Cara Menggunakan Whatsapp Web

  • Whatsapp

Bagaimana cara menggunakan Whatsapp Web baik di PC atau Laptop? mungkin ini adalah pertanyaan yang ada di benak banyak pengguna Whatsapp khususnya mereka yang sering menggunakan perangkat di komputer atau laptop.

Sebenarnya mengaktifkan Whatsapp di perangkat komputer sangat mudah, akan tetapi ada beberapa yang belum paham bahkan masih ada yang belum tahu. Sebelum kita membahas secara ringkas akan lebih baiknya jikalu kita tahu apa itu whastapp dan beberapa syarat serta kelebihan kekurangan yang ada di whatsapp web ini.

Read More

Pengertian whatsapp

Mengenal media komunikasi memang tidak akan pernah ada habisnya, disetiap waktu pembaharuan dalam media sosial memang selalu meningkat dan cenderung tidak dapat dihindari. Tidak dipungkiri jika whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan, karena whatsapp menjadi salah satu media penghubung antar masyarakat di dunia.

Lalu apa itu whatsapp? whatsapp adalah sebagai media chattinga atau media mengirim pesan secara online. Yang mana kamu tidak akan membutuhkan pulsa untuk menggunakannya melainkan menggunakan kuota internet. Faktanya whatsapp sempat menggemparkan dengan diambil alihnya aplikasi ini oleh facebook pada tahun 2014.

Hampir semua orang sudah memahami jika banyak fitur pada whatsapp yang ada ada di aplikasi whatsapp dan menarik bagi pengguna. Salah satu contohnya adalah dimana kamu bisa mengirim dan menerima teks pesan, foto, file, gambar, voice note dan yang lainnya. Bahkan saat ini whatsapp juga di dukung dengan fitur video call dimana kamu bisa telfonan sambil bertatap mata secara virtual.

Whatsaap web adalah salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh whatsapp yang mampu digunakan oleh user untuk menghubungkan antara laptop  atau pC, memalui browser. Dengan hal ini chatting atau obrolan yang berada di ponsel bisa diakses melalui laptop/PC dengan syarat keduanya harus memiliki koneksi internet.

Terkait:  Cara Buat Gif WhatsApp

Akan tetapi masih sedikit orang yang belum mengetahui apa itu fitur whatsapp web padahal dengan fitur ini para pengguna akan mendapatkan banyak kemudahan. Mungkin ada beberapa alasan kenapa fitur yang satu ini jarang digunakan oleh kebanyakan orang, salah satunya mungkin saja orang-orang lebih suka menggunakan ponsel yang dirasa lebih simple dan ringan daripada menggunakan laptop.

Nah mungkin whatsapp web sangat berguna untuk seorang mahasiswi atau karyawan atau bisa juga pengguna yang suka chatting lewat laptop. Untuk pengguna whatsapp web aktif melalui laptop atau PC, fitur ini sangat berguna karena mampu membuat waktu lebih efisien.

Kelebihan Memakai Whatsapp Web

Berikut adalah kelebihan jika kamu menggunakan whatsapp web:

  • Hemat Waktu

Untuk sebagian orang memang sering menggunakan laptop atau PC whatsapp web sangat bermanfaat dan efisien karena tidak perlu bolak balik buka ponsel.

  • Mengetik Lebih Cepat

Dikarenakan whatsappp web di operasikan memlalui komputer atau laptop kita akan lebih mudah mengetik tanpa sering keselip typo karena menggunakan keyboard.

  • Penggunaan Ringan

Dikarenakan whatsapp web adalah software yang berbasis web maka lebih ringan dan hemat kuota karena kita tinggal membuka lewat situs web

  • Dapat mengirim File Langsung dari Laptop atau PC

Nah, di whatsapp web kita dimudahkan untuk mengirim dokumen dan uuga file berupa gambar, video, audio, dll. Mungkin sebelum ada whatsapp web kita perlu sedikit usaha untuk mengirim file lewat email yang bisa terbilang cukup ribet.

Kekurangan  Memakai Whatsapp Web

Jika kamu sudah mengetahui kelebihan whatsapp web sekarang kamu perlu mengetahui kekurangan whatsapp web.

  • Bergantung Dengan Ponsel

Meskipun whatsapp web dibuka melalui laptop via browser namun ponsel juga harus tetap terkoneksi dengan internet. Keduanya harus saling berhubungan apabila salah satu perangkat tidak terkoneksi internet maka biasanya whatsapp web akan gagal terhubung.

