Cara Mengecek IMEI Xiaomi

Buat apa sih cek IMEI? IMEI bisa dibilang sebagai identitas sebuah perangkat smartphone. Jadi, pentingnya mengecek IMEI untuk mengetahui keaslian ponsel yang kalian beli. Untuk itu, pencinta Xiaomi juga perlu tahu cara mengecek IMEI Xiaomi agar kalian tidak merasa tertipu!

IMEI (Internatonal Mobile Equipment Identity) itu terdiri dari serangkaian nomor unik, yang menampilkan banyak informasi perangkat yang mungkin tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Di dalam nomor IMEI, terdapat informasi tentang model, merek, serial number, hingga tahum pembuatan.

Read More

HP Xiaomi merupakan HP keluaran dari china yang rawan duplikasi, sehingga kalian sebenarnya bisa menemukan banyak tiruannya yang dijajakan di pasaran. Uniknya lagi, hp Xiaomi tiruan ini dibuat persis seperti yang asli, jadi orang awam akan sulit membedakannya.

Sebagai solusinya, ada nomor IMEI yang bisa dicek untuk mengetahui apakah ponsel tersebut keluaran dari pabrikan Xiaomi asli atau hanya rakitan alias tiruan. Jika kalian merasa informasi cara mengecek IMEI Xiaomi penting, baca terus pembahasannya sampai habis disini!

Cara Mengecek IMEI Xiaomi

Cara Mengecek IMEI Xiaomi
Tutorial Mengetahui IMEI Hp Xiaomi

Jika kalian masih awam soal IMEI, apalagi belum pernah mencobanya sama sekali. Kalian bisa ikuti cara mengecek IMEI Xiaomi saat hendak membeli hp xiaomi atau hanya untuk mengurangi rasa penasaran saja. Berikut tutorialnya :

1. Cek IMEI XIaomi Melalui Situs Online

Ada 3 situs online yang bisa kalian gunakan untuk mengecek nomor IMEI pada HP xiamoi, yaitu melalui situs resmi Xiaomi dan melalui situs Kemenperin (Kementrian Perindustrian). Berikut tutorialnya :

Terkait:  Cara Cek IMEI Xiaomi

Step 1 : Situs Resmi Xiaomi

Situs online yang pertama adalah melalui web resmi Xiaomi. Kalian bisa coba panduannya berikut :

  • Buka browser terlebih dahulu via perangkat PC atau Hp.
  • Selanjutnya pada kolom pencarian browser, ketik nama situsnya yaitu : https://www.IMEI.info/id/phonedatabase/phones-Xiaomi/
  • Di halaman depan dari situs tersebut, pada kolom IMEI, masukan nomor IMEI yang ada pada HP Xiaomi ke kolom isian. Missal : 123456789012346.
  • Setelah mengisi nomor IMEI pada kolom, selanjutnya klik tombol Periksa.
  • Tunggu beberapa saat hingga situs merespon permintaan kalian.
  • Informasi perangkat HP Xiaomi akan disajikan pada halaman informasi.

Step 2 : Situs Kemenperin

Selain melalui situs web resmi Xiaomi, kalian juga bisa mengakses situs web Kemenperin, berikut tutorialnya :

 

  • Buka browser di perangkat hp.
  • Di kolom pencarian ketik nama situs Kemenperin yaitu : https://IMEI.kemenperin.go.id/
  • Di halaman utama dari situs tersebut, silakan masukan nomor IMEI yang terdapat pada HP Xiaomi, lalu masukan pada kolom yang telah disediakan. Contoh : 123456789012346.
  • Kemudian di bagian bawah, klik tombol cari.
  • Tungu beberapa saat hingga situs merespon permintaan kalian.
  • Informasi mengenai perangkat Xiaomi akan disajikan pada layar.

2. Melalui Pengaturan

Cara mengecek IMEI Xiaomi berikutnya bisa melalui menu pengaturan. Untuk step by step-nya, simak tutorial berikut :

 

  • Siapkan HP Xiaomi versi MIUI 7 ke atas yang akan di cek nomor IMEI nya.
  • Selanjutnya masuk pada menu pengaturan.
  • Di menu pengaturan, scroll sedikit ke bawah dan temukan opsi Tentang Ponsel.
  • Klik opsi tentang ponsesl
  • Di halaman selanjutnya, masuk pada opsi Status lalu pilih informasi mengenai nomor IMEI HP Xiaomi.
  • Nomor IMEI akan muncul pada layar informasi.

