Cara Sambung Netflix ke TV

Cara Sambung Netflix ke TV

Bagaimana cara sambung Netflix ke TV? Seperti kita tahu bahwa Netflix menawarkan berbagai macam pilihan acara TV, film hingga konten asli yang dibebankan biaya berlangganan terjangkau kepada para pelanggan. Kamu dapat menonton berbagai macam konten Netflix menggunakna PC lewat jaringan internet, smart TV, tablet, ponsel pintar, streaming box, hingga konsol game video modern.

Cara Sambung Netflix ke TV

Cara Sambung Netflix ke TV
Menyambungkan Netflix ke TV

Menyambungkan Netflix ke Smart TV

Bagi Kamu pengguna Smart TV, Kamu bisa mencoba langkah-langkah yang bisa diikuti berikut ini :

Read More

Step 1 : Menyambungkan TV ke Jaringan Internet

Supaya bisa menyaksikan berbagai konten Netflix lewat aplikasi Smart TV, pastikan TV telah terhubung pada jaringan internet. Kamu dapat memakai koneksi kabel maupun jaringan internet. Apabila TV-mu bukan termasuk Smart TV, Kamu dapat menyambungkan streaming box, diantaranya seperti Google Chromecast, Apple TV atau Roku ke TV.

1. Koneksi Eternet atau Kabel

Jenis koneksi yang satu ini biasanya menyambungkan TV ke internet dengan jaringan lebih stabil. Jika ingin menyambungkan TV ke internet memakai kabel, Kamu bisa memasang kabel eternet pada portal LAN yang kosong pada router atau modem. Lalu sambungkan ujung kabel lain ke dalam porta eternet TV.

3. Koneksi Nirkabel

Silahkan buka opsi pengaturan TV lalu cari “Network”. Selanjutnya pilih nirkabel lalu pakai pengendali jarak jauh ketika memasukkan password atau kata sandi. Pengaturan tersebut mungkin berbeda untuk model TV yang satu dengan model yang lainnya.

Step 2 : Membuka Aplikasi TV

Cara sambung Netflix ke TV selanjutnya ialah membuka aplikasi TV. Kita tahu bahwa kebanyakan pengendali Smart TV mempunyai tombol penampil daftar aplikasi. Biasanya tombol tersebut menampilkan nama merk atau logo TV. Kamu harus memakai pengendali TV dan bukan pengendali universal atau cable box.

  • Bagi pemilik Samsung, biasanya tombol aplikasi terlihat seperti kubus yang berwarna-warni.
  • Panasonic, bisa memakai tombol “Apps.
  • Untuk pengguna LG, Kamu bis amencari opsi “My Apps”.
  • Pemilik Sony, tinggal tekan “Netflix” atau “Internet Apps”.
  • Bagi pemilik Vizio, silahkan tekan logo Netflix atau Vizio, bisa juga memilih “Smartcast” untuk dijadikan sumber input video TV.

Step 3 : Memilih Aplikasi Netflix

Pasalnya aplikasi Netflix ditandai ikon yang berwarna putih dan bertuliskan “Netflix” yang berwarna merah. Silahkan pakai tombol arah jika ingin memilih aplikasi antarmuka para pengguna TV. Kamu harus menandai ikon pada aplikasi Netflix, lalu tekan “Ok” atau “Enter” pada pengendali.

  • Jika aplikasi masih belum tersedia, Kamu harus mendownloadnya lebih dahulu di Play Store aplikasi TV.
  • Kamu harus memperbarui sistem perangkat tegar TV supaya dapat mengakses live streaming Apps. Proses pembaruan biasanya berbeda bagi tiap model, namun Kamu harus mengunduh berkas upgrade dari PC, kemudian menyalinnya pada USB lalu memuatnya kembali di TV.

Step 4 :Login ke Akun Netflix

Pakai keyboard yang akan ditampilkan pada layar saat ingin mengetikkan email dan password akun, lalu tekan “sign in” serta tekan lagi tombol “Ok” atau “Enter”.

Kamu harus mempunyai paket Netflix dengan dukungan layanan streaming video. Biasanya paket streaming manapun memungkinkanmu memakai aplikasi TV. Jika Kamu belum mempunyai akun Netflix, Kamu dapat mendaftarkan diri di situs Netflix terlebih dahulu.

Apabila Kamu mempunyai beberapa profil dalam  akun, silahkan pilih saja profil yang akan dipakai.

Step 5 : Menelusuri Opsi Memakai Sistem Pengendali

Cara sambung Netflix ke TV selanjutnya ialah telusuri opsi memakai pengendali. Pakai tombol pengendali/panah untuk mengakses video dan menu di Netflix. Silahkan tandai mana video yang akan ditonton, lalu tekan tombol “enter” atau “select” jika ingin memutarnya.

