Cara Jualan di Lazada

Cara jualan di Lazada adalah salah satu metode terbaik bagi yang ingin mengembangkan usaha online. Mengingat Lazada termasuk salah satu e-commerce terpercaya dan terpopuler di Indonesia, membuat Lazada banyak dipercaya oleh para pembeli. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jika kita ikut berjualan di Lazada akan menambah penghasilan bisnis online.

Dengan berjualan di lazada, sebenarnya Kamu tak perlu lagi harus membayar biaya untuk membuat online shop sendiri. Apalagi kita tahu bahwa biaya pembuatan toko online memang tidak sedikit. Kamu hanya perlu memanfaatkan Lazada sebagai media atau lapak untuk berjualan sekaligus memasarkan produk yang Kamu jual.

Alasan Berjualan di Lazada

Jika Kamu tertarik berjualan online, sebenarnya ada banyak marketplace seperti cara jualan di Bukalapak atau yang lainnya. Akan tetapi, kenapa memilih Lazada? Tentu saja kita sudah bisa melihat jawabannya berdasarkan popularitas Lazada itu sendiri.

Lazada mempunyai kredibilitas tinggi, sebagai salah satu marketplace terbaik di Indonesia. Hal ini tentu sudah dibuktikan oleh banyak orang khususnya pelanggan di Lazada. Selain itu, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Lazada, sebagai berikut :

  • Lazada adalah salah satu media berjualan online terbaik yang ada di Asia Tenggara.
  • Mempunyai komunitas tempat belajar dan training cara berjualan di platform Lazada.
  • Mempunyai jumlah pengunjung sangat tinggi bahkan setiap bulannya, hingga menyentuh angka 48 juta pengunjung per bulannya.

Cara Jualan di Lazada

Cara Jualan di Lazada
Berjualan di Lazada

Berjualan di Lazada Mudah

Jika Kamu tertarik berjualan di Lazada dengan tujuan ingin produk yang dijual laku keras, maka ada beberapa langkah cara jualan di Lazada yang bisa Kamu coba berikut ini :

1. Mendaftar Sebagai Seller di Lazada

Jika ingin menjadi seller di platform Lazada, Kamu harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Dengan demikian, Kamu dapat mempromosikan produk yang Kamu jual di Lazada agar dapat dilihat serta dibeli oleh pengguna Lazada. Untuk mendaftar seller di Lazada, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama, silahkan kunjungi website Lazada.
  • Jika sudah, ketuk opsi “Menjadi Seller”, lalu tekan “Daftar Penjual”.
  • Dalam form pedaftaran, Kamu bisa mengisi sesuai petunjuk yang telah diberikan. Silahkan isi data-data dengan lengkap dan sebenar-benarnya.
  • Kamu bisa memulai “Aktivasi Akun”.
  • Silahkan upload foto identita diri berupa KTP serta inputkan data akun rekening bank yang aktif.

2. Menyetujui Tanda Tangan Kontrak

Cara berjualan di Lazada berikutnya ialah baca semua kebijakan yang sudah diterapkan oleh pihak Lazada untuk penjual. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Hal ini juga penting untuk mencegah terjadinya kerugian, terlebih jika tokomu semakin berkembang serta mempunyai banyak langganan. Kamu dapat menyepakati perjanjian. Caranya dengan mengunggah dokumen kontrak kembali sesuai instruksi yang diberikan.

3. Upload Produkmu

Jika Kamu sudah mendaftar sebagai seller serta menandatangani perjanjian. Kemudian Kamu harus mengupload foto produk beserta harga dan deskripsinya. Usahakan untuk tida mematok harga terlalu tinggi sebab biasanya orang-orang menyukai produk yang berharga murah.

Tentu saja jangan dulu ingin mendapatkan keuntungan besar di awal. Paling tidak, produk yang Kamu jual bisa laris meskipun keuntungan yang diperoleh tidak besar. Apabila tokomu telah mempunyai rating cukup tinggi dan banyak ulasan positif dari pembeli. Maka Kamu dapat meningkatkan harga produk sesuai kualitas produk yang ditawarkan.

  • Silahkan unggah foto barang yang dijual sesuai aturan Lazada. Hindari mengaitkan hal-hal sensitif pada foto produk, baik itu yang bersifat rasial maupun pornografi.
  • Buatlah gambar/foto menarik yang berkualitas jernih agar gambar yang dihasilkan tidak buram ketika ditampilkan.
  • Kamu bisa menambahkan deskripsi sesuai produk yang Kamu posting. Selain itu, Kamu juga dapat menyisipkan kata-kata yang bersifat persuatif di kolom deskripsi agar memikat calon konsumen.

