Cara Kerja Limit Switch

cara kerja limit switch
cara kerja limit switch

Komponen listrik terdiri dari banyak alat yang semuanya memiliki fungsinya masing-masing. Kalau dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas cara kerja relay, kini artikel ini akan menjelaskan komponen penting kelistrikan lainnnya. Pertanyaan besar yang akan dijawab artikel ini adalah bagaimana sebenarnya cara kerja limit switch?

Cara Kerja Limit Switch

cara kerja limit switch
cara kerja limit switch

Limit switch adalah perangkat elektro-mekanis yang digunakan untuk mengirim sinyal listrik berdasarkan interaksi fisik. Komponen ini biasanya digunakan untuk mendeteksi keberadaan objek, sehingga memungkinkan sistem untuk mengambil tindakan yang diinginkan dan diperlukan.

Read More

Peran Vital Limit Switch Sehari-Hari

Limit Switch dapat ditemukan di sejumlah perangkat sehari-hari. Cara kerja limit switch yang mudah membuat komponen ini lazim digunakan dalam gelombang mikro untuk memeriksa apakah pintu telah ditutup sebelum operasi dapat diizinkan.

Komponen kecil ini juga biasanya digunakan di elevator untuk memberi tahu sistem bahwa kabin telah mencapai lantai yang diinginkan. Bahkan, limit switch juga digunakan di tutup mesin cuci sebagai pemberi izin untuk memulai siklus pencucian.

Peran penting cara kerja limit switch bahkan menjadi tak terhitung jumlahnya ketika kita berbicara dalam ranah kelistrikan di pabrik. Alata ini digunakan sebagai perangkat kontrol dan perangkat keamanan untuk berbagai mesin dan juga personel yang mengoperasikannya.

Dalam hampir semua kasus, limit switch akan mengirim sinyal digital ke sistem kontrol. Berdasarkan perangkat keras dan perangkat lunak yang terkait dengan sakelar tersebut, sistem dapat mengambil tindakan yang sesuai.

Mengapa Keberadaan Limit Switch Penting?

Limit switch adalah opsi termurah untuk membuat hubungan antara domain fisik dan kelistrikan. Alat ini sengaja telah dikembangkan dalam beberapa dekade yang lalu dan telah diadopsi secara massal dalam penggunaannya secara signifikan karena menurunkan biaya operasional.

Dengan demikian, limit switch memainkan peran penting dalam manufaktur karena kesederhanaan dan biaya rendah. Kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai jenis power supply juga jadi nilai lebih lain yang sangat diperhitungkan di dunia manufaktur.

Contoh Cara Kerja Limit Switch di Dunia Industri

Berbeda dengan flow switch yang tidak memutus koneksi listrik, limit switch punya peran yang sangat krusial dalam dunia industri. Beberapa kegunaannya yang lazim ditemui saat ini diantaranya adalah:

Mendeteksi & Menghitung Produk
Saat produk menekan limit switch, sinyal dikirim ke sistem kontrol. Melalui logika PLC sederhana, pengguna dapat menghitung berapa kali produk melewati limit switch dan menampilkan angka tersebut untuk operator.

Keselamatan Personil
Limit switch dapat digunakan untuk mendeteksi pembukaan pelindung keselamatan yang pada akhirnay dapat menghentikan dan mematikan daya mesin. Jika pelindung dibuka selama operasi, mesin akan berhenti. Jika pelindung dibuka saat mesin berhenti, limit switch dapat mencegah mesin untuk hidup. Dalam kedua kasus tersebut, limit switch dapa digunakan untuk melindungi operator dari potensi bahaya.

Keamanan Alat Berat
Komponen ini juga dapat digunakan untuk melindungi alat berat dari kerusakan yang tidak disengaja. Hal ini termasuk komponen yang merupakan bagian dari changeover (perkakas ujung lengan), komponen yang dapat aus seiring waktu (kopling motor) dan komponen yang dapat merusak orang lain jika gagal bekerja dengan sempurna (roda gigi, poros, dll.).

Prinsip Cara Kerja Limit Switch

Seperti dibahas di atas, limit switch digunakan untuk menerjemahkan perubahan keadaan mekanis menjadi sinyal listrik. Lantas, sebenarnya bagaimana perangkat dapat benar-benar mencapai hal ini? Padahal limit switch adalah perangkat sederhana.

Initinya ada pada tuas yang digunakan untuk menutup kontak di dalam sakelar ini. Ketika kontak ditutup, sinyal listrik akan dengan mudah lewat. Operasi mekanis pada limit switch sebenarnya sanagt mirip dengan sakelar lampu. Namun, ada tambahan satu pegas untuk mengembalikan sakelar batas ke posisi semula.

Parameter kritis dari limit switch adalah pada titik mana ia menutup kontak di dalamnya. Parameter ini akan bervariasi antara jenis dan juga merek. Penting untuk memverifikasi lembar data untuk mengkonfirmasi posisi ini. Hal ini akan krusial karena dapat mempengaruhi desain sistem yang akan memanfaatkan limit switch.

Perkembangan Micro Limit Switch

Micro limit switch, atau sakelar mikro, adalah jenis limit switch lain yang biasa ditemukan di sirkuit kontrol. Sakelar ini jauh lebih kecil daripada opsi standarnya yang memungkinkannya dipasang di ruang sempit yang biasanya tidak dapat diakses oleh sakelar lain.

Sakelar jenis ini biasanya memiliki pendorong penggerak yang hanya perlu menempuh jarak kecil untuk memicu urutan kontak. Plunger penggerak sering ditemukan di bagian atas sakelar mikro dan harus ditekan dalam jumlah yang telah ditentukan sebelum dapat diaktifkan.

Sedikit gerakan pada limit switch jenis ini dapat mengubah posisi kontak karena mekanisme pegas yang menyebabkan kontak yang dapat bergerak terputus di antara posisi bergantian. Sakelar mikro ini dapat dirancang dengan berbagai lengan pengaktif yang berbeda, dan memiliki kontak dengan peringkat listrik yang biasanya sekitar 250 volt arus bolak-balik dan antara 10 hingga 15 ampere (amp).

Related posts