Cara Cek Listrik Gratis

Bagaimana cara cek listrik gratis? Ya, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, perusahaan PLN menerima instruksi langsung dari Pemerintah agar memberikan layanan token listrik gratis untuk para pelaggan sesuai BDT-TNP2K atau Data Terpadu Tim Nasuinal Percepatan Penggulangan Kemiskinan.

Tarif listrik gratis ini juga yang awalnya diberikan secara berturut-turut hingga 3 bulan, yaitu mulai dari bulan April, Mei hingga Juni 2020. Akan tetapi, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pihak Pemerintah pun memperpanjang masa berlaku tarif listrik gratis hingga awal November ini.

Lalu, Apa Saja Persyaratan Dapat Listrik Gratis?

Adapun tarif listrik gratis ini diberikan untuk pelanggan PLN yang memakai daya 450 VA. Akan tetapi, pasalnya pemerintah juga telah memberikan potongan harga 50% untuk para pengguna daya 900 VA bersubsidi.

Lalu, adakah persyaratan mendapatkan layanan listrik gratis dari pemerintah ini? Ya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan layanan token listrik gratis, diantaranya :

1. Golongan Tertentu

Tarif listrik gratis dari pemerintah Indonesia  berlaku hanya diperuntukkan pada golongan pelanggan yang menggunakan kapasitas daya listrik 450 VA (Volt Amere).

Menurut data dari PT.PLN mencatat ada sebanyak 24 juta pelanggan daya 450 VA yang digolongkan sebagai masyarakat menengah ke bawah.

2. Pengguna Daya 90VA Mendapat Subsidi 50%

Tidak hanya berlaku bagi pengguna daya 450 VA saja, tetapi pelanggan PLN yang juga menggunakan daya listrik 900 VA akan diberikan subsidi potongan pembayaran hingga 50%. Data PLN mencatata bahwa pelanggan yang mempunyai daya sebesar 900 VA terdapat 7 juta pelanggan.

Akan tetapi, perlu Kamu ketahui bahwa tak semua pelanggan yang memakai daya 900 VA dapat memperoleh potongan diskon. Dimana potongan diskon listrik sebesar 50% ini hanya berlaku bagi pelanggan yang memakai daya 900 VA dengan kategori bukan Rumah Tangga Mampu atau RTM.

Oleh karena itu, hanya sebagian dari pelanggan pengguna daya 900 VA saja yang bisa mendapatkan potongan diskon.

Mekanisme Pemberian Listrik Gratis dan Diskon Selama 3 Bulan

Adapun mekanisme pemberian listrik gratis untuk pelanggan PLN pengguna daya listrik 450 VA mereka bisa mendapatkan keringanan biaya secara gratis hingga 3 bulan secara berturut-turut.

Kemudian bagi pelanggan PLN pra bayar pengguna daya 450 VA, akan diberikan gratis token listrik setiap bulan. Adapun token listrik gratis ini akan diberikan dengan besaran penggunaan tertinggi selama 3 bulan terakhir.

Lalu, bagi pelanggan yang menggunakan daya 900 VA reguler, akan diberikan potongan 50% dari total biaya penggunaan serta biaya beban.

Sementara bagi pelanggan prabayar 900 VA, pihak pemerintah memberikan layanan token listrik dengan potongan 50% dari jumlah penggunaan tertinggi selama 3 bulan.

Cara Cek Listrik Gratis Selama 3 Bulan

Cara Cek Listrik Gratis
Cek Listrik Gratis dari Pemerintah

PT. PLN sendiri sudah mengumumkan cara cek listrik gratis dan cara mendapatkannya. Selain itu, cara ini juga berlaku untuk pemberian keringanan tarif listrik untuk pelanggan pengguna daya listrik 900 VA bersubsidi.

Selain itu, berdasarkan keterangan resmi dari PLN menyebutkan jika pelanggan pasca bayar berdaya 450 VA akan secara otomatis mendapatkan pembebasan tarif tagihan listrik di bulan April, bulan Mei hingga Juni 2020.

Berikut cara cek listrik gratis serta cara mendapatkannya, diantaranya :

Cara Mendapatkan Token Gratis via Web Resmi PLN

Jika ingin mengecek dan mendapatkan token listrik gratis dari pemerintah, Kamu bisa memanfaatkan situs resmi dari PLN. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka website PLN di www.pln.co.id, bisa juga di alamat : layanan.pln.co.id.
  • Setelah itu, silahkan pilih opsi pencarian di situs tersebut dengan memasukkan “Identitas Pelanggan” lalu klik “Cari”.
  • Jika sudah, langsung muncul pop up yang menginformasikan apakah Kamu layak mendapatkan token listrik gratis ataukah tidak.
  • Jika iya, selanjutnya akan terlihat kode token listrik gratis sesuai dengan ID Pelanggan.

Cara Cek Listrik Gratis dan Cara Mendapatkannya Via WhatsApp

Selain menggunakan website resmi PLN, Kamu juga bisa mengecek listrik gratis dengan memakai aplikasi perpesanan WhatsApp. Berikut langkah-langkah yang harus Kamu tempuh :

  • Simpan terlebih dahulu nomor layanan PLN di phone book-mu dengan nomor : 0812-2123-3123.
  • Silahkan buka aplikasi perpesanan WhatsApp di perangkat ponselmu.
  • Jika sudah, silahkan buka chat ke nomor WhatsApp yang sudah Kamu simpan sebelumnya.
  • Lalu ketikkan di chat WA “Listrik Gratis” berikut Nomor Meter/ID Pelanggan.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai ada balasan kode token listrik gratis.
  • Selanjutnya Kamu tinggal menginputkan kode token listrik tersebut ke dalam meteran sesuai dengan ID Pelanggan.

Cara Cek Listrik Gratis dan Cara Mendapatkannya di Aplikasi PLN Mobile

Cara cek listrik gratis yang tak kalah mudah dan praktis lainnya ialah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile di perangkat smartphone-mu. Kamu bisa mencoba langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi App Store bagi pengguna iPHOne, atau aplikasi Google Play Store bagi pengguna android.
  • Jika sudah, silahkan cari aplikasi bertuliskan “PLN Mobile” di kolom pencarian aplikasi App Store/Google Play Store.
  • Selanjutnya jika sudah ketemu, Kamu bisa langsung download aplikasi tersebut, tunggu sampai unduhan selesai.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan melakukan instalasi aplikasi PLN Mobile di HP-mu.
  • Nah, kini Kamu sudah memiliki aplikasi PLN Mobile yang terpasang di smartphone-mu.
  • Silahkan buka aplikasi PLN Mobile, kemudian lanjutkan dengan menginputkan ID Pelanggan pada menu yang telah tersedia.
  • Lalu Kamu pun akan langsung mendapatkan kode token listrik gratis.
  • Jika sudah, selanjutnya masukkan kode token tersebut ke dalam meteran listrik di rumahmu.

Cara-cara di atas dapat Kamu ikuti untuk mendapatkan layanan listrik gratis selama 3 bulan berturut-turut. Lalu, bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis selama bulan November 2020?

Cara Cek Listrik Gratis November 2020

Subsidi listrik gratis dari Pemerintah kembali diberikan di bulan November 2020. Dimana subsidi tersebut diharapkan bisa menstimulis perekonomian warga atau masyarakat selama masa pandemi Covid-19 belum berakhir.

Adapun pemberian subsidi listrik gratis di bulan November sendiri masih berlaku bagi para pelanggan PLN prabayar golongan rumah tangga B1/450VA, R1/450VA dan I1/450VA. Sementara, potongan tarif listrik 50% sendiri ditujukan pada para pelanggan PLN prabayar golongan rumah tangga R1/900VA.

Adapun cara mendapatkan token listrik secara gratis di bulan November 2020 melalui web resmi www.pln.co.id. ialah sebagai berikut :

  1. Silahkan buka web resmi PLN lewat tautan https://portal.pln.co.id
  2. Masuk ke halaman utama web, silahkan klik menu Stimulus Covid-19 (Diskon/Token Gratis)
  3. Selanjutnya Kamu akan diminta mengisi Nomor Meter/ID pelanggan di kolom identitas pelanggan pada menu pencarian.
  4. Silahkan inputkan kode captcha dan klik “Cari”.
  5. Sesudah itu, akan ada tampilan baru menunjukkan diskon atau token gratis.
  6. Kamu hanya perlu memasukkan token listrik diskon atau gratis ke meteran menyesuaikan ID pelanggan.

Nah, itulah panduan cara cek listrik gratis dan cara mendapatkan token listrik gratis sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang sudah Kami ulas di atas.

Bagi yang masih belum mendapatkan gratis token listrik, tentu jangan berkecil hati. Tetap berdoa agar pandemi Covid-19 yang kita alami saat ini segera berakhir. Sehingga tidak mengganggu kualitas hidup sekaligus perekonomian kita semua. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019