4. Berjualan Produk

Langkah cara jualan di Lazada selanjutnya ialah Kamu bisa mulai berjualan produk. Supaya bisnismu semakin berkembang, sebaiknya terus pantau tokomu setiap hari apakah ada pesanan masuk ataukah tidak. Kamu bisa menyisihkan sedikit waktumu untuk melayani orderan. Apabila Kamu ingin mengelola tokomu di Lazada dengan cara full time.

Hal ini tentu lebih baik, sebab Kamu bisa lebih fokus berjualan tanpa mengganggu aktivitas lain. Pastikan berjualan produk sesuai kualitas supaya rating dan ulasan yang diberikan oleh pembeli memuaskan. Dengan demikian, dapat mempengaruhi perkembangan usaha online-mu di masa mendatang.

5. Merespon Pembeli Dengan Baik

Cara berjualan di Lazada berikutnya, usahakan Kamu selalu meningkatkan performa bisnismu dengan baik. Sebaiknya segera proses dan selesaikan pengiriman dengan cepat supaya proses orderan tidak terlambat. Sebab jika terlambat, Kamu akan dikenakan sanksi oleh Lazada dalam bentuk biaya penalty menyesuaikan perjanjian yang sudah disepakati.

Supaya pengiriman cepat selesai dan poin limit orderan tidak dikurangi Lazada. Dengan demikian orderan yang diterima semakin banyak. Selain itu, membuat rating produkmu selalu positif. Oleh karena itu, Kamu harus benar-benar fokus terhadap usaha online yang Kamu lakukan.

Sebab jika Kamu mempunyai pekerjaan lain, serta hanya menjadikan usaha di Lazada sebagai pekerjaan paruh waktu, membuatmu menjadi kurang fokus. Selain itu, Kamu bisa jadi mendapatkan sanksi dari pihak Lazada sehingga membuat tokomu menjadi takedown.

6. Hindari Pembatalan Orderan Oleh Penjual

Sebisa mungkin Kamu harus menghindari terjadinya pembatalan pesanan. Sehingga bisa berpengaruh terhadap rating toko online-mu. Oleh karenanya, posisi tokomu selalu rutun dalam hasil pencarian di marketplace Lazada.

Oleh karenanya, persiapkan stok barang sesuai informasi stok produk yang Kamu tampilkan di tokomu. Karena jika suatu ketika Kamu kebanjiran pesanan. Kemudian Kamu kehabisan stok, yang terjadi bisa mengakibatkan banyak pembatalan orderan.

Jangan pernah melakukan pembatalan orderan secara sepihak dalam alasan apapun. Apabila terpaksa harus membatalkan orderan, minimal Kamu harus memberi sesuati ke konsumen yang Kamu batalkan pesanannya, misalnya dengan memberikan kartu permintaan maaf atau merchandise.

7. Lakukan Perhitungan Harga Produk Dengan Matang

Cara jualan di Lazada berikutnya supaya Kamu mendapatkan keuntungan. Kamu harus menghitung harga produk dengan benar dan matang. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kerugian yang tak diinginkan.

Adapun harga jual yang ditentukan harus ditambahkan keuntungan setiap kategori di Lazada, ongkos kirim dan keuntungan yang diinginkan. Setiap penjual harus menanggung ongkir (ongkos kirim) buyer Rp. 7.000 setiap transaksi. Jika Kamu tidak memperhitungkan harga produk dengan tepat. Dapat dipastikan, Kamu bisa menuai kerugian. Hingga akhirnya bisnismu tidak bisa berkembang dengan pesat.

8. Perhatikan Kualitas Produk

Cara berjualan di Lazada selanjutnya ialah Kamu harus tetap memperhatikan kualitas barang yang ditawarkan. Sebab bagi Lazada sendiri, kepuasan pelanggan adalah prioritas utama. Jadi, jangan pernah memberikan keterangan produk yang tidak sesuai.

Misalnya Kamu menjual ponsel, lalu Kamu menulis keterangan jika ponsel tersebut mempunyai kapasitas RAM 2GB padahal kapasitasnya hanya 1 GB saja. Jika demikian, bisa-bisa pelanggan melakukan pengembalian atau retur barang, Kamu pun harus mengembalikan sejumlah uang yang sudah dibayarkan oleh pembeli.

Nah, itulah 8 cara jualan di Lazada yang harus Kamu tahu jika ingin menjadi seller yang sukses di Lazada. Pastikan untuk membaca kebijakan dan ketentuan menjadi seller di Lazada terlebih dahulu.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019