Cara Cek IMEI

Bagaimana cara cek IMEI? Ya, sebagian besar pengguna smartphone tentu familiar dengan istilah IMEI. Istilah ini sering kita dengar, terutama ketika kita hendak membeli Hp baru. IMEI penting sekali peranannya bagi Hp yang kamu beli. Tapi, kebanyakan orang belum memahami fungsi IMEI itu sendiri.

Dengan banyaknya aksi pencurian Hp saat ini membuat kode IMEI sendiri mempunyai peran yang tak bisa dianggap remeh. Sebab IMEI mempunyai berbagai macam data terkait ponsel. Namun sebelum kita membahas cara cek IMEI, sebaiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan IMEI?

Apa Itu IMEI?

Walaupun sudah sering dijumpai pada perangkat ponsel, namun pada kenyataannya tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui IMEI.

IMEI bisa diibaratkan seperti KTP/ID Card, sehingga setiap ponsel mempunyai IMEI yang diluncurkan oleh vendor, yang mana nomor IMEI ini bisa juga dipakai untuk berbagai tujuan.

Jika Kamu membeli HP baru, maka Kamu bisa melihat IMEI pada beberapa bagian, baik itu pada baterai, kotak perangkat, atau dalam box HP yang baru dibeli.

IMEI sendiri adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu nomor identitas yang dikeluarkan secara khusus oleh asosiasi GSMA/GSM untuk setiap slot sim card GSM yang diluncurkan oleh produsen smartphone.

Mengingat dikeluarkan pada tiap slot SIM Card, maka ponsel yang mendukung SIM Card ganda mempunyai 2 nomor IMEI. Selain itu, setiap nomor IMEI bersifat unik, jadi akan berbeda dengan para pengguna lainnya.

Biasanya nomor IMEI terdiri atas 15-16 digit, yang salah satu dari nomor serinya akan berisi informasi model/tipe Hp.

Apa Saja Fungsi IMEI?

Hal ini seringkali diabaikan para pengguna, dimana nomor IMEI yang terdapat pada HP ternyata tidak hanya sekedar berbentuk kumpulan angka unik saja tetapi juga memiliki peranan yang begitu penting. Berikut fungsi IMEI yang harus Kamu ketahui diantaranya :

1. Dapat Mengetahui Identitas Smartphone

Jika Kamu ingin mencari tahu tentang identitas ponselmu, maka Kamu dapat menggunakan nomor IMEI di Hp untuk mendapatkan identitas Hpmu. Caranya ialah dengan mengunjungi situs resmi pengecekan IMEI di www.imei.info.

2. Untuk Pengecekan Garansi

Fungsi nomor IMEI lainnya ialah untuk mengetahui masa garansi dari Hp yang Kamu miliki. Ini tentu penting sekali bagi yang tertarik membeli smartphone secara online.

Sehingga, Kamu dapat mengecek lebih dulu apakah ponsel yang akan dibeli kondisinya masih baru atau justru Hp bekas.

Baik itu perangkat iPhone atau android, Kamu bisa tetap melakukan pengecekan sisa garansi ponsel langsung di web resmi mereka.

3. Dapat Melacak Ponsel yang Hilang

Selain dapat mencari info tentang perangkat ponsel yang Kamu miliki, fungsi IMEI lainnya pun sangat penting yaitu untuk melacak ponsel yang hilang. Jika Kamu selama ini hanya menggunakan aplikasi pelacak ponsel yang ada di internet, Kamu juga ternyata bisa mengecek ponsel yang hilang memakai nomor IMEI.

Namun untuk melakukannya Kamu tidak dapat melakukan sendiri, tetapi harus menghubungi provider SIM Card yang dipakai dan meminta mereka agar memblokir ponsel yang hilang menggunakan nomor IMEI.

Ya, itulah fungsi IMEI yang wajib Kamu ketahui. Mengingat peranannya yang sangat penting, tentu Kamu juga harus tahu bagaimana cara cek IMEI itu sendiri.

Cara Cek IMEI Perangkat Android

Cara Cek IMEI
Mengecek IMEI

Bagi Kamu pengguna smartphone android, juga bisa menerapkan cara cek IMEI Hp perangkat android, dengan langkah-langkah di bawah ini :

1. Cek IMEI dengan Kode Dial USSD

Cara pertama, Kamu dapat melakukan pengecekan IMEI lewat kode USSD dalam aplikasi dial pada smartphone android. Cara-caranya juga sebenarnya sama seperti ketika mengecek paket kuota internet atau pulsa.

Kamu hanya perlu mengetikkan kode *#06# di aplikasi dial, kemudian secara otomatis muncul pop up berupa nomor IMEI.

