Cara Menggunakan Rekber

  • Whatsapp

Bagi anda yang suka berbelanja online seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dll pasti tidak asing lagi dengan istilah “Rekber” dalam jual beli online. Pembayaran digital yang semakin popular belakangan ini telah membuat sistem yang namanya rekber yaitu singkatan dari Rekening Bersama. Nah, apa itu rekber? Bagaimana cara menggunakan rekber? Cuss, mari kita bahas berikut ini.

Pengertian Rekber

Rekber merupakan jasa pihak ketiga atau perantara yang sering di pakai dalam transaksi jual beli, yang dilakukan secara online. Akan tetapi tidak berguna untuk transaksi cash on delivery (COD).

Rekber sebagai pihak ketiga, yang bertanggung jawab untuk menyimpan dana sementara pembayaran dari pembeli sebelum meneruskan ke penjual.

Cara kerja layanan ini bisa diumpamakan seperti pihak ketiga yang tidak memiliki kepentingan apapun di transaksi yang ingin dilakukan oleh pembeli, sehinga aset apapun yang dititipkan di dalamnya pasti aman 100%.

Uang tersebut tidak akan langsung di terima oleh penjual melainkan akan di simpan terlebih dahulu di rekening bersama sehingga nanti pembeli akan menerima barangnya sesuai dengan pesanannya.

Jika barang itu sesuai dengan pesanan pembeli, maka uang yang disimpan oleh rekber baru dapat dikirim atau dicairkan oleh penjual.

Dengan demikian hal ini bisa mengurangi resiko pada penipuan online, missal barang tidak sesuai, barang rusak, atau barang yang tidak dikim-kirim oleh penjual.

Di sisi lain, rekber tentunya bukan merupakan hal yang baru terlebih menggunakan metode transaksi rekening bersama lebih cenderung dipakai untuk transaksi luar Negeri atau yang umumnya dikenal dengan Escrow Service (ES). Walaupun konsepnya tidak berbeda, tapi di Indonesia konesp rekber juga tidak kalah tenar dan sudah dikenal luas.

Terkait:  Cara Menggunakan VPN Turbo

Setelah pengertian begitu banyak diatas, sekarang mari kita bahas bagaimana cara menggunakan rekber.

Cara Menggunakan Rekber

Cara Menggunakan Rekber
Cara Menggunakan Rekber

Simak langkah-langkahnya:

  • Pastikan kamu memiliki salah satu aplikasi marketplace digital yang di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blili, dan yang sejenisnya.
  • Pilih barang yang kamu inginkan.

Misal harga sebuah jam tangan branded di marketplace seharga Rp. 750.000. Biasanya rekber memiliki tarif pengguna yang dibebankan kepada pembeli misalnya ditetapkan Rp. 7000, nah dari situ totalnya jadi Rp. 757.000 yang akan kamu bayar untuk melakukan transaksi menggunakan layanan rekber marketplace tersebut.

  • Setelah kamu menyetuji persyaratan di atas maka kamu akan bisa langsung mentransfer uang senilai Rp. 757.000 melalui transfer bank, kartu kredit dan juga supermarket seperti alfamart, indomaret, alfamidi dll.

Jika tahap transfer uang tadi sudah sukses, maka pihak penjual akan mendapatkan notifikasi bahwa ada pembeli yang sudah melakukan pembayaran. Sehingga penjual akan segera mengirimkan barang pesanan ketempat tujuan kamu.

Pada tahapan ini, uang yang kamu transfer tidak langsung diterima oleh penjual melainkan disimpan oleh rekber untuk nantinya diterima oleh penjual jika barang pesanan kamu sudah sampai dan kamu terima dengan aman.

  • Tahap terakhir yaitu konfirmasi

Jika barang yang kamu pesan sudah sampai dan kamu menerima dengan aman dan juga sesuai, kamu harus melakukan konfirmasi di marketplace yang kamu gunakan. Jika sudah rekber nantinya akan mengirimkan uang yang anda kirimkan untuk diterima sebagai pembayaran.

Perlu diingat, Jika barang tidak sesuai dengan pesanan yang kamu pesan atau pesanan kamu dalam kondisi tidak baik, maka kamu sebagai pembeli juga harus menginformasikan ke marketplace tersebut sehingga uang tidak akan diterima oleh penjual.

Terkait:  Cara Menggunakan Spotify

Nanti penjual bisa melakukan retur atau mengirimkan barang baru yang sesuai dengan pesanan kamu, atau bisa juga uang yang sudah kamu bayarkan akan kembali penuh ke rekening kamu namun akan ada beda tarif.  Jadi untuk biaya jasa rekber tidak dapat dikembalikan karena tarif tersebut menjadi hak dari penyedia layanan rekber.

Manfaat Jasa Rekber

  • Keuntungan menggunakan rekber untuk pembeli

Berhubung pembeli tidak langsung melakukan transfer uang Kepada penjual, namun melalui rekber maka uang pembeli akan aman selama barang pesanan belum kamu Terima.

Dengan menggunakan layanan rekber, kamu akan mudah berbelanja online sesuai barang yang kamu inginkan tanpa perlu khawatir tidak bertemu penjual.

  • Keuntungan menggunakan rekber untuk penjual

Reputasi penjual akan lebih terpercaya di mata pembeli.

Dengan adanya kepercayaan dari pembeli maka penjual dapat memperluas pemasaran mereka.

Jika di marketplace maka penjual akan mendapatkan rating yang sangat tinggi.

  • Keamanan terjamin

Dengan menggunakan jasa rekber ini transaksi atas pembelian pesanan kamu akan terjamin keamannya.
Pengguna jasa rekber ini dapat membantu kamu terhindar dari penipuan online yang dilakukan oleh penjual. Yang mana nantinya akan merugikan kamu.

Mudah saja mendeteksi penipuan dengan adanya jasa rekber, jika kamu sebagai pembeli maka kamu akan sarankan menggunakan jasa rekber karena pada dasarnya penipu tidak bersedia menggunakan jasa rekber nah untuk itu lebih amannya belanja lewat marketplace aja ya.

  • Barang yang diterima pasti sesuai dengan apa yang ditawarkan

Sebelum barang terkonfirmasi dan pembayaran dilakukan, pembeli dan penjual akan melakukan kesepakatan terlebih dahulu. Apakah mereka akan melakukan transaksi online atau tidak, jika iya maka pembeli akan melakukan transfer kemudian penjual akan mengirimkan barang.

Terkait:  Cara Menggunakan VPN Master

Jika barang telah sampai dan sesuai, maka uang dari pembeli akan dikirimkan ke penjual.

Namun sebaliknya jika barang tidak sesuai, cacat, rusak, salah barang maka penjual tidak bisa menerima uang tersebut.

Apakah Aman Menggunakan Rekber?

Rekber juga memiliki kelemahan, yaitu masuknya pihak ketiga dalam transaksi antara penjual dan pembeli untuk memperpanjang proses transaksi dan memakan waktu lama.

Kendala tersebut, bisa diakibatkan oleh pembeli, penjual atau dari penyedia pihak rekber. Karena saat ini banyak sekali penyedia rekber yang tidak bertanggung jawab  untuk mencairkan dana ke penjual.

Untuk itu kamu harus mencari jasa rekber yang terpercaya dan terbaik di Indonesia. Semisal minta referensi dari teman, cari tau di youtube dan masih banyak lagi. Intinya kamu harus Smart Of Buyer.

Tips Memilih Jasa Rekber Yang Aman

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih jasa rekening bersama yang aman dan terpercaya:

  • Memiliki Layanan Konsumen

Setiap penyedia jasa tentunya harus didukung dengan layanan konsumen terutama kepercayaan apalagi ini menyangkut dengan uang, jika salah sedikit saja maka pengguna bisa tidak lagi percaya.

  • Cek Harga Jasa

Penyedia jasa rekber ini tentunya menerapkan biaya, tetapi kamu harus membandingkannya dengan penyedia jasa rekening bersama yang lain.

  • Lihat Ulasan Dari Pengguna Jasa Rekening Bersama Tersebut

Kamu bisa melihat ulasan tersebut di pencarian, hanya dengan mengetikan nama dari jasa rekening bersama tersebut sudah banyak sekali yang muncul.

  • Memiliki Situs Resmi dan Berbadan Hukum

Penyedia jasa rekening bersama yang professional pasti sudah membuat situs remi dan sudah berbadan hukum.

Demikian penjelasan tentang cara menggunakan Rekber beserta penjelasan yang lain. Semoga bermanfaat yaa!

 

 

 

Related posts