Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Cara Menghubungkan HP ke Televisi
Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Apakah kamu ingin menghubungkan HP ke Televisi milikmu? Bagaimana cara menghubungkan HP ke Televisi? Artikel kali ini akan membantumu menghubungkan HP ke Televisi dengan mudah.

HP dan Televisi

Perkembangan zaman telah membawa banyak penemuan yang berguna bagi kehidupan umat manusia. Mulai dari alat transportasi, perkembangan industri hingga teknologi informasi dan komunikasi. Berbagai penemuan tersebut tak lepas dari kebutuhan manusia yang semakin bertambah. Begitu pula dengan kemunculan dua gadget paling digemari saat ini, Hp dan Televisi yang di zaman sekarang bisa saling terhubung.

Read More

Memiliki dua fungsi yang berbeda, teknologi HP tercipta setelah hadirnya Televisi. HP adalah sebuah alat bantu komunikasi yang merupakan hasil inovasi dari produk lamanya, yaitu telepon. Dahulu, telepon benar benar hanya berfungsi sebagai alat komunikasi suara. Tidak ada fungsi lain. Tidak ada perpesanan, tidak bisa dibawa kemana mana, hanya berupa alat komunikasi yang harus selalu terhubung dengan aliran listrik. Seiring perkembangan dan inovasinya, ditemukanlah HP, sebuah perangkat telepon yang bisa dibawa kemana saja dan memiliki fungsi yang kompleks.

Berawal dari fungsi untuk mengirim pesan teks, fitur yang terdapat di dalam HP menjadi semakin kompleks. Seperti fitur bermain game, memutar musik, hingga mengelola file multimedia seperti gambar dan video. Semuanya bisa dilakukan memanfaatkan teknologi yang terbaru. Kemampuan HP untuk mengelola file multimedia inilah yang membuat HP berpotensi untuk dihubungkan dengan Televisi, yang memiliki layar lebih besar untuk menampilkan file.

Berbeda dari HP, Televisi hadir lebih awal sebagai sebuah alat informasi dan hiburan. Awalnya, Televisi memiliki fungsi untuk menerjemahkan sinyal analog ke dalam bentuk visual dan audio. Sehingga, dulu Televisi hanya dinikmati untuk melihat acara-acara yang disajikan oleh pihak stasiun Televisi. Meskipun sebenarnya acara yang disajikan sudah cukup memberi hiburan, namun tak jarang pula beberapa orang ingin mencari hiburan lain dari Televisi. Hal ini yang memicu beberapa orang mencari cara menghubungkan HP ke Televisi.

Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Cara Menghubungkan HP ke TV
Cara Menghubungkan HP ke Televisi

 

Setelah memahami beberapa fitur yang dimiliki oleh HP dan Televisi, kini saatnya untuk memahami bagaimana cara menghubungkan HP ke Televisi. Cara menghubungkan HP ke Televisi bisa kamu lakukan melalui beberapa cara berbeda berikut ini:

  • Menghubungkan HP ke Televisi menggunakan kabel. Cara yang satu ini merupakan cara paling dasar untuk menghubungkan HP ke Televisi. Dengan menggunakan kabel, kamu bisa menghubungkan HP ke Televisi dengan mudah.
  • Menghubungkan HP ke Televisi menggunakan layanan Chromecast. Chromecast merupakan sebuah perangkat yang bisa kamu gunakan untuk mengubungkan HP ke Televisi dengan mudah.
  • Menghubungkan HP ke Televisi menggunakan Miracast. Miracast merupakan sebuah fitur bawaan dalam smartphone yang memungkinkan kamu untuk melakukan cara menyambungkan HP ke layar Televisi hanya dengan koneksi WiFi.

Menghubungkan HP ke Televisi Menggunakan Kabel

Beberapa perangkat Televisi saat ini sudah memiliki slot HDMI dan VGA. Slot HDMI dan VGA ini berguna untuk menghubungkan Televisi dengan berbagai perangkat teknologi lainnya, salah satunya adalah HP. Menghubungkan HP ke Televisi dapat memberimu beberapa manfaat. Salah satu manfaat yang bisa langsung kamu rasakan adalah tampilan yang lebih besar sehingga lebih nyaman untuk melakukan presentasi.

Sebelum menyiapkan kabel yang akan kamu gunakan, alangkah baiknya kamu mengecek slot USB apa yang ada pada HP milikmu. Beberapa HP keluaran lama masih menggunakan slot Micro USB sedangkan beberapa HP keluaran saat ini menggunakan slot USB type-C sebagai slot koneksinya. Selanjutnya, kabel yang harus kamu siapkan adalah :

  • Kabel HDMI-USB. Dengan menggunakan kabel HDMI-USB kamu dapat menghubungkn HP ke Televisi hanya dengan 1 kabel saja. 
  • Kabel HDMI-HDMI. Tak usah khawatir apabila kamu tidak bisa mendapatkan kabel HDMI-USB. Kamu bisa memanfaatkan kabel HDMI-HDMI yang lebih mudah untuk kamu dapatkan. Jika kamu menggunakan kabel HDMI-HDMI, kamu memerlukan perangkat bernama converter USB-HDMI yang juga tidak sulit untuk kamu dapatkan.

Adapun cara menghubungkan HP ke Televisi menggunakan kabel adalah sebagai berikut :

  • Matikan Televisi yang akan disambungkan ke HP.
  • Hubungkan smartphone Android ke Televisi menggunakan kabel HDMI.
  • Nyalakan kembali Televisi. Lanjutkan dengan memindahkan saluran ke opsi HDMI.
  • Aktifkan menu HDMI Connection yang ada di smartphone dengan memberi checklist pada opsi tersebut.

Dengan mengikuti langkah di atas, kamu sudah berhasil menghubungkan HP ke Televisi menggunakan kabel.

Menghubungkan HP ke Televisi Menggunakan Chromecast

Berbeda dengan menghubungkan HP ke Televisi menggunakan kabel, untuk menghubungkan HP ke Televisi menggunakan Chromecast kamu tidak perlu menggunakan kabel. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan HP lebih leluasa saat terhubung dengan Televisi. Perangkat Chromecast merupakan produk keluaran Google yang berupa sebuah Dongle HDMI. Chromecast memiliki 3 fitur yang berfungsi untuk menyambungkan layar HP kamu ke Televisi, yakni App CastingTab Casting, dan Screen Casting. Fitur tersebut yang bisa kamu manfaatkan untuk menghubungkan HPmu ke Televisi.

Cara menghubungkan HP ke Televisi menggunakan Chromecast adalah sebagai berikut:

  • Install aplikasi Google Home di smartphone Android kamu.
  • Aktifkan WiFi di smartphone kamu.
  • Pindahkan saluran Televisi ke HDMI menggunakan remote Televisi yang kamu miliki.
  • Lakukan proses sinkronisasi dengan memasukkan kode yang muncul di layar Televisi.

Dengan menggunakan cara tersebut, kamu dapat menghubungkan HP ke Televisi tanpa harus menggunakan kabel.

Menghubungkan HP ke Televisi Menggunakan Miracast

Seperti sudah dijelaskan di atas, Miracast merupakan sebuah fitur bawaan dalam smartphone yang memungkinkan kamu untuk melakukan cara menyambungkan HP ke layar Televisi hanya dengan koneksi WiFi. Perangkat Android 4.2 ke atas diketahui sudah mendukung teknologi Miracast. Namun namanya berbeda-beda tergantung produsen. Beberapa nama lain Miracast misalnya Play To/ Wireless Display/ Wireless Mirroring /Cast Screen/Screen Casting. Kamu bisa mencarinya di menu settings, di bagian wireless & network, atau di bagian display.

Untuk menghubungkan HP ke Televisi menggunakan Miracast, kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut :

  • Pastikan HP sudah mendukung fitur Miracast atau Wireless Display.
  • Aktifkan pengaturan Miracast / Screen Mirroring pada Televisi.
  • Buka aplikasi Settings pada HP. Klik pada Connection & Sharing, pilih opsi Cast.
  • Aktifkan Cast, tunggu sampai Televisi kamu mendeteksi HP atau sebaliknya.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, kamu dapat menghubungkan HP ke Televisi menggunakan Miracast tanpa harus menggunakan kabel ataupun membeli Chromecast. 

Untung Rugi Menghubungkan HP ke Televisi

Menghubungkan HP ke Televisi memberimu banyak keuntungan, seperti tampilan yang lebih besar. Tampilan yang besar bisa kamu manfaatkan untk menampilkan video, file multimedia, hingga untuk menyampaikan presentasi. Tampilan yang besar juga memungkinkanmu untuk bermain game dengan pengalaman yang lebih.

Namun, menghubungkan HP ke Televisi juga memberikan dampak negatif. Dengan terhubungnya HP ke Televisi, privasi di dalam HP milikmu menjadi terlihat. Kamu tidak bisa lagi leluasa dalam menggunakan HP karena bisa terlihat oleh orang banyak.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghubungkan HP ke Televisi. Semoga bermanfaat.

 

Related posts