Cara Merawat Kura Kura Brazil

  • Whatsapp

Kura kura brazil adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai. Ukurannya imut dan memiliki pesona yang unik karena bisa menimbulkan kesan yang lucu ketika bergerak. Inilah alasan kenapa banyak orang mencari panduan cara merawat kura kura brazil.

Kelebihan Kura Kura Brazil

Kura kura brazil bernama latin Trachemys Scripta kerap disandingkan bersama ikan cupang untuk menghiasi dan melengkapi aquarium. Jenis kura kura dari Amerika Serika tini memiliki kemampuan hidup hingga 20 tahun lamanya di alam bebas, sementara di dalam penangkaran sendiri bisa hidup sampai 2 kali lipat.

Sebelum Kamu mengetahui cara merawat kura kura Brazil, Kamu harus tahu bahwa kura kura ini memiliki beberapa kelebihan dan fakta menarik, berikut ini :

1. Termasuk Reptil Cerdas

Kura kura brazil sebenarnya termasuk reptil cerdas. Apabila dibandingkan dengan kucing atau anjing sebagai hewan mamalia, memang tingkat kecerdasan pada kura kura tidak sama. Namun ternyata, kura kura brazil tergolong sejenis reptil dengan tingkat kecerdasan tinggi. Kura kura identik akan gerakannya yang sangat lambat, namun ternyata berbeda dari yang kita bayangkan.

Pasalnya reptil ini bia mengenali pemiliknya dengan baik. Di samping itu, jenis kura kura brazil juga bisa mengendalikan bagian otot mata mereka seperti halnya manusia. Reptil yang satu ini adalah satu-satunya jenis reptil yang mempunyai kemampuan pandangan yang terbaik jika dibandingkan reptil yang lainnya. Sebab kura kura ini mempunyai pandangan ke samping dan ke depan, sehingga membuatnya memiliki kemampuan penglihatan yang mirip seperti mamalia.

Terkait:  Cara Merawat Kolam Renang

2. Sejenis Hewan Purba

Berdasarkan beberapa sumber, telah ditemukan situs penggalian fosil di Tennessee Timur. Pasalnya diduga ada fosil yang telah berusia sekitar 5,5 juta tahun dan merupakan kerabat kura kura brazil. Selain itu, penemuan ini membuka jalan bagi studi fauna dalam menemukan jawaban terkait alasan kenapa jenis kura kura ini bisa beradaptasi di alam dengan baik.

3. Sejenis Hewan Soliter

Jenis kura kura brazil termasuk hewan yang memiliki sifat penyendiri atau soliter, sama seperti reptil pada umumnya. Walaupun bisa dibilang soliter, namun kura kura jenis ini akan bergerombol dan berkumpul saat musim kawin udah tiba.

Reptil ini di alam liar tak akan jauh berkelana layaknya binatang soliter lainnya. Ketika musim kawin sudah tiba, biasanya usia kematangan seksual pada kura kura betina berada di atas 5 tahun. Sedangkan usia kematangan kura kura jantan di usia sekitar 2-3 tahun.

Cara Merawat Kura Kura Brazil

Cara Merawat Kura Kura Brazil
Panduan Merawat Kura Kura Brazil

Panduan Merawat Kura Kura Brazil

Jika Kamu tertarik dengan kura kura brazil, ada beberapa tips dan cara merawat kura kura brazil dengan baik yang bisa Kamu ikuti di bawah ini :

1. Persiapkan Kolam atau Akuraium dengan Ukuran yang Sesuai

Persiapkan kolam maupun akuarium tempat tinggal kura kura sesuai dengan ukuran dari kura kura itu sendiri. Suhu air yang baik untuk kura kura berkisar 20-28oC. Temperatur air terlalu dingin dapat mengakibatkan hewan ini gampang terkena penyakit paru-paru. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa jika kura kura sudah terpapar penyakit akan sulit mengobatinya.

2. Memperhatikan Kualitas Air Bagi Kura Kura

Air yang sudah berganti warna atau keruh pada kolam/akuarium tempat tinggal kura kura, sebaiknya langsung diganti. Karena kondisi air kurang bersih bisa menyebabkan kura kura akan lebih gampang terkena penyakit. Ini penting sekali dalam cara merawat kura kura brazil.