Apabila Kamu ingin menyaksikan serial TV, Kamu dapat memilih episode video tertentu yang akan diputar. Pakai pengedali untuk memilih “seasons”, lalu pilih musim sesuai yang diinginkan. Sesudah itu, pilih saja episode yang terdapat pada daftar kemudian tekan “Ok” atau “Enter”.

Menyambungkan Netflix Melalui Google Chromecast

Kamu juga bisa mencoba cara sambung Netflix ke TV dengan Google Chromecast. Berikut ulasannya :

Step 1 : Download Aplikasi Netflix di Perangkat iPhone atau Android

Kamu dapat mendownload aplikasi Netflix secara gratis di App Store maupun di Play Store. Adapun untuk mendapatkannya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka App Store atau Google Play Store
  • Tekan “Search” tepat di bawah layar pada iPad dan iPhone saja.
  • Silahkan ketikkan tulisan “Netflix” pada bilah pencarian.
  • Lalu pilih “Netflix” pada hasil pencarian.
  • Tekan “Install” atau pilih “Get” tepat di sebelah aplikasi Netflix.

Step 2 : Menyambungkan Chromecast ke Porta HDMI TV

Biasanya chromecast ini berbentuk layaknya anak kunci. Selain itu, perangkat ini mempunyai kabel bawaan untuk disambungkan pada porta HDMI TV. Porta HDMI TV biasanya bernomor. Kamu tinggal mencatat nomor yang tersambung pada chromecast. 

Kamu bisa memakai perangkat ekstensi, biasanya disertakan pada paket pembelian perangkat chromecast untuk kabel yang tak cukup panjang.

Step 3 : Menyambungkan Chromecast ke Sumber Daya

Dalam paket pembelian perangkat chromecast yang mencakup kabel USB yang dapat dihubungkan pada porta USB TV atau adaptor PC. Pada situasi ini, Kamu hanya tinggal memakai adaptor stopkontak.

Step 4 : Tekan Tombol Daya dan Pilih Sumber HDMI

Kamu bisa menekan tombol daya yang biasanya ditandai ikon lingkaran dan dilewati garis tepat di bagian atasnya. Kemudian pilih sumber HDMI pada chromecast. Silahkan tekan “Input” atau “Source” di TV untuk memilih opsi sumber input video.

Step 5 : Lakukan Pengaturan Google Chromecast Jika Belum

Kamu bisa melakukan pengaturan Google Chromecast lalu persiapkan Google Chromecast, dan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Download Google Home di Google Play Store untuk perangkat android, serta App Store untuk perangkat iPad atauiPhone.
  • Silahkan buka Google Home Apps.
  • Kemudian sentuh “Add” beserta ikon plus (+).
  • Setelah itu, tekan “Set up device”.
  • Pilih lagi “set up new devices in your home”
  • Lalu pilih “home” kemudian tekan “next”.
  • Klik nama chromecast yang ada di layar TV lalu tekan “next”.
  • Selanjutnya pastikan kode pada ponsel sesuai dengan kode pada TV, lalu sentuh “yes”.
  • Silahkan pilih ruangan pada perangkat, kemudian klik “next”.
  • Selanjutnya pilih nirkabel kemudian pilih lagi “next”.
  • Setelah itu, pilih “next’ kembali.
  • Lalu sentuh netflix, selanjutnya pilih layanan streaming yang lainnya, dan tekan “next”.
  • Tekan “continue” lalu ketuk lagi “continue”.

Step 7 : Buka Aplikasi Netflix di Tablet atau Hp

Biasanya aplikasi Netflix ditandai dengan ikon yang berwarna hitam dan bertuliskan “Netflix” yang berwarna merah.

Jika Kamu tidak bisa masuk ke dalam akun Netflix otomatis, silahkan ketikkan email dan password akun lalu masuklah. Namun jika Kamu mempunyai beberapa profil dalam akun, silahkan pilih profil tertentu yang akan dipakai.

Step 8 : Pilih Video di Aplikasi Netflix dan Putar

Ketika Kamu telah menemukan video tertentu yang akan dimainkan, silahkan tekan gambar video. Kemudian tekan ikon play yang terletakpada gambar video atas di halamn informasi, bisa juga di samping kanan list episode tayangan.

Itulah beberapa langkah cara sambung Netflix ke TV yang bisa Kamu coba untuk menonton Netflix di perangkat TV milikmu. Semoga  bermanfaat!

 

Related posts