Cara Cek Pulsa IM3

Bagi pengguna IM3 baru, mungkin masih banyak yang belum mengetahui cara cek pulsa IM3. Dari banyaknya operator terkenal dan terkemuka di Indonesia, salah satu diantaranya ialah Indosat Ooredoo.

Umumnya, perusahaan penyedia layanan telekomunikasi menawarkan berbagai pilihan paket untuk memudahkan para pelanggannya berkomunikasi.

Sama halnya dengan provider Indosat Ooredoo, yang menawarkan sejumlah paket yang diperlukan para penggunanya. Salah satu produk Indosat yang terkenal ialah IME.

Adapun pilihan paket yang ditawarkan oleh IM3 itu sendiri, diantaranya seperti paket internet, paket telepon, paket SMS dan masih banyak lagi. Akan tetapi, sebelumnya ada hal paling mendasar yang sering dilupakan, yakni mengecek sisa pulsa.

Dengan mengetahui sisa pulsa reguler yang Kamu miliki, tentu saja Kamu bisa mengendalikan penggunaan paket yang dipilih. Sehingga tidak kecolongan saat pulsa benar-benar dibutuhkan, misalnya untuk membeli paket internet kembali atau untuk  menelepon dalam keadaan darurat.

Provider Indosat selalu memberikan kemudahan layanan bagi para penggunanya, salah satunya ialah layanan cara cek pulsa IM3.

Misalnya saja, jika biasanya Kamu mengecek sisa pulsa Indosatmu melalui website resmi Indosat, tapi ternyata Kamu kehabisan kuota internet, jadi Kamu bisa mencoba cara cek pulsa IM3 lainnya dengan menggunakan kode dial up.

Walaupun kartu perdana provider Indosat cukup populer bagi kalangan pengguna gadget di Indonesia, tapi pada kenyataannya banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara pengecekan pulsa Indosat Im3 dengan mudah. Berikut Kami jabarkan ulasannya :

Cara Cek Pulsa IM3

Cara Cek Pulsa IM3
Cek Pulsa IM3

Cara Cek Pulsa Im3 Melalui SMS

Bagi Kamu pengguna IM3, bisa menggunakan metode cara cek pulsa IM3 dengan menggunakan layanan SMS. Cara ini bisa dijadikan sebagai alternatif bagi Kamu yang malas untuk menghafalkan kode dial phone atau USSD.

Adapun cara cek pulsa IM3 via SMS yang bisa Kamu ikuti, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka ponselmu, dan masuk ke opsi pengiriman pesan singkat atau SMS di Hpmu.
  • Jika sudah, Kamu bisa ketikkan format SMS : USAGE
  • Setelah itu, kirimkan SMS tersebut langsung ke 363, dan pilih send atau kirim.
  • Tunggu beberapa lama sampai ada balasan pesan dari provider Indosat dalam hal ini IM3 yang memberitahukan tentang rincian pulsa IM3 yang masih tersisa, berikut masa aktif kartu hingga masa tenggangnya.

Bagaimana, cara cek pulsa IM3 via SMS sangat mudah kan?

Cara Cek Pulsa IM3 via Kode USSD atau Dial Phone

Sama halnya dengan cara mengetahui pulsa IM3 menggunakan SMS di atas, cara ini juga dapat dilakukan dengan sangat mudah. Belum lagi, Kamu tidak memerlukan pulsa reguler untuk melakukannya.

Cara cek pulsa lewat kode dial up merupakan sebua protokol khusus komunikasi antara penyedia layanan dengan pengguna layanan operator itu sendiri.

Biasanya kode USSD akan diawali dengan tanda bintang (*) terlebih dahulu, kemudian diakhiri oleh tanda pagar (#). Metode ini juga paling banyak digunakan.

Adapun panduan cara cek sisa pulsa IM3 melalui kode USSD, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka Hpmu terlebih dahulu, kemudian masuk ke opsi panggilan atau dial phone di Hpmu.
  • Kemudian silahkan masukkan kode dial up di nomor *123# lalu klik Yes, OK atau panggil.
  • Selanjutnya tunggu sampai muncul tampilan popup berisi informasi tentang sisa pulsa IM3 yang masih Kamu miliki.

Di jendela popup  juga biasanya akan menampilkan informasi masa aktif kartu IM3 yang digunakan.

Kamu dapat mengikuti langkah-langkah cara di atas untuk mengecek pulsa IM3-mu, juga berguna bagi para pengguna Indosat Mentari dan Matrix.

Sebenarnya cara pengecekan pulsa IM3 melalui dial phone sendiri tidak hanya menggunakan *123# saja, tetapi juga dapat menggunakan kode lainnya dengan perintah yang serupa. Adapun kode lainnya yang bisa Kamu gunakan ialah di *888*1*1# dan *363#.

Cara Cek Pulsa IM3 Menggunakan Aplikasi MyIM3

Kamu juga dapat memakai cara online untuk mengetahui pulsa IM3 yang tersisa, salah satunya ialah dengan menggunakan aplikasi dari MyIM3. Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan website resmi Indosat.

Namun kita akan membahas cara pengecekan pulsa IM3 menggunakan aplikasi My IM3 terlebih dahulu. Namun layanan yang satu ini hanya dapat dipakai pengguna yang mempunyai smartphone untuk bisa menginstall MyIM3 di Hp mereka. Bagi yang memiliki ponsel biasa, sayang sekali Kamu tidak bisa menerapkan cara ini.

Ini dia ulasan cara cek pulsa IM3 melalui apliasi MyIM3 di bawah ini :

  • Silahkan download aplikasi MyIM3 kemudian install aplikasi tersebut di Google Play Store bagi pengguna android, sedangkan bagi pengguna iOS dapat menginstallnya di App Store.
  • Setelah proses install selesai, bisa dilanjutkan dengan membuka dan langsung menjalankan aplikasi khusus dari provider Indosat ini.
  • Di tampilan utama, biasanya Kamu diminta mengisikan nomor Hp IM3-mu terlebih dahulu, baru kemudian pilih next.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan kode verifikasi langsung dari provider Indosat sebanyak 6 digit lewat SMS operator, silahkan masukkan kode OTP tersebut di kolom yang ada pada aplikasi My IM3.
  • Apabila nomor HPmu sudah terverifikasi, maka selanjutnya Kamu dapat mengakses aplikasi My IM3 untuk pengecekan pulsa Indosat online.
  • Informasi pulsa IM3 yang masih tersisa akan tertera langsung di halaman utama aplikasi, berikut informasi masa aktif kartu.

Indosat Ooredoo memberikan layanan aplikasi My IM3 bagi para penggunanya, tidak hanya untuk memudahkan mencari informasi tentang kartu IM3 saja, tetapi juga dapat diaplikasikan untuk pengecekan kuota IM3, cek kuota internet IM3, cek nomor IM3 dan lain sebagainya.

Cara Cek Pulsa IM3 Via Website

Cara melakukan pengecekan sisa pulsa IM3 secara online lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan website resmi Indosat. Sebenarnya sama saja dengan pengecekan pulsa memakai aplikasi My IM3, yang membedakan ialah Kamu tak perlu mengunduh dan menginstall aplikasi terlebih dahulu. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Silahkan masuk ke situs resmi IndosatOoredoo saja di link https://myim3.indosatooredoo.com.
  • Kemudian masukkan nomor IM3 yang Kamu gunakan ke website.
  • Selanjutnya Kamu akan mendapatkan informasi tentang sisa pulsa IM3, masa aktif, masa tenggang, dan sisa kuota internet yang Kamu miliki di website Indosat tersebut.

Website ini dibuat sendiri untuk menampilkan sejumlah informasi mengenai layanan kartu Indosat, seperti cara pengecekan kuota Indosat, cara pengecekan masa aktif, sisa kuota, cek paket dan informasi-informasi menarik lainnya.

Dari ulasan di atas, cara cek pulsa Im3 sangat simpel dan mudah bukan? Kamu dapat memilih salah satunya saja untuk pengecekan pulsa IM3 paling mudah.

Bisa dikatakan bahwa cara paling simpel untuk mengecek pulsa ialah dengan memakai kode dial up, akan tetapi jika Kamu memakai aplikasi MyIM3 tentu lebih muda dan lebih simpel lagi, karena dapat digunakan dalam jangka panjang.

Sebab untuk masuk ke aplikasi My IM3 hanya perlu sekali saja, jika sewaktu-waktu Kamu memerlukan informasi tentang sisa kuota atau sisa pulsa, Kamu hanya perlu membuka aplikasi tersebut saja.

Semoga ulasan cara cek pulsa IM3 di atas berguna dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019