Terkait:  Cara Merawat Bunga Matahari

Tekstur kotoran lebih padat dibandingkan jenis ikan hias apapun membuat kolam kura kura lebih gampang kotor, tapi Kamu bisa mengatasinya dengan memakai filter air. Tujuannya supaya kondisi air bisa lebih bersih.

3. Memberi Pakan Beragam

Cara merawat kura kura brazil lainnya ialah Kamu bisa memberikan pakan yang beragam pada kura kura. Jadi jangan hanya pemberian pakan pelet setiap hari saja. Kamu juga bisa memberinya buah buahan, sayuran dan binatang lunak, baik itu cacing tanah maupun ikan kecil.

Sebelum pemberian pakan, sebaiknya bersihkan pakan terlebih dahulu. Terutama bagi anak kura kura, sebaiknya beri pakan kura kura yang sebelumnya sudah dipotong berukuran kecil di dalam air.

4. Perhatikan Suhu Ideal dalam Kandang Kura Kura

Biasanya ukuran kecil kura kura brazil membuatnya tak tahan berada di lingkungan suhu ekstrem. Kamu harus tahu bahwa kondisi ideal bagi kura kura brazil berukuran mungil sekitar 20-27oC. Adapun jika ingin menjaga kondisi pada kulit kura-kura agar terbebas dari paparan jamur, Kamu bisa menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Kamu bisa menjemurnya selama 1 jam di pagi hari. Selain itu, pastikan untuk menjemurnya hanya di musim terik saja, dan jangan menjemurnya saat hujan atau mendung.

5. Membersihkan Cangkang Kura Kura

Jika Kamu ingin merawat kura kura brazil dengan baik, Kamu harus membersihkan cangkangnya secara rutin. Cara merawat kura kura brazil ini sangat penting, mengingat cangkang bagi kura kura merupakan aset terpenting untuk kura kura. Sebab cangkang adalah pelindung satu-satunya yang tidak bisa tergantungan.

Adapun cara membersihkannya yaitu, Kamu tinggal membersihkan cangkang memakai sikat halus setidaknya 2 minggu sekali agar terhindar dari lumut.

Terkait:  Cara Merawat Hamster Syrian

6. Pemberian Suplemen Khusus

Cara merawat kura kura brazil berikutnya ialah Kamu harus memberikan suplemen khusus. Sama seperti manusia, untuk tetap menjaga kesehatan hewan peliharaann ini, Kamu harus memberinya suplemen khusus kura kura. Tujuannya agar kekebalan tubuhnya tetap terjaga, tidak gampang sakit bahkan bisa berumur panjang.

7. Menjaga Agar Lingkungan Kura Kura Tetap Bersih

Kamu juga harus menjaga kondisi lingkungan kura kura supaya tetap bersih, misalnya saja dengan rutin membersihkan akuarium serta mengganti airnya. Sebab lingkungan hidup  kurang baik pada kura kura, selain bisa menimbulkan bakteri atau patogen berbahaya tumbuh, juga dapat menimbulkan bau kurang sedap. Hal ini berpotensi menyebabkan penyakit pada kura kura yang Kamu rawat.

8. Menjaga Supaya Kura Kura Tidak Gampang Stress

Kondisi stress pada kura kura bisa membuat hewan ini menjadi kurus sebab mereka tak akan nafsu makan hingga beberapa hari ke depan. Biasanya hal tersebut dikarenakan kura kura harus beradaptasi di lingkungan yang baru. Selain itu, ada beberapa faktor penyebab hewan ini mengalami stres, diantaranya :

  • Kura kura baru dibeli dari penjualnya.
  • Makanan yang Kamu berikan kurang cocok dengan kura kura.
  • Harus beradaptasi dengan lingkungan atau kandang yang baru.
  • Kurang mendapatkan asupan sinar matahari.
  • Memberi buah uahan terlalu banyak.
  • Kondisi air yang kurang bersih.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat kura kura kesayanganmu menjadi stres. Tugasmu adalah jangan biarkan kura kura stres dan minimalkan resiko penyebab di atas agar kura kura tidak stres.

Itulah 8 langkah cara merawat kura kura brazil yang dapat Kamu ikuti agar kura kura brazil tumbuh sehat dan baik. Pastikan Kamu mengikuti perawatan di atas, karena memang cukup mudah dilakukan tanpa memerlukan pelatihan apapun.

Related posts