Cara Membersihkan Cache di Hp Realme

Cache adalah salah satu file sampah yang ada di setiap hp smartphone dengan sistem operasi android. Realme adalah salah satu produk android populer di Indonesia, yang tentu saja jika digunakan dalam waktu cukup lama akan terdapat cache. Jika file cache dibiarkan menumpuk bisa mempengaruhi kinerja ponsel. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui cara membersihkan cache di hp Realme.

Kelebihan dan Kekurangan File Cache Pada Hp Realme

Di bawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan file cache di hp Realme, yang perlu kalian ketahui berikut :

Read More

1. Kelebihan Cache Hp Realme

Kelebihan dari adanya file cache adalah untuk mempermudah mengakses sebuah aplikasi ketika dibuka kembali. Hal ini dikarenakan cache yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara suatu aplikasi. Jadi, ketika kalian ingin membuka kembal aplikasi tersebut menjadi lebih mudah dan cepat.

Begitupun ketika mengguakan browser terutama browser bawaan seperti Google Chrome yaitu ketika akan membuka pencarian yang sama, atau ketika membuka website yang sama, maka loading untuk membuka situs tersebut tidak akan lama, hebatnya dengan cache tidak perlu mengetik ulang situs lagi pada sistem pencaria melainkan sudah tersedia recent pencarian akibat cache ini.

2. Kelemahan Cache Hp Realme

Ternyata keberadaan cache bisa menyebabkan performa hp secara keseluruhan menjadi lambat. Itu disebabkan karena cache memakan ruang memori internal untuk menyimpan data sementara tersebut.

Pada hp realme tentunya bukan hanya 1 aplikasi saja yang terinstal secara default pabrik dan yang di instal berdasarkan kepentingan pengguna.

Terkait:  Cara Ganti Akun Moonton Mobile Legends

Karena semakin banyaknya aplikasi, tentu saja file cache akan menumpuk. Bahkan bukan hanya puluhan mega byte saja, mungkin ratusan mega byte atau jika belum pernah dihapus sama seali, bisa menumpuk hingga berukugan giga byte. Dengan ukuran tersebut tentu saja bisa mengakibatkan memori intenal menjadi lebih cepat penuh.

Dampak selanjutnya akibat file cache tidak dibersihkan adalah ketika akan download aplikasi kembali, maka sistem akan memberikan opsi lanjutan yaitu dengan tetap melanjutkan penginstalan.

Hanya saja resikonya harus menghapus beberapa aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya sesuai dengan kebutuhan ukuran aplikasi. Opsi lainnya, kalian mengurungkan niatnya membatalkan penginstalan aplikasi yang baru.

Solusi Mengatasi File Cache pada HP Realme

Walaupun file cache cukup bermanfaat bagi hp realme, namun jika dibiarkan akan mempengaruhi pada kinerja hp. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasi file cache ini adalah dengan rutin membersihkannya.

Membersihkan secara rutin bisa dalam rentang waktu 3 hari sekali, atau maksimalnya bisa 1 minggu sekali tergantung dari performa hp itu sendiri. Dengan demikian file cache bisa terkondisikan dengan baik, memori internal bisa tetap terjaga ruang kosongnya, dan tentunya performa hp tetap optimal.

Cara Membersihakn Cache di Hp Realme

Cara Membersihkan Cache di Realme
Tutorial Membersihkan Cache di Realme

Cara membersihkan cache di hp realme bisa dilakukan hanya dengan menghapus file cache saja, atau bisa juga secara sekaligus menghapus file sampah lainnya. Sehingga semua file yang tidak digunakan bisa tuntas tanpa berbekas.

Langkah-langkahnya bisa dilakukan dengan beberapa metode tergantung dari kebutuhan. Bisa dengan menggunakan metode penggunaan fitur bawaan reaalme, atau bisa juga dengan menggunakan bantuan apliikasi pihak ketiga. Yang terpenting adalah sebaiknya pembersihan dilakukan berdasarkan dengan kebutuhan.

1. Membersihkan File Cache Pada Aplikasi Pilihan

Cara membersihkan cache di hp Realme yang pertama adalah dengan menghapus file cache pada aplikasi yang diinginkan. Kelebihan menggunakan cara ini adalah kalian bisa menentukan aplikasi yang ingin dihapus file cache nya. Namun kelemahannya yaitu tidak bisa sekaligus membersihkan semua aplikasi yang terinstal pada hp realme.

Terkait:  Cara Bersihkan Cache Hp Samsung

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah pembersihan file cache dengan menggunakan metode ini :

  • Untuk memulai pembersihan, silahkan masuk terlebih dahulu pada menu pengaturan hp Realme.
  • Setelah itu, pilih opsi Manajemen Aplikasi agar bisa memilih opsi lainnya.
  • Kemudian dalam opsi yang ditampilkan, kalian tidak perlu scroll ke bawah karena yang akan dipilih adalah ‘Daftar Aplikasi’ yang berada di urutan pertama.
  • Lalu akan muncul beberapa aplikasi yang terinstal pada hp realme, kalian hanya perlu memilih aplikasi yang akan dihapus.
  • Setelah memilih satu aplikasi berdasarkan kebutuhan, selanjutnya pilih opsi ‘penggunaan penyimpanan’.
  • Berikutnya akan ada informasi mengenai rincian penggunaan memori intenal diantaranya ada penggunaan aplikasi, data, dan cache.
  • Jika hanya ingin menghapus file cache saja, maka pilihlah tombol ‘hapus cache’. Namun jika ingin sekaligus menghapus data, maka klik tombol ‘hapus data’.

Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum menghapus dengan metode ini, diantaranya :

  • Tentukan terlebih dahulu aplikasi yang akan dihapus. Sarannya adalah pilih aplikasi yang berukuran besar seperti office jika ada, atau game yang berukuran besar. Karena biasanya aplikasi yang berukuran besar akan menghasilkan file cache yang cukup besar.
  • Harap hati-hati jika ingin sekaligus hapus data selain hapus cache. Dengan tindakan hapus data maka seluruh data yang tersimpan pada aplikasi tersebut akan hilang seperti riwayat, data-data penggunaan aplikasi, dan lain-lain.

2. Membersihkan File Cache Memakai Files By Google

Android bekerja sama dengan google, maka sudah pasti di dalamnya akan ada banyak aplikasi google yang bermanfaat untuk hp realme. Salah satunya adalah aplikasi ‘Files By Google’. Aplikasi ini mirip dengan file manager, karena di dalamnya ada banyak informasi mengenai sisa memori internal dan eksternal. Bahkan ada data-data yang tersimpan di dalam memori penyimpanan baik itu foto, video, dokumen, dan lain-lain.

Files By Google bisa juga digunakan untuk menghapus file-file sampah termasuk menghapus file cache. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini :

  • Buka aplikasi files yang terdapat pada deretan menu hp realme.
  • Selanjutnya, di halaman pertama akan muncul beberapa menu pilihan dan informasi mengenai sisa memori penyimpanan baik memori internal maupun memori eksternal (microSD). Di bagian bawah informasi tersebut akan ada informasi lainnya yaitu ‘File sampah’.
  • Ada tombol ‘hapus’ yang bisa kalian temukan pada menu tersebut, klik tombol hapus.
  • Nantinya akan ada notifikasi pop up yang menginformasikan mengenai hapus file aplikasi sementara. Klik tombol izinkan.
  • Setelah itu, sistem akan melakukan penghapusan file aplikasi sementara yang sudah secara otomatis
  • Fie sampah termasuk file cache sudah terhapus jika setelah nya ada tulisan informasi mengenai penambahan memori penyimpanan.
Terkait:  Cara Menghapus Cache di iPhone

Adapun cara yang kedua ini jauh lebih mudah dilakukan karena hanya butuh satu kali klik saja. Namun kelemahannya adalah bukan hanya file cache saja yang terhapus, melainkan file yang dianggap sampah ikut terhapus juga.

3. membersihkan file cache menggunakan aplikasi AVAST Cleanup

Cara membersihkan cache di hp Realme selanjutnya adalah adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan dari pihak ketiga. Aplikasi ini dinamakan AVAST Cleanup. Ini adalah aplikasi rekomendasi bagi pengguna hp realme karena pengoperasiannya cukup mudah. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • instal terlebih dahulu aplikasinya yang terdapat pada Google Play Store.
  • Setelah aplikasinya terinstal, jalanan AVAST Cleaner dengan 1 kali klik.
  • Pada halaman utama, akan ada tulisan dalam lingkaran yaitu ‘Pembersihan Cepat’. Klik tulisan tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan dilakukan.

Sebenarnya selain aplikasi AVAST Cleanup, aplikasi lainnya yang cocok untuk hp realme yaitu Ccleaner dan AVG Cleaner. Namun, AVAST Cleanup merupakan rekomendasi utama selain kedua aplikasi tersebut.

Kalian bisa menghapus data cache di perangkat Realme dengan memilih cara membersihkan cache di hp Realme dengan tutorial di atas. Tujuannya agar performa dan kinerja hp Realme kalian tetap berjalan dengan baik.

 

Related posts