3. Menggunakan Kode Dial

Penggunaan kode dial bisa dilakukan pada HP xiaomi berbagai versi baik versi lama maupun versi terbarunya, simak penjelasannya di bawah ini :

Terkait:  Cara Cek IMEI

  • Untuk menggunakan kode dial dalam hal pengecekan nomor IMEI tidak memerlukan pulsa sama sekali, yang dibutuhkan adalah sinyal kuat dari provider.
  • Buka menu panggilan pada HP Xiaomi lalu ketik pada dial pad yaitu : *#06#.
  • Tunggu beberapa saat hingga nomor IMEI akan muncul pada layar HP Xiaomi.
  • Catat nomor HP Xiaomi tersebut untuk berbagai keperluan sesuai dengan fungsinya.

4. Melalui Dus Pembelian Hp Xiaomi

Syarat utama jika akan mengecek nomor IMEI pada HP Xiaomi dengan menggunakan kardus adalah harus ada kardus dari HP Xiaomi tersebut. Namun yang paling penting, jangan sampai kardus pembelian kalian tertukar dengan hp Xiaomi lain meskipun seri dan versinya sama. Begini tutorialnya :

 

 

  • Silakan ambil kardus HP Xiaomi milik kalian yang berhubungan dengan perangkat HP Xiaomi yang akan di cek nomor IMEI nya.
  • Lalu, lihatlah di beberapa sudut kardus tersebut untuk menemukan nomor IMEI HP Xiaomi.
  • Jika sudah menemukan nomor IMEI, catat nomor IMEI tersebut.

5. Memakai Mode Engineering

Mode engineering adalah mode lanjutan dari pengaturan HP Xiaomi. Jika ingin mendapatkan nomor IMEI dari cara ini, ikuti tutorialnya :

  • Silahkan buka hp Xiaomi yang akan dicek IMEI-nya, lalu masuk ke pengaturan
  • Lalu masuk Kembali pada opsi Tentang Ponsel.
  • Silakan tekan 5 kali pada pilihan Versi Kernel.
  • Akan muncul tampilan mode engineering lalu di sana akan terlihat nomor IMEI HP Xiaomi yang dimaksudkan yaitu pada menu SW dan HW version.

Sihat beberapa cara di atas, tentu kalian akan langsung mengetahui nomor IMEI dari HP Xiaomi, namun tidak sedikit juga orang yang tidak terlalu memperdulikan noomor IMEI tersebut. Karena itu, kalian harus tahu apa saja fungsi dari nomor IMEI.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

Apa Saja Fungsi Nomor IMEI?

Jika kalian masih penasaran dengan nomor IMEI, dan pentingnya cara mengecek IMEI Xiaomi, simak fungsi nomor IMEI berikut :

1. Tahu Masa Garansi Hp

Masa garansi ini sangat penting, baik pada hp baru maupun hp second. Karena dengan adanya garansi, maka segala kerusakan yang diakibatkan oleh malfungsi dari sistem HP akan digratiskan. Kecuali jika kerusakannya disebabkan kesalahan penggunanya.

Umumnya untuk masa garansi adalah 1 tahun sejak pembelian dari perangkat HP tersebut. Melalui nomor IMEI ini, kalian bisa langsung mengetahui masa garansi, apakah masih berlaku atau tidak.

2. Melacak Hp

Fungsi selanjutnya bisa membantu mencari HP yang hilang dengan cara melacaknya. Namun yang perlu kalian ketahui adalah jika ingin menggunakan nomor IMEI untuk mencari HP yang hilang.

Untuk melacaknya, biasanya diperlukan bantuan dari pihak provider dari kartu seluler yang digunakan. Dengan demikian, posisi hp yang hilang akan langsung terlihat dan bisa ditemukan segera.

3. Sebagai Pembeda

Untuk fungsi yang satu ini tentu saja semuanya sudah tahu, mengingat nomor IMEI setiap perangkat unik jadi bisa berperan sebagai pembeda atau identitas. Selain itu, pada informasi IMEI juga sudah dijelaskan secara detail terkait keterangan lengkap ponsel itu sendiri.

Fungsi ini juga berkaitan dengan tingkat keaslian hp. Jika kalian jeli melihat indormasi yang tertera dari nomor IMEI. Kalian bisa memastikan apakah HP tersebut adalah HP asli atau HP tiruan, sehingga bisa meminimalisir aksi penipuan.

Itulah cara mengecek nomor IMEI HP Xiaomi yang sudah dijelaskan di atas yang bisa kalian lakukan. Melalui metode di atas, kalian bisa mengetahui apakah hp yang akan dibeli layak ataukah tidak untuk kalian pilih. Sehingga tidak akan tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

.

Related posts