Cara Hapus Akun Tokopedia

Cara hapus akun Tokopedia sebenarnya tidaklah sulit. Para pengguna atau pemilik akun yang tak lagi ingin menggunakan tokopedia untuk kegiatan belanja online mereka. Sebagaimana kita tau, tokopedia sendiri memang dikenal sebagai salah satu layanan e-commerce yang paling populer, dan banyak digunakan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan produk ataupun belanja kebutuhan lain secara online.

Karena, kita bisa menemukan beragam jenis produk di tokopedia, sesuai dengan kategori yang tersedia didalamnya. Adapun untuk beberapa produk yang kita cari, pastinya memiliki ragam harga dan juga varian produk dari para seller atau penjual yang menjajakkan produk mereka lewat tokopedia.

Dan gak cuma itu aja, dengan menggunakan tokopedia, kita bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan produk virtual kita. Mulai dari pembelian pulsa, paket data, bayar listrik, atau bahkan yang lainnya.

Itulah mengapa, banyak orang yang memilih layanan tokopedia, karena selain mudah untuk digunakan, tokopedia juga memberikan banyak layanan yang sangat membantu para pengguna dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Belum lagi dengan banyaknya promo, diskon, dan juga penawaran menarik lainnya seperti Gratis Ongkos Kirim, sistem pembayaran dengan metode COD, serta juga cashback ketika berbelanja dengan nominal tertentu, yang nantinya akan masuk kedalam OVO points, dan bisa digunakan untuk berbelanja.

Walaupun demikian, kadang ada saja pengguna yang justru memilih untuk menghapus akun tokopedia mereka.

Tentunya, ada beragam alasan yang menguatkan mereka untuk melakukan hal ini. bisa saja akun yang mereka daftarkan sudah lagi tak bisa di edit baik dari detail alamat, dan juga nomor telpon yang sudah tak lagi aktif, kemudian bisa saja ketika pengguna ingin berpindah akun dari ponsel lama ke ponsel baru, mereka tidak mengingat data login yang digunakan.

Belum lagi mungkin ada beberapa pengguna tokopedia yang mudah merasa ‘kalap’ ketika mereka menggunakan tokopedia, atau sering dikenal dengan lapar mata dan mudah untuk membeli produk yang ada di tokopedia namun tidak memikirkan budget ataupun kondisi keuangan mereka.

Maka dari itulah, pengguna lebih memilih menggunkan cara hapus akun tokopedia, agar setidaknya mereka bisa lebih mengontrol diri, ketika mereka membuka tokopedia.

Adapun beberapa cara hapus akun tokopedia bisa dilakukan dengan beberapa cara yang masih terbilang mudah.

Cara Hapus Akun Tokopedia

Cara Hapus Akun Tokopedia
Hapus Akun Tokopedia

Cara Hapus Akun Tokopedia Lewat Bantuan CS Tokopedia

Pertama tama, disini kita akan menggunakan cara yang paling sederhana. Dan cara yang paling efektif untuk kamu bisa menghapus akun tokopedia adalah dengan menghubungi pihak CS dari tokopedia itu sendiri. Caranya juga gampang banget kok.

  • Buka situs berikut ini https://www.tokopedia.com/help/article/st-1003-apakah-saya-dapat-menghapus-akun-tokopedia baik dari perangkat komputer, laptop, ataupun smartphone kalian
  • Setelah itu, scroll kebagian paling bawah, dan kemudian tekan tombol ‘Tulis Kendala’
  • Nantinya, kamu akan diarahkan ke laman dimana kamu bisa menuliskan masalah dan keinginanmu untuk menutup akun tokopedia.
  • Kamu bisa menuliskan detail berupa Alasan lengkap dan jelas, mengapa kamu ingin menutup akun tokopedia, dan jangan lupa untuk wajib mencantumkan data diri berikut
    • FOTO KTP (bukan hasil scan atau fotocopy) yang terdaftar di tokopedia (harus sesuai)
  • Jadi, ada 2 elemen penting yang tak bisa kamu lupakan. Karena jika salah satunya terlupa, maka penghapusan akun tokopedia tidak akan bisa dilakukan.

Jika sudah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, maka selanjutnya kamu tinggal mengklik tombol ‘kirim’ dan nantinya pihak tokopedia care akan menghubungi kalian, serta memprosess penutupan akun yang kamu minta.

Perlu juga untuk diingat, ketika kamu ingin menutup akun tokopedia, kamu sangat disarankan untuk tidak memiliki transaksi yang sedang berjalan karena akan menghambat prosess penghapusan akun kalian.

Nah, cara yang pertama tadi adalah cara yang dikhususkan untuk para pengguna tokopedia yang senang berbelanja. Selain itu, kamu juga bisa melakukan penutupan akun, dengan cara menutup toko untuk para tokopedia seller atau penjual di tokopedia. Caranya adalah

Cara Tutup Akun Tokopedia (Toko) Lewat Komputer Atau Laptop

Cara pertama sudah sangat jelas, disini kamu bisa menggunakan browser untuk mengaksess tokopedia dan melakukan login seperti biasa. Dan untuk mempermudahnya, kita akan menggunakan komputer ataupun laptop, ya.

  • Kunjungi situs tokopedia.com dan login seperti biasa menggunakan akun tokopedia yang mana didalamnya kamu sudah memiliki toko
  • Setelah itu, klik pada menu ‘profile’ dan klik pada opsi ‘pengaturan’
  • Jika sudah, maka selanjutnya kamu bisa mengklik pada opsi ‘pengaturan toko’ di bagian ‘Toko Saya’
  • Lalu, kamu bisa mengatur waktu tutup toko, dan langsung saja klik pada tombol ‘Tutup Sekarang’

Nantinya, secara otomatis tokopedia akan menonaktifkan akunmu paling lama pada pukul 00.00 setelah prosess request penutupan toko dilakukan. Dan jika kamu ingin menutupnya secara permanen, kamu bisa menonaktifkan akun toko tersebut dengan tidak mengupload produk selama lebih dari 90 hari.

Cara Hapus Akun Tokopedia (Toko) Lewat HP

Kemudian pada cara yang kedua, kita akan menggunakan smartphone atau HP, untuk menghapus akun toko yang kita miliki di Tokopedia. Caranya juga gampang banget.

  • Download terlebih dahulu Aplikasi Tokopedia Seller dari Play Store, dan kemudian login dengan menggunakan akun Toko yang ingin kamu tutup
  • Setelah itu, klik pada menu ‘lainnya’ dan gulir kebawah sampai kalian menemukan menu ‘pengaturan’ atau ‘settings’
  • Kemudian, kamu bisa mengklik pada ‘jam buka tutup toko’
  • Lalu, klik pada pilihan tersebut, dan atur waktu untuk tutup toko, dan juga waktu berakhir penutupan toko.

Nah, sama seperti menggunakan komputer tadi, memang sebenarnya untuk menutup akun atau toko dari tokopedia sendiri tidak bisa bersifat permanen. Namun, kamu bisa membiarkan toko tersebut dalam status ‘toko tutup’ dan membiarkannya tetap tidak update selama 90 hari dengan tidak menambahkan produk yang dijual.

Nah, sebenarnya sih selain menggunakan Aplikasi dari Tokopedia Seller, kamu juga bisa menggunakan Aplikasi tokopedia biasa, atau tokopedia yang sering dgunakan untuk para pembeli produk. Hanya saja, cara tersebut bisa dibilang cukup jadi.

Karena satu hal yang membedakan antara tokopedia dan juga layanan e-commerce lainnya adalah, kamu bisa menjadi penjual atau seller dengan menggunakan Aplikasi yang berbeda, namun dengan satu akun tokopedia saja.

Sehingga, hal ini bisa sangat mempermudah pengguna ataupun penjual, agar tidak bingung ketika mungkin mereka ingin memasarkan produk mereka, ataupun ketika mereka mendapatkan pesanan dari produk yang mereka pasarkan.

Dan tentunya, mereka tetap bisa menggunakan akun yang sama tadi, untuk membeli produk dengan nama yang berbeda. Misalnya, Budi memiliki akun di Tokopedia, dan budi ingin membuka toko bernama Toko Budi.

Maka budi bisa membuat tokonya di Tokopedia Seller dengan nama Toko Budi, dan tetap bisa berbelanja di Aplikasi Tokopedia biasa, dengan identitas Budi sesuai yang terdaftar di Aplikasi tokopedia.

Nah, itulah tadi beberapa cara hapus akun Tokopedia yang bisa kamu gunakan sebagai pengguna, ataupun seller. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan selamat mencoba.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi