Cara Membuat Flash Sale Shopee

Cara Membuat Flash Sale Shopee

Bagaimana cara membuat flash sale Shopee? Shopee adalah salah satu e-commerce yang kini tengah naik daun, apalagi sejak promo free ongkir yang ditetapkannya tanpa minimal order/belanja. Wajar jika tak sedikit seller atau pengguna yang beralih ke Shopee. Mengingat keuntungan tak hanya dirasakan bagi konsumen semata, melainkan juga bagi seller atau penjual yang menjajakan produknya di Shopee.

Adapun salah satu pilihan promo menarik yang dapat dipakai seller ialah flash sale Shopee. Dengan adanya flash sale dari Shopee ini, bisa memberikan efek yang sangat baik bagi performa penjualan online shop di Shopee. Akan tetapi, dalam cara membuat flash sale Shopee ada ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi baik itu pada toko maupun produk. Untuk toko sendiri biasanya harus menerima undangan program flash sale Shopee.

Read More

Dengan membuat program flash sale di Shopee, pastinya telah menjadi solusi yang ideal saat menginginkan penjualan yang meningkat dibanding sebelumnya. Apabila Kamu penasaran tentang membuat flash sale Shopee, silahkan ikuti panduannya di bawah ini!

Cara Membuat Flash Sale Shopee

Cara Membuat Flash Sale Shopee
Tutorial Membuat Flash Sale Shopee

Kriteria dan Syarat Toko Untuk Membuat Flash Sale Shopee

Dalam cara membuat flash sale Shopee, Kamu harus mengakses situs web seller Shopee agar dapt mempermudah proses pembuatannya. Sementara itu, caranya tak jauh berbeda dari membuat promosi Shopee.

Sebelum membuat program flash sale di akun Shopee, sebaiknya pastikan tokomu telah memenuhi kriteria dan persyaratan tertentu. Demi memastikannya, Kamu bisa menyimak ulasan di bawah ini :

  • Toko telah terdaftar di aplikasi Shopee setidakya sudah 14 hari.
  • Pastikan toko Kamu sedang aktif hingga 7 hari dan tak mengaktifkan layanan toko libur.
  • Mempunyai penilaian toko di atas 3.5.
  • Penilaian dari konsumen/pembeli minimal 5.
  • Mempunyai presentasi chat yang dibalas setidaknya minimal 50%.
  • Tingkat keterlambatan toko setidaknya 20%.
  • Tingkat pesanan yang tidak terselesaikan maksimal 20%.

Sesudah memastikan tokomu telah memenuhi kriteria pembuatan flash sale di aplikasi Shopee. Selanjutnya Kamu tinggal memastikan produk yang dijual telah memenuhi syarat yang berlaku.

Berikut persyaratan cara membuat flash sale Shopee yang harus Kamu penuhi :

  • Pastikan produk yang didaftarkan bukan produk pre order.
  • Mempunyai masa pengemasan maksimal dua hari.
  • Produk dapat ditampilkan lagi sehari sesudah promo berlangsung.
  • Minimal mempunyai produk berjumlah 5 dengan maksimal 300 produk yang terdiri atas beberapa varian produk.
  • Diskon yang akan diberikan minimal 5% dengan diskon maksimal 99% berlaku bagi semua kategori.
  • Produk yang berkategori minuman, makanan, kebersihan, kesehatan wajib mencantumkan BPOM, isi usaha berikut tanggal kadaluarsa.
  • Harga produk yang didaftarkan harus lebih rendah atau murah selama 7 hari sebelum mendaftar flash sale.
  • Melengkapi deskripsi menyesuaikan produk.
  • Produk bukan barang bekas.
  • Foto produk yang diupload harus jelas dan tidak noice.

Tips Pertama Agar Masuk Flash Sale Shopee

Hal yang perlu Kamu ketahui terkait flash sale dari Shopee, sebenarnya pemilihan produk yang masuk ke dalam flash sale Shopee sendiri tergantung dari objektifitas tim Shopee. Akan tetapi ada beberapa tips singkat untuk menguatkan persyaratan utama Shopee di atas, melalui aktivitas di bawah ini :

1. Coba Trendingkan Produkmu Terlebih Dahulu

Biasanya seller atau toko yang cerdik bisa membuat produk mereka yang awalnya terkesan biasa menjadi trending. Hal ini bisa jadi karena produknya menarik lalu di endorse influenser sampai akhirnya Shopee mengetahui produk tersebut dan diangkat ke dalam daftar flash sale.

2. Pencarian Produkmu Cukup Tinggi di Shopee

Tips yang satu ini juga sangat penting, sebab Shopee pun telah melakukan perhitungan dengan mengecek apakah produkmu dicari oleh banyak orang. Jika produkmu belum begitu banyak dicari pada kolom pencarian Shopee, maka Kamu dapat melakukan beberapa trik algoritma demi menambah trafiknya. Silahkan mainkan opsi iklanku pada Shopee atau buat direct trafik atau bisa juga dengan membuatnya terlihat natural masuk ke mesin pencarian di aplikasi Shopee.

Tips-tips di atas sebagai bentuk dukungan supaya toko prodikmu menjadi lebih menarik serta dapat memenuhi kriteria Shopee. Namun semuanya kembali lagi ke penilaian objektivitas Shopee.

Tutorial Mendaftar Flash Sale Shopee

Di bawah ini ada beberapa cara membuat flash sale Shopee yang bisa kamu ikuti, berikut ulasannya :

  • Kamu bisa mengunjungi seller Shopee dan masuk ke akun seller-mu.
  • Jika sudah masuk, pilih “Promosi Saya”.
  • Selanjutnya akan ada banyak opsi promo yang dapat Kamu pilih, tap flash sale Toko Saya.
  • Klik “Atur Flash Sale Toko Saya Sekarang”, dari sini pastikan tokomu telah memenuhi persyaratan.
  • Kemudian dilanjutkan dengan mengklik “Atur Flash Sale Toko Saya” di samping kanan atas.
  • Kamu bisa mengatur waktu sesi program flash sale, caranya klik pilihan tanggal, jika sudah Kamu tinggal mengatur semua dan klik “Konfirmasi”.
  • Setelah itu, akan ada informasi mengenai flash sale. Selanjutnya ketuk “Tambah Produk”.
  • Pilih item produk yang ingin dipromosikan pada flash sale, setidaknya ada 3 produk yang dapat dipilih, sesudah Kamu memilih produk silahkan tap “Konfirmasi”.
  • Jika sudah tentukan jumlah diskon, kemudian stok produk lalu ubah untuk menambahkan pesan deskripsi menyesuaikan produknya.
  • Setelah semuanya sudah benar silahkan ketuk Aktifkan masal, kemudian lanjutkan dengan memilih “Simpan dan Kirim”.
  • Selesai, kini Kamu proses flash sale yang Kamu buat telah berhasil dilakukan.

Itulah tahapan cara membuat flash sale Shopee yang bisa Kamu coba agar produkmu masuk ke dalam daftar flash sale di Shopee.

Apa Saja Keuntungan Mengikuti Flash Sale di Shopee?

Ada beberapa keuntungan mengikuti flash sale di marketplace Shopee, diantaranya sebagai berikut :

1. Lebih Banyak Kunjungan ke Tokomu

Ketika Kamu mengikuti program flash sale, maka toko akan secara otomatis mendapatkan kunjungan berjumlah banyak. Sebab yang masuk pada program ini sebenarnya bukan sembarang toko. Jika ada toko yang masuk, tentu saja yang membuka atau tertarik dengan produknya akna banyak.

Calon konsumen yang penasaran biasanya sekalian membuka profil seller. Oleh karena itu, ketika mengikuti program yang satu ini, sebaiknya pastikan profilmu bagus dan mempunyai jumlah follower yang banyak. Tujuannya agar semakin dipercaya pembeli.

2. Berpotensi Produk Terjual Habis

Ketika produkmu masuk ke dalam flash sale, maka produk yang Kamu jual pun secara tak langsung akan terjual habis. Sebab program flash sale atau penjualan cepat mempunyai durasi waktu yang singkat. Dimana para pembeli hanya memiliki kesempatan berpikir selama beberapa jam saja untuk mengambil produk atau tidak dengan harga yang murah.

3. Meningkatkan Jumlah Follower

Ketika pembeli merasa tertarik dengan produk yang Kamu jual tapi tidak dapat melakukan pembelian pada waktu itu, kemungkinan besar mereka mengikuti tokomu terlebih dahulu. Adapun tujuannya supaya tidak ketinggalan lagi ketika tokomu masuk ke daftar flash sale.

Nah, itulah beberapa keuntungan cara membuat flash sale beserta persyaratan yang harus dimiliki oleh tokomu agar masuk ke daftar flash sale. Semoga bermanfaat!

Related posts