Cara Chat di Shopee

Selain kemudahan cara cek pengiriman Shopee, Shopee juga menawarkan cara chat di Shopee dengan mudah. Bagi Kamu yang gemar berbelanja di e-commerce terkenal di Indonesia ini, tentu sudah tahu proses transaksi yang dilakukan.

Mulai dari pemesanan barang, melakukan check out, pemilihan alamat pengiriman, melakukan pembayaran , hingge menunggu pesanan diproses dan dikirimkan oleh penjual. Nah, jika produk pesananmu sudah diproses biasanya akan ada status bertuliskan “Barang sedang dikemas” selanjutnya barang pesananmu pun akan langsung dikirimkan oleh seller ke alamat tujuan.

Akan tetapi, sebagai newbie yang ingin mencoba berbelanja di aplikasi Shopee, maka sebelum berbelanja, Kamu bisa menggunakan layanan chat di Shopee untuk menawar barang. Kamu bisa menggunakan fitur chat yang disajikan oleh Shopee.

Di samping itu, jika pesananmu ternyata mengalami masalah, seperti ada penipuan atau barang tak kunjung sampai, Kamu juga tinggal chat CS di Shopee untuk mengadukan keluhan terkait pesananmu dan bisa memproses refund atau pengembalian dana di Shopee dengan cepat.

Cara Chat di Shopee

Cara Chat di Shopee
Menggunakan Fitur Chat di Shopee

Menggunakan Fitur Chat di Shopee

Kamu bisa menggunakan fitur chat di Shopee untuk berbagai kebutuhan, baik itu untuk mengajukan penawaran produk atau untuk mengadukan keluhan. Berikut panduan cara chat di Shopee :

1. Cara Menggunakan Fitur Chat di Shopee Untuk Tawar Barang

Bagi penjual mungkin mengaktifkan fitur tawar menawar di Shopee cukup merepotkan. Namun bagi pembeli, tentu saja fitur chat untuk tawar menawar harga produk di Shopee sangat membantu. Shopee telah menyediakan fitur chat untuk mempermudah para seller atau buyer untuk berkoordinasi saat menggunakan layanan Shopee.

Cara chat di Shopee sendiri dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee yang sudah Kamu download di perangkat android. Jika Kamu ingin menggunakan fitur chat di Shopee untuk menanyakan ketersediaan warna atau stok barang sekaligus untuk menawar harga barang, Kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan cari seller atau nama toko pada aplikasi jika ingin berbelanja produk di toko tertentu.
  • Bisa juga dengan mencari produk yang Kamu inginkan.
  • Silahkan tekan nama produk tertentu yang ingin dibeli.
  • Tekan “chat Sekarang” yang berlogo fitur obrolan dan berwarna hijau.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan fitur chatting dan tawar barang.
  • Kamu bisa langsung chat dengan menawar harga barang kepada seller atau penjual di shopee.

Itulah cara menggunakan fitur chat di Shopee dengan seller yang bisa Kamu coba jika ingin bertanya langsung kepada seller Shopee.

2. Cara Menggunakan Fitur Chat di Shopee Untuk Pengaduan Keluhan atau Penipuan

Apabila akun Shopee milikmu tiba-tiba dibatasi dengan alasan tertentu, padahal Kamu tidak pernah melanggar, atau produk yang Kamu pesan statusnya belum berubah padahal Kamu sudah memesan produk tersebut dan membayarnya dari seminggu yang lalu, atau bisa juga mengalami kendala tidak dapat melakukan checkout pesanan di Shopee, maupun kendala lainnya, maka Kamu bisa gunakan cara chat di Shopee tepatnya melalui fitur live chat admin Shopee.

Sebagai penyedia situs belanja online terbaik, Shopee menyediakan layanan kepada para pelanggannya selama 24 jam untuk membuktikan jika Shopee terpercaya. Untuk menggunakan fitur chat di Shopee dengan berkonsultasi bersama CS atau admin Shopee, Kamu hanya perlu buka “Akun Saya”, kemudian pilih menu “Pusat Bantuan”, dan cari fitur live chat untuk menghubungi customer service atau admin Shopee.