2. Cek IMEI Lewat Menu Settings

Cara yang kedua, Kamu dapat mengecek lewat pengaturan di ponsel android agar mendapatkan informasi lebih mendetail. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Buka menu settings di Hp kemudian pilih “Tentang Ponsel”.
  • Setelah itu pilih “Status” kemudian pilih “Informasi IMEI”.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan informasi berupa nomor IMEI dengan lengkap. Apabila ponselmu mempunyai dual SIM Card, akan terdapat 2 nomor IMEI yang terdapat di layar.

3. Cara Cek IMEI Lewat Fisik Hp

Cara ketiga, Kamu bisa cek kode IMEI lewat fisik ponsel yang umumnya terdapat di bagian bodi ponsel, bisa berupa sticker ataupun yang terpampang di bodi Hp secara langsung.

Untuk perangkat android yang tipe baterainya removable atau dapat dilepas-pasang, Kamu dapat melihatnya ketika melepaskan baterai Hp.

Sedangkan pada tipe Hp yang baterainya berjenis non removable pada umumnya, biasanya Kamu bisa melihat kode IMEI tertera di bagian belakang bodi ponsel.

Cara Cek IMEI di HP Samsung

Bagi pengguna ponsel Samsung, Kamu dapat melakukan pengecekan IMEI ponsel Samsung lewat menu pengaturan. Adapun cara selengkapnya ialah berikut ini :

  1. Langkah pertama, buka menu Settings Hp Kamu, kemudian scroll ke bawah lalu ketuk “Tentang Ponsel“.
  2. Setelah itu, Kamu pun langsung mendapatkan seluruh informasi tentang Hp Samsung, tidak terkecuali nomor IMEI.

Cara ini juga bisa Kamu terapkan pada semua model/tipe smartphone Samsung terbaru. Bagaimana, cukup mudah kan?

Cara Cek IMEI di HP Xiaomi

Sama dengan sebelumnya, bagi pengguna ponsel Xiaomi bisa mengecek IMEI lewat menu Settings di bagian antarmuka MIUI. Adapun caranya sebagai berikut :

  1. Pertama-tama, silahkan masuk ke menu Settings atau Setelan lalu pilih “Tentang Ponsel”.
  2. Selanjutnya scroll layar ke bawah dan pilih “Status”.
  3. Terakhir, Kamu akan ditampilkan informasi tentang IMEI Xiaomi. Kamu akan menerima 2 nomor IMEI, sebab HP Xiaomi biasanya mempunyai 2 slot SIM Card.

Cara cek IMEI pada HP Xiaomi juga berlaku bagi Hp keluaran Cina lainnya, seperti HTC, Honor, Huawei dan yang lainnya. Jadi, Kamu tak perlu khawatir lagi untuk mengetahui nomor IMEI Hp-mu sendiri.

Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI

Lalu, bagi para pengguna iPhone dan perangkat Apple lainnya yang belum tahu bagaimana cara mengecek IMEI iPhone bisa pakai langkah-langkah berikut:

  • Buka kunci iPhone dan posisikan pada standby.
  • Buka menu Telepon / Dial Up.
  • Input dan masukkan kode *#06#
  • Tanpa menekan tombol Panggil, akan langsung muncul nomor IMEI iPhone.
  • Catat IMEI tersebut.
  • Kamu bisa kunjungi http://imei.info dan masukkan IMEI iPhone kamu disana untuk dilakukan pengecekan apakah terdaftar atau tidak.
  • Selesai.

Jika kamu ingin mengetahui IMEI iPhone secara lebih lengkapnya bisa baca di PindahLubang.com ya. Ada banyak cara cek IMEI iPhone yang bisa dicoba sendiri satu per satu.

Cara Cek IMEI Ponsel Bagi Pengguna XL dan Telkomsel

Dalam artikel kali ini, Kami akan membagikan cara cek IMEI Hp bagi para pengguna XL dan Telkomsel. Adapun ulasannya sebagai berikut :

1. Cek IMEI HP Bagi Pengguna XL

Bagi para pengguna provider XL, Kamu dapat mengakses dial up atau panggilan dengan menekan kode *123*817# selanjutnya tekan panggil/telepon/call. Selanjutnya pilih 1. IMEI REGISTRASI, lalu tunggu SMS masuk.

Apabila sudah terdaftar, maka Kamu akan menerima SMS masuk yang bertuliskan “IMEI dan nomor ponselmu sudah terdaftar”.

2. Cek IMEI HP Bagi Pengguna Telkomsel

Bagi pengguna Telkomsel, baik itu Loop, kartu AS, simPATI, maupun kartu Hallo, maka Kamu dapat mengakses dial atau panggilan telepon dengan menekan kode *337# selanjutnya panggil/telepon.

Selanjutnya Kamu bisa memilih 1. Checking IMEI jika ingin melakukan pengecekan kode IMEI di perangkatmu. Selanjutnya beberapa saat sampai Kamu menerima SMS balasan.

Nah, bagaimana sangat mudah mempraktekkannya bukan? Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Kamu semua!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019