Cara Jadi Influencer

  • Whatsapp

Bagaimana cara jadi Influencer yang sukses? Ya, influencer bisa dikatakan sebagai orang yang memberikan pengaruh terhadap banyak orang. Selain cara jadi brand ambassador, banyak orang yang juga tertarik menjadi seorang influencer karena menawarkan penghasilan yang menguntungkan juga menjanjikan.

Namun tetap saja, menjadi influencer merupakan tantangan tersediri karena memiliki tanggung jawab yang besar di media sosial. Hal ini dikarenakan seorang influencer biasanya memiliki magnet tersendiri agar mampu menarik sebuah perusahaan atau brand ingin menjadi partnermu. Terlebih jika pengikut atau subscribers-mu sangat banyak di media sosial.

Read More

Mengenal Influencer

Meskipun istilah ini sering kita dengar, namun hanya sedikit saja orang yang memahami pengertian influencer itu sendiri. Influencer ialah orang-orang dengan jumlah pengikut atau followers banyak di akun media sosial, baik itu berupa blogger, youtuber, vlogger, selebritis maupun selebram.

Aka tetapi, sebenarnya definisi influencer sendiri tak sesederhana itu sebab influencer dikategorikan lagi ke dalam macro influencer, micro influencer, nano influencer hingga mega influencer dengan tingkat engagement dan jumlah followers yang berbeda.

Menurut perannya sendiri, influencer merupakan orang yang mendirikan brand awareness dalam dunia maya memanfaatkan konten yang diunggah lewat media sosial, berpengaruh luas dan kuat di media sosial dan telah dibuktikan berdasarkan jumlah pengikut, viewer, likes, dan komentar yang dihasilkan berdasarkan konten yang diunggah. Dalam hal ini disebut sebagai engagement.

Inilah orang-orang yang sering disebut dengan istilah influencer marketing di dunia penasaran. Sementara dalam branding sendiri dijadikan sebagai media dalam menjangkau calon pembeli atau yang disebut sebagai endorsement.

Bagi branding produk atau perusahaan, influencer marketing berguna untuk membangun tingkat kepercayaan dan meningkatkan penjualan produk. Mengingat peranannya yang begitu penting inilah, seorang influencer berperan sebagai jembata antara produk/brand dengan calon konsumen. Lalu, bagaimana cara jadi influencer yang benar-benar sukses?

Terkait:  Cara Jadi Pilot

Cara Jadi Influencer

Cara Jadi Influencer
Menjadi Influencer

Menjadi Influencer Sukses

Jika Kamu ingin menjadi influencer sukses, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalani peran sebagai influencer, diantaranya :

1. Memilih Media Sosial yang Tepat

Ada banyak pertimbangan untuk memillih platform media sosial. Biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan, fitur-fitur menarik dan target konsumen. Misalnya saja Youtube sampai saat ni masih menjadi platform media sosial yang banyak dipilih dalam membangun sebuah brand awareness.

Sementara Facebook telah memiliki jumlah pengguna hingga sebanyak  2,17 miliar lebih, menawarkan banyak fitur menarik untuk marketing seperti halnya Facebook Messenger for Business, Pages to Watch, dan analisis aplikasi. Sedangkan Facebook Ads sendiri sangat direkomendasikan bagi seseorang dengan marketing budget besar yang bisa berkompetisi dengan lebih banyak target konsumen.

Selain itu berdasarkan survey, negara Indonesia telah menempati urutan ke-5 terbesar negara dengan pengguna platform Twitter terbanyak. Hal ini semakin dilengkapi dengan adanya Twitter Ads sebagai media yang tepat bagi para millenial.

Setiap platform media sosial di atas sudah tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga pemilihan media sosial yang tepat bisa menunjang brand images bisnis atau perusahaan.

2. Pilih Social Brand

Cara menjadi influencer selanjutnya ialah memilih atau menentukan social brand. Seperti kita ketahui bahwa influencer ialah orang yang bisa membuat para pengikutnya merasa jika ia merupakan bagian dari pengikut atau followers-nya itu sendiri jadi apa yang direkomendasikannya selalu bisa dipercayai oleh followers maupun subscriber-nya.

