Cara Kerja Marketing

  • Whatsapp

Berbicara tentang cara kerja marketing mungkin akan membutuhkan lebih dari satu postingan. Itulah mengapa, artikel ini akan lebih banyak berbicara tentang tren marketing teranyar: influencer marketing. Faktanya, ada beberapa elemen kunci yang perlu diingat ketika memilih influencer marketing untuk pertama kalinya. Bahkan detail terkecil pun harus dilakukan benar. Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja marketing influencer? Dalam postingan blog ini, kita akan membahas semua empat langkah mendasar, dari awal hingga garis akhir, untuk hasil terbaik.

Cara Kerja Marketing

Cara Kerja Marketing
Cara Kerja Marketing

Ketika mempertimbangkan strategi pemasaran influencer dengan bantuan perusahaan pemasaran influencer, ada baiknya mengetahui dasar-dasar yang akan membantu kamu untuk dapat berhasil dalam menjalankan periode pemasaran influencer. Berikut adalah empat langkah kunci untuk memastikan cara kerja marketing influencer dapat memberikan hasil:

Cara Kerja Marketing dengan Identifikasi Tujuan dan Target Audiens

Berbeda dengan affiliate marketing, langkah pertama, bahkan sebelum kamu mulai memikirkan influencer mana yang akan diajak berkolaborasi, adalah mengidentifikasi audiens yang ingin kamu jangkau. Siapa mereka – dan mengapa kamu harus menargetkan mereka?

Karena itu, sangat penting untuk menetapkan tujuan dan target yang jelas untuk mengukur dan mengevaluasi potensi proyek kamu. Setelah terpapar pemasaran, tindakan apa yang kamu ingin audiens lakukan – dan bagaimana kamu dapat mengevaluasi hasil dari tindakan mereka?

Cara Kerja Marketing Influencer

Setelah selesai mengidentifikasi tujuan dan audiens, sekarang saatnya untuk menemukan influencer yang tepat. Siapa yang dapat mengomunikasikan pesan dan menjangkau audiens kamu dengan paling baik? Apakah satu atau dua influencer top besar, atau beberapa influencer kecil yang disebut mikro influencer?

Terkait:  Cara Kerja Lemari Es

Jumlah follower bukanlah faktor kunci dalam keberhasilan marketing karena faktor terpenting adalah keterlibatan mereka. Jangkauan yang lebih luas dapat dicapai dengan berkolaborasi dengan beberapa influencer yang lebih kecil yang secara bersama-sama dapat menjangkau lebih banyak orang.

Selain itu, pikirkan juga tentang bagaimana influencer ini akan fit dengan tujuan kamu – apakah influencer ini yang akan menjadi inspirasi utama, atau apakah dia pandai menarik perhatian? – pastikan hal ini agar bisa mendapatkan ciri khusus marketing kamu.

Pemilihan Strategi Cara Kerja Marketing Influencer

Usai memilih influencer yang sesuai dengan target audiens dan sasaran kamu, inilah saatnya untuk merumuskan deskripsi singkat proyek kamu. Setelah itu, saatnya menjalin kontak dan memulai kolaborasi. Kalau kamu melakukan ini sendiri, penting untuk menghargai waktu mereka dan memiliki pandangan ke depan, dan menyisakan ruang untuk peristiwa tak terduga yang mungkin terjadi dalam hidup mereka – sebelum, selama, dan setelah proyek ini berlangsung.

Agar brand kamu dapat dipercaya dan relevan dengan follower influencer tersebut, kamu harus membiarkan influencer ini mendapatkan prasyarat yang tepat untuk kampanye. Namun pastikan juga bahwa aturan-aturan dasarnya tetap berlaku.

Evaluasi Cara Kerja Marketing Influencer

Mayoritas keterlibatan dan klik pada setiap postingan sering kali terjadi pada hari-hari pertama setelah postiingan dipublikasikan, tetapi seringkali perlu waktu untuk melihat dampak nyata dari periode pemasaran dengan influencer secara keseluruhan.

Dua minggu setelah postingan diterbitkan, adalah waktu yang tepat untuk mulai mengevaluasi hasilnya. Berapa banyak interaksi dan klik yang didapat? Pastikan kamu sudah memiliki tautan pelacakan dan skema pengukuran dan analisis yang tepat memudahkan untuk mendapatkan statistik dari proyek tersebut.

Terkait:  Cara Kerja Dropshipper Shopee

Potensi Besar Marketing Influencer

Pemasaran influencer seringkali memakan waktu dan membutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk dapat menghasilkan. Kalau kamu melakukan semuanya sendiri– dari awal hingga garis akhir – kamu mungkin akan memerlukan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan semua detail. Tapi pada akhirnya, ketika semuanya dilakukan dengan tepat, kamu harusnya dapat bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Untuk saat ini, cara kerja marketing influencer sepertinya akan terus bertahan dan telah beroperasi dalam skema yang terus berubah dalam waktu singkat. Dan bukan tidak mungkin, dalam waktu lima tahun, kita mungkin akan melihat gaya marketing yang sangat berbeda dari hari ini.

Namun, meskipun ada beberapa pertimbangan unik untuk bekerja dengan influencer, semua langkah dasar marketing harus tetap dilakukan. Langkah-langkah tersebut diantaranya adalah riset, penetapan skema anggaran, tentukan tujuan, temukan influencer , peninjauan serta revisi.

Setelah kamu mendapatkan ritme yang tepat, kamu mungkin akan menemukan diri kamu dalam beberapa proyek dan jenis kampanye pemasaran influencer dalam skala yang jauh lebih besar. Keberhasilan tentu akan bervariasi antar merek jadi jangan menyerah jika percobaan pertama kamu gagal. Layaknya membangun nama dan mendapatkan uang dari YouTube, semuanya harus dimulai perlahan.

Pada akhirnya, kamu mungkin akan akhirnya menemukan keadaan dimana memasukkan influencer ke dalam strategi pemasaran akan sangat bermanfaat bagi semua orang. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai merangkul cara kerja marketing ala milenial yang satu ini.

Related posts