3. Cara Menggunakan Fitur Chat di Shopee Untuk Sesama Pembeli

Kamu juga bisa melakukan cara chat di Shopee untuk sesama pembeli, khususnya pembeli produk yang sama. Para pembeli Shopee bisa menghubungi pihak pembeli lain memakai fitur chat ini.

Adapun cara menggunakan fitur chat di Shopee untuk ke sesama pembeli bisa dilakukan. Caranya dengan langsung mengunjungi profil akun pengguna Shopee lain. Jadi, meskipun Kamu dengan pembeli yang lain tak melakukan transaksi, tetap bisa berkomunikasi seperti halnya menggunakan aplikasi chatting pada umumnya. Namun penting untuk diketaui, jika Shopee biasaya akan menyimpan history chat yang dilakukan akun pengguna Shopee untuk dijadikan barang bukti.

4. Cara Menggunakan Fitur Chat di Shopee Dengan Mengirimkan Video

Bagi yang akan mengirimkan video lewat fitur chat ke pemilik toko yang ada di Shopee, Kamu dapat mengikuti panduan cara chat di Shpee berikut :

  • Pertama-tama, buat video yang akan Kamu kirimkan lewat fitur chat Shopee terlebih dahulu. Jika Kamu ingin membuat rekaman video produk atau barang yang rusak dan kurang, pastikan Kamu merekam resi sebagai bukti pengiriman barang dengan jelas.
  • Jika video yang akan dikirimkan sudah jelas terekam, silahkan upload video ke Youtube.
  • Setelah itu, Kamu bisa menyalin link URL video dari Youtube yang telah di uploda sebelumnya.
  • Silahkan buka Shopee, dan kunjungi seller yang ingin Kamu kirimi chat. Setelah itu, Kamu tinggal tekan “Chat” untuk dapat menghubungi seller tersebut.
  • Kamu bisa mengirimkan llink video yang telah di upload di kolom chat agar seller bisa langsung melihat video yang Kamu kirimkan.

Itulah beberapa pilihan cara menggunakan fitur chat di Shopee untuk pembeli maupun penjual yang bisa Kamu coba saat ada kendala atau memberikan pertanyaan seputar produk Shopee.

Apa saja Keuntungan Fitur Chat Penjual di Shopee Seller Center?

Belum lama ini, Shopee juga baru meluncurkan update-an  Seller Center Shopee versi terbaru. Ada beberapa fitur terbaru di Shopee Seller Center yang bisa Kamu andalkan. salah satunya ialah layanan chat penjual. Melalui fitur chat inilah Kamu bisa berkomunikasi dengan cepat dan mudah bersama calon buyer. Berikut keunggulan fitur chat di Shopee Seller Center lainnya :

1. Toko Terlihat Lebih Profesional di Mata Pembeli

Melalui layanan live chat yang disediakan oleh Shopee Seller Center, tentu saja membuat performa seller atau tokomu menjadi lebih profesional di mata konsumen. Fitur ini penting sekali bagi para penjual untuk memberikan layanan terbaik kepada pembelinya.

2. Calon Konsumen Mendapatkan Pelayanan Terbaik

Layanan kepada konsumen secara online merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Jadi, jangan sampai Kamu memberikan pelayanan kurang memuaskan. Seperti pelayanan yang slow respon saat membalas chat pembeli atau lainnya.

3. Lebih Cepat dan Mudah Membalas Chat Pembeli

Lamanya membalas chat pembeli, tentu saja dapat menurunkan performa seller alias toko Shopee yang Kamu miliki. Misalnya, untuk menjadi penjual terbaik Shopee atau Star Seller, Kamu harus bisa memenuhi persyaratan dengan respon tingkat kecepatan membalas chat di atas 75%. Akan tetapi jika tidak sampai 75% , maka persyaratan mendapatkan undangan menjadi star seller di Shopee pun tidak bisa terwujud.

Dengan pentingnya layanan pembeli Shopee melalui fitur chat yang diluncurkan oleh Shopee di atas, tentu saja sangat menguntungkan pihak seller Shopee. Sebab seller Shopee pun dapat lebih mudah dan cepat untuk melayani pembeli melalui fitur chatting ini. Bagaimana, mudah kan cara chat di Shopee?

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019