Cara Daftar Shopee Sebagai Penjual

Bagaimana sih cara daftar Shopee sebagai penjual? Shopee adalah salah satu e-commerce ternama di Indonesia yang menawarkan ribuan brand atau produk yang ditawarkan kepada para pelanggannya di seluruh Indonesia. Sebagai marketplace terkemuka, tentu saja banyak penjual yang berlomba-lomba mendaftar online shop di Shopee. Karena selain mampu menjangkau pembeli lebih luas, kredibilitas Shopee juga sudah tak diragukan lagi. Jadi otomatis banyak calon pembeli yang mempercayakan Shopee sebagai online shop yang mereka andalkan.

Selain itu, jika Kamu ikut berjualan di Shopee dengan mendaftar sebagai penjual, tentu ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Seperti peluang untuk mendapatkan pelanggan atau pembeli yang potensial lebih besar. Kamu juga bisa mendapatkan banyak fasilitas ongkir gratis dan berbagai macam kemudahan lainnya. Selain menawarkan cara beli barang di Shopee yang serba mudah, Kamu juga bisa melakukan cara daftar Shopee sebagai penjual.

Cara Daftar Shopee Sebagai Penjual

Cara Daftar Shopee Sebagai Penjual
Mendaftar Sebagai Penjual di Shopee

 

Mendaftar Sebagai Penjual di Shopee

Cara daftar Shopee sebagai penjual sendiri terdiri dari 2 cara, diantaranya dapat memakai Hp/smartphone dan bisa juga memakai desktop. Bagi Kamu yang belum memiliki laptop, tentu bisa langsung mendaftar akun penjual lewat Hp.

Tapi sebelumnya, persiapkan beberapa hal terlebih dahulu supaya proses pendaftaran menjadi mudah. Berikut persiapan yang harus dilakukan jika ingin mendaftar sebagai penjual di Shopee :

1.Nomor Hp

Nomor HP yang aktif biasanya dipakai untuk melakukan validasi apabila di kemudian hari ada beberapa kendala yang terjadi, seperti verifikasi untuk penarikan uang dan tidak ingat password email.

2. Akun Email

Mendaftar sebagai penjual di Shopee sendiri sebenarnya hanya perlu menggunakan nomor HP atau cukup login ke Favebook saja. Namun agar lebih aman, tentu saja Kamu harus memakai akun email. Jadi, pastikan Kamu memakai akun email yang selalu aktif dan sering digunakan, sebaba ada banyak sekali informasi yang dibutuhkan mengenai Shopee yang nantinya akan dikirim via email.

2. Nomor Hp

Nomor HP yang aktif biasanya dipakai untuk melakukan validasi apabila di kemudian hari ada beberapa kendala yang terjadi, seperti verifikasi untuk penarikan uang dan tidak ingat password email.

3. Foto KTP

Syarat cara daftar Shopee sebagai penjual lainnya ialah foto KTP. Dimana foto KTP ini biasanya dipakai untuk melakukan verifikasi data saat mengaktifkan fitur ongkir gratis dan Shopee Pay yang ada di Shopee. Sebaiknya scan foto KTP-mu terlebih dahulu.

4. Foto Selfie dengan KTP

Kamu juga harus menyertakan foto selfie dengan memegang atau memperlihatkan KTP, Shopee biasanya memerlukan foto ini untuk melakukan verifikasi ongkos kirim gratis, Shopee Paylater dan ShopeePay. Pakai kamera depan di Hpmu dengan gambar yang bagus.

5. Logo Toko

Ini adalah bagian yang tak kalah penting sebagai branding usahamu. Mengingat banyak sekali pesaing atau seller yang mendaftar di akun Shopee. Jadi, pastikan Kamu memiliki logo yang menarik.

Jika semuanya sudah beres, baru Kamu bisa mendaftarkan diri menjadi penjual di Shopee.

6. Toko atau Alamat Utama

Sebagai seller, baik itu reseller, dropship maupujn bisnis sendiri, Kamu tentu mempunyai lokasi atau tempat asal untuk mengirimkan barang. Jadi, pastikan menerapkan alamat lengkap beserta kode posnya.

Panduan Cara Mendaftar Sebagai Penjual di Shopee

Jika sudah mempersiapkan persyaratan di atas, kini saatnya Kamu mulai mendaftar sebagai penjual di Shopee. Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa ada 2 pilihan metode untuk mendaftar seller di Shopee, yaitu cara daftar Shopee sebagai penjual via HP dan laptop. Untuk lebih jelasnya, simak panduannya di bawah ini!

1. Cara Mendaftar Sebagai Penjual di Shopee via Hp

Cara daftar Shopee sebagai penjual melalui Hp, sebenarnya cara paling mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Shopee terlebih dahulu, baik lewat AppStore untuk pengguna iPhone dan PlayStore bagi pengguna android. Jika sudah ikuti panduannya di bawah ini :

  • Bagi Kamu yang belum pernah sama sekali berbelanja di aplikasi Shopee, silahkan pilih “Registras”, tapi bagi pelanggan lama yang sebelumnya pernah berbelanja di marketplace ini, silahkan tekan “Login”.
  • Namun sebagaiknya buat akun baru terlebih dahulu agar menyesuaikan nama dari tokomu di Shopee khususnya pada username. Sebab kini Shopee sendiri sudah tidak menyediakan layanan untuk edit username pada akun yang lama.
  • Dalam settingan default, maka Kamu akan langsung diarahkan memakai verifikasi lewat nomor Hp. Sebaiknya abaikan saja.
  • Silahkan cek tampilan bagian paling bawah, Kamu akan menemukan menu untuk pendaftaran via Facebook dan emai. Cukup pilih registrasi via email saja.
  • Selanjutnya isi data-data seperti akun email,  nama pengguna sesuai dengan nama tokomu lalu buat password. Terakhir, lakukan konirmasi email.
  • Dari sini akunmu sudah jadi. Seteleh itu, cek di layar HPmu di bagian terbawah tepat di sebelah kanan, terdapat menu “Saya”.
  • Di menu tersebut, Kamu akan menemukan menu “Jual” dan “Beli”, karena Kamu ingin mendaftar sebagai penjual di Shopee pilih “Jual”.
  • Kemudian tinggal upload foto produk dan deskripsi produk untuk mulai berjualan.

Itulah cara daftar Shopee sebagai penjual yang bisa kamu ikuti lewat Hp dengan cara yang mudah dan praktis.

2. Cara Mendaftar Sebagai Penjual di Shopee via Laptop

Untuk cara mendaftar sebagai penjual di Shopee lewat laptop, Kamu bisa mengunjungi website resmi Shopee di link ini. Jika sudah, klik “Daftar” tepat di pojok samping kanan pada layar PC-mu.

Sebaiknya janagn langsung mengisi data terlampir, sebab pengaturan defaultnya ialah daftar memakai nomor Hp. Sedangkan Kamu ingin mendatar akun melalui email.

Adapun caranya ialah lihat pada bagian terbawah yangt ertulis daftar lewat email dan facebook. Kamu tingal pilih “daftar” lewat email.

Kamu tinggal isikan email, password dan username. Sesudah itu, Kamu akan ditampilkan menu popup  untuk konfirmasi. Lanjut dengan menekan “Konfirmasi Sekarang”.

Kini akun penjual atau seller yang Kamu daftarkan di Shopee sudah selesai. Selamat, Kamu pun sudah terdaftar menjadi penjual di Shopee!

Persaingan Penjual di Shopee yang Kian Ketat

Setelah membahas cara daftar Shopee sebagai penjual di atas, Kamu juga harus tahu seberapa ketat persaingan para seller di Shopee. Mengingat banyaknya akun penjual yang terdaftar di aplikasi marketplace ini.

Sebagai solusinya, Kamu juga bisa mengikuti trik di bawah ini :

1. Harus Promosi Melalui Media Lainnya

Selain mengandalkan akun Shopee, alangkah baiknya Kamu juga mempromosikan produk yang Kamu jual melalui toko online, blog pribadi, maupun media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya.

Selain itu, jangan lupa membuat password dan username yang tak gampang di hack orang. Saat berjualan di Shopee, pastikan membuat nama brand atau usaha yang menarik serta mudah diingat.

2. Memanfaatkan Fitur Gratis Ongkir Untuk Memikat Calon Konsumen

Sebagai pembeli, tentu saja Kamu harus memilih seller yang menawarkan layanan gratis ongkos kirim dengan nominal jumlah berbelanja seminim mungkin.

Apabila Kamu ingin bersaing dengan penjual lainnya di Shopee, Kamu tentu saja dituntut lebih kreatif dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di aplikasi ini.

Misalnya saja, dengan bergabung lewat Shopee Mall, membuat grup hemat, mengikuti program flash sale, mengaktifkan jasa ekspedisi di Shopee lewat berbagai macam pilihan dan lainnya.

Nah, itulah cara daftar Shopee sebagai penjual lewat Hp dan laptop/PC yang bisa Kamu coba. Kini saatnya Kamu meningkatkan branding tokomu dengan berjualan di Shopee!

 

 

 

Related posts