Maka dari itu, dalam hal ini social brand atau image brand dalam sosial media merupakan langkah awal penentu konsep konten media sosial yang diunggah serta pemirsa mana yang akan diajngkau. Biasanya di masa mendatang, hal tersebut bisa membantu brand untuk menemukan orang yang cocok sebagai influencer brand mereka.

Terkait:  Cara Kerja Bisnis Online

3. Membuat Konten Bermanfaat dan Menarik

Bagaimana influencer dapat mempengaruhi subscriber atau followers-nya? Dalam hal ini, influencer merupakan orang yang memiliki kreativitas menciptakan konten unik, menarik dan bermakna, mengingat konten tersebutlah yang dapat menciptakan social brand. Adapun contoh konten menarik yang sedang hits sekarang ini seperti foto, video, meme, dan challenge.

Adapun hal yang harus diperhatikan dalam cara jadi influencer terkait pembuatan konten menarik yaitu hal-hal yang bersifat teknis mengenai tampilan konten tertentu yang diunggah serta apa hal menarik yang harus dibahas. Semua fitur yang terdapat pada media sosial bisa dimanfaatkandalam pembuatan konten menarik, baik itu seperti tagar, multiple photo, swipe up, instastory, polling dan lain sebagainya. Maka dari itu, influencer merupakan orang yang selalu kreatif membentuk social brand.

4. Hindari Followers Fiktif

Cara menjadi influencer yang dipercaya yaitu menghindari followers fiktif. Sebenarnya influencer dipilih bukan hanya karena mempunyai banyak followers melainkan karena faktor dari engagement atau ikatan. Dalam hal ini, misalnya seseorang mempunyai followers sampai ratusan orang, namun ketika ia mengunggah konten, maka jumlah viewer dan komentar yang dihasilkan tak sampai 10 orang.

Ini mengindikasikan interaksi yang kurang dengan followers alias hanya followers fiktif. Di samping tak memberikan banyak pengaruh terhadap engagement, bisa juga memberikan spam ke followers atau pengikut setia dengan memakai trik tertentu. Dimana seringkali tanpa disadari calon influencerFollowers palsu sebenarnya bisa dilacak memakai akun Google yang akhirnya bisa mencoreng reputasi.

5. Berinteraksi Bersama Followers

Banyak pengguna media sosial yang setiap hari sering melihat feed di media sosial, memberikan likes, mengikuti challenge, membeli produk dan mengomentari konten yang diunggah influencer. Jadi tak heran bila banyak orang yang menganggap influencer ialah seseorang yang selalu ada di dekat mereka.

Terkait:  Cara Jadi Reseller di Tokopedia

Dengan konten menarik, tak hanya berguna menciptakan social brand semata, melainkan juga dapat menarik perhatian para followers-nya, sekaligus dapat menambah serta memperluas link pertemanan melalui kekuatan dari word of mouth. Dimana interaksi bersama followers itulah yang akhirnya dapat menentukan engagement atau ikatan yang dimiliki.

Jadi influencer di sini sebagai penghubung antara calon konsumen dengan brand, dengan begitu kombinasi antara konten menarik, image, dan interaksi bisa menjadi salah satu media promosi sekaligus marketing paling efektif untuk sebuah brand.

6. Semakin Memperluas Jaringan

Mampu menciptakan konten menarik dan kreatif, dapat berinteraksi bersama pemilik konten yang lain dan followers dengan baik merupakan cara jadi influencer paling ampu untuk dapat mempromosikan diri sendiri, memperluas wawasan, menambah tingkat pertemanan, seperti aktif menghadiri berbagai event sosial maupun berusaha untuk bergabung bersama manajemen resmi influener seperti Socia Buzz, Aidoru, Goviral, Getcraft, Beautynesia dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa cara jadi influencer sukses yang handal dan layak diperhitungkan sebuah brand atau perusahaan di masa mendatang. Dimana setiap calon influencer mempunyai strategi berbeda demi mencapai tujuannya, namun apapun strategi yang dilakukan yang pasti untuk dipercaya agar dapat mempromosikan sebuah brand atau pelayanan dari brand tersebut. Selain itu, tak jarang juga, jika sudah berhasil populer di dunia maya, bisa lebih terkenal dalam dunia nyata.

 

Related posts