Cara Membuat Gift Box Online

  • Whatsapp

Bagaimana cara membuat gift box online? Gift box adalah sebuah wadah yang sudah siap dipakai untuk membungkus kado menjadi tetlihat lebih bernilai dan menarik. Dimana seiring perkembangannya, gift box kini tak hanya berbentuk kotak persegi atua bujur sangkar saja yang ditambahkan hiasan pita. Kini ada berbagai jenis gift box, dan kita bisa menjumpainya seperti di toko-toko penjualan kado hingga counter-counter yang ada di mall.

Bentuk-bentuk gift box kini ada yang berbentuk segi enam, segitiga, piramida, tabung, purse, pillow dan lain sebagainya. Di samping itu, bahannya juga bermacam-macam, mulai dari bahan plastik mika, kertas duplex, karton atau kombinasi antara 2-3 bahan tersebut. Inilah yang membuat gift box memiliki nilai tersendiri, di samping itu tentu saja hasil kreativitas yang tak bisa diukur oleh sebuah nominal.

Cara Membuat Gift Box Online

Cara Membuat Gift Box Online
Membuat Gift Box Online

Membuat Gift Box Online

Untuk keperluan promosi, penjualan atau untuk memberikan kado terindah kepada orang-orang terdekat, Kamu bisa mencoba membuat gift box sendiri. Adapun cara membuat gift box online, berikut ini :

1. Tutorial Membuat Gift Box dari Kertas

Cara membuat gift box online yang pertama adalah menggunakan bahan kertas. Kamu bisa menggunakan kertas karton dan kertas kado. Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah :

  • Template
  • Kertas karton
  • Double tape
  • Pensil
  • Gunting
  • Kertas kado

Sebelum Kamu melanjutkan cara untuk membuat gift box, Kamu harus mengunduh template terlebih dahulu untuk memudahkanmu membuat pola. Silahkan cari langsung di Google dan temukan yang sesuai selera. Bisa juga dengan mengunduhnya langsung di http://bit.ly/2dvli8E lalu print/cetak. Jika semua bahan dan peralatan telah tersedia, Kamu pun siap memproses pembuatan gift box.

Adapun langkah-langkah cara membuat gift box online adalah sebagai berikut :

  • Persiapkan tempalte yang telah dicetak, kemudian salin pada kertas karton dan silahkan gunting menyesuaikan garisnya.
  • Lipat lalu rekatkan sisi yang berbentuk huruf C, kemudian lakukan di keempat bagiannya.
  • Silahkan buat hiasan menggunakan kertas kado, lalu potong membentuk pola huruf A dan tempelkan ke dalam gift box.
  • Selain itu, jangan lupa untuk membuat penguncinya.
  • Kini gift box yang Kamu buat sudah siap. Supaya lebih menarik, Kamu bisa menambahkan pita maupun aksesoris lainnya.
Terkait:  Cara Membuat Akun Youtube

2. Tutorial Membuat Gift Box dari Plastik Mika

Kamu juga bisa membuat gift box yang terbuat dari plastik mika dan yang lainnya. Adapun untuk bahan-bahan yang digunakan ialah sebagai berikut :

  • Kertas/karton
  • Gunting
  • Double tape berukuran 0,5 cm
  • Pita organdi dengan lebar berukuran 0,5 cm
  • Plastik mika transparan
  • Buat pola gambar

Untuk lebih jelasnya, simak tutorial cara membuat gift box online dengan plastik mika transparan berikut ini :

  • Buat pola kado terlebih dahulu untuk kotak karton/kertas terlebih dahulu. Kamu bisa searching di Google untuk melihat referensinya.
  • Setelah itu, buat pola untuk kotak mika pada bagian atas/penutupnya. Pastikan ukuran plastik mika ini dikurangi hingga beberapa milimeter, supaya kotak ini masuk ke dalam kotak kertas.
  • Kemudian tempelkan atau aplikasikan double tap pada bagian yang akan ditempelkan.
  • Bentuk kotak karton/kertas menyesuaikan pola. Kamu bisa menyatukan bidang tertentu. Kemudian rekatkan tape pada bidang yang telah ditunjuk untuk direkatkan sampai berbentuk kotak.
  • Sebelumnya Kamu bisa menempelkan double tape pada kotak kertas bagian dalam. Lalu tempekan hati-hati sampai semua kotak plastik mika sudah benar-benar masuk ke kotak kertas. Kemudian tambahkan pita untuk dijadikan aksesoris.

Itulah 2 cara membuat gift box online yang bisa Kamu buat untuk berbagai macam kebutuhan. Jika Kamu menjalankan bisnis online, ternyata gift box juga menjadi salah satu metode promosi yang paling efektif. Ingin tahu lebih jelasnya? Simak ulasan di bawah ini!

Gift Box Sebagai Promosi Produk Untuk Bisnis Online

Promosi adalah aktivitas komunikasi dari para penjual sebagai bentuk penawaran produk yang bertujuan untuk menarik calon pembeli agar memakai produk tersebut. Adapun salah satunya ialah memakai sample promosi produk.

Terkait:  Cara Membuat Website Gratis Lewat Hp

Dengan tanpa promosi, tentu sebaik apapun produk kita, maka bisnismu tak akan dikenal calon konsumen. Namun sebaliknya, walaupun sebuah produk mempunyai kualitas pas-pasan, tapi jika memakai sample promosi produk dengan tepat, maka produk menjadi lebih gampang terjual. Dengan kata lain, promosi memiliki peranan sangat penting apabila Kamu ingin meningkatkan aktivitas penjualan.

Lalu, apa saja contoh promosi produk yang bisa digunakan? Ya, salah satunya adalah dengan gift box yang sudah kita bahas sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya :

1. Diskon

Potongan harga atau diskon merupakan benefit yang akan didapatkan pembeli saat mereka berbelanja produk, melalui pengurangan harga pada persentase tertentu. Diskon biasanya diberikan pada saat itu untuk menekan harga aslinya. Misalnya saja, jika sebuah brand tertentu memberikan diskon sebesar 25% pada produk A dengan harga Rp. 1 juta, maka jika ingin membeli produk A Kamu hanya perlu melakukan pembayaran sekitar Rp. 750 ribu saja.

Sebenarnya bukan rahasia jika sebenarnya diskon hanya masalah permainan harga. Sebelum mendapatkan diskon, biasanya harga produk tertentu sudah dinaikkan lebih dulu. Walaupun begitu, contoh promosi barang lewat diskon ini masih efektif dilakukan.

2. Cashback

Cashback ialah salah satu penawaran kepada konsumen untuk mendapatkan pengembalian uang virtual atau uang tunai dalam persentase tertentu, serta sudah memenuhi ketentuan.

Misalnya, sebuah brand menawarkan promo cashback senilai 10% dengan minimal belanja Rp. 500 ribu, dan maksimal cashback berjumlah Rp. 100 ribu. Jadi, jika Kamu hanya berbelanja Rp. 500 ribu, maka Kamu akan mendapatkan cashback senilai Rp. 50 ribu saja. Sementara jika Kamu ingin mendapatkan cashback Rp. 100 juta misalnya, Kamu harus berbelanja dengan minimal Rp. 1 juta.

Terkait:  Cara Membuat Video Tik Tok

Cashback adalah metode promosi cukup populer saat ini, bahkan tsudah terbukti banyak marketplace yang memakai metode ini.

3. Flash Sale

Penjualan kilat atau flash sale sebenarnya hampir sama dengan diskon, namun produk yang dijual umumnya tidak banyak serta hanya tersedia secara singkat. Flash sale termasuk metode efektif untuk brand awareness. Pasalnya strategi yang satu ini dinilai paling efektif menarik minat pembeli, bahkan sudah banyak brand-brand besar menerapkan strategi yang satu ini.

Untuk menggunakan promosi dengan flash sale ini, Kamu bisa mencoba cara membuat flash sale Shopee. 

4. Gift Box

Gift box ialah hadiah yang diberikan oleh sebuah brand tertentu kepada konsumen yang telah membeli produk yang mereka jajakan. Dengan kata lain, saat konsumen membeli produk mereka, maka mereka akan memperoleh produk lain untuk dijadikan hadiah atau gift box atas pembelian produk yang dilakukan.

Biasanya produk gift box yang ditawarkan masih berkaitan dengan barang yang dijual. Misalnya saja, Kamu menjual produk smartphone, hadiah yang dapat Kamu berikan seperti tempered glass, silicon case dan microSD.

Jadi gift box memang tidak hanya berbentuk secara fisik untuk diberikan kepada orang tercinta saja, tetapi juga bisa dijadikan sebagai metode promosi bagi bisnis online. Kamu bisa mencoba cara membuat gift box online di atas dengan mudah untuk meningkatkan penjualanmu!

Related posts