Cara Kerja Meesho

  • Whatsapp

Selain TikTok yang kini sudah sangat menjamur, ada sebuah aplikasi lain bernama aplikasi Meesho yang mendapatkan popularitas belakangan ini. Tapi sayangnya, Meesho belum terlalu viral di Indonesia karena mungkin kalah bersaing dengan beberapa platform jual beli lainnya. Eits tapi itu bukan alasan untuk tidak mencari tahu cara kerja meesho yang sangat viral di India dan Korea Selatan ini. Yuuk cekidot!

Cara Kerja Meesho

Cara Kerja Meesho
Cara Kerja Meesho

Aplikasi yang satu ini dikenal sebagai platform jual beli dengan pendekatan sosial di mana pengguna dapat menjual kembali produk yang disediakan oleh organisasi. Hebatnya lagi, Meesho kini telah menjadi bagian dari WhatsApp Business dengan fitur katalog yang sangat lengkap.

Read More

Dengan tingkat animo online yang tinggi, banyak pengguna di seluruh dunia kini mulai bertanya-tanya tentang apa itu aplikasi Meesho dan bagaimana cara kerjanya. Kalau kamu juga bertanya-tanya tentang hal yang sama, maka jangan khawatir, artikel ini telah menyiapkan semua yang perlu kamu ketahui tentang cara kerja Meesho.

Apa Itu Aplikasi Meesho?

Aplikasi Meesho, yang tersedia di Google Play Store dan iOS App Store, memungkinkan siapa saja untuk memulai bisnis mereka tanpa investasi. Aplikasi ini adalah salah satu platform jual beli dengan skema sosial terbesar, terutama di India di mana siapa pun dapat memulai bisnis online mereka.

Hal yang perlu dilakukan pengguna hanyalah menjual kembali produk Meesho ke kontak mereka. Dalam realitanya, aplikasi ini banyak diminati oleh para pengusaha wanita, ibu rumah tangga, mahasiswa, pemilik toko, ahli kecantikan, pedagang grosir.

Terkait:  Cara Kerja Online Shop

Kemudahan dalam bertransaksi di apliasi Meesho juga diimbangi platform ini dengan berbagai fitur diantaranya:

  • Katalog Bisnis WhatsApp
  • Share katalog ke aplikasi sosial apa pun dengan mudah
  • Pendapatan melalui referral
  • Bonus di setiap penjualan ekstra
  • Komisi untuk setiap penjualan
  • Opsi filter
  • COD dan ketersediaan pembayaran online

Bagaimana Prinsip Cara Kerja Aplikasi Meesho?

Berbeda dengan Tokopedia yang mengikuti pakem martketplace standar, Meesho sebagai platform jual beli dengan menitikberatkan jaringan sosial memiliki berbagai macam produk dan layanan yang tersedia bagi pengguna untuk dijual kembali ke berbagai pelanggan.

Aplikasi ini memiliki berbagai pemasok yang memposting produk mereka secara online. Seorang pengguna harus membagikan katalog mereka kepada teman, keluarga, atau orang lain di berbagai platform sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter dan menghasilkan penjualan.

Dengan Aplikasi Meesho, kamu dapat memperoleh komisi untuk setiap pesanan. Kamu juga bisa mendapatkan bonus dari organisasi ini setelah menyelesaiakn penjualan ekstra. Selain itu, pengguna juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan uang dengan merujuk Aplikasi Meesho kepada orang lain yang ingin memulai bisnis mereka.

Berbicara tentang isi katalog, produk dan layanan yang tersedia di platform Meesho cukup beragam. Barang-barang dan benda yang dipasarkan biasanya berbentuk pakaian, aksesoris, gadget, dan beberapa produk lainnya.

Skema Bisnis Model Meesho

Meesho saat ini memiliki organisasi pekerja dengan 750 karyawan dan berfokus pada 20 juta pengecer hingga tahun 2020. 50% sasaran pasar Meesho berasal dari tingkatan ketiga dan keempat dengan catatan laba mencapai 65% dari total penjualan. Perusahaan ini mengklaim telah hadir di sekitar seribu kota di dunia dan memfasilitasi reseller untuk mulai mempromosikan produk tanpa modal dan dari mana saja.

Terkait:  Cara Kerja Kereta Maglev

Sebagai pengecer, pengguna perlu menawarkan produk yang telah diindeks di aplikasi Meesho di sekitar komunitas mereka melalui sistem media sosial. Keuntungan akan diperoleh dalam bentuk bonus yang didapatkan secara teratur dengan basis penjualan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada cukup banyak produk untuk dipilih para reseller, dan lebih hebatnya lagi, para pengguna Meesho tidak perlu memikirkan logistik, pembayaran, dan pengiriman produk yang telah mereka jual. Faktor cara kerja Meesho yang satu ini lah yang menjadi daya tarik dari skema bisnis yang ditawarkan.

Detail Informai Mengenai Meesho

Selain beberapa informasi di atas ada segelintir detil tentang cara kerja Meesho yang juga perlu untuk diperhatikan. Berikut diantaranya:

Komisi
Sama seperti Amazon, Meesho juga menghasilkan uang dengan fee foundation yang juga bisa berkisar antara 10-20 ribu tergantung kelas produknya.

Logistik
Biaya pengiriman Meesho saat ini tampak menjadi tanggungan utama perusahaan dan Meesho juga mengakui bahwa mereka sedang berusaha untuk menekannya dengan cara yang efektif dimana penggunaan teknologi logistik terbaru diperkikaran akan memperbesar margin keuntungan dari tiap penjualan.

Sistem Peringkat
Beriringan dengan tumbuhnya berbagai dealer di platform tersebut, Meesho memilih untuk mendorong produk mereka melalui skema media sosial dimana tiap reseller dianjurkan untuk mengunggah sirkulasi penjualan untuk meningkatkan trafik data.

Data
Seperti yang kita semua sadari dalam catatan internasional hari ini, data sama berharganya dengan minyak dan hal ini memberikan Meesho tempat yang ideal untuk menjadi marketplace terbesar di masa depan.

Pendanaan dan Valuasi
Meesho telah mengumpulkan funding sebesar $215 dan disponsori melalui salah satu dari setiap perusahaan venture terbaik seperti YC, Facebook, Naspers, Sequoia, Shunwei Capital dan SAIF Partners.

Terkait:  Cara Kerja pH Meter

Melihat skala ekspansinya yang telah jauh melebar di pasar Asia Barat, rasanay pantas untuk ditunggu apakah Meesho akan segera viral di Tanah Air.

Related posts