[Updated] Cara Melihat Penggunaan Data di Hp Oppo

Cara Melihat Penggunaan Data di Hp Oppo

WIGATOS.com | Setiap pengguna hp Oppo harus tahu cara melihat penggunaan data di hp Oppo dengan benar. Untuk para pengguna internet, tentu saja harus bisa mengestimasikan jumlah data internet yang dimiliki. Apalagi jika tidak memungkinkan mempunyai kuota internet unlimited.

Kalian harus menghitung pemakaian kuota internet sebagai hal yang harus dilakukan. Tujuannya untuk dapat mengetahui jika pemakaian internet sesuai paket internet yang dibeli.

Cara Melihat Penggunaan Data di Hp Oppo

Cara Melihat Penggunaan Data di Hp Oppo
Tutorial Melihat Penggunaan Data di Hp Oppo

Jika kalian termasuk orang yang sangat memperhatikan pemakaian kuota internet, tentu harus memanfaatkan fitur di hp Oppo. Pemakaian data di perangkat Oppo adalah fitur untuk mengecek pemakaian koneksi internet baik selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

Dengan mengecek pemakaian data internet, maka kalian dapat memperkirakan siklus pemakaian data apakah terhitung boros atau hemat. Bagi kalian pengguna perangkat Oppo yang memakai data seluler, apalagi yang tidak memakai paket unlimited maka kalian harus mengecek pemakaian data di perangkat Oppo.

Berikut beberapa cara melihat penggunaan data di hp Oppo yang bisa kalian coba, di bawah ini  :

1. Memakai Fitur Bawaan dari Oppo

Seperti yang telah dilakukan sebelumnya, Oppo menawarkan fitur pengecekan pemakaian data. Sehingga pengguna dapat mengecek pemakaian data memakai fitur bawaan. Cara melihat penggunaan data di hp Oppo ini tentu saja tidak membutuhkan aplikasi bawaan. Berikut ulasannya :

  • Silakan buka pengaturan pada hp Oppo.
  • Pilih SIM Ganda dan Jaringan Seluler pada bagian atas.
  • Setelah itu, pilih data yang digunakan bulan ini.
  • Selanjutnya sistem akan secara otomatis menampilkan informasi pemakaian data per bulannya.
  • Selain itu, kalian juga dapat melakukan setting pada pemakaian data harian pada aplikasi.
  • Seluruh pengguna hp Oppo dapat memakai cara ini pada menu Pengaturan.

Informasi tentang pemakaian data internet di hp android, tidak terkecuali hp Oppo sebagai bagian terpenting bagi pengguna. Metode ini tentu saja lebih praktis dibandingkan memakai aplikasi untuk mengetahui pemakaian kuota internet.

2. Pada Bar Status Oppo

Bagi kalian pengguna Oppo A5, bisa mengetahui pemakaian data internet lebih simpel tanpa harus mengakses menu pengaturan. Kalian dapat melakukan pengaturan menampilkan pemakaian data pada bar status. Ini dia cara melihat penggunaan data di hp Oppo, berikut ini :

  • Silahkan buka pengaturan.
  • Selanjutnya pilih Pemberitahuan dan Bilah Status.
  • Setelah itu, aktifkan Tunjukkan pemakaian data di bagian bawah pemberitahuan.
  • Cek di bagian bawah pada bilah pemberitahuan. Jika ada indikator pemakaian internet, kalian sudah berhasil.

3. Melalui Aplikasi My Data Manager

Cara melihat penggunaan data di hp Oppo juga bisa dilakukan dengan mengakses aplikasi My Data Manager. Melalui aplikasi ini, kalian dapat melihat pemakaian data seluler, roaming, wifi, hotspot, entah itu dengan cara harian, mingguan, pemakaian data hari kemarin maupun yang lainnya.

Menggunakan My Data Manager juga dapat mengecek aplikasi apa saja yang paling menggunakan pemakaian data. Entah itu ketika aplikasi tersebut sedang dipakai maupun aplikasi tertentu yang berproses pada latar belakang.

Selain itu, fitur lainnya yang tidak kalah penting yaitu kalian dapat mengecek pemberitahuan atau notifikasi berbentuk peringatan penggunaan kuota, untuk mencegah pemakaian kuota internet yang berlebihan di waktu tertentu. Aplikasi tersebut juga telah tersedia bagi pengguna android maupun iOS.

Jadi, untuk menggunakannya kalian bisa langsung mencarinya baik di App Store maupun App Store.

4. Memakai Aplikasi Data Monitor

Kalian juga bisa menggunakan bantuan aplikasi Data Monitor. Data Monitor tidak hanya bisa dipakai untuk mengecek pemakaian data harian, melainkan juga pemakaian data sebulan terakhir pada hp kalian.

Sebenarnya sama saja dengan aplikasi serupa lainnya, di aplikasi Data Monitor juga telah dilengkapi oleh app data usage, supaya kalian dapat mengecek aplikasi tertentu yang sering menggunakan data internet.

5. Aplikasi Data Usage

Cara melihat penggunaan data di hp Oppo berikutnya adalah dengan memakai aplikasi Data Usage. Kalian bisa memakai aplikas ini secara gratis. Aplikasi ini mempunyai fitur utama untuk menampilkan pemberitahuan mengenai pemakaian wifi dan data internet. Selain itu juga berperan sebagai sebuah data tracker.

Di samping itu, Data Usage juga telah dilengkapi oleh data warning, sebagai sebuah fitur yang memungkinkan kalian memperoleh pemberitahuan dari aplikasi jika pemakaian internet kalian di hari ini telah mendekati ata melebihi limit yang telah disetting.

6. Data Usage Monitor

Aplikasi Data Usage Monitor juga dapat digunakan untuk mengecek pemakaian data internet di Oppo atau hp android lainnya. Sesuai namanya, Data Usage Monitor cukup mampu diandalkan untuk melakukan monitoring pemakaian data di perangkat hp.

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga bisa diandalkan sebagai pengontrol atau pengingat pemakaian kuota internet ketika mencapai  batas yang telah disetting sendiri. Namun, ada beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi ini yang dapat diakses dengan cara berbayar dan tidak sepenuhnya free alias gratis.

Walaupun demikian, aplikasi yang satu ini cukup akurat untuk menampilkan informasi mengenai pemakaian data di ponsel android. Aplikasi ini memiliki tampilan UI simpel, ringan dan menarik.

Menampilkan Informasi Kecepatan Internet Oppo

Selain cara melihat penggunaan data di hp Oppo di atas, kalian juga bisa mengecek kecepatan internet hp Oppo. Para pengguna dapat menampilkan kecepatan akses internet pada bagian atas perangkat Oppo.

Jika ingin mengecek kecepatan internet pada hp Oppo, kalian bisa melakukan beberapa langkah berikut :

  • Silahkan buka pengaturan pada perangkat hp Oppo.
  • Setelah itu, lanjukan dengan memilih opsi Pemberitahuan dan Bilah Status.
  • Kemudian tampilkan kecepatan jaringan pada menu.
  • Selanjutnya perangkat hp akan langsung menampilkan kecepatan internet secara otomatis pada bagian atas.

Melalui fitur yang satu ini, kalian dapat mengetahu kecepatan koneksi internet pada hp. Tanpa perlu memakai tambahan aplikasi, kalian sudah dapat mengetahui kecepatan akses internet hp dengan mudah.

Membatasi Pemakaian Internet Oppo

Apabila kalian merasa mempunyai paket internet terbatas, sudah saatnya memakai fitur yang digunakan untuk membatasi pemakaian internet. Ada fitur bawaan hp pada Oppo yang bisa membantu kalian membatasi pemakaian internet.

Di samping dapat dipakai untuk menghemat data internet, fitur bawaan tersebut juga berguna bagi orang tua ketika ingin membatasi pemakaian data. Cara mengaktifkannya sangat mudah, kalian hanya perlu mencoba beberapa langkah berikut :

  • Buka opsi pengaturan pada hp Oppo.
  • Setelah itu, pilih SIM Ganda dan Jaringan Seluler pada bagian atas.
  • Selanjutnya pilih Pengingat Data Harian.
  • Jika sudah, kalian hanya perlu mengatur pemakaian data internet sendiri sesuai keinginan.

Kesimpulan

Kalian bisa mengecek pemakaian data internet di Oppo dengan cara melihat penggunaan data di hp Oppo di atas, baik melalui fitur bawaan maupun melalui aplikasi. Setelah mengetahui pemakaian data di perangkat Oppo, maka selanjutnya kalian bisa membatasi pemakaian data jika penggunaan sudah berlebihan atau melebihi limit yang telah ditetapkan.

 

Related posts