Cara Menggunakan VPN di PC

Saat kamu ingin mengakses situs-situs yang telah di blokir pemerintah, solusinya adalah dengan menggunakan VPN. Bagaimana cara menggunakan VPN? Mari kita simak, berikut penjelasan dari saya.

Cara kerja VPN sebenarnya cukup sederhana, karena VPN hanya membuat kamu seolah-olah sedang mengakses situs dari luar negeri.

Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara menggunakan VPN di PC yang gratis atau berbayar. Sebaiknya kita perlu penjelasan mengenai apa itu VPN, bagaimana fungsinya, dan juga cara kerjanya.

Pengertian VPN

VPN adalah singkatan dari “Virtual Private Network” yang merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan yang lain secara private melalui jaringan internet (publik). Karena VPN menggunakan jaringan internet sebagai media perantara alias koneksinya bukan secara langsung maka itu bisa disebut Virtual Network.

Jika disebut dengan Private Network itu karena VPN sifatnya private maksutnya adalah hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.

Jadi, dari penjelasan diatas dapat di simpulkan bahwa VPN adalah hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi.

Saat ini terdapat banyak sekali penyedia layanan VPN yang bisa kita temukan di internet dengan harga terjangkau. Dengan menggunakan VPN maka data pribadi dan aktivitas online kamu akan diienkripsi dengan aman sehingga tidak dapat dilacak atau dicuri oleh pihak lain.

Sebenarnya pengguna VPN merupakan cara yang aman untuk mengakses Local Area Network (LAN) yang berbeda pada jangkauan tertentu, dengan melalui konek internet atau jaringan lainnya untuk melakukan transmisi data secara pribadi. Nah, Dengan menggunakan VPN maka kita dapat menghindari adanya penyusup saat kita melakukan transmisi data yang sewaktu-waktu bisa masuk ke lalu lintas jaringan.

Biasanya VPN digunakan olehh perusahaan, pemerintah, dan organisasi militer karena VPN bersifat pribadi yang mana memang ditujukan untuk masalah keamanan yang elbih serius contohnya untuk melindungi data sensitif mereka saat sedang menggunakan jaringan.

Akan tetapi, saat ini pengguna VPN secara pribadi juga semakin meningkat karena dapat melindungi identitas dan privasi pengguna saat berselancar di internet.

Fungsi VPN

Beberapa fungsi VPN yang harus kamu ketahui:

  • Menjaga Kerahasiaan Data (Confidentially)

Untuk pengguna VPN dapat menjaga kerahasiaan data dan informasi milik penggunanya supaya tidak dapat dilacak atau digunakan oleh orang sembarangan.

Pencurian data akan lebih mudah dilakuakn jika kamu sering menggunakan sumber internet yang bersifat public. Untuk itu kamu wajib menggunakan VPN untuk melakukan segala bentuk agar tetap terjaga kerahasiaannya.

Meskipun ada pihak-pihak yang bisa menyadap data-data yang melewati jaringan internet maupun jalur VPN sendiri, akan tetapi belum tentu yang menyadap dapat membaca data tersebut sebab data itu sebelumnya sudah terlacak.

Nah, dapat disimpulkan bahwa dari fungsi confidentialy ini maksudnya supaya data di transmisikan hanya dapat diakses oleh orang yang memang berhak saja, supya data-data kamu lebih terjada kerahasiaannya.

  • Dapat Mengakses Website yang Diblokir oleh Host atau ISP

Kamu bisa menggunakan VPN untuk membantu supaya tetap dapat mengakses situs yang sudah di blokir.

Maksudnya, Fungsi ISP sendiri untuk memperluas jaringan ke user dengan cara mendukung pengguna internet secara optimal, melakukan proteksi terhadap virus saat mengakses internet, dan dapat mengontrol speed akses internet pada user.

  • Meningkatkan Kecepatan Download File

VPN juga berfungsi untuk meningkatkan speed atau kecepatan internet. kamu bisa memanfaatkan VPN untuk membantu meningkatkan kecepatan download beberapa file yang memiliki ukuran sangat besar di internet.

Hal ini dikarenakan saat menggunakan VPN, user seperti menggunakan jaringan pribadi yang mana sedikit digunakan oleh orang lain sehingga kecepatan akan bertambah.

  • Menjaga Kebutuhan Data (Data Intergity) 

Untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, VPN mempunyai program yang akan memastikan proses transimi data selesai dan diterima oleh penerima yang sesuai dengan permintaan user tanpa adanya perubahan sedikitpun.

  • Otentikasi Sumber (Origin Authentication)

Program pada VPN mampu mengautentikasi sumber data ynag kan diterima. VPN akan memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari umbernya.

Jika proses autentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetuji. Dalam hal ini VPN mampu untuk menganalisis sumber-sumber data yang tidak kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.

Cara Menggunakan VPN di PC

Cara Menggunakan VPN di PC
Cara Menggunakan VPN di PC

 

Setelah temen-temen tahu dan paham sedikti tentang pengertian VPN dan fungsinya, sekarang terdapat penjelasan bagaimana cara menggunakan di PC

  • Bisa Lewat VPN PPTP

Cara menggunakannya VPN yang pertama adalah menggunakan VPN PPTP, berikut langkah-langkahnya

Buka browser dan kamu bisa masuk ke http://www.tcpvn.com.

Kemudian kamu akan diberikan banyak pilihan server mulai dari sever Eropa, Asia, Amerika, sampai Afrika. Nah, kamu bisa milih salah satu server.

Misalnya kamu memilih Singapura, kemudian pilihlah SG1.

Lalu tekan Create Username and Pasword.

Isi bagian tersebut sesuai yang kamu mau, bisa diisi nama asli atau nama samaran dan juga isi pasword sesuai selera.

Jika sudah, silahkan tekan Create Premium Account.

Terakhir kamu tinggal menyimpan akun itu.

  • Menggunakan VPN di Windows

Bagimana cara menggunakan VPN di PC Windows 10? Simak berikut:

Masuk aja ke internet

Tekan toombol + atau Add VPN Connection

Nanti kamu akan diminta mengisi kolom IP dan Server, kamu bisa isi IP dan server yang sudah kamu buat sebelumnya menggunakan VPN PPTP.

Tekan agar terhubung menggunakan VPN, silahkan pilih Connect pada profil VPN yang sudah kamu buat sebelumnya.

Ingat ya, cara ini hanya bisa dilakukan dengan lancar ketika kamu sudah membuat IP Address dan VPPN di VPN PPTP.

  • Cara Memakai Psiphon

Nah cara menggunakan VPN di PC dengan memakai aplikasi bernama Psiphon. Jadi Psiphon merupakan salah satu aplikasi VPN yang tersedia secara gratis dan cukup mudah untuk digunakan. Begini langkah-langkahnya:

Pertama pastikan dulu kamu sudah memiliki aplikasinya, jika belum kamu bisa unduh dan install melalui website http://www.pshipon.com

Setelah masuk di aplikasi Psiphon, kamu tinggal memilih server yang sudah disediakan oleh aplikasi.

Setelah itu silahkan tekan Connect.

Untuk proses konfigurasi Psiphon akan secara otomatis berjalan, tunggu sampai terkoneksi.

Jika sudah berhasil, kamu akan langsung dibawa ke website Psiphon.

  • Menggunakan VPN di PC Browser Extencion

Cara ini langsung menggunakan ekstensi yang ada di browser.  Ada beberapa browser yang sudah memiliki VPN sendiri seperti halnya Opera.

Nah, didalam artikel ini salah satu contoh VPN yang akan kita pakai adalah Touch VPN. Simak Langkah-langkahnya:

Klik titik tiga di bagian pojok kanan atas langsung bisa masuk ke Extension.

Jika kamu sudah berada di Chrome Web Store, silahkan isi kolom pencarian dengan Touch VPN.

Klik tombol Add to Chrome, maka secara otomatis Touch VPN akan terpasang di Chrome. Kamu tinggal melakukan setting dan menyalakan VPN ini.

Caranya mudah banget, kamu tekan icon Touch VPN yang ada di samping kanan lalu tekan Connect.

Tunggu hingga benar-benar terhubung, jika sudah terhubung maka VPN kamu sudah aktif dan bisa digunakan bebas untuk menelusuri website apa yang kamu inginkan.

Demikian penjelasan artikel ini mengenai cara menggunakan VPN di PC semooga bermanfaat dan temen-temen bisa share ke yang lain.

Semoga membantu!

Arum Arlina
Wanna Makeup?