Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Sebenarnya cara reset mesin cuci Samsung telah tercantum dalam buku panduan atau manual book yang telah dipersipakan di kotak penjualan. Tujuannya guna mempermudah para pengguna apabila sewaktu-waktu terjadi masalah pada mesin cuci.

Pemasalahan yang sering dialami pengguna mesin cuci merk Samsung bertipe digital, yaitu tombol start yang macet, dan diawali oleh bunyi 2 kali, terjadinya error pada water level dan lainnya.

Read More

Jika asal pencet, hal tersebut tentu saja bisa menimbulkan kerusakan serius. Tapi, membawa mesin cuci terburu-buru ke jasa service tentunya bukan solusi tepat. Karena kemungkinan Kamu harus membayarnya dengan biaya tak sedikit.

Kerusakan Pada Modul Mesin Cuci dan Efeknya

Sebelum melakukan cara reset mesin cuci Samsung, sebaiknya kenali kerusakan yang sering terjadi pada modul mesin cuci terlebih dahulu. Pada umumnya, beberapa kerusakan modul mesin cuci Samsung, entah itu tipe front loading maupun 1 tabung bisa mengakibatkan :

  • Mati total
  • Air tak mengalir
  • Tidak berputar
  • Pengering mesin cuci tidak berputar
  • Air keluar terus dari mesin cuci

Gejala atau kerusakan mesin cuci merk Samsung baik jenis front loading dan 1 tabung biasanya akan mengeluarkan error. Kamu dapat mencocokkan terjadinya kode error mesin cuci Samsungmu melalui daftar kode berikut :

Terkait:  Cara Reset First Media

1. Kode DE

DE atau Door Error, yaitu kondisi dimana pintu belum tertutup rapat. Jadi pastikan dulu, pintu mesin cuci tertutup rapat.

2. Kode 4E

Jika yang muncul adalah kode 4E, ini menandakan adanya water supply error. Disini Kamu harus pastikan air keran mesti bertekanan (50-800Kpa) serta selalu terbuka.

3. Kode Error 5E

Jika yang timbul adalah kode error 5E maka sistem drain-nya yang mengalami masalah. Kamu harus membersihkan saringan pembuangan mesin cuci, pastikan selangnya sudah terpasang baik dan tak ada sumbatan pada saluran pembuangan.

4. Kode Error SUD

Jika mengalami kode error SUD, biasanya terjadi foaming detected. Artinya terjadi kelebihan pada busa sabun atau sabun yang terlalu banyak, jadi biarkan mesin untuk bekerja sendiri agar mengurangi busanya. Selain itu, mesin pun bisa berjalan kembali normal.

5. Kode UE

Maksud dari kode error UE biasanya terjadi unbalance error, yakni mesin bekerja tidak seimbang, sehingga kemungkinan mesin tidak stabil, atau cucian kusut/menggumpal.

6. Kode LE/LE1

Jika muncul kode error ini, artinya terjadi water leakage error. Biasanya hal tersebut terjadi diakibatkan oleh terlalu banyak detergen, terjadi kebocoran air di selang pembuangan, dan penutup filter pengeringan atau pompa pembuangan.

7. Kode UC

Kode error ini terjadi akibat tegangan listrik yang ada di rumahmu tidak stabil, alhasil perangkat secara otomatis akan menunda pencucian sebagai upaya melindungi kerusakan. Selanjutnya akan bekerja kembali jika tegangan listriknya telah normal kembali.

8. Kode OE/OF

Kode ini menandakan terjadinya overflow error. Ini disebabkan pasokan air yang terus menerus bekerja, bisa disebabkan oleh selang pembuangan yang terlipat. Karenanya membuat air tak mengalir dengan lancar.

Terkait:  Cara Reset Printer Epson L3110

9. Kode 4C

Kode error ini diakibatkan oleh supplai air yang tak tersedia. Jadi, pastikan tidak ada sumbatan pada selang air, air keran terbuka, air keran tidak membeku, dan mesin cuci beroperasi pada tekanan yang cukup.

10. Kode Error 5C

Biasanya kode error ini diakibatkan oleh air yang tidak mengering. Jadi pastikan selang pada pembuangan tak tersumbat, posisi selang pembuangan sudah benar, dan membersihkan filter serpihan sebab bisa menyumbat selang.

Setelah mengetahui beberapa kode error pada mesin cuci Samsung di atas, kini saatnya Kamu mengetahui cara reset mesin cuci Samsung.

11. Kode Error UB

Kode error UB ini diakibatkan oleh spinning yang tidak berfungsi. Kamu harus memastikan agar cucian dapat tersebar denngan merata, dan distribusikan beban ulang, pastikan mesin ada di permukaan stabil dan datar. Mungkin putaran akhir tak akna memuaskan. Silahkan pesan cek “UB” pun bisa tampil pada layar.

12. Kode Error 1E

Kode error diakibatkan oleh water level sensor. Karena itu, pastikan selang untuk penyupai air tak tersumbang material asing, selang penyuplai tak terlepas padakeran air atau sumber air. Selain itu, pastikan pula selang penyuplai air tak terlipat atau terjepit, sehingga menyumbat sistem penyuplaian air pada mesin cuci.

13. Kode Error HC

Ini adalah kode error yang diakibatkan heater control. Karena itu, pastikan untuk membersihkan kondensor atau wadah saringan.

Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Cara Reset Mesin Cuci Samsung
Reset Mesin Cuci Samsung

Reset Mesin Cuci Samsung

Ada beberapa cara reset mesin cuci Samsung supaya model kembali lagi ke pengaturan pabrik yang bisa Kamu coba dengan mudah. Metode ini bisa dijadikan sebagai langkah awal yang dapat dilakukan sebelum Kamu menghubungi teknisi untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Terkait:  Cara Reset Router Indihome

1. Membaca Buku Panduan

Cara reset mesin cuci Samsung pertama ialah Kamu harus membuka buku panduan terlebih dahulu. Sebab untuk beberapa jenis spesifik ada metode yang mungkin saja berbeda.

Secara otomatis konsumen akan mendapatkan buku panduan tersebut ketika melakukan transaksi pembelian. Namun biasanya kita jarang membaca panduan serta ketentuan pada buku tersebut karena kesibukan.

Selain itu, pastikan Kamu mencari tahu tata letak tombol dalam me-reset mesin cuci seperti rinse, power, dan spin supaya tak menyebabkan keraguan.

2. Menghubungkan Kabel Power

Langkah selanjutnya silahkan sambungkan atau hubungkan kabel power supaya arus listrik bisa mengalir pada mesin cuci. Pastikan Kamu melakukannya secara hati-hati, agar terhindar dari resiko sengatan yang disebabkan oleh tegangan tinggi.

Ketika kabel telah terhubung, diamkan dulu sekitar satu menit demi memastikan timbulnya kode error di layar. Sebab kondisi tersebut bisa diatasi tanpa perlu me-reset modul.

3. Mengaktifkan Tombol Khusus

Samsung biasanya menawarkan tombol khusus untuk memberi instruksi reset dan modul pun akan kembali lagi pada pengaturan pabrik. Namun jangan menekan sembarangan, apalagi membongkar unit mesin tanpa mengetahui ketentuannya di buku manual.

Adapun akses kombinasi pada tombol mesin cuci untuk me-reset, ialah sebagai berikut :

  • Pastikan dulu produk sudah tersambung pada sumber listrik
  • Tekan kombinasi tombol spin + power + rinse bersamaan.
  • Lalu perhatikan display papan kontrolnya, selanjutnya lampu indikator pun menyala dengan serentak.

4. Matikan Lalu Nyalakan Kembali

Jika sudah me-reset modul mesin cuci, kini matikan mesin cuci. Caranya tekan power dan biarkan saja perangkat mati selama 30 menit, kemudian nyalakan lagi seperti biasa.

Untuk meningkatkan kesuksesan reset modul, sebaiknya pastikan memperhatikan prosedur dengan tepat. Sehingga, mesin cuci bisa Kamu pakai lagi sebagaimana mestinya.

Dengan mengetahui ulasan cara reset mesin cuci Samsung sendiri sangat bermanfaat guna membantu pengguna untuk mengatasi permasalahannya sendiri. Sebab berhentinya operasional pada unit tak hanya menimbulkan kerusakan saja, tetapi juga terjadinya error.

Namun apabila kendala yang dialami pada mesin cucimu belum teratasi meskipun sudah mengikuti cara reset mesin cuci Samsung di atas, Kami sarankan untuk langsung menghubungi layanan Call Center. Semoga bermanfaat!

Related posts