Cara Hapus Video TikTok

Cara Hapus Video TikTok
Hapus Video TikTok

Bagaimana cara hapus video TikTok? Apakah video yang dihapus TikTok akan hilang secara permanen? Bagaimana langkah langkahnya? Apakah kita bisa menghapus video seseorang yang dibuat dengan cara membalas komentar kita?

Ngomongin tentang TikTok, mungkin sebagian dari kita sudah tak lagi asing ketika mendengar Aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang saat ini sangat banyak digunakan oleh para pengguna gadget mulai dari anak anak, remaja, hingga orang dewasa saat ini, memang dikenal sangat membuat ‘candu’ siapapun yang menginstall Aplikasi tersebut.

Read More

Aplikasi TikTok sendiri awalnya dikenal sebagai salah satu Aplikasi yang mana kita bisa menikmati beragam video dari para konten kreator TikTok, yang biasanya identik dengan ‘joget’ dan juga lagu lagu yang sedikit di remix oleh para pengguna lainnya.

Selain itu, TikTok juga kerap digunakan sebagai salah satu tempat dimana banyak pengguna TikTok yang ingin mencari teman, followers, atau bahkan uang. Karena, dengan banyaknya jumlah followers mereka di TikTok, maka secara otomatis mereka akan lebih mudah mendapatkan promosi ataupun endorsement dari brand ataupun produk yang ingin dipromosikan.

Belum lagi untuk para pengguna TikTok yang sudah memiliki followers diatas 1k. mereka bisa melakukan live streaming di TikTok dan kemudian mendapatkan penghasilan dari para penonton yang memberikan mereka gift, yang nantinya akan dikonversikan dalam bentuk dollar yang bisa ditransfer kedalam akun paypal.

Sebagaimana kita tau, saat ini sendiri ranah sosial media sudah diramaikan dengan beragam video video menarik yang sebenarnya berasal dari TikTok. Karena kembali seperti yang sudah kita jelaskan diatas tadi, video video yang ada di TikTok sendiri sebenarnya sangat beragam. Kamu bisa menemukan konten ‘joget-joget’, edukasi, prank, lucu, duet, stich, atau bahkan yang lainnya.

Namun balik lagi, kadang kala mungkin ada beberapa konten yang mungkin tidak dianjurkan untuk para pengguna dibawah umur, yang seharusnya tidak mereka saksikan. Oleh sebab itu, para pengguna atau pemain TikTok yang mungkin berada dibawah usia 17 tahun, mereka sangat disarankan untuk berada didalam pengawasan orang tua.

Tapi dibalik semua alasan dan penjelasan diatas, tetap saja tak sedikit saat ini kita temukan banyak sekali para pengguna TikTok baru, yang justru mereka membuat akun bukan untuk membuat video didalam TikTok, melainkan mereka hanya ingin menonton video yang ada di TikTok saja, sebagai hiburan, dan mungkin karena terlalu sering, akhirnya mereka ikut untuk membuat video pertama mereka.

Nah, pada fase pembuatan video pertama inilah, mungkin akan ada banyak sekali kesalahan dan kegagalan. Namun, tak jarang dari mereka memilih untuk langsung memposting video yang ‘gagal’ tadi. Hal ini sebenarnya bukan karena disengaja, hanya saja mungkin mereka tidak mengetahui cara hapus video TikTok yang sebelumnya mereka buat. Padahal, caranya sangat mudah.

Cara Hapus Video TikTok

Cara Hapus Video TikTok
Hapus Video TikTok

Cara Hapus Video TikTok yang Sudah di Publish

Untuk cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah, menghapus video yang sudah dipublish atau di post di akun TikTok kalian. Disini, kami memperumpamakan jika kamu sudah memiliki akun TikTok ya.

  • Buka terlebih dahulu Aplikasi TikTok di smartphone kalian
  • Setelah itu, kamu bisa mengklik pada tombol atau icon profile yang ada dibagian pojok kanan bawah Aplikasi TikTok
  • Kemudian, klik pada salah satu video yang ingin kamu hapus
  • Nantinya, video akan terplay atau diputar secara otomatis
  • Perhatikan pada bagian kanan, kamu akan melihat titik 3 horizonal yang ada diatas tombol share
  • Klik pada titik 3 tersebut, dan nantinya akan muncul beragam opsi
  • Lihat ke bagian paling bawah dari opsi yang muncul, lalu geser ke bagian kanan sampai kamu menemukan icon ‘tong sampah’ atau ‘delete this video’

Klik pada tombol delete tersebut, dan nantinya akan muncul pop up konfirmasi, dan kamu bisa langsung saja mengklik pada tombol ‘ok’ atau ‘yes. Dan setelah itu, video akan otomatis terhapus secara otomatis, dan akan hilang dari tampilan profile kalian.

Cara Hapus Video TikTok yang Belum di Publish

Kemudian pada cara yang kedua, ini ditujukan untuk kamu yang mungkin sedang melakukan perekaman langsung untuk membuat video TikTok, dari Aplikasi TikTok itu sendiri. Nah, disini ada cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk menghapus video TikTok yang belum dipublish

  • Buka terlebih dahulu Aplikasi TikTok yang ada di smartphone kalian
  • Setelah itu, klik pada tombol ‘+’ dibagian bawah untuk merekam video
  • Disini, kamu akan melihat tampilan kamera. Silahkan kamu gunakan efek, filter, atau bahkan langsung menambahkan lagu yang kamu inginkan
  • Jika sudah, atur dirasi video di bagian bawah tombol rekam, ada 2 opsi durasi waktu yang bisa kamu gunakan, ada 15 detik, atau 60 detik. Disini, kamu bisa menyesuaikannya dengan durasi musik
  • Lalu, rekam video tersebut sampai benar benar selesai.

Nah, jika prosess perekaman sudah selesai, maka kamu akan melihat preview atau hasil jadi dari video yang sudah kamu rekam tadi. Jika dirasa ada bagian bagian yang kurang bagus atau mungkin keseluruhan video kurang baik, maka kamu bisa menghapusnya dengan cara berikut ini

  • Setelah perekaman video selesai, maka selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman preview
  • Untuk menghapus video secara satu bagian (setelah pause) maka kamu bisa menekan tombol ‘back’ lalu klik pada opsi ‘discard’
  • Tetapi, jika kamu ingin menghapus video TikTok yang direkam tadi secara keseluruhan, maka kamu bisa merekam video sampai benar benar selesai
  • Kemudian, pada tombol rekam tadi, kamu akan menemukan icon ‘x’ di tengan tombol rekam dan juga ceklis
  • Klik pada tombol ‘x’ tersebut, dan kemudian klik pada ‘discard’

Nantinya, secara otomatis kamu akan diarahkan kembali kedalam tampilan kamera untuk merekam video TikTok sesuai dengan lagu ataupun keinginan kalian. Dan secara otomatis juga, video yang sebelumnya kamu rekam akan terhapus secara permanen, dan tidak akan menyisahkan file cache pada perangkat kalian.

Cara Hapus Video TikTok dengan Mengganti Privasi Video

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah atau mengganti privasi dari video yang kamu upload. Nah, cara ini sifatnya hanya temporer atau sementara saja. Jadi, ketika kamu ingin kembali menampilkan videomu di profil, kamu tinggal kembali mengubah privasinya. Caranya adalah

  • Buka Aplikasi TikTok di smartphone mu
  • Kemudian masuk kedalam laman profile
  • Setelah itu, klik pada video mana yang ingin kamu ubah privasinya
  • Kembali kamu klik pada titik 3 yang ada di bagian kanan video
  • Dan kemudian kamu bisa cari ‘set privacy’ dan ganti menjadi private
  • Secara otomatis, videomu akan masuk kedalam list private, dan hanya kamu saja yang bisa melihat video tadi.

Dan untuk memunculkan video yang kamu private tadi, caranya juga tak jauh beda. Kamu bisa masuk kedalam laman profil, setelah itu klik pada tab yang ada gambar gembok di bagian bawah profile, dan klik video tersebut, lalu ubah kembali privasinya menjadi public.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara hapus video TikTok secara permanen dan juga temporer, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts