunyai keamanan OS yang baik. Jika dibandingkan produk lainnya, semisal Windows, tentu saja keamannya lebih baik. Tak hanya itu saja, pengguna Macbook pun tak membutuhkan antivirus tambahan. Pasalnya software antivirus tersebut dapat mengurangi memori.

2. Daya Tahan Mesin yang Kuat

Kelebihan Macbook lainnya ialah mesinnya memiliki daya tahan yang kuat. Rasanya wajar jika Macbook banyak dipilih walaupun harganya mahal. Karena daya tahan pada mesin Macbook yang kuat menjadikannya bisa tahan di waktu yang cukup lama.

Di samping itu, OS yang baik pun bisa menjadi salah satu kelebihannya jika dibandingkan produk yang lain. Selain itu, perangkat Macbook juga mempunyai fitur unggulan yang cukup banyak. Jika Kamu membeli perangkat Macbook, maka Kamu juga dapat memperoleh software office atau aplikasi pengolahan kata. Hal tersebut tentu saja sangat membantu menyelesaikan pekerjaan kantor atau pekerjaan sekolah.

Adapun hal yang bisa membuktikan jika Macbook mempunyai daya tahan kuat ialah dari pemakaian seri lama. Misalnya saja, pemakaian Macbook tahun 2015 dapat dipakai hingga tahun 2019. Hal tersebut membuktikan jika Macbook sendiri merupakan produk yang daya tahannya baik.

3. User Friendly

Keunggulan perangkat Macbook selanjutnya ialah dari sistem operasinya. Perangkat macbook dari Apple tersebut menawarkan sistem operasi cukup baik. Adapun sistem tersebut  bernama MacOS. Ini tentu saja bisa memberikan pengalaman yang baru untuk para penggunanya. Dengan begitu, menawarkan kemudahan pada penggunaannya. Tak hanya mudah dipakai, sistem tersebut juga mempunyai manfaat lebih baik.

4. Hardware yang Berkualitas Tinggi

Saat memakai Macbook, biasanya jauh terasa lebih nyaman dibandingkan laptop lainnya. Ini disebabkan hardware yang tersedia mempunyai kualitas tinggi. Semisal pemakaian trackpad dan keyboard yang mudah. Di samping itu, sound bisa menghasilkan suara lebih jernih.

5. Dapat Menginstall Windows

Keunggulan berikutnya di Macbook ialah bisa menginstal Windows. OS Windows juga bisa dijalankan pada laptop Macbook. Apabila ingin menginstal OS Windows, Kamu dapat menjalankan sebuah sistem. Dimana sistem ini dinamakan bootcamp. Dimana sistem tersebut memungkinkan untuk menjalankan OS lain secara virtual atau paralel.

Kekurangan Macbook

Walaupun menawarkan banyak keunggulan, Macbook juga mempunyai beberapa kekurangan. Diantaranya sebagai berikut :

1. Tempat Service yang Masih Jarang

Kekurangan Macbook Apple ialah tempat service jarang ditemukan. Berbeda dengan laptop lainnya yang biasanya bisa dilakukan service di layanan yang tidak resmi. Tapi keluaran Apple sendiri hanya mempunyai tempat service official atau resmi. Jadi, produk hanya bisa diperbaiki di jasa service official saja dan tidak bisa dibawa ke outlet atau jasa tidak resmi.

2. Harga Aksesoris yang Mahal

Harga spare part Macbook sendiri terbilang mahal. Tapi selain itu, aksesoris lainnya pun cukup mahal. Misalnya kabel data dengan harga yang sangat mahal. Adapun hal yang harus dipersipakan saat membeli Macbook ialah harus siap membeli aksesoris yang lainnya dengan harga lebih mahal.

3. Harga Repair atau Perbaikan Mahal

Sama dengan laptop lain, apabila ada masalah atau keruskaan di dalamnya, perangkat Macbook juga harus dilakukan perbaikan atau pengecekan. Akan tetapi, service atau perbaikan dari Macbook sendiri nantinya dikenakan biaya lebih mahal dibanding yang lainnya.

Mislanya saja, jika terjadi kerusakan pada keyboard Mac, maka biaya perbaikannya bisa sampai jutaan rupiah. Di samping itu, apabila display layarnya mengalami kerusakan biayanya juga cukup tinggi. Saat memilih membeli perangkat macbook, Kamu harus sudah memahami resiko pengeluaran biaya yang lebih besar.

Oke, itulah kelebihan dan kekurangan Macbook yang harus Kamu pertimbangkan sebelum memilih perangkat ini. Selain itu, jika perangkat Macbookmu mengalami kerusakan, Kamu bisa mencoba cara reset Macbook di atas. Semoga bermanfaat!

Related posts