Cara Melacak Handphone Dengan IMEI

  • Whatsapp

Bagaimana cara melacak handphone dengan IMEI? Saat ponsel hilang, baik karena tercecer atau diculik di suatu tempat, tentunya Kamu akan merasa panik. Terlebih jika di Hp tersebut tersimpan kontak dan data-data penting. Adapun langkah yang bisa dilakukan saat HP hilang, tentu saja harus mencarinya dengan cara melacak keberadaan ponsel tersebut. Untuk melakukan pelacakan Hp, ternyata kini bisa dilihat melalui nomor IMEI Hp itu sendiri.

Tentang IMEI Smartphone

IMEI (International Mobile Equipment Identity)ialah nomor identitas yang terdapat pada smartphone itu sendiri, dan biasanya terdiri atas 15 sampai 16 digit. Umumnya nomor IMEI ditemukan pada bodi perangkat Hp, seperti baterai. IMEI sendiri adalah angka yang terkonfigurasi dengan cara unik sebagai identifikasi HP 3GPP beserta iDEN, hingga beberapa ponsel satelit.

Read More

Biasanya angka ini ditemukan dan dicetak pada kompartemen baterai Hp, namun juga bisa ditampilkan pada layar HP di sebagian besar smartphone dengan menginputkan kode tertentu. Kode tersebut ialah *#06#* di layar dial pad maupun pada menu pengaturan di sistem operasi ponsel pintar.

Dimana jaringan GSM dengan nomor IMEI digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat yang bisa mengehentikan tindakan Hp curian dalam mengakses jaringan. Seperti misalnya saat Hp dicuri, para pemiliknya bisa meminta provider jaringan via nomor IMEI dengan memasukkan blacklist HP tersebut.

Biasanya perangkat tanpa memiliki slot SIM Card tidak mempunyai kode IMEI. Akan tetapi, IMEI biasanya hanya mengidentifikasi Hp dan tak mempunyai hubungkan khusus pada pelanggan. Selanjutnya telepon akan mengidentifikasi pelanggan melalui pengiriman IMSI (International Mobile Subscriber Identity), yang biasanya disimpan di kartu SIM dan berdasarkan teori bisa ditransfer pada handset apapun.

Terkait:  Cara Melacak Handphone yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Namun mengingat kemampuan jaringan mengetahui pemilik atau pemakai seluler, perangkat individu ini memungkinkan sistem pengaktifkan berbagai fitur keamanan dan jaringan.

Cara Melacak Handphone Dengan IMEI

Cara Melacak Handphone Dengan IMEI
Melacak HP Dengan IMEI

Cara Mendapatkan dan Mengetahui Nomor IMEI

Sebelum melakukan cara melacak handphone dengan IMEI, tentu saja Kamu harus mengetahui bagaimana cara mengetahui nomor IMEI Hp terlebih dahulu. Berikut ulasannya :

  • Silahkan temukan kotak bungkus pada pembelian perangkat HPmu yang biasanya mencantumkan barcode dan nomor IMEI.
  • Selain itu, Kamu juga bisa mencoba menghubungi kode dial #04 dengan menampilkan IMEI Hp di layar ponsel.
  • Baterai HP juga akan menampilkan 15 hingga 16 digit berupa konfigurasi angka IMEI yang unik.
  • Kamu bisa menemukan informasi IMEI dengan mengakses menu Settings kemudian pilih About Phone, pilih Status dan Kamu akan melihat informasi IMEI di smartphone-mu.
  • Pengguna perangkat iPhone bisa mengetahui IMEI dengan mengakses pilihan Setting, kemudian general dan akses “about” di smartphone-mu.

Tutorial Melacak Hp Dengan IMEI

Setiap perangkat Hp yang memiliki nomor IMEI sudah terhubung secara langsung ke dalam database SIM Card operator seluler yang Kamu pilih. Oleh karena itu, HP atau ponsel yang hilang memerlukan surat keterangan pihak berwenang. Tujuannya ialah meminta pihak penyedia operator seluler untuk melacak HP yang hilang memakai nomor IMEI.

Cara melacak handphone dengan IMEI ini memerlukan proses dan waktu yang tak sebentar, sebab Kamu juga dapat memakai opsi pencarian lain memakai Apple ID atau akun Google milikmu. Pelacakan Hp lewat IMEI memang tidak efisien dan praktis sebab harus melibatkan banyak pihak.

Cara melacak handphone dengan IMEI yang pertama kali dilakukan yaitu dengan menghubungi operator seluler saat kehilangan HP. Beritahukan kepada operator bahwa Kamu sudah kehilangan ponselmu dan ingin mengetahui keberadaanya. Nantinya operator akan meminta kelengkapan surat keterangan yang harus diurus polisi. Apabila Kamu memilih opsi yang satu ini, sebaiknya bersiap menghubungi pihak kepolisian untuk memperoleh surat pelacakan IMEI.

Terkait:  Cara Cek Samsung Asli

Selain itu, Kamu juga bisa memberitahukan dan menghubungi anggota keluargamu bersama rekan-rekan tentang Hp yang hilang. Pihak pencuri juga pastinya akan mengganti provider baru di Hp yang telah dicurinya atau mereka akan mematikan Hp. Sehingga kemungkinan provider hanya bisa melacak posisi terakhir ketika kartu SIM kamu masih terpasang di Hp.

Cara Melacak Handphone Dengan Aplikasi

Selain cara melacak handphone dengan IMEI, Kamu juga bisa menggunakan cara pelacakan HP dengan beberapa aplikasi di android berikut ini :

1. Tutorial Melacak Hp Android Dengan Google Find My Device

Google memang bekerja sama dengan perangkat android untuk memanjakan para penggunanya dalam mengakses berbagai aplikasi Google itu sendiri. Salah satunya aplikasi yang bisa membantu melacak keberadaan HP selaincara melacak handphone dengan IMEI. Kamu bisa menggunakan aplikasi Google Find My Device. Untuk menemukan ponsel android yang hilang memakai Google Find My Device, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka web Google Find My Device di Hp android yang nantinya akan menampilkan lokasi smartphone dan peta,
  • Aplikasi yang satu ini memberikan 3 pilihan yang dapat Kamu lakukan diantaranya dapat mengamankan Hp, menghapus data dan membunyikan suara/audio.
  • Silahkan pilih opsi untuk mengamankan HP dengan cara mengklik pilihan Secure Device.
  • Ponselmu akan terkunci secara langsung dan akan melakukan sign out secara otomatis pada akun Google, namun Kamu tetap bisa melacak ponselmu walaupun sudah sign out.
  • Silahkan cari lalu temukan Hpmu berdasarkan informasi yang telah ditampilkan pada peta.
  • Jika Kamu sudah tiba di lokasi yang telah ditunjukkan peta, ketuk Play Sound agar membuat ponselmu berbunyi lalu cari tahu posisi keberadaan Hpmu.
  • Kamu juga bisa memakai pilihan Erase Device jika ingin menghapus seluruh data HP dalam kondisi terdesak.
Terkait:  Cara Cek IMEI

2. Tutorial Melacak iPhone Dengan Find My iPhone

Selain bagi pengguna android, Kamu juga bisa melacak posisi iPhone yang dicuri dengan menggunakan aplikasi serupa, hanya saja khusus untuk pengguna iPhone. Sebagai catatan, aplikasi tersebut hanya dapat dipakai oleh pengguna iPhone dengan iOS 5 ke atas dan Kamu bisa menginstal aplikasi bernama Find My iPhone. Setelah itu, simak panduan cara melacak iPhone dengan Find My iPhone berikut :

  • Silahkan kunjungi lalu login ke web iCloud.
  • Selanjutnya login memakai Apple ID milikmu.
  • Klik opsi “Find My iPhone”, dimana nantinya akan terhubung secara otomatis untuk melacak posisi serta lokasi iPhone itu sendiri memakai koneksi internet dengan cara akurat.
  • Apabila iPHone Kamu sedang tidak terhubung pada internet, Kamu bisa mencoba mengaktifkan opsi menerima email demi melacak lokasi yang ada di peta.
  • Setelah itu, iPhone pun akan memberikan berbagai pilihan, diantaranya mengirimkan pesan, menderingkan suara, menghapus seluruh data pribadi dan mengunci iPhone dalam jarak jauh.

Itulah cara melacak iPhone dan android memakai aplikasi yang bisa diunduh di tiap-tiap perangkat.

Untuk cara melacak handphone dengan IMEI sendiri memang prosesnya cukup rumit. Tidak hanya berbelit-belit saja, Kamu juga memerlukan kerjasama dari berbagai pihak. Mulai dari pihak kepolisian serta operator seluler karena database IMEI untuk tiap HP yang dipakai terhubung pada kartu SIM.

Related posts