Cara Campur Cat Tembok

Cara Campur Cat Tembok

Bgaimana cara campur cat tembok supaya menghasilkan warna yang sempurna? Ya, mengecat rumah merupakan salah satu aktivitas untuk mempercantik keadaan rumah. Percaya atau tidak, dengan mengecat rumah yang sederhana sekalipun, bisa mengubah tampilan rumah menjadi terkesan mewah. Namun Kamu juga harus mampu memadu padankan warna cat rumah agar pewarnaannya lebih sempurna dan rumah menjadi terlihat indah.

Supaya mendapatkan hasil maksimal, tak ada salahnya Kamu mencampurkan warna berbeda pada cat tembok rumah, untuk memberikan hasil yang sempurna. Pencampuran cat pun tidak sembarangan, karna Kamu perlu menggunakan teknik perbandingan yang sesuai, misalnya 1 : 1 untuk perpaduan warna cat.

Read More

Tips Mengecat Rumah

Ada beberapa trik yang perlu Kamu terapkan dalam pengecatan rumah. Kamu bisa mempraktekkannya saat hendak mengecat ulang atau mengecat rumah barumu. Berikut ini :

1. Perhatikan Kondisi Fisik Rumah

Tampilan atau kondisi fisik setiap rumah tentu berbeda, ada hunian berukuran mungil, megah, bahkan ada pula yang dinding rumahnya memakai papan. Bagi Kamu yang akan mengecat rumah yang baru maupun yang lama, penting sekali memperhatikan kondisi fisik rumah. Sebab hal ini bisa membantumu untuk menentukan warna yang cocok bagi hunianmu. Meskipun tampak sepele, tapi percayalah jika Kamu melihat bagaimana kondisi fisik rumahmu, maka Kamu dapat membayangkan warna yang tepat untuk hunianmu.

2. Pakai Cat Tembok Berkualitas

Ini adalah poin yang sangat penting dan harus diperhatikan. Jika Kamu sudah memilih warna cat yang tepat untuk hunianmu, selanjutnya Kamu tinggal memilihkan cat tembok berkualitas. Jangan asal memilih cat tembok, karena bagaimanapun cat tembok dapat mempengaruhi penampilan rumahmu. Kualitas cat tembok juga menentukan seberapa tahan lamanya cat tersebut menempel di tembok rumah.

Saat ini banyak sekali cat-cat kiloan yang dijual di pasaran, alangkah lebih baik jika memilih cat bermerek dibandingkan membeli cat kiloan yang belum tentu hasilnya akan sempurna jika saat diaplikasikan.

Ada 2 jenis cat berdasarkan kegunaannya, cat primer dan cat sekunder. Cat primer adalah cat yang menempel pertama kali pada dinding, dan cat sekunder adalah cat yang menempel pada cat primer.

Biasanya cat primer yang kerap digunakan adalah cat warna putih sebagai warna dasar, sedangkan warna cat sekunder diluar dari warna putih. Bagi Kamu yang berencana mengecat warna rumahnya dengan warna putih, maka tidak perlu mengecatnya dua kali, Kamu cukup memakai cat primer saja.

3. Teknik Pengecatan yang Benar

Ada beberapa trik sederhana cara pengecatan yang baik dan benar, yaitu :

  • Lakukan pengecatan secara merata ke seluruh dinding. Agar hasilnya terlihat memuaskan, maka lakukan pengecatan sebanyak 2 lapis. Lapisan pertama bisa dilakukan pengecatan secara vertikal terlebih dahulu, sedangkan lapisan kedua pengecatan dilakukan secara horizontal. Cara ini berlaku baik untuk cat primer maupun cat sekunder
  • Jangan terlalu lama mencelupkan roller atau kuas pada kaleng cat, karena akan menyebabkan cat lebih boros dan jika di oles pada permukaan dinding tidak akan rata. Kamu hanya mencelupkannya sedikit, lalu segera cat permukaan dinding yang akan Kamu cat tersebut.
  • Pergunakan kuas kecil jika akan mengecat sudut-sudut tertentu, seperti dekat dengan kusen pintu atau dekat dengan jendela. Jika memaksakan menggunakan roller dikhawatirkan cat akan berceceran pada bidang selain permukaan dinding tembok.
  • Agar hasil maksimal, Kamu bisa mencampur dua warna cat menjadi satu sehingga akan didapatkan warna yang berbeda.

Perhatikan tips-tips di atas dengan baik sebelum melakukan pengecatan agar hasilnya bisa jauh lebih baik daripada tidak ada perencanaan sama sekali.

Khusus bagian terakhir mengenai pencampuran cat tembok, akan dibahas secara detil di bawah ini. Sehingga bisa menjadi sumber informasi penting jika Kamu ingin menerapkan pencampuran warna cat yang bisa menghasilka warna berbeda dari warna sebelumnya.

Cara Campur Cat Tembok

Cara Campur Cat Tembok
Mencampur Warna Cat Tembok

Panduan Untuk Mencampurkan Cat Tembok

Jika mencampurkan cat tembok antara warna yang satu dengan warna yang lainnya, biasanya terkesan menambah-nambah pekerjaan. Tapi justru ini sangat penting, untuk membuat warna cat yang sempurna. Kamu bisa mencoba bereksperimen terlebih dahulu dengan mencampurkan dua warna yang berbeda dan lihat hasilnya, apakah Kamu tertarik ingin mencobanya atau tidak sama sekali.

Bahkan berdasarkan survey, kebanyakan orang lebih suka mencampur 2 warna cat yang berbeda. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara campur cat tembok berikut ini :

1. Pilih Warna Sesuai Keinginan

Bagi Kamu yang belum tahu, warna hijau merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna yaitu kuning dan biru. Contoh lain lagi, jika Kamu mencampur warna hijau dan warna kuning, maka akan menghasilkan warna lain yaitu biru keunguan.

Sampai disini sudah paham? Bahwa di toko tidak ada warna biru keunguan, yang ada hanyalah warna biru dan warna ungu. Nah dengan mencampur dua warna dasar bisa menghasilkan warna sekunder yang jauh lebih bervariasi dan dijamin tidak ada yang menjualnya di toko cat sekalipun.

2. Perhatikan Kualitas Cat

Cara campur cat tembok selanjutnya yaitu tetap perhatikan kualitas cat. Usahakan agar Kamu membeli berkualitas sama, tujuannya supaya hasil yang didapat mempunyai kualitas yang juga sama dengan warna dasar. Untuk menghasilkan kualitas cat yang baik, maka kedua warna cat yang akan dicampur harus dari merk yang sama.

3. Perhatikan Komposisi Cat Saat Pencampuran

Seperti yang telah disinggung bahwa perbandingan pencampuran umumnya 1 : 1. Artinya jika Kamu mencampur cat warna hijau 5 kg, maka warna kuning sebagai warna campurannya harus 5 kg juga.

Sebenarnya Kamu bisa saja bereksperimen ingin mendapatkan warna unik lainnya, tugasmu hanya mengatur perbandingannya saja misalnya 1,2 : 0,8 (1,2 untuk cat warna hijau : 0,8 untuk warna kuning). Jika hasilnya bagus, maka Kamu bisa menerapkannya dengan mencampurkan kedua warna cat tersebut berdasarkan perbandingan yang sudah Kamu tentukan sebelumnya.

4. Persiapkan Wadah

Cara campur cat tembok berikutnya ialah mulai mempersiapkan wadah untuk pencampuran. Mengingat disini Kamu akan mencampurkan dua warna yang berbeda, tentunya Kamu membutuhkan wadah yang digunakan untuk pencampuran. Pilihlah wadah yang cukup besar, supaya Ketika kedua warna cat tersebut diaduk bisa lebih merata.

5. Cara Pengadukan

Caranya adalah Kamu harus mengaduk cukup lama agar kedua warna cat benar-benar menyatu. Pengadukan yang pertama gunakan pola searah jarum jam, Kamu hitung misalnya 10 kali putaran. Lalu putaran ke 11 hingga ke 20 bisa lakukan gerakan berlawanan arah jarum jam.

Jika dirasa sudah tercampur merata, maka pengadukan bisa dihentikan. Akan tetapi, jika dirasa belum tercampur, maka lakukan pengadukan kembali berdasarkan cara-cara yang telah dijeaskan sebelumnya.

6. Tuangkan ke Dalam Wadah Lain

Langkah cara campur cat tembok rumah berikutnya ialah menuangkan cat hasil campuran tadi ke wadah yang lain. Wadah lain yang dimaksud adalah wadah khusus untuk mulai melakukan pengecatan pada dinding rumah. Tujuan menggunakan wadah lain adalah agar cat yang akan Kamu aplikasikan pada tembok benar-benar cat dengan warna baru hasil pencampuran.

Itulah cara campur cat tembok dengan benar, hal yang perlu Kamu perhatikan adalah terus lakukan eksperiman dengan beberapa warna untuk mendapatkan warna unik yang Kamu inginkan. Setelah itu, barulah Kamu bisa menerapkan cara cat tembok yang benar pada dinding rumahmu.

 

Related posts