Cara Jadi Dropshipper

Cara Jadi Dropshipper

Sejak berkembangnya bisnis online, dropshipper menjadi salah satu bisnis yang banyak disukai. Hal ini dikarenakan selain cara jadi dropshipper yang sangat mudah, juga menawarkan banyak kelebihan. Salah satunya yaitu bisnis dapat berjalan meskipun hanya bermodalkan internet dan smartphone saja.

Bagaimana Cara Kerja Dropshipper?

Bisnis dropshipper sangat cocok dilakukan oleh para pemula, bahkan bagi yang belum memiliki modal sekalipun bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah. Untuk lebih memahami bisnis dropship, berikut cara kerjanya :

Read More
  • Langkah pertama, kamu akan menerima orderan dari toko online kamu.
  • Selanjutnya, kamu bisa meneruskan pesanan ke supplier.
  • Supplier selanjutnya akan langsung memproses orderan pelanggan.
  • Setelah itu, supplier dropshipping mengirimkan pesanan secara langsung ke pelanggan.

Prinsip kerja dropshipper memang sangat simpel, kamu hanya perlu menerima pesanan kemudian meneruskan pesanan ke supplier, dan supplier yang bertugas untuk mengirimkan pesananmu.

Cara Jadi Dropshipper

Cara Jadi Dropshipper
Tutorial Jadi Dropshipper

Tutorial Menjadi Dropshipper

Sama seperti jenis bisnis yang lainnya, berbisnis dropshipper juga harus memempertimbangkan market research, memilih produk yang tepat dan lain sebagainya. Seperti pada tahapan cara jadi dropshipper di bawah ini :

1. Riset Pasar

Tahapan terpenting dalam berbisnis yaitu riset pasar. Tujuannya adalah untuk menentukan mana produk yang paling dibutuhkan, dan menyesuaikannya dengan market kamu. Dalam melakukan market research, kamu harus mengetahui produk yang dibutuhkan, target pasar, dan menentukan produk yang dijual tergantung profitabilitasnya.

Kamu juga bisa melakukan riset kompetitor terhadap produk-produk yang akan dijual. Sehingga kamu bisa mempersiapkan rencana selanjutnya dalam berbisnis.

2. Jual Produk yang Tepat

Jika sudah melakukan riset pasar, kamu bisa menjual barang yang sesuai. Meskipun kamu bisa menemukan banyak produk, namun kamu tetap harus fokus pada produk tertentu untuk menghasilkan profit lebih tignggi. Jadi, pastikan untuk memilih kategori atau niche produk yang akan dijual, misalnya kecantikan, fashion, dan lainnya.

Setelah itu, kamu juga bisa lebih fokus hanya pada satu niche, atau produk tertentu yang belum pernah dijual orang lain. Silahkan pilih produk tertentu yang dibutuhkan atau mungkin produk tertentu yang sedang viral. Hal ini bertujuan supaya kamu dapat memperoleh perhatian pembeli tanpa perlu berkompetisi dengan perusahaan terkenal.

3. Strategi Pengiriman

Cara jadi dropshipper selanjutnya yaitu kamu harus mempertimbangkan strategi pengiriman yang tepat. Apabila gudang supplier jauh dari tempat tujuan, dalam hal ini pembeli, maka shipping cost yang harus dikeluarkan lebih tinggi. Di samping itu, pengiriman akan membutuhkan waktu yang lama dan kamu bisa menerima komplain dari pembelimu.

Lantas, bagaimana strategi pengirimannya? Bisa mulai dari pemilihan jasa ekspedisi yang tepat. Silahkan cari informasi tentang jasa ekspedisi mana saja yang dapat digunakan, lalu pilih kurir ekspedisi yang tidak mengharuskan tambahan biaya, mempunyai reputasi yang baik dan proses pengiriman cepat.

Pilih metode pengiriman yang tepat untuk pelanggan, misalnya saja mempunyai voucher ongkir gratis, menyediakan paket bundling harga tertentu supaya bebas ongkos kirim atau yang lainnya.

4. Pemilihan Supplier

Mengingat sistem dropshipping tidak memiliki inventory, inilah yang membuat fungsi supplier sangat penting. Maka dari itu, wajib sekali memilih supplier dengan reputasi yang tidak diragukan lagi, serta dapat diajak kerjasama.

Ada beberapa pertimbangan ketika memilih supplier atau distributor barang yang kredibel atau terpercaya, diantaranya kualitas produk baik, fast respon dan sistem inventory efektif. Jika kamu memilih supplier yang tepat, maka bisnis dropship bisa berhasil.

5. Bangun Strategi Usaha yang Efektif

Cara jadi dropshipper selanjutnya, meskipun bisnis ini tidak mengharuskan kamu membeli stok barang, kamu tetap harus membangun strategi usaha yang efektif. Tujuannya agar bisnis kamu berkembang.

Apa saja strategi yang harus dibangun? Kamu bisa memulainya dengan cara branding produk, promosi, harga, hinngga penjualan jenis produk. Kamu harus memperhatikan komponen-komponen tersebut.

Untuk strategi bisnis, mulai dari penentuan strategi promosi usaha yang dapat diterapkan. Contohnya, kamu tertarik membuat akun sosial media bisnis, atau website, atau bisa juga dengan membuat video dan lainnya. Semuanya harus benar-benara sesuai dengan usaha yang dijalankan, asalkan kamu benar-benar konsisten.

6. Buat Toko Online dan Website

Untuk membangun bisnis yang profesional di mata konsumen, maka tidak ada salahnya kamu mempunyai platform toko online atau website. Melalui kedua platform ini, selain terlihat lebih profesional juga dapat menawarkan layanan informasi 24 jam, sebab calon pembeli bisa melihat testimoni produk yang kamu jual.

7. Metode Pembayaran Mudah

Cara jadi dropshipper selananjutnya adalah dengan menawarkan metode pembayaran lengkap dan mudah. Kamu mungkin bisa menawarkan sebanyak 3-4 jenis pembayaran dibandingkan hanya memiliki satu metode pembayaran saja.

Ada beberapa jenis metode pembayaran, diantaranya bank transfer, Shopeepay, Gopay, DANA, atau OVO. Dengan banyaknya pilihan opsi pembayaran, membuat calon konsumen lebih leluasa memilih opsi pembayaran.

Setelah memahami cara jadi dropshipper di atas, dan kamu masih bingung menentukan bisnis apa yang cocok untuk dijual dengan metode dropship. Kamu jangan khawatir, ada beberapa ide bisnis dropship yang bisa kamu coba.

Peluang Bisnis Dropship

Berikut beberapa peluang bisnis dropship menjanjikan yang bisa kamu coba :

1. Dropship Pakaian

Salah satu produk yang dapat kamu jual secara dropship adalah pakaian atau fashion. Bisnis yang satu ini terbilang menjanjikan karena pakaian termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Ada banyak pilihan brand dan model pakaian di pasaran. Oleh sebab itu, kamu harus melakukan market research mengenai brand tertentu yang kini sedang trend.

2. Dropship Kosmetik

Bisnis produk kosmetik juga tidak jauh berbeda dari fashion, mengingat banyak wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli make up agar terlihat cantik. Saat ini, ada banyak pilihan produk kosmetik yang bisa kamu jual, dari harga murah sampai yang berharga mahal.

Bahkan tidak sedikit produk-produk make up yang baru dirilis menyesuaikan trend pasar. Jika kamu kebetulan sering berbelanja produk make up, tidak ada salahnya sembari berjualan produk make up yang kamu pakai dengan sistem dropship.

Dengan berjualan produk kosmetik yang kamu pakai, saat ada konsumen yang menanyakan terkait make up tersebut, tentu saja kamu bisa menjawabnya. Bahkan kamu bisa membuktikan kualitas produk tersebut.

3. Dropship Sepatu

Produk fashion memang selalu menjadi incaran banyak orang, selain pakaian kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan berbisnis atau berjualan sepatu. Produk sepatu juga sudah mengalami perkembangan dalam hal model dan kualitas yang ditawarkan, dengan harga yang bervariasi.

4. Dropship Tas

Ada banyak pilihan model tas menarik yang dijual di pasaran. Harganya bahkan ada yang murah sampai yang fantastis. Biasananya yang menyukai tas-tas branded adalah wanita sosialita yang memiliki gaya hidup tinggi. Jika kamu bergaul dengan orang-orang tersebut atau mungkin memiliki teman kantor yang gemar mengoleksi tas, akan sangat mudah mempromosikannya.

Bisnis dropship memang sangat menguntungkan, bahkan jika kamu konsisten menjalankannya maka bukan tidak mungkin kamu bisa memiliki brand sendiri, hingga naik level menjadi distributor. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba cara jadi dropshipper di atas dengan mengambil produk-produk dari supplier di beberapa e-commerce saat ini!

 

Related posts