Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel

Bagaimana cara mengaktifkan ADN Telkomsel ? seperti yang kita ketahui bersama jika banyak msayarakat yang memilih provider Telkomsel sebagai kartu SIM untuk smartphone yang mereka gunakan. Ada banyak keunggulan dari Telkomsel, seperti memiliki jaringan yang luas hampir seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau oleh sinyal Telkomsel, hingga paket kuota yang beragam jadi penggunanya bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan.

Telkomsel sendiri adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi terbesar yang ada di Indonesia. Ada banyak produk yang ditawarkan oleh operator Telkomsel yaitu Telkomsel Prabayar, Telkomsel Halo, Telkomsel Flash, Dan masih banyak lagi layanan-layanan lain yang ditawarkan oleh operator Telkomsel ini.

Selai itu dalam hal penggunaan Telkomsel untuk melakukan aktivas di smartphone, seperti halnya kartu provider lainnya Telkomsel juga memiliki layanan top up pulsa untuk memaketkan internet, SMS, atau bahkan untuk paket telepon. Dan paket ini juga beragam jadi kamu bisa membelinya sesuai dengan kebutuhanmu.

Mungkin untuk sebagian pengguna Telkomsel ada yang mengalami kendala dengan voucher Telkomsel ADN belum aktif, hal ini terjadi pada saat melakukan aktivasi voucher internet. Dan mungkin banyak dari pengguna Telkomsel yang masih bingung dengan istilah ADN.

Proses aktivasi voucher ini bisa menjadi hal yang kurang nyaman jika pada saat melakukan aktivasi voucher internet gagal dan pengguna mendapatkan notifikasi jika ADN belum aktif. Untuk itu jika kamu masih bingung mengenai cara mengaktifkan ADN Telkomsel, kamu bisa menyimak langkah-langkah yang dibahas pada artikel ini.

Apa itu ADN ?

Sebelum kamu mengetahui cara mengaktifkan ADN dari provider Telkomsel, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu ADN ?. ADN atau kependekan dari Abbreviated Dialing Number) merupakan nomor yang digunakan untuk mengakses layanan yang diberikan oleh provider kepada penggunanya.

Terkait:  Cara Unreg Kartu Telkomsel

Semua layanan kartu provide rtentu memiliki ADN-nya masing-masing, hanya saja mungkin dengan istilah yang berbeda. Akan tetapi dengan adanya ADN akan mempermudah pengguna untuk mengakses layanan.

Dan untuk ADN dari Telkomsel sendiri merupakan layanan content provider yang terdiri dari 4 (empat) digit nomor. Akan tetapi ada juga ADN yang memiliki 3 digit nomor seperti halnya 868, dan 636. Selain itu ADN ini juga sering dinumpai pada kuis berhadiah, dan lain sebagainya.

Apakah Perlu Mengaktifkan ADN Telkomsel ?

Mungkin ada sebagian dari pengguna Telkomsel yang bertanya-tanya penting atau tidaknya mengaktifkan ADN. Jika voucher yang kamu aktivasi masih dalam keadaan aktif (belum hangus) maka ADN Telkomsel akan secara otomatis aktif.

Dan jika pada saat kamu melakukan aktivasi voucher dan mendapatkan notifikasi ADN belum aktif maka itu artinya aktivasi voucher yang kamu lakukan gagal. Dan penyabab ADN belum aktifk ini akan dibahas pada pembahasan dibawah ini.

Penyebab ADN Belum Aktif

Berikutnya kamu perlu tahu juga penyebab ADN belum aktif. Penyebab ADN belum aktif biasanya adalah karena gangguan dari system. Entah itu karena adanya maintance seperti halnya ada upgrade sehingga sistem belum pulih jadi akses layanannya terbatas, atau gangguan lainnya.

Gangguan pada ADN ini bisa terjadi tergantung pada pihak provider, dan apabila pihak provider segera melakukan perbaikan saat gangguan terjadi maka dalam waktu beberapa jam gangguan sistem ini akan kembali normal.

Dan untuk ADN sendiri identic dengan teknologi seperti untuk jaringan pendukung, database pengguna dan lain-lain. Jadi apabila ADN sedang bermasalah disebabkan karena adanya gangguan kamu harus bersabar hingga gangguan ADN diperbaiki oleh pihak provider Telkomsel.

Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel

Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel
Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel

Jika kamu mendapatkan notifikasi yang menunjukan bahwa ADN belum aktif, maka kamu bisa melakukan cara mengaktifkan AND Telkomsel yang akan dibahas pada artikel ini. Ada beberapa langkah untuk mengatasi permasalahan ADN belum aktif.

Terkait:  Cara Transfer Pulsa Paketan Telkomsel

1. Cara Mengaktifkan Voucher ADN Telkomsel

Selanjutnya akan dibahas juga mengenai cara mengaktifkan ADN yang belum aktif. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengatasinya, simak!.

  • Pertama-tamka buka menu Pengaturan (Setting) pada handphone kamu.
  • Jika sudah masuk ke menu Pengaturan maka kamu bisa memilih opsi Pengaturan SIM.
  • Apabila nomor Telkomsel milikmu berada pada slot SIM 1 maka tekan SIM 1.
  • Setelah itu pilih jaringan seluler.
  • Lalu ubah pengaturan jaringan dari sebelumnya pengaturan otomatis menjadi menual. Lalu kembalikan lagi menjadi jaringan otomatis.
  • Jika sudah kamu bisa restart smartphone-mu.
  • Berikutnya masuk ke aplikasi Panggilan dan panggil nomor *808#.
  • Setelah itu lakukan aktivasi voucher Telkomsel lagi (Injek Voucher).
  • Selesai

Kamu bisa mencoba cara diatas untuk mengatasi permasalahan ADN belum aktif. Namun belum tentu berhasil, jika masih belum berhasil maka kamu bisa mengikuti cara berikutnya.

2. Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel Dengan Menghubungi Call Center Telkomsel

Cara kedua untuk mengaktifkan ADN dari Telkomsel yaitu dengan mengubungi layanan yang disediakan oleh Telkomsel. Karena seperti yang telah dijelaskan jika penyebab terjadinya ADN Telkomsel belum aktif biasanya karena adanya gangguan sistem jadi karena adanya gangguan inilah kamu gagal mengaktivasi voucher Telkomsel.

Jadi untuk mengatasi, atau untuk mengaktifkan ADN ini kamu bisa menghubungi pihak provider. Supaya layanan yang bermasalah bisa segera diperbaiki. Layanan dari Telkomsel kamu bisa menghubungi nomor Call Center Telkomsel d nomo 188. Atau kamu bisa memilih menghubungi melalui email yaitu [email protected].

Setelah kamu berhasil terhubung dengan salah satu layanan pelanggan Tekomsel tersebut kamu bisa menyampaikan keluhan seperti ADN Telkomsel milikimu belum aktif dan aktivasi voucher yang kamu miliki gagal.

Terkait:  Cara Aktivasi Kartu Telkomsel

3. Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel Dengan Melakukan Aktivasi

Selanjutnya ad acara ketiga yang juga bisa kamu lakukan untuk melakukan aktivasi ADN Telkomsel yaitu dengan cara melakukan aktivasi. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya :

  • Pertama kamu bisa melakukan aktivasi terlebih dahulu. Yaitu dengan membuka aplikasi Telepon di handphone kamu, karena Coucher ADN dari Telkomsel hanya bisa diaktivasi melalui layanan panggilan saja.
  • Setelah itu kamu juga perlu mencari tahu nomor tujuan aktivasi voucher ADN dari Telkomsel yang bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivasi ADN Telkomsel.
  • Berikutnya masukan nomor tujuan untuk melakukan aktivasi, secara umum nomor Telkomsel yang dapat digunakan untuk melakukan aktivasi adalah 8999, selain untuk melakukan aktivasi nomor 8999 juga bisa kamu gunakan untuk menghentikan layanan atau menonaktifkan layanan.
  • Masukan nomor 8999 pada dial up, dan kemudian tekan tombol Panggil (Call)
  • Lalu akan muncul beberapa pilihan menu yang dapat kamu pilih.
  • Kamu bisa memilih layanan ADN yang tersedia. Dan layanan ini biasanya dikenakan pulsa pada saat aktivasi. Jadi pastikan jika pulsa kamu cukup ya.
  • Kemudian jika kamu sudah memilih maka kamu akan mendapatkan notifikasi aktivasi.
  • Selesai

Demikianlan sedikit informasi mengenai cara mengaktfikan ADN Telkomsel yang bisa kamu ikuti supaya berhasil melakukan aktivasi dan menggunakan layanan pada voucher Telkomsel yang sudah kamu beli. Dari ketiga cara diatas cara yang paling disarankan adalah dengan menghubungi call center Telkomsel, akan tetapi kamu juga bisa mencoba kedua cara lainnya Selamat mencoba.

Related posts