  • Tetap Menguras Batrei HP
Terkait:  Cara Gunakan WhatsApp Web

Jika whatsapp web kamu tetap memakai batrei yang ada pada ponsel karena ketika whatsapp web dijalankan aplikasi yang terdapat pada ponsel maka batreinya akan terus berjalan sehingga menyebabkan batrei cepat habis.

  • Tidak Bisa Menggunakan Panggilan

Hingga sampai saat ini, whatsapp web belum disediakan fitur Video Call, sayang sekali whatsapp web belum menyediakan fitur ini untuk menerima atau melakukan panggilan baik itu video call atapun voice call.

Syarat Menggunakan Watsapp Web

Sebelum dapat menggunakan layanan whatsapp web, kamu harus memenuhi beberapa ketentuan sebagai berikut:

  • Smartphone kamu menggunakna OS android, iOS 8.1+, Windows Phone 8.0 dan 8.1, Blacberry 10
  • Smartphone kamu juga harus memiliki kamera belakang yang berfungsi dengan baik untuk proses pemindaian kode QR (QR Code)
  • Kamu harus memiliki akun whatsapp yang aktif di handphone kamu
  • Pastikan bahwa koneksi internt kamu stabil, baik itu koneksi internet di laptop/komputer kamu ataupun di handphone kamu
  • Kamu bisa menggunakan aplikasi browser yang cepat dan terbaru. Misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lainnya

 Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara Menggunakan Whatsapp Web
Cara Menggunakan Whatsapp Web

 

Setelah kita mengetahui pengertian whatsapp, kelebihan dan kekurangannya, serta syarat syarat yang ada di whatsapp web maka sekarang kita akan membahas bagaimana cara menggunakan whatsapp web sebagai berikut.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

  • Pertama kamu bisa buka Whatsapp Web di http://web.whatsapp.com
  • Nah ketika sudah kamu bisa membuka Whatsapp di Android  atau di iPhone kamu
  • Pada layar Obrolan kamu bisa pilih Opsi lainnya nah disitu terdapat tulisan Whatsapp Web
  • Pindai kode QR pada layar komputer kamu dengan Android atau iPhone kamu
  • Secara otomatis maka Whatsapp Web sudah terhubung dengan Whatsapp ponsel kamu
Terkait:  Cara Membuat Tulisan Unik di Whatsapp

Perlu diketahui bahwa kecepatan dalam membuka whatsapp web pada PC atau laptop akan menyesuaikan kecepatan koneksi internet yang sedang kamu gunakan. Jika kamu tidak mempunyai koneksi yang cepat, maka untuk masuk web akan memakan waktu yang cukup lama bahkan bisa jadi tidak bisa dibuka.

Fitur-Fitur Whatsapp Web

Beberapa fitur Whatsapp lainnya yang bisa kamu gunakan di Whatsapp web di antaranya:

  • Chatting

Caranya seperti biasa kamu menggunakan whatsapp di handphone. Kamu bisa cari nama kontak yang sebelumnya sudah tersimpan di handphone kamu di pencarian chat.

  • Voice Recording 

Klik microphone pad bagian kanan bawah yang bergambar seperti mic kecil, nanti akan muncul pop up untuk konfirmasi.

  • Mengirim File

Melalui whatsapp web kamu juga bisa mengirim file dalam bentuk gambar, video, dokumen, dan kontak. Klik tombol berbentuk seperti penjepit kertas pilih jenis file yang akan kamu kirim.

Cara Logout Whatsapp Web

Setiap kali kamu selessai menggunakan whatsapp web sebaiknya kamu harus keluar dari whatsapp supaya percakapan di whatsapp tidak dibaca oleh orang lain.
Berikut cara keluar dari whatsapp web dengan mudah:

  • Buka aplikasi whatsapp di handphone kamu, tap tanda tiga titik di bagian kanan atas
  • Selanjutnya kamu bisa tap whatsapp web tersebut
  • Kemudian kamu bisa klik tap “Keluar dari semua komputer atau Log out from all divices”. Nantinya akan muncul pop up konfirmasi
  • Terakhir kamu bisa tap Log Out.

Demikian penjelasan cara menggunakan whatsapp web, jika ada yang ingin ditanyakan temen-temen bisa komentar dibawah ya danjangan lupa untuk share artikel ini ke temen temen kamu. Semoga membantu!

Related posts