Cara Reset Remote AC Sharp

Cara Reset Remote AC Sharp

Bagaimana cara reset remote AC Sharp? Jika Air Conditioner-mu tak menyala saat remote-nya ditekan, mungkin saja sensor AC di dalam remote AC-mu harus diperbaiki. Remote control atau sensor Air Conditioner merupakan perangkat elektronik terpenting yang terdapat dalam Air Conditioner. Jika kedua alat tersebut tak berfungsi pastinya akan sangat menyulitkan. Sebab posisi AC ada di bagian atas, lalu jika Kamu ingin menyalakannya dengan cara manual, tentu harus naik dengan tangga. Tentu saja hal ini akan merepotkan.

Kenapa AC Tidak Dapat Dinyalakan dari Remote Control?

Sebelum membahas cara reset remote AC Sharp rusak, ada beberapa penyebab AC Sharp milikmu tidak dapat dinyalakan dari remote control. Berikut ini ulasannya :

1. Remote Control Tak Berfungsi

Salah satu penyebab remote AC tak dapat menyala yaitu, Kamu bisa mengeceknya dengan mendekatkan remote pada sensor. Adapun solusinya apabila remote tak berfungsi secara maksimal jika tak didekatkan ke sensor, ialah yang harus dilakukan pertama kali cukup mengganti baterai pada remote AC-mu.

Silakan cek fungsi remote control pada AC, dengan cara berikut ini :

  • Tekan remote control jika ingin mengecek apakah lampu LED-nya masih menyala ataukah sudah mati, caranya gunakan kamera digital atau kamera hp.
  • Jika LED-nya masih menyala, ini artinya kondisi remote-mu masih normal.
  • Apabila LED menyala tapi tidak berfungsi, maka penyebabnya ialah komunikasi nirkabel IR (Infra Red) tak bisa menerima data dari sensor AC dengan remote control.
  • Pastikan remote AC menggunakan remot original.
  • Simpan remote AC di lingkungan yang aman supaya tak terinjak.

2. Sensor AC Rusak

Penyebab terjadinya sensor AC rusak disebabkan oleh 2 hal. Faktor pertama meningat sensor AC terkena cipratan air ketika melakukan penyemprotan apda evaporator. Bisa juga karena air menetes saat melakukan pendinginan. Adapun cara mengatasinya ialah dengan melakukan pembersihan air yang terdapat pada sensor memakai hair dryer atau dijemur. Untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada sensor AC atau tidak, yakni dengan cara melakukan pengukuran memakai multitester.

3. Kerusakan Pada IC Control

Untuk kerusakan pada IC control sendiri tak dapat dilakukan sendiri, maka dari itu Kamu harus menyerahkan kendala ini ke teknisi AC.

Mengetahui Kode Remote AC Sharp

Sebenarnya sebelum Kamu melakukan cara reset remote AC Sharp, Kamu harus tahu dulu kode AC Sharp.

Pemakaian AC yang dipakai untuk mendinginkan udara di dalam ruangan semakin lama kian bertambah penggunaannya. Dalam tiap 1 paket AC biasanya selalu dilengkapi 1 buah unit AC lengkap bersama kipas outdoornya, serta 1 buah remot. Adapun permasalahan yang kerap terjadi ialah kerusakan remote AC.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempunyai remote universal. Remote universal biasanya dapat dipakai di semua jenis kode remote AC. Tak terkecuali remote AC Sharp.

Meskipun kualitas remote universal mungkin tidak sebagus remote original. Tapi remote universal dapat dijadikan sebagai solusi untuk mempermudah mengatasi remote AC Sharp yang rusak.

Tiap remote AC tentu saja mempunyai kode. Umumnya kode ini akan sangat berguna karena dapat menyambungkan sensor dari remote ke unit AC yang lainnya. Apabila Kamu mempunyai AC merk Sharp, Kamu bisa memakai remote AC universal untuk mengganti remote AC Sharp-mu yang sudah rusak.

Adapun kode remote AC merk Sharp sendiri berada di kisaran 720-739. Melalui kode ini, Kmau pun bisa membuat AC dapat digunakan kembali dengan mudah.

Cara Reset Remote AC Sharp

Cara Reset Remote AC Sharp
Reset Remote AC Sharp

Reset Remote AC Sharp Dengan Mudah

Sesudah Kamu mengetahui kode remote Sharp yang dapat digunakan pada remote universal, tentu saja Kamu bisa langsung memasukkan kode secara manual. Kode inilah yang nantinya bisa Kamu masukkan ke dalam cara reset remote AC Sharp. Berikut beberapa langkah mudah melakukan reset pada remote AC Sharp di bawah ini :

1. Aktifkan AC Sharp di Rumahmu

Langkah awal yang harus Kamu lakukan ialah Kamu dapat mengaktifkan AC Sharp di dalam rumahmu. Namun jika Kamu menyalakan AC Sharp, sebaiknya dilakukan secara manual. Sebab remote AC Sharp originalmu sudah rusak, jadi tak bisa digunakan kembali.

2. Arahkan Remote Universal ke Unit AC

Jika AC Sharpmu telah menyala, Kamu bisa mengarahkan remote pengganti atau remote universal ke dalam unit AC. Apabila hal ini sudah dilakukan, Kamu punbisa menekan tombol selama kurang lebih 3 detik. Cek pada display layar pada remote AC-mu, apabila sudah berkedip Kamu dapat mengubah kode AC-mu.

Cara reset remote AC Sharp selanjutnya, Kamu dapat memakai tombol temperatur, untuk tombol (-) jika ingin mengurangi angka, sedangkan tombol (+) guna menambahkan angka pada kode yang sudah ditunjukkan di display remote-mu.

3. Masukkan Kode Remote AC Sharp

Langkah berikutnya ialah Kamu dapat menekan OK saat kode yang dimasukkan sama seperti kode AC Sharp yang Kamu miliki. Kamu harus ingat bahwa kode AC merk Sharp ialah antara kisaran 720-739.

4. Coba Tes Tombol Remote Lain

Apabila kode AC Sharp di atas sudah dimasukkan, Kamu bisa mulai mencoba mengecek tombol remote lainnya. Kamu harus tahu, apabila kode yang dimasukkan sudah sesuai, dengan begitu semua tombol dapat berfungsi dengan baik. Namun jika tidak berfungsi, Kamu dapat dengan kode lainnya. Tujuannya supaya semua tombol di remote AC Sharp dapat berfungsi dengan baik.

Mengenali Tombol-Tombol Remote AC Sharp

Sebelum mengakhiri pembahasan cara reset remote AC Sharp, bagi pengguna AC baru Kamu tentu harus tahu tombol-tombol yang terdapat pada remote AC Sharp. Berikut beberapa tombol remote AC Sharp yang harus diketahui, berikut ini :

1. On/Off

Tombol On/Off biasanya terletak di ujung paling kanan yang bertanda bundar serta garis di tengahnya. Adpaun fungsi tombol ini yaitu untuk mengoperasikan AC Sharp apakah akan dinyalakan (ON) atau ingin dimatikan (OFF). Cara memakai tombol ini, cukup mengarahkan remote tersebut ke AC sembari menekan tombol tersebut.

2. Mode

Di dalam remote AC Sharp, Kamu akan menemukan beberapa pilihan mode pengoperasian. Berikut ini beberapa mode yang bisa Kamu tekan sesuai kebutuhan :

  • Cool Mode. Adalah mode yang wajib dipilih ketika Kamu ingin memberikan hawa yang dingin. Mode cool  ini sangat ideal dipakai di ruangan yang berukuran sangat besar. Karena mode ini dapat memberikan rasa sejuk dan dingin sampai ke seluruh bagian ruangan.
  • Dry Mode. Untuk mode ini, agak berbeda dengan cool mode meskipun keduanya menawarkan kesejukan. Sebab jika cool mode membantu AC mendinginkan ruangan secara penuh, sementara dry mode tak mengharuskan AC bekerja penuh. Adapun fungsinya ialah untuk meminimalisir kelembaban dan bukan mendinginkan.
  • Auto Mode. Jika Kamu memilih auto mode, AC pun akan bekerja dengan cara otomatis. Adapun cara kerja dari AC yang diatur memakai remote AC Sharp dengan mode ini ialah mendeteksi suhu yang nantinya akan diikuti oleh tindakan otomatis dari AC.

3. Fan

Tiap produk AC Sharp biasanya dilengkapi oleh kipas atau fan didalamnya. Fan inilah yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Fan Mode ini bisa Kamu jumpai di samping kanan pada tombol mode yang bergambar seperti kipas. Kamu bisa memilih tombol ini untuk melakukan pengaturan kecepatan kipas.

4. Tombol Temperatur atau Suhu

Tombol temperatur pada remote AC Sharp terletak id bagian atas serta bawah mode tombol. Pada tombol atas, yang bertanda panah ke atas dipakai untuk meningkatkan suhu sementara tombol di bawah yang berikon tanda panah ke bawah untuk menurunkan temperatur.

Sebenarnya masih ada tombol lainnya yang bisa Kamu manfaatkan pada remote AC Sharp dan tidak dapat dibahas satu per satu. Diantaranya Air Swing, Plasmacluster Operation, Jet Kuat Operation, dan Timer.

Oke, demikianlah ulasan tentang cara reset remote AC Sharp yang bisa Kamu coba berikut beberapa tombol fungsi pada remote AC Sharp yang harus diketahui. Semoga bermanfaat